Cara Mengurangi Sampah Plastik DiSekolah

Cara Mengurangi Sampah Plastik DiSekolah

Cara Mengurangi Sampah Plastik DiSekolah

Cara Mengurangi Sampah Plastik Di sekolah adalah sebuah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri. Sementara didalam sebuah UU No 18 Tahun 2008 tentang sebuah Pengelolaan Sampah.

Disebutkan bahwa sampah ini adalah sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat. Berupa suatu zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai.

Teknik Dari Pengolahan Sampah

Cara Mengurangi Sampah Plastik DiSekolah

Sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak lagi disenangi atau sesuatu yang harus sudah dibuang. Yang umumnya berasal dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia.
Tetapi bukan suatu biologis dan umumnya bersifat seperti padat. Sumber sampah bisa sangat bermacam-macam. Diantaranya adalah seperti: dari rumah tangga, pasar, warung, kantor, bangunan umum, serta industri.
Berdasarkan dari komposisi kimianya. Maka sampah ini dibagi menjadi sampah organik dan sampah anorgank. Penelitian juga mengenai sampah padat di Indonesia menunjukkan bahwa 80% merupakan sampah organik.
Pengelolaan suatu sampah adalah semua kegiatan.  Yang dilakukan dalam suatu menangani sampah sejak ditimbulkan sampai dengan pembuangan akhir. Secara garis besar dampak positif penggunaan  plastik.
Kegiatan di dalam suatu pengelolaan sampah meliputi pengendalian timbulan sampah. Serta pengumpulan sampah, transfer dan transport, pengolahan dan juga pembuangan akhir.

Kandungan Dari Plastik

Plastik ini mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang terdapat di dalam suatu plastik adalah karsinogen yang mengandung racun.

Ada salah satu cara yang dapat untuk meminimalisir dari dampak negatif yang timbul dari penggunaan plastik. Yang sangat berlebihan yaitu dengan daur ulang. Karna cara mengurangi sampah plastik disekolah.

Sekarang sudah banyak sekali komunitas komunitas yang di dirikan. Yang bertujuan untuk melakukan suatu daur ulang pada palstik. Untuk di jadikan nilai yang dapat di jual dari  sebuah sampah plastik.

Jenis-Jenis Dari Plastik

Plastik yang kita gunakan ini, umumnya yang terbentuk dari suatu polimer-polimer yang dijelaskan dalam gambar sebagai berikut ini:

1. Plastik Polietena

Polietena ialah suatu plastik yang paling banyak sekali di produksi untuk berbagai keperluan. Plastik jenis ini terbagi menjadi dua jenis, yakni plastik HDPE (High Density Polyethene) dan juga LDPE (Low Density Polyethene).

Diantara penggunaan suatu yang sering kita jumpai ialah suatu Kresek Plastik, Botol Plastik, Pipa Plastik dan Mainan Plastik yang biasa kita lihat. Serta jenis plastik kerasan beserta contoh dalam kehidupan.

2 . Jenis Polipropana

Polipropana adalah suatu jenis plastik yang tahan panas, terhindar dari kerusakan dalam bentuk fisik dan tahan korosi. Karena sifatnya itulah polipropana juga populer digunakan sebagai tempat makanan.

3. Tipe Polistirena

Polistirena adalah salah satu jenis sebuah plastik yang sangat populer digunakan. Plastik ini dipakai juga sebagai bahan dasar pembuatan material yang solid(lebih sangat berat).

Contohnya ialah dalam suatu peralatan makan, palu plastik, kotak CD,serta dalam bentuk busanya. Yang digunakan sebagai kotak sebuah material, kotak makanan atau kotak minuman tersebut.

4.Plastik Jenis Politetrafluoroetena

PTFE adalah suatu jenis plastik yang sering digunakan belakangan ini. Nama populer dari suatu PTFE ialah teflon yang umum digunakan sebagai peralatan masak di dapur. Serta cara mengurangi sampah plastik disekolah.

