Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Cocok Untuk Usaha

Pada ulasan kali ini saya akan menjelaskan  usaha kuliner yang menjanjikan yang cocok untuk dijadikan peluang usaha bagi anda yang ingin membuka usaha sendiri

Macam Macam Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Cocok Untuk Usaha

macam macam usaha kuliner yang menjanjikan

Usaha kuliner yang menjanjikan ini bisa dibilang sebagai usaha yang cukup menjanjikan.

Untuk membuka usaha ini walaupun tak perlu memerlukan modal lebih untuk tempat, tetap saja harus diperhatikan tentang menu dan kualitas makanan yang akan dijual.

Sesuaikan penyajian makanan dengan kemampuan Anda sebagai seorang pengusaha ataupun juru masak.

Tetapi untuk membuka usaha tersebut bukan berarti harus bisa memasak. Anda bisa bertindak sebagai marketing yang menjualkan makanan dari orang lain.

Banyaknya peminat usaha makanan rumahan ini membuktikan bahwa usaha tersebut banyak diminati serta mudah dilakukan.

Penasaran dengan usaha kuliner yang menjanjikan yang bisa Anda lakukan? Berikut usaha kuliner yang menjanjikan untuk Karyawan dan Ibu Rumah Tangga

1. Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Bubur Ayam

Hampir di setiap sudut kota, terminal, tempat keramaian, rumah, dan lain-lain di waktu pagi hari terdapat pedagang bubur ayam. Walaupun saat ini sudah ada yang berjualan di malam hari, tetap saja bubur ayam ini masih menjadi sarapan unggulan di setiap  pagi hari.

Selain bisa berjualan menggunakan roda, Anda pun bisa membuka usahanya di rumah atau di pinggir jalan. Karena itu untuk berjualan bubur ayam tak perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Jenis usaha makanan rumahan ini tentunya sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Bubur ayam ini walaupun tergolong sebagai usaha kecil, banyak pula yang sukses menggeluti usaha makanan tersebut.

Salah satunya adalah Bubur Ayam Mang H.Oyo, beliau berasal dari jawa barat dimana bubur ayam yang dijualnya begitu legendaris. Saat ini sudah ada puluhan outlet yang tersebar di wilayah jawa barat.

Keunikan yang dibuat oleh bubur tersebut adalah tak akan tumpah walaupun piring atau mangkok berisi bubur tersebut dibalikkan.

Karena itu beliau adlah bukti bahwasanya bisa mendulang kesuksesan dari jenis usaha makanan rumahan.

2. Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Nasi Kuning atau Nasi Uduk

Selain bubur, sarapan lain yang diminati adalah nasi kuning maupun nasi uduk. Makanan khas dari Indonesia yang sering ditemui di pulau Jawa tersebut sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Untuk membuka jenis usaha makanan rumahan ini tentunya tak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Bahan baku untuk membuka usaha ini pun tergolong mudah bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun warung yang dekat dengan rumah.

3. Usaha kuliner yang menjanjikan Gorengan

Bila Anda tidak menyukai makanan berat untuk sarapan pagi hari tak perlu khawatir. Karena di Indonesia sendiri banyak ditemukan penjual gorengan.

Gorengan yang dimaksud antara lain adalah bakwan, tahu goreng, pisang goreng, singkong, tempe goreng, cireng, dan sebagainya.

Biasanya para penjual gorengan pun akan menambah menu lain sebagai pelengkap dari gorengan tersebut, yaitu lontong dan juga cabe rawit.

Pada umumnya usaha kuliner yang menjanjikan tersebut dijual dengan menggunakan gerobak. Tetapi tidak menutup kemungkinan usaha makanan tersebut bisa dibuka di rumah.

Bahan baku dari gorengan pun tergolong mudah didapatkan yaitu sebagian besar menggunakan terigu sebagai bahan dasarnya.

4. Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Kue Basah Tradisional

Di Indonesia terutama di wilayah jawa barat, banyak sekali ditemukan penjual kue basah tradisional. Kue tersebut diantaranya adalah lemper, kue soes, risoles, onde-onde, dan beragam jenis kue basah tradisonal lainnya.

Kue tersebut biasanya selalu dipasarkan pada pagi hari. Setiap pukul 05.00 para agen dari kue tersebut menyerbu tempat pusat pembuatan kue yang berada di wilayahnya masing-masing.

