Resep Tentang Cara Membuat Kue Akar Kelapa Renyah yang Enak Beserta Peluang Usahanya

Pada kesempatan hari ini saya akan menjelaskan tenang cara membuat kue akar kelapa renyah yang gurih, nah berikut ulasan dan resep cara membuat kue akar kelapa renyah nya guys, simak terus ya sob, semoga setelah membaca artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Apa Itu Kue Akar Kelapa?

Siapa disini yang belum kenal kue akar kelapa, makanan yang muncul tahunan ini merupakan makanan legendaris orang betawi yang ada ketika hari raya idul fitri makannya dibilang makanan tahunan , Makanan ini sudah sangat legendaris sekali dan pelengkap makan kue ini adalah kopi item, teh manis anget. slurppp banget dah pokonya mah.

kue akar merupakan kue kering tradisional khas lebaran yang berasal dari Betawi dan sekitanya. Kue akar kelapa yang juga punya julukan kue akar serabut, kue akar pinang, kue kecipir, dan kue akar sampai ini memang jenis kue jadul yang kini susah di cari keberadaannya.

Makanan ini pada umumnya dihidangkan bersama rengginang dan kacang goreng saat acara special, seperti ketika lebaran Idul fitri dan khajatan. Saat ini kota Bekasi adalah produsen terbesar kue akar kelapa yang kini di kreasikan dengan keju. Namun karena seiring dengan perkembangan zaman, kue ini jadi tidak lagi di produksi secara massal.

Untuk gaya modern dari resep kue akar kelapa saat ini yaitu adalah churros. Churros merupakan kue goreng yang berasal dari luar negeri yang kini populer di Indonesia. Menurut saya pribadi, cara membuat kue akar kelapa tak lain hampir sama dengan proses pembuatan churros. Yaitu sama-sama dibuat dari adonan sederhana, kemudian di olah dengan cara digoreng dengan cetakan kue atau di seprotkan dari paping bag dengan cetakan bentuk bintang.

Cara membuat kue akar kelapa yang renyah dan gurih menurut saya merupakan hal yang sama sekali tidak sulit. Hanya saja saat proses penggorengan harus sabar seperti saat mengolah, yang bertujuan agar kue akar kelapa renyah, garing dan tidak keras saat di makan.

1.Resep Kue Akar Kelapa Keju

cara membuat kue akar kelapa renyah

Yang rindu dengan olahan kue akar kelapa, coba buat di rumah yuk! Berikut adalah Bahan-bahan dan Cara Membuat Kue Akar Kelapa tepung ketan yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan :

  • Tepung ketan 500 gram
  • Gula pasir 125 gram
  • Santan 150 mili liter
  • Telur 2 butir
  • Margarin 100 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanili 1 sendok teh

Cara Membuat Kue Akar Kelapa Keju :

  1. Langkah awal kocok lepas telur, tambahkan gula pasir, dan vanili.
  2. Dalam wadah besar masukkan tepung ketan, buat lubang di tengahnya lalu masukkan kocokan telur dan gula, aduk rata.
  3. Selanjutnya tambahkan margarin dan santan sedikit demi sedikit. Adoni adonan sampai kalis.
  4. Berikutnya masukkan adonan tadi ke dalam cetakan kue akar kelapa, biscuit maker (cetakan cookies bentuk bintang) atau bisa juga menggunakan piping bag yang sudah dipotong ujungnya dan diberi cetakan bintang.
  5. Lalu seprotkan adonan di atas minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya, goreng dengan menggunakan api kecil saja sampai kue akar kelapa matang kecoklatan. Lakukan sampai semua adonan habis, angkat, tiriskan.
  6. Biarkan dingin, masukkan ke dalam toples saji.

Tips Membuat Kue Akar Kelapa Keju :

Jika dirasa adonan agak sulit untuk di cetak karena keras, maka adonan bisa di beri tambahan santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang mudah di cetak.Mengingat sejarah kue akar kelapa, konon nama “akar kelapa” di ambil dari wujud bentuknya yang mirip dengan akar kelapa sungguhan.

Rasa yang gurih dan manis merupakan daya tarik tambahan dari kue ini. Bagi daerah Betawi dan sekitarnya merupakan suatu kewajiban bahwa saat lebaran, kue tersebut harus selalu ada bersama dengan kacang goreng dan juga kue biji ketapang.

Peluang usaha dan analisa kue akar kelapa

Gambaran Usaha

Kue akar kelapa diproduksi secara rumahan (home industry) yang berlokasi di Jakarta Utara. Dalam pendistribusiannya akan bekerja sama dengan beberapa pedagang keliling ataupun toko. Untuk mempromosikannya akan dilakukan secara online dan offline yang diharapkan dapat menarik perhatian pelanggan untuk mencobanya. Keunikan dari produk ini adalah dari variasi warna yang disedikan dengan tetap memperhatikan kesehatannya karena akan menggunakan bahan yang sehat dan aman. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau dan tersedia dalam beberapa kemasan.

