Cara Menggemburkan Tanah Liat Dan Berbagai Tanah Lainnya

Cara Menggemburkan Tanah Liat

Cara Menggemburkan Tanah Liat – Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui apa itu tanah liat. Ya, tanah liat memang bukanlah sesuatu yang asing dikalangan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia.

Hal ini karena tanah liat merupakan jenis tanah yang dapat kita temui banyak di wilayah Indonesia.

Dinamakan tanah liat mungkin dilihat dari teksturnya yang liat, sehingga mudah sekali dibentuk- bentuk.
Tanah liat atau lempung ini pada dasarnya merupakan sebuah partikel mineral yag mempunyai kerangka dasar silikat yang mempunyai ukuran sangat kecil, yakni berdiameter kurang dari 4 mikrometer.

Tanah ini cocok untuk teknologi pengolahan hasil pertanian seperti gerabah. Jika kalian ingin tahu cara menggemburkan tanah liat, simaklah artikel cara  menggemburkan tanah liat berikut.

Cara Menggemburkan Tanah Liat Dan Tanah Lainnya

Cara Menggemburkan Tanah Liat

Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Tanah Liat

Sebenarnya tanah liat sangat cukup menyimpan banyak nutrisi bagi tanaman dan didalamnya pun juga banyak hewan – hewan tanah yang bisa hidup untuk membantu menyuburkan tanah.
Namun kadar oksigen yang ada di dalam tanah liat sangatlah kurang dan tanahnya sendiri cenderung padat, tidak mudah untuk ditumbuhi dan hanya jenis tanaman tertentu yang bisa tumbuh di atas tanah liat ini.
Untuk menyuburkan jenis tanah ini, kita harus memeberi pupuk kompos, bokasi pupuk kandang arang, dan aneka bahan organik lainnya agar tanah liat menjadi tanah gembur dan subur.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Gambut

Tanah bergambut pada dasarnya meyimpan banyak nutrisi yang cukup untuk tanah namun sayangnya keadaan PH pada tanah bergambut sangat rendah sehingga tanah cenderunng bersifat asam.
Selain itu jenis tanah ini tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup baik. Hanya tumbuhan tertentu yang bisa tumbuh dengan subur di lingkungan tanah bergambut.
Untuk menyuburkan tanah yang mengandung gambut, kita bisa mengambil langkah seperti memberikan pupuk kandang, arang, dan limbah yang mengandung banyak protein seperti limbah tahu.
Satu lagi yang tidak boleh dilupa, kita harus membuat parit sebanyak mungkin agar tanah bisa mengikat unsur hara.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Asam

Dari uraian sebelumnya yaitu mengenai tanah bergambut, kita pasti sudah tahu jika tanah yang menngandung asam tidaklah bagus untuk ditanami.
Bila tanah yang bersifat asam ini ditanami maka kita bisa melihat secara pasti tanda – tandanya dengan banyak ditumbuhi alang – alang. Untuk tanaman yang berbuah, buah yang dihasilkan tidak akan bagus dan bahkan tanaman jagung bisa menguning.
Cara menyuburkan tanah yang mengandung unsur asam yang tinggi adalah dengan memberikan pupuk organik, sekam arang, dan yang terakhir adalah memberi kapur untuk meningkatkan kadar PH tanah agar tidak asam.
Kapur yang harus diberikan harus mengikuti komposisi tertentu, jangan terlalu banyak agar tanah tidak basa yang akhirnya memunculkan permasalahan baru.
Bila kadar PH tanah adalah 4,5 dan anda ingin meningkatkan keadaan Phnya menjadi 6 (PH yang baik untuk tanah 6-7) maka anda akan membutuhkan kapur pertanian sebesar 5.25 ton/Ha namun penanaman pada lahan ini sudah dapat dilakukan mulai 3-5 tahun mendatang.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Mengandung Kapur

Tanah yang mengandung kapur yang terlalu banyak akan menigkatkan unsur asam yang terlalu tinggi diatas 7 (PH standar tanah subur).
PH diatas 7 sering kali dinamai dengan basa. Jika tanah dilingkungan anda basa, maka tanah ini akan mudah longsor.
Untuk membantu menyuburkan tanah yang basa dan mengandung banyak unsur kapur adalah dengan memberikan pupuk kompos dari dedaunan hijau terutama dari daun yang berbunga kupu – kupu seperti tanaman kacang, turi, johar dan lainnya.
Setelahnya jangan lupa untuk memberikan pupuk yang mengandung belerang.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Berpasir

