Manfaat Kesehatan Daun Bawang Yang Tidak Banyak Diketahui

Memiliki peringkat tinggi dalam bagan nutrisi, daun bawang adalah obat populer untuk beberapa penyakit dan manfaat kesehatan daun bawang tidak bisa dianggap remeh. Mereka sangat bergizi, murah dan berlimpah. Digunakan dalam berbagai bentuk, dari sup hingga beurek, daun bawang dapat menambah aroma, rasa, dan kekayaan pada hampir semua resep.

Sirup, biji-bijian, dan sari buahnya juga memiliki tempat berbeda dalam industri farmasi dan kosmetik.

Dengan kombinasi unik flavonoid dan nutrisi yang mengandung sulfur, daun bawang membuat komponen penting dalam makanan Anda. Secara ilmiah dikenal sebagai Allium porrum, daun bawang termasuk dalam keluarga bawang merah, bawang putih, bawang merah dan daun bawang. Daun bawang mengandung vitamin esensial, mineral, antioksidan dan serat makanan.

Selain memiliki banyak kandungan-kandungan yang bermanfaat, cara menanam daun bawang juga mudah.

Manfaat Kesehatan Daun Bawang

Daun bawang kaya akan serat makanan, asam folat, kalsium, kalium, dan vitamin C. Daun bawang ini mudah dicerna dibandingkan dengan bawang bombay. Sekarang, mari kita lihat manfaat daun bawang.

Menjadi sumber vitamin C dan A yang baik bersama dengan beberapa antioksidan, sayuran ini bagus untuk kulit Anda. Beberapa manfaat kulit mereka adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Kesehatan Daun Bawang Untuk Mendetoksifikasi Kulit Anda

Daun bawang adalah diuretik alami dan mendetoksifikasi kulit Anda dengan menjebak zat berbahaya dan membuangnya dari tubuh Anda. Mereka membersihkan tubuh Anda dengan sempurna, membuat kulit Anda terlihat bercahaya.

2. Perlindungan Matahari

Daun bawang daun hijau mengandung 100 kali lebih banyak beta-karoten dan dua kali lebih banyak vitamin C dibandingkan bagian putihnya. Kombinasi vitamin A , C dan E serta antioksidan kuat lainnya dalam daun bawang melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar ultraviolet berbahaya dari matahari.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Daun bawang adalah sumber mineral yang baik seperti mangan, zat besi, vitamin C, dan folat. Konsumsi daun bawang menambah kesehatan rambut Anda. Daun bawang merupakan sumber zat besi penting yang membantu folikel rambut tumbuh. Mereka juga kaya vitamin C yang meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang merupakan salah satu penyebab rambut rontok .

4. Melindungi Pembuluh Darah

Daun bawang mengandung flavonoid, kaempherol, yang melindungi lapisan pembuluh darah dari radikal bebas. Kaempherol merangsang produksi oksida nitrat yang bertindak sebagai dilator alami dan relaksan pembuluh darah. Ini memungkinkan pembuluh darah untuk beristirahat dan mengurangi risiko hipertensi.

Daun bawang mengandung banyak vitamin K yang bermanfaat bagi setiap jaringan di tubuh Anda. Kadar vitamin K yang rendah dapat menyebabkan perdarahan dan mempengaruhi sirkulasi darah.

5. Manfaat Kesehatan Daun Bawang Untuk Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K yang tinggi pada daun bawang mengaktifkan osteocalcin, protein yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Secangkir daun bawang menyediakan sekitar 42 mikrogram vitamin K yang merupakan 47 dan 34 persen dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk wanita dan pria.

6. Manfaat Kesehatan Daun Bawang Yang Baik Untuk Jantung

Kadar homosistein yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit arteri koroner dan aterosklerosis. Daun bawang mengandung bentuk bioaktif folat yang disebut 5-methyltetrahydrofolate, yang telah terbukti menurunkan konsentrasi homosistein dalam darah.

Kandungan Kaempherol dalam daun bawang juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi produksi oksida nitrat.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Radang Kronis

Peradangan kronis merugikan kesehatan jantung. Vitamin K memiliki sifat anti inflamasi yang dapat melawan penyakit inflamasi kronis seperti diabetes, obesitas, dan artritis reumatoid. Kelimpahan vitamin K dalam daun bawang mencegah penyakit inflamasi kronis dan pengapuran arteri yang tidak diinginkan. Selain vitamin K, vitamin B6 pada daun bawang juga memberikan manfaat anti inflamasi.