1. Aspek pemasaran

Segmentasi Pasar
  • Segmentasi pasar merupakan metode pembagian pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Berikut ini merupakan beberapa segmentasi pasar yang harus diperhatikan:
  • Segmentasi geografis kue akar kelapa dapat dikatakan cukup strategis, karena lokasi produksi yang berada di wilayah yang penduduknya ramai sehingga memungkinkan untuk adanya konsumen yang banyak.
  • Segmentasi demografis kue akar kelapa adalah laki-laki dan perempuan untuk semua umur kecuali balita.
Target Pasar
  • Untuk kue akar kelapa ini menargetkan lapisan masyarakat dari berbagai golongan. Karena kue ini dapat dinikmati oleh lakilaki maupun perempuan, dengan variasi umur yang ada.
Positioning
  • Kue akar kelapa berinovasi dangan menyediakan variasi warna yang berbeda-beda sehingga akan memberikan kesan unik pada pelanggan.

2.Perkiraan Permintaan dan Penawaran

Permintaan

Permintaan merupakan keinginan konsumen untuk membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu. (Rahardja dan Manurung, 2010). Pada produksi ini konsumen yang diasumsikan adalah 100 orang dan 10 toko per minggunya.

Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang yang produsen hendak tawarkan pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu. (Rahardja dan Manurung, 2010). Untuk rencana penawaran akan disesuaikan dengan tingkat permintaan di setiap bulannya. Jika minggu pertama permintaan sebanyak 120 permintaan, maka penawaran yang diberikan akan disesuaikan dan dengan melihat juga kondisi lainnya yang akan mempengaruhi.

3.Strategi Pemasaran Perusahaan

Product

Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasaran untuk mendapatkan perhatian para konsumen, untuk digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen itu sendiri. Pembuatan kue ini merupahan ide baru dengan memberikan penampilan yang lebih menarik yang dilihat dari sisi warnanya. Pengemasan yang digunakan pun merupakan kemasan yang dapat menjaga kue tersebut agar tetap renyah dan dapat menjaga produk tersebut.

Price

Harga adalah sejumlah uang yang diserahkan untuk mendapatkan suatu barang atau jasa (Purwana dan Hidayat, 2016). Adapun harga yang kami tawarkan sebesar Rp. 5.000 per bungkus. Harga tersebut relatif terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Promotion

Promosi merupakan suatu proses pengenalan produk kepada konsumen khususnya produk baru (Purwana dan Hidayat, 2016). Dengan demikian perlu adanya promosi yang dilakukan guna memperkenlkan produk ini. Adapun promosi yang dilakukan adalah:

Brosur

Brosur adalah jenis alat promosi yang sering digunakan oleh penjual di samping iklan untuk memberitahukan barang dan jasanya (Purwana dan Wibowo, 2017). Dengan adanya brosur yang dapat disebarkan kepada masyarakat diharpkan dapat membantu dalam memperkenalkan produk ini.

Iklan

Iklan adalah alat promosi yang digunakan oleh penjual untuk meyampaikan informasi tentang barang atau jasanya (Purwana dan Wibowo, 2017). Dalam iklan tersebut akan disampaikan mengenai bahan, harga, serta bagaimana untuk mendapatkan kue akar kelapa ini. Iklan yang dilakukan merupakan iklan melalui sosial media yang saat ini digunakan oleh banyak orang.

Penjaga Toko/Warung

Penjaga toko/warung adalah sumber informasi lain yang dapat dimintai keterangan oleh konsumen (Purwana dan Wibowo, 2017). Melalui penjaga toko/warung barang dapat dipromosikan langsung kepada konsumen. Mengingat kami akan bekerja sama dengan toko maka dibutuhkan promosi yang dilakukan oleh penjaga toko tersebut.

4.Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)
  • Memberik an kemudahan dalam penyediaan makanan di hari raya.
  • Memiliki variasi warna yang menarik
  • Menyediakan dengan harga terjangkau
  • Bahan-bahan produksi yang mudah didapatkan
Weakness (Kelemahan)
  • Kegiatan produksi masih menggunakan cara tradisional
  • Harga bahan baku yang relatif berubah-ubah
Opportunities (Peluang)
  • Kondisi masyarakat yang relatif praktis dan konsumtif
  • Dapat dinikmati sebagai makanan ringan.
Threats (Ancaman)
  • Munculnya pesaing yang memproduksi makanan ringan pula
  • Munculnya inovasi baru
  • Kenaikan harga.

Yah, Sekiranya sekian dulu pembahasan saya tentang cara membuat kue akar kelapa renyah yang enak, Eits, tunggu dulu, bagi kalian yang suka dan penasaran tentang fakta menarik pa sajakah yang terdapat pada kue terang bulan mini?,anda dapat membaca nya pada cara membuat terang bulan mini enak, selamat mencoba.