Tanah yang mengandung banyak pasir hampir tak mungkin bisa ditanami selain tanaman kaktus dan sejenisnya. Sebagian besar tanaman Indonesia tidak akan bisa hidup di tanah yang mengandung banyak pasir.
Untuk menyuburkan-nya kita perlu memberi pupuk organik yang diolah dari dedaunan hijau yang mudah busuk, ditambah kotoran hewan, tanah dan air dengan perbandingan 1: 1: 1: 1. Sebelum dicampur dengan tanah berpasir ini simpan dahulu di dalam drum dan biarkan selama 3 minggu.

Cara Menyuburkan Tanah Yang Kemerahan

Tanah kemerahan adalah salah satu jenis tanah yang juga sangat sulit untuk ditanami. Untuk membantu menyuburkan-nya kembali.
Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu dengan memberikan kompos dan microba bermanfaat untuk kesuburan tanah.
Jangan lupa setelahnya untuk menutupnya dalam waktu tertentu untuk melindungi lapisan tanah tersebut dari erosi ketika hujan datang. Setelah itu bisa anda gunakan untuk menanam.

Cara Pengolahan Lahan Pertanian Jagung

Setelah megetahui cara menggemburkan tanah liat saya akan memberikan artikel tentang pengolahan lahan pertanian jagung. Simak artikelnya di bawah ini.

Olah Lahan dan Bersihkan Gulma di Lahan

Lahan merupakan syarat yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman jagung, hal ini menentukan dalam pertumbuhan dan perkembangan jagung yang akan kita tanam.
Pastikan tanah yang anda akan ditanami jagung harus benar-benar subur dan mengandung unsur hara yang banyakatau tidak tandus.
Jagung tergolong pada tanaman yang mudah ditanam,mereka bisa di tanam di bagian tanah andosol, latosol atau grumosol dan jenis tanah lainnya. pH yang cocok untuk jagung 5,6 – 7,5.
Pastikan beberapa tanah yang ada disekitar kita terpenuhi, dan jika anda baru membuka lahan maka proses pemupukan dan lahan harus kita lakukan terlebih dahulu.
Lihat dulu kesuburan tanah yang anda miliki jika di rasa memang kekurangan unsur hara dan tidak terdapat humus anda dapat menebarkan pupuk. Sebaiknya ketika anda membuat bedengan tebarkan pupuk organik atau kandangpada lahan sebaran.

Pemupukan Lahan Kosong

Setelah proses pembajakan selesai sebaiknya melakukan langkah selanjutnya untuk persiapan lahan ini di lakukan. Penaburan pupuk kohe atau kotoran hewan bisa dari kohe kambing, sapi, ayam dan lain sebagainya.
Penaburan kohe dilakukan seminggu sebelum proses penanaman dan satu hari setelah proses pembajakan atau bisa bersamaan setelah proses pembajakan selesai di lakukan.
Proses ini penting di lakukan ini karena sebagian lahan akan mengalami penurunan kadar kesuburan akibat penanaman sebelumnya.
Dan juga pemakaian pupuk kimia membuat tanah akan menjadi rusak sehingga dengan melakukan penebaran kohe kembali diharapkan.
Kesuburan tanah akan kembali seperti semula, walaupun tidak baik seperti semula paling tidak bisa menambah sedikit unsur kesuburan tanah. Tanah bisa digunakan untuk menanam agar mendapatkan jagung bertongkol besar.

Menanam Jagung di Lahan

Saya anggap anda sudah mendapatkan bibit jagung yang unggul dan pengolahan lahan sudah dilakukan.
Kondisi yang paling tepat untuk menanam jagung pada kondisi tanah sedang lembab, tidak terlalu becek dan tidak terlalu kering.
Biasanya petani lokal menggunakan jarak tanam bibit satu dengan lainnya antara 100 cm x 40 cm dan berikan 2 biji pada satu lubang tanam. Untuk kedalaman lubang tanamnya anda bisa menggunakan ukuran 3 – 5 cm.
Sekian artikel tentang cara menggemburkan tanah liat yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.