Nah, bila Anda masih bingung dengan pilihan usaha kuliner yang menjanjikan bisa dimulai untuk menjual aneka kue basah tersebut.

Tak perlu Anda yang membuat kue jika memang belum bisa untuk membuatnya. Cukup menjadi agen dengan mendatangi pusat pembuatan kue tradisional di daerah Anda tinggal.

5. Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Roti Bakar

Usaha kuliner yang menjanjikan  berikutnya yang banyak diminati oleh berbagai kalangan adalah roti bakar. Membuka usaha roti bakar ini tentunya bisa dilakukan oleh siapapun termasuk Anda sebagai karyawan atau ibu rumah tangga.

Bahan baku yang didapat pun tergolong mudah dan bisa dicari dimanapun. Hanya saja Anda pelru untuk berinovasi dalam seg toping yang digunakan.

Zaman sekarang banyak yang menyukai jenis toping yang aneh mulai dari toping manis maupun asin. Karena Anda harus bisa membaca keinginan para pelanggan.

Walaupun tergolong kepada usaha kecil, roti bakar ini bila sudah diterima oleh pelanggan akan berdampak besar dan mendulang pendapatan yang fantastis.

Seperti halnya seorang pemuda yang memilih untuk menjadi pengusaha roti bakar. Dia dalah Lucky Permana yang saat ini dikenal sebagai pengusaha roti bakar comel (cokelat meleleh).

Penghasilan yang didapatnya pun begitu fantastis mencapai omset 120 juta per bulan. Beliau baru menjalankan usaha tersebut selama dua tahun. Namun usahanya begitu cepat dikenal oleh masyarakat luas terutama di ibu kota.

6. Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Martabak Mini

Seperti yang diketahui bersama, makanan martabak pada umumnya dikenal dengan bentuk yang besar disertai toping manis maupun asin.

Namun, saat ini jenis makanan tersebut sudah bisa didapatkan dengan ukuran yang lebih kecil atau mini.Rupanya dengan ukuran yang lebih kecil tersebut membuat orang-orang tertarik untuk membelinya.

Bahkan diantara mereka ada yang ingin membuka usaha tersebut. kini, usaha makan tersebut sudah bisa ditemukan di tempat keramaian dengan menggunakan gerobak.

Selain menggunakan gerobak, usaha tersebut bisa dijajakan di rumah tanpa harus menggunakan alat tersebut. Tentunya yang harus dipersiapkan adalah tempat pembuatan martabak serta bahan bakunya.

Usaha kulinet yang menjanjikan tersebut bisa untuk berbagai kalangan serta tergolong mudah untuk membuatnya. 

7. Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Warteg

Tak dipungkiri usaha warteg ini cukuplah menggiurkan. Selain dikenal dengan harga yang murah dan terjangkau banyak macam pilihan makanan yang bisa dipilih oleh pelanggan.

Jika Anda memiliki basic memasak membuka usaha warteg tersebut bisa menjadi solusi. Tentunya Anda harus siap dengan memasak berbagai macam makanan baik itu sayuran, daging, sop, goreng-gorengan dan lain sebagainya.

Usaha kuliner yang menjanjikan ini rata-rata banyak dilakukan di rumah. Dan tentunya sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang.

Jika anda khawatir akan terkendala dengan iklim dan suhu sekitar yang lumayan panas.

Maka anda bisa mencari jasa pasang ac untuk menambah kenyamanan pengunjung yang datang di usaha rumah makan anda dan membuat usaha anda menjadi lebih maju lagi.

Untuk karyawan memang masih tergolong sulit, namun bukan menjadi penghalang, Anda bisa menjadi tim marketing yang menawarkan makanan untuk keperluan makan siang para karyawan lainnya.

8. Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Asinan Sayuran dan Buah-Buahan

Jenis usaha makanan rumahan berikutnya adalah dengan menjual asinan sayuran dan buah-buahan. usaha makanan tersebut mungkin banyak ditemukan di kota Bogor, Jawa Barat.

Namun alasannya untuk membuka usaha tersebut adalah bahan baku yang mudah untuk didapat.Seperti yang diketahui bersama, Indonesia adalah negara yang subur serta mampu menghasilkan berbagai macam sayuran serta buah-buahan.

Karena itu bisa Anda memanfaatkan untuk membuat asinan sayuran dan buah-buahan.

Tentunya bila Anda belum mahir untuk membuatnya bisa untuk belajar terlebih dahulu. Namun, secara keseluruhan membuka usaha ini tak sulit karena bahan baku yang digunakan cukup mudah untuk didapatkan.

Tips  Cara Memulai Usaha Kuliner Yang Menjanjikan Untuk Pemula

Tips  Cara Memulai Usaha Kuliner Yang Menjajikan Untuk Pemula

Berbisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak peminatnya. Harus diakui, bisnis kuliner memang tidak ada matinya.

Semakin banyak orang yang menggeluti bisnis ini. Sehingga menghadirkan beragam pilihan bagi pelanggan.

Namun tidak semua orang yang menggeluti bisnis ini dapat bertahan lama. Hanya orang – orang yang bekerja keras yang dapat bertahan.

Tidak hanya itu, kreatifitas dan inovasi juga diperlukan dalam menggeluti usaha ini. Dengan kompetisi dunia kuliner yang semakin ketat. Para penggelut bisnis kuliner juga harus lebih kreatif .

Bagi anda yang merupakan pemula di bisnis kuliner, beberapa hal dibawah ini harus anda perhatikan untuk dapat sukses.

1. Target Pasar

Tentukan target pasar anda secara spesifik. Target pasar adalah acuan untuk merancang strategi pasar.

Target pasar meliputi umur, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, dan sebagainya. Setelah menentukan target pasar, anda dapat menentukan strategi kedepannya.

Contohnya saja misalkan kita berencana membuka usaha kuliner yang menjajikan di daerah kampus, maka yang cocok kita jual adalah makanan yang terjangkau dan tempat yang nyaman untuk kalangan mahasisiwa seperti warung nasi berkonsep cafe misalnya.

Dengan pasar yang tertarget maka kita tidak akan kesulitan untuk menjual produk kuliner kita.

2. Inovasi

Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis kuliner, anda harus dapat menyiasati hal ini. Inovasi meliputi rasa, tampilan atau bentuk, kreasi dalam pembuatannya, dan cara penyajiannya.

Inovasi ini juga harus disesuaikan dengan target pasar. Contohnya, jika target anda adalah anak sekolah, buatlah makanan dengan tampilan yang menarik bagi anak sekolah.

Inovasi produk kuliner yang kita jual juga sangat penting agar konsumen tidak bosan untuk mengkonsumsi produk kita, selalu berikan variasi baru kepada jenis makanan yang kita jual.

3. Supplier

Bahan dasar yang dipakai dalam mengolah makanan dapat sangat mempengaruhi rasa makanan. Untuk menyediakan bahan dasar, harus ada pihak yang bertanggung jawab untuk itu.

Dengan adanya bantuan dari supplier, maka kualitas bahan dasar makanan anda akan terjamin. Memilih supplier pun harus berhati – hati. Pilihlah supplier yang konsisten menjaga kualitas.

4. Pengetahuan dan Keahlian

Menjadi salah satu pengusaha dalam bisnis kuliner, berarti anda harus mempunyai pengetahuan dan keahlian juga di bidang kuliner.

Dari pengetahuan dan keahlian inilah nantinya akan muncul ide – ide baru serta inovasi baru. Sehingga menjadikan makanan yang anda sajikan beda dari yang lainnya.

Walaupun anda memilih untuk menggunakan juru masak atau chef, anda tetap harus mengetahui lebih dalam lagi mengenai bidang bisnis anda.

5. Jaga Reputasi

Usaha kuliner yang sanggup bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah yang mampu menjaga reputasinya di mata konsumen, sedikit saja mengecewakan mereka akan dapat berakibat buruk kepada reputasi usaha kita.

Mulai dari mulai kebersihan makanan, tempat hingga rasa menu masakan dan pelayanan harus di tetapkan dengan standar operasi yang ketat.

6. Sabar Diawal Usaha

Usaha di bidang kuliner ini akan sedikit membutuhkan waktu pengenalan kepada konsumen terlebih untuk bisnis yang baru di buka, maka jangan heran jika di awal-awal usaha mungkin terjadi sepi pengunjung.

Namun untuk selanjutnya jika menu masakan kita cocok di lidah konsumen, maka akan sangat mudah tersiar kabarnya kepada konsumen lain.

Maka kesabaran akan sangat di butuhkan untuk dapat merintis bidang usaha kuliner ini, terutama bagi pemula yang seringkali buru-buru mengambil keputusan.