8. Membantu Pencernaan

Sebuah prebiotik, daun bawang membantu pencernaan, dan merangsang serta memperkuat lambung, ginjal dan usus. Sayuran berserat seperti daun bawang memungkinkan Anda makan dengan lambat, sehingga mencerna makanan Anda dengan baik. Ini mencegah makan berlebihan dan membuat Anda merasa kenyang.

9. Dapat Mencegah Kanker

Daun bawang merupakan sumber alil sulfida yang baik yang dapat menghambat jalur yang terkait dengan pembentukan tumor ganas. Seperti anggota keluarga allium lainnya, mereka mungkin memainkan peran penting dalam mencegah jenis kanker tertentu. Mereka juga dapat mengurangi risiko kanker prostat, usus besar, dan ovarium.

10. Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Daun bawang membantu menurunkan berat badan dan melawan obesitas karena rendah kalori dan bebas lemak. Daun bawang adalah penekan nafsu makan alami. Kandungan seratnya yang tinggi menekan rasa lapar Anda dengan memberikan perasaan kenyang. Serat larut dan tidak larut yang ada dalam daun bawang mengatur aktivitas usus dan mengurangi kembung.

Ini juga dapat ditambahkan ke resep Anda untuk mendapatkan rasa ekstra tanpa menambah kalori, terbukti bermanfaat bagi mereka yang ingin langsing.

11. Manfaat Kesehatan Daun Bawang Untuk Meningkatkan Visi

Daun bawang adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang baik. Senyawa ini sangat penting untuk penglihatan yang sehat. Mereka melindungi jaringan mata Anda dari oksidasi berbahaya DNA dan membran sel, dengan menyaring sinar cahaya berbahaya saat masuk ke mata Anda. Konsumsi daun bawang dalam jumlah yang cukup melindungi mata Anda dari katarak dan degenerasi makula terkait usia.

12. Bermanfaat Selama Kehamilan

Daun bawang kaya akan vitamin B9, juga dikenal sebagai folat (asam folat). Folat merupakan bagian penting dari makanan wanita hamil. Mereka penting untuk produksi DNA baru yang dibutuhkan untuk pembentukan sel baru. Folat juga meningkatkan pembentukan tabung saraf yang sehat, berat lahir yang cukup, dan perkembangan wajah, jantung, tulang belakang, dan otak yang tepat.

13. Menjaga Kolesterol Sehat

Serat memainkan peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol dengan mendorong pergerakan usus yang mudah. Ini juga membantu membuang kolesterol ekstra dari tubuh dan mengurangi produksi kolesterol di hati. Daun bawang memiliki sifat antiseptik yang membantu tubuh melawan infeksi. Dengan demikian, mereka membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Berikut adalah posting bagus lainnya tentang pengobatan rumahan untuk mengurangi kolesterol .

14. Bertindak Sebagai Antioksidan

Daun bawang adalah sumber antioksidan yang berharga seperti polifenol. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas, mencegah penuaan dan banyak penyakit kronis. Satu porsi 100 gram daun bawang segar menyediakan sekitar 3 mg asam galat setara (GAE).

15. Afrodisiak

Daun bawang bersama dengan bawang bombay, bawang putih dan seledri dikenal selama berabad-abad, karena efek afrodisiaknya. Buat jus dengan daun bawang dan seledri, dan Anda akan terkejut melihat perbedaannya.

16. Aksi Balsamic

Karena adanya minyak atsiri, jus daun bawang memiliki aksi balsamic pada saluran pernapasan. Dengan demikian, dapat meredakan gejala yang berhubungan dengan flu, demam, dan demam.

17. Manfaat Kesehatan Daun Bawang Untuk Sistem Saraf

Magnesium, fosfor dan folat adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk fungsi sistem saraf yang sehat. Daun bawang kaya akan vitamin dan mineral ini membantu meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan otak untuk memproses informasi.

Sekian pembahasan kali ini tentang manfaat kesehatan daun bawang. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih!