Ternak Kambing Tanpa Ngarit Bagi Pemula

 Ternak Kambing Tanpa Ngarit

cara ternak kambing tanpa ngaritSuatu pekerjaan yang sudah biasa pastinya bagi para peternak hewan kambing dengan cara ternak kambing tanpa ngarit . Sudah tugas peternak yang harus ngarit dan angon agar pertumbuhan kambing bisa sehat.

Sekarang sudah waktunya memberikan pakan fermentasi untuk kambing yang bisa dibuat sendiri. Dan pembuatannya cukup mudah, serta, bahan-bahannya pun gampang.
Karena pakan fermentasi terbuat dari bahan-bahan yang organik dan alami yang mudah didapatkan, sepeti bahan dari pohon pisang, jerami padi, pohon tebu, jagung, kulit singkong, maupun dari sisa-sisa makanan dari pasar.
Dengan sebuah pakan fermentasi, nutrisinya juga tidak kalah dengan nutrisi rumput hijauan yang lain, apalagi di tambahkan suplemen untuk fermentasi yang sangat penting untuk kondisi hewan ternak sendiri.
Praktek yang kami coba, pakan fermentasi untuk ternak kambing menggunakan fermentor SOC-HCS. Pakan fermentasi bisa bertahan berberapa bulan. jadi itu cara ternak kambing tanpa ngarit.
Ini tentu memudahkan untuk menghemat sebuah waktu anda dan tenaga anda. Karena tidak perlu setip hari membuat pakan fermentasi dan ngarit rumput ataupun angon kambing dilapangan terbuka.
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat pakan fermentasi bisa memanfaatkan bahan pertanian disekitar lingkungan kita. Jika sekitar kita panen jagung, kita bisa gunakan bonggol jagung untuk dibuat sebuah pakan kambing.

Berikut Ini Manfaat atau Kelebihan Pakan Fermentasi Untuk Ternak Kambing Tanpa Ngarit :

  • Memperbaiki sistem pencernaan hewan ternak.
  • Meningkatkan Produksi susu yang berkualitas.
  • Bobot ternak meningkat secara alami ,gemuk ,dan sehat tanpa penyakit.
  • Meningkatkan nafsu makan pada hewan ternak.
  • Daging hewan lebih berisi dan tebal serta rendah dengan kolesterol.
  • Hewan ternak akan lebih kebal dan tahan terhadap sebuah serangan penyakit.
  • Kotoran hewan ternak tidak bau sehingga tidak dapat mencemari lingkungan sekitar pekarangan tersebut.
  • Kotoran dan Urine lebih sedikit dan bisa dimanfaatkan untuk pupuk kandang atau biogas alami.

Cara untuk menggantikan makanan hewan kambing agar tidak selalu ngarit diluar, kami memberi tips dengan cara membuat sebuah pakan fermentasi dan yang unggul lagi diberi obat fermentasi SOC yang alami untuk hewan ternak.

cara ternak kambing tanpa ngarit

SOC-HCS Produk dari PT.HCS, merupakan suplemen organik cair yang begitu tepat buat campuran membuat pakan fermentasi ternak anda. yang aman, dengan menggunakan Soc anda dapat hemat pengeluaran selama produksi.

karena mampu mempercepat suatu pertumbuhan dan memperbesar nafsu makan ternak pedaging maupun meningkatkan kesuburan ternak petelur. itu suatu cara untuk ternak kambing tanpa ngarit.

Manfaat Dalam Penggunaan SOC-HCS :

  • Mengurangi  bau yang sangat menyengat khususnya pada kandang ternak dan lingkungan sekitarnya.
  • Mengurangi stres dan penyakit pada ternak.
  • Meberikan antibodi untuk hewan ternak, agar tidak mudah terserang sakit.
  • Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam perut hewan ternak untuk menjaga kekebalan tubuh hewan.
  • Meningkatkan nafsu makan dan menjadikan hewan ternak lebih banyak makan.
  • Menekan penyakit pada ternak yang menyerang ternak.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ternak kambing.

