Cara Membuat Stik Kentang Goreng Paling Gurih dengan Sangat Mudah

cara membuat kentang goreng ala kfc

Cara Membuat Stik Kentang Goreng – Kentang goreng adalah hidangan yang terbuat dari potongan kentang yang digoreng dengan minyak goreng panas. Pada menu restoran, kentang goreng dipotong panjang dan digoreng dalam keadaan terendam pada minyak goreng panas yang disebut kentang goreng.

Kentang Goreng bisa dimakan seperti camilan, atau sebagai makanan pelengkap untuk hidangan utama seperti steak, hamburger, ikan dan keripik dan kari. Di Inggris dan Negara-negara Persemakmuran, kentang goreng yang mirip dengan kentang goreng disebut keripik.

Di Amerika Utara, istilah “keripik” berarti keripik kentang, sementara di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, “keripik” dapat berarti kentang goreng atau keripik kentang.

Pada artikel Cara Membuat Stik Kentang Goreng ini Akan saya bagikan Cara Membuat Stik Kentang Goreng yang dapat anda lakukan di Rumah sendiri. Penasaran bagaimana Cara Membuat Stik Kentang Goreng ? Simak Cara Membuat Stik Kentang Goreng berikut ini

Cara Membuat Stik Kentang Goreng

cara membuat kentang goreng

Bahan untuk Cara Membuat Stik Kentang Goreng

  • 2 Kentang ukuran besar.
  • 1/2 Sendok teh Bubuk kunyit.
  • 1 sendok Tepung.
  • 2 Air gelas mendidih.
  • 2 gelas Air es.
  • Garam Secukupnya.
  • Minyak untuk Menggoreng secukupnya.

Langkah dan Cara Membuat Stik Kentang Goreng

  1. Kupas dan potong kentang, kemudian iris dalam bentuk stik setebal 0,5 cm hingga 1 cm. Segera dimasukkan ke dalam air setelah kentang diiris sehingga tidak berubah warna.
  2. Didihkan air, lalu tambahkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.
  3. Tiriskan kentang dan segera masukkan air es.
  4. Campur tepung dan garam, lalu gulung kentang di atasnya. Aduk sampai semua kentang ditutup dengan tepung dan garam.
  5. Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng kentang sampai kekuningan. Setelah itu, keluarkan dan tiriskan minyak pada kertas minyak atau kertas tisu.

Kentang Goreng

cara membuat kentang goreng krispy

Kentang goreng adalah hidangan yang terbuat dari potongan kentang yang digoreng dengan minyak goreng panas. Pada menu restoran, kentang goreng dipotong panjang dan digoreng dalam keadaan terendam kedalam minyak goreng panas yang dinamakan kentang goreng.

Goreng bisa dimakan seperti camilan, atau sebagai makanan pelengkap untuk hidangan utama seperti steak, hamburger, ikan dan keripik dan kari. Di Inggris dan Negara-negara Persemakmuran, kentang goreng yang mirip dengan kentang goreng disebut keripik.

Di Amerika Utara, istilah “keripik” berarti keripik kentang, sementara di Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan, “keripik” dapat berarti kentang goreng atau keripik kentang. 

Konon, kentang goreng yang disebut “keripik” oleh Inggris diciptakan di Yorkshire pada tahun 1700-an. Kentang dipotong memanjang dan ramping sehingga bisa dijepit di antara dua potong roti biasa saat membuat sandwich kentang goreng yang disebut Chip butty.

Sejarah Kentang Goreng

Kentang goreng populer di seluruh dunia berkat restoran siap saji seperti McDonald’s dan Burger King. Pada awal 1950-an, Jack Simplot memiliki sebuah perusahaan bernama J.R. The Simplot menciptakan bahan baku kentang goreng dalam bentuk potongan kentang yang telah dikupas dan dibekukan.

Sebelum perusahaan J.R, Simplot memasok bahan baku untuk kentang goreng, kentang harus dikupas secara manual dan dipotong ke semua cabang McDonald’s. Kentang beku yang diproduksi oleh J.R. Simplot berhasil mempersingkat waktu persiapan makanan dan membantu mendorong ekspansi waralaba McDonald’s.

Resep Tertua Cara Membuat Kentang Goreng

Seorang koki Perancis bernama Honoré Julien sering menyiapkan kentang goreng untuk Presiden AS Thomas Jefferson. Menurut naskah tulisan tangan Thomas Jefferson pada tahun 1801, kentang goreng adalah “kentang segar yang dipotong kecil-kecil dan digoreng dalam bak minyak.”

Pada tahun 1813, dalam buku resep Amerika berjudul resep untuk kentang goreng. Resep kentang goreng sebenarnya telah diterbitkan dalam buku masak Prancis Menon “Les soupers de la cour” pada tahun 1755. Dalam koleksi buku resep lama, situs web Feeding America yang berjudul “Buku Masak Baru Nona Parloa” publikasi tahun 1882 telah mendaftarkan resep untuk “kentang goreng Prancis”.

Mungkin sekian dahulu artikel Cara Membuat Stik Kentang Goreng dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Cara Membuat Kentang Goreng Garing dan Krispy Ala Restoran yang tentunya uenak banget dan mudah. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.