2 Usaha Di Pinggir Jalan Yang terbukti Menghasilkan Omset Jutaan
Kali ini saya akan berbagi contoh dan tips sebuah bisnis di bahu jalan yang menguntungkan tanpa modal yang besar.

Karena saya pikir hampir semua orang terutama di golongan menengah ke bawah memerlukan informasi yang penting ini, jadi jika artikel ini bermanfaat saya minta tolong untuk bantu share ya.

Sudah tidak asing lagi bahwa usaha di pinggir jalan adalah salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan uang dengan lebih mudah. dalam tanda “kutip” ada beberapa syarat dan ketentuannya.

Karena pinggir jalan adalah tempat yang paling dekat dan sangat gampang di jangkau oleh konsumen.

Tips Sukses Usaha Jualan di Pinggir Jalan

tips usaha kuliner di pinggir jalan

1. Pilih Lokasi Yang Tepat

Lokasi menjadi hal yang paling menentukan sukses tidaknya usaha anda. Apabila anda ingin berjualan di pinggir jalan maka pilihlah lokasi yang ramai, seperti dekat dengan pasar, stadion, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Usaha seperti jualan makanan, gorengan dan minuman sangat cocok apabila di dirikan di dekat pusat keramaian, dengan begitu konsumen akan mengetahui dan mudah menjangkau lokasi anda.

2. Jenis Barang Yang Dijual

Sebelum anda terjun langsung ke jalan, anda harus melakukan survei jenis barang atau jasa apa yang paling laku di pinggir jalan.

Saat ini bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk di jalankan di pinggir jalan.

Namun juga tidak menutup kemungkinan bisnis lainnya seperti jualan baju, sepatu, tas, dan elektronik lebih menjanjikan.

Selain itu anda juga bisa berjualan barang sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda.

Misalnya anda ingin berjualan bakso dan anda berbakat dalam membuat bakso yang enak, maka tidak ada salahnya jika anda berjualan bakso. Semua bisa di sesuaikan dengan keadaaan yang ada.

3. Tempat Jualan Yang Nyaman

Tempat anda berjualan tidak harus mewah, yang terpenting konsumen harus betah dan merasa nyaman berada di tempat/kios/warung anda.

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan, dengan tempat yang bersih akan membuat kosumen betah, terlebih apabila anda berjualan makanan, maka kebersihan menjadi hal yang mutlak.

Selanjutnya ialah fasilitas di tempat usaha anda. Pastikan anda memberikan fasilitas sesuai dengan tempat usaha anda, apabila anda usaha jualan makanan maka anda wajib menyedikan kursi, tikar dan meja.

Apabila anda usaha jualan baju dengan tempat usaha seeprti ruko maka anda harus memberikan fasilitas seperti AC, kipas angin, radio atau bahkan televisi.

4. Harga Yang Bersahabat

Persaingan usaha di pinggir jalan cukup ketat, anda tahu sendiri bahwa saat ini di pinggir jalan raya pasti ada saja beberapa tempat usaha yang menjual barang/makanan yang sama.

Seperti warung bakso yang berdampingan, kios pulsa yang berdampingan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara kita agar menjadi pemenang? tentu saja anda harus pintar menentukan harga.

Tentukan harga yeng bersahabat, misanya di toko A di jual dengan harga Rp. 10.000,- maka di toko anda bisa di bandrol sekitar Rp. 9.500,-. Meskipun cuma berbeda 500 rupiah saja namun akan berdampak besar terhadap keramaian usaha anda.

5. Pelayanan dan Promosi

Apabila anda ingin memiliki pelanggan tetap maka berikanlah pelayanan yang prima, pelayanan meliputi sopan santun, ramah tamah, menyapa, senyuman.

Selain pelayanan yang prima, promosi juga menjadi hal yang penting. Promosi memiliki arti memberi tahukan usaha kita kepada orang banyak.

Promosi termurah ialah dengan memasang banner yang berisikan apa saja yang ada di toko/warung anda.

Itulah lima tips sukses yang bisa anda lakukan agar usaha jualan di pinggir jalan bisa berkembang dan menguntungkan.

Itu tadi ulasan tentang usaha kuliner yang menjanjikan cocok untuk usaha yang dapat saya bagikan  semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin mengetahui Resep Makanan Sederhana Cocok Untuk Makan Malam bisa juga untuk pacuan sebagi usaha yang bisa anda lakukan sendiri .

Sekian terimaksaih 🙂