Cara Ternak Kambing yang Menguntungkan Tanpa Ngarit

Jika anda sebagai pengusaha perternakan tertarik untuk membuka usaha budidaya kambing, berikut ini cara ternak kambing yang menguntungkan tanpa ngarit, antara lain:

1. Mempelajari Teknik Dasar Beternak Kambing Yang Baik Dan Benar

Sebelum belajar cara ternak kambing tanpa ngarit dan angon maka harus menguasai sebuah ilmu dalam ternak kambing. Banyak  perusahaan swasta yang menyelenggarakan suatu usaha pelatihan cara ternak kambing secara profesional.

Salah satunya adalah sebuah lembaga perseroan terbatas Natural Nusantara. Ujung-ujungnya mereka menjual berbagai suplemen, nutrisi, vitamin, obat-obatan dan pakan buatan bagi kambing.

Untuk lebih sukses dalam ternak kambing caranya begitu mudah. Kamu mesti harus menguasai dua hal yaitu keterampilan teknis dan soft skill seperti kesabaran, ulet serta pantang menyerah.

Sedangkan sebuah  teknis yang dibutuhkan untuk lebih sukses ternak kambing ada empat hal, yaitu: Memilih bibit hewan yang harus unggul, memelihara secara baik , memberikan pakan teratur dan memastikan kandang selalu keadaan bersih.

2. Mempunyai Lahan Yang Luas

Dengan mempunyai sebuah lahan yang sangat luas. Dengan banyak tumbuhan rumput alami membuat cara ternak kambing yang menguntungkan dapat dilakukan tanpa ngarit. Memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar.

Sebab kambing dilepas liar untuk mencari makanan sendiri di area yang dibatasi oleh sebuah pagar. Namun berdasarkan pengalaman seorang penulis, cara ini sulit dilakukan oleh beberapa peternak hewan kambing.

Mengingat mayoritas seorang peternak kambing  tidak mempunyai lahan yang begitu luas. serta peternak tidak mempunyai skill untuk berternak hewan.

3. Membuat Kandang Ternak Kambing

Untuk membuat kandang kambing cukup mudah sekali. Anda bisa memanfaatkan sisa limbah kayu atau potongan pohon bambu. Untuk ukuran kandang bisa disesuaikan dengan jumlah kambing yang akan diternakkan.

Jangan membuat kandang terlalu sangat luas. Tapi ukuran yang menengah sehingga bisa menghemat ruang lahan sekitar. Dengan ukuran 3 meter kali 4 meter sudah cukup untuk menampung sepuluh ekor kambing yang akan diternakan.

Ada berbagai macam desain sebuah kandang kambing. Seperti desain kandang kambing sederhana yang kaki menyentuh tanah. Dan konsep kandang panggung dimana kaki hewan kambing tidak bisa menyentuh tanah.

Desain kandang kambing ini cukup bagus untuk beternak kambing secara lebih menguntungkan. Karena cara ini dapat memudahkan dalam menjamin kebersihan sebuah kandang kambing.

Ternak kambing jawa tanpa ngarit bisa juga diambil dari limbah pasar yang bisa kita olah untuk dipakai sebagai bahan fermentasi pakan ternak kambing adalah :

1. Pakan Fermentasi Dari Batang Jagung

cara ternak kambing tanpa ngarit

Fermentasi dari batang pohon jagung sudah sangat terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan dan penggemukan pada hewan ternak. Batang pohon jagung yang dipilih yang sudah berusia sekitar 75 – 90 hari.

Usia pohon jagung tersebut tergolong masih sangat muda, yang bijinya kita bisa panen, sementara batangnya bisa dibuat pakan ternak untuk di buat fermentasi.

2. Pakan Fermentasi Yang Terbuat Dari Jerami Padi

cara ternak kambing tanpa ngarit

Umumnya jerami padi yang akan langsung dibuang atau dibakar karena hanya dianggap limbah pertanian yang tidak bisa digunakan lagi. Tapi jerami padi juga masih bisa kita manfaatkan untuk pakan karena mempunyai banyak nutrisi.

3. Pakan Fermentasi Dari Pohon Pisang / Gedebog Pisang

cara ternak kambing tanpa ngarit

Limbah lain yang dapat bisa kita manfaatkan untuk  sebuah pakan kambing adalah dari pohon pisang. Pohon pisang bisa kita olah menjadi sebuah bahan fermentasi yang menjadi pakan untuk ternak kambing.

Cara pembuatan pakan dengan fermentasi dari pohon pisang sebaiknya bahan dipotong – potong kecil terlebih dulu untuk kemudian kita campurkan dengan ampas tahu dan juga bekatul, yang selanjutnya kita aduk sampai rata.

4. Pakan Fermentasi Dari Singkong

cara ternak kambing tanpa ngarit

Kambing tidak hanya menyukai sebuah tanaman rumput saja, tetapi juga menyukai sebuah kulit pohon singkong. Cara membuat pakan fermentasi dari tanaman singkong pada umumnya sama dengan pakan jerami.

5. Pakan Fermentasi Dari Daun Segar

cara ternak kambing tanpa ngarit

Daun segar juga banyak mengandung protein yang dibutuhkan untuk tumbuh ternak. Jenis daun yang bisa juga difermentasi seperti jenis leguminosa seperti : daun lamtoro, gamal yang mempunyai kandungan protein sangat tinggi.

6. Pakan Komplit Dari Pakan Ternak Instan

cara ternak kambing tanpa ngarit

Pakan ternak instan merupakan solusi terbaik bagi peternak hewan yang kesulitan mencari pakan memberikan pakan yang tepat ternaknya. Kendala ini hampir sering di alami oleh para peternak hewan kambing.

Mencari pakan adalah menjadi sebuah masalah paling besar dialami oleh peternak. Kebanyakan para peternak juga akan berasumsi bahwa pakan yang baik adalah rumput-rumputan atau pakan hijauan.

Padahal pakan hijau sudah akan semakin sulit,  dan sangat tergantung pada sebuah musim. Pada saat musim penghujan suply pakan hijauan sangat begitu melimpah namun pada masa kemarau sangat sulit untuk didapatkan.

Nah kondisi seperti itu sangat begitu merugikan bagi peternak karena produktifitas penggemukan ternak  sangat menurun. Tentu kalau kondisi seperti ini akan bisa merugikan para peternak dan keuntungan yang diperoleh akan menurun draktis.

Kondisi ini juga membuat peternak terinovasi pakan yang bernutrisi sangat lengkap . Pakan ini juga sudah banyak mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat jadi bisa membantu bagi peternak dalam mencukupi pakan.

Keunggulan pakan ini dapat meningkatkan bobot hewan ternak dengan lebih cepat dibandingkan dengan jenis pakan yang lainnya. Permintaan pakan ternak ini semakin hari semakin meningkat karena  dengan pakan ini lebih mendapatkan kepastian kenaikan bobot.

Dengan demikian lebih cepat meningkatkan suatu keuntungkan bagi peternak. Ternak kambing jawa tanpa ngarit sudah banyak sekali diterapkan oleh berbagai para peternak dikarenakan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Sehingga proses pembuatan sebuah pakan ternak dengan cara fermentasi menjadi pilihan. Cara pembuatan yang mudah dan simpel bisa kita simpan dalam jangka waktu berbulan – bulan tanpa khawatir basi.

Fermentasi Pakan Ternak Kambing Tanpa Ngarit

Akhir-akhir ini juga sedang maraknya cara ternak kambing yang menguntungkan dalam waktu cepat, cara ternak sapi kambing tanpa ngarit secara lebih mudah, cara ternak kambing tanpa ngarit .

Ilmu itu dapat kita peroleh secara mudah dan lebih cepat di internet. Namun kamu tetap harus selektif. Kadang ada beberapa informasi cara ternak kambing tanpa ngarit dan ngangon yang bersifat sangat palsu.

Informasi yang salah tersebut juga kadang membuat seseorang bisa terlena. Seolah-olah menjalankan sebuah usaha beternak kambing dengan cepat untung dan cepat kaya raya dengan mudah dan modal kecil.

Padahal dalam kenyataan yang ada dalam membuka usaha beternak tidak semudah itu seperti membalikkan tapak tangan . Tetap saja yang namanya usaha tidaklah segampang itu. Namun memerlukan kerja keras yang sangat ekstra.

Terobosan dan inovasi yang bisa dilakukan untuk merubah sebuah paradigma pola beternak kambing yang mudah dan simpel memang diperlukan sekali untuk mengembangkan sebuah bisnis peternakan kambing di Indonesia.

Namun apa yang akan diutarakan haruslah benar-benar sesuai dengan kenyataan. Jangan sampai berbanding terbalik dengan sebuah kenyataan. Salah satu terobosan yang dilakukan oleh para peternak kambing tersebut.

Boomingnya cara beternak kambing secara lebih mudah menggunakan teknik fermentasi pakan menarik banyak orang. Fermentasi pakan ternak biasanya menggunakan pakan gedebok pisang atau jerami.

Namun ada beberapa pihak yang melakukan cara ini serta kurang begitu berhasil. Justru beberapa kambing ternaknya ada yang mati setelah makan pakan fermentasi tersebut.

Cara Usaha Ternak Kambing Tanpa Ngarit Serta Tanpa Modal

Sementara itu, peternak membuka usaha ternak kambing secara tradisional di samping pekarangan rumah. Usaha berternak kambing tanpa modal yaitu dengan cara merawat ternak kambing milik orang lain.

Kemudian membesarkan ternak kambing tersebut hingga beranak satu hingga dua ekor. Jika kambing tersebut melahirkan dua anak kambing maka pihak investor akan mendapatkan satu anak kambing.

Dan anda akan memperoleh satu anak kambing. Kemudian anda menyerahkan kambing pokok dan satu anaknya kepada pihak investor tersebut.

Dari cara beternak kambing tanpa modal di atas jelas sangat begitu sangat mudah. Hanya sebagai awal usaha kamu harus bekerja keras setiap hari untuk mencari sebuah pakan rumput.

Apabila kamu itu membutuhkan uang secara cepat maka bisa menjual kambing. Harga kambing saat ini rata-rata sekisar Rp 2 juta per ekor. Harga kambing betina saat ini sekisar Rp 1,5 juta. Sedangkan harga kambing jantan saat ini sekisar Rp 2,5 juta.

Hal yang sangat  berat dalam sebuah membuka usaha beternak kambing bukan hanya pembuatan kandang. Tetapi harus rutin mencari pakan bagi hewan ternak kambing.

Setiap hari anda harus dapat mencari pakan alami. Anda bisa membuatnya dengan mudah tanpa perlu susah susah ngarit cari pakan dengan menggunakan fermentasi pakan.

Hambatan dan sebuah kendala yang pasti akan anda alami selama membuka usaha ternak kambing. Misalkan ternak kambing betina sulit beranak maka cara paling mudah adalah berkonsultasi dengan pihak dokter hewan.

Sang dokter hewan ternak akan menyuntikkan sebuah sperma ke kambing betina. Biaya penyuntikan ternak kambing betina agar bisa melahirkan sebuah anak sebesar Rp 150 ribu.

Jenis-jenis kambing yang populer di Indonesia

1.Kambing Ettawa (Kambing Jamnapari)

cara ternak kambing tanpa ngarit

Kambing ettawa atau yang sering juga dikenal dengan sebagai nama kambing jamnapari, adalah merupakan jenis kambing unggul, yang didatangkan dari india .

Mempunyai dwi fungsi yaitu, bisa di ternak sebagai kambing penghasil susu murni, atau bisa juga sebagai kambing penghasil daging yang berkualitas.

2.Kambing Jawarandu

cara ternak kambing tanpa ngarit

Kambing jawarandu merupakan salah satu jenis nama lain dari ligon. Kambing ini adalah salah satu hasil dari sebuah persilangan antara kambing peranakan etawa dengan kambing kacang.

Untuk menghemat biasanya peternak  susu kambing ini hanya memilih kambing ini untuk diternakkan dan diambil susunya saja. Karena kambing ini dapat menghasilkan sebuah susu murni sebanyak 1,5 liter per harinya.

3.Kambing Boer

cara ternak kambing tanpa ngarit

Pada kambing boer adalah salah satu jenis ternak kambing yang berasal dari afrika selatan dan telah menjadi ternak yang eregistrasi selama dari 65 tahun. Boer diambil