5. Suatu Polivinilklorida

PVC sudah sangat dikenal sebagai sebuah Pipa. Tetapi ternyata dalam penggunaan PVC bisa lebih dari itu. Lapisan kabel ini, pintu plastik itu, jendela plastik bahkan suatu kartu ATM ternyata menggunakan bahan PVC.

Cara Mengurangi Sampah Di Sekolah

1.Ganti sebuah penggunaan plastik dengan media yg lain
2.Tidak akan memperbolehkan para murid menggunakan media plastik
3.Daur ulang plastiknya menjadi  sebuah barang yg bermanfaat
4.Tidak disediakan suatu plastik
5.Gunakan sebuah tempat makan atau minuman dari rumah yg tidak ada penggunaan plastik
6.Ajarkan mengapa tidak boleh menggunakan suatu media plastik kepada seluruh murid
7.Di sekolah sudah menyediakan suatu media yang bukan plastik

Manfaat Adanya Sebuah Sampah

Walaupun begitu sampah ini juga bisa didaur ulang lagi untuk kepentingan manusia jika diproses dengan baik. Dengan demikian juga, pengertian dari sampah bisa memberikan dampak yang bagus.

Anda bisa mengolah suatu sampah organik menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik ini bisa diolah kembali dengan kreatifitas yang anda miliki untuk dipergunakan kembali.

Apa Itu Sebuah Insinerator?

Insinerator adalah suatu perangkat pembakaran sampah yang efisien dan bisa mengurangi polusi udara. Insinerator ini yang baik memiliki sistem penangkal pencemar udara di cerobongnya.

Teliti barang yang akan kita pakai sehari-hari. Gantilah semua barang barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama.  Juga telitilah agar kita tidak hanya memakai barang-barang .

Misalnya itu, ganti sebuah kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan sebuah styrofoam karena kedua bahan ini tidak bisa didegradasi secara alami. Cara mengatasi sampah plastik.

Reduce (Kurangi Limbah Sampah!)

Coba cara-cara ini :

1. Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi suatu sampah kantong plastik pembungkus barang belanja.
2. Membeli kemasan isi ulang untuk suatu shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis.
3. Membeli sebuah susu, makanan kering, deterjen, serta lain-lain dalam paket yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama

Re-use (Gunakan sisa sampah yang masih bisa dipakai!)

Coba cara-cara ini :

1. Memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah.
2. Memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus belanjaan.
3. Memanfaatkan pakaian atau kain-kain bekas untuk dijadikan kerajinan tangan, perangkat pembersih (lap), maupun berbagai keperluan lainnya.

Recycle(Daur Ulang Sampah!)

Daur ulang sendiri memang tidak mudah, karena kadang dibutuhkan sebuah  teknologi dan penanganan khusus. Cara mengatasi sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan.

Tapi teman-teman bisa membantu dengan cara-cara seperti ini :

1. Mengumpulkan suatu kertas, majalah, serta surat kabar bekas untuk di daur ulang.
2. Mengumpulkan sisa-sisa kaleng bekas atau botol gelas untuk di daur ulang kembali.
3. Menggunakan berbagai produk pada sebuah kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang.

Jangan Bakar Sampah Sembarangan!

Mengapa begitu? Karena semua sampah bisa terdiri dari berbagai bahan yang belum tentu aman. Bahan seperti kaleng aerosol yang dapat meledak bila kena panas. Sedangkan barang dari bahan dari plastik dan karet.

Bila pembakaran ini tidak bisa dihindari, pastikan bahwa hanya sampah organik yang dibakar, tidak terlalu banyak sampah basah. Serta dan lakukan jauh dari kerumunan orang banyak atau benda lain.

Kita tentunya tidak ingin menyebabkan suatu kebakaran, ya bukan? Nah begini, mudah-mudahan dengan artikel ini kita bisa semakin sadar bahwa masalah sampah jangan dianggap masalah yang sepele.

Itulah ulasan mengenai sebuah Cara mengurangi sampah plastik di sekolah . Semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk anda. Serta bisa menjadi pembelajaran untuk anda semuanya. Sekian Dan Terima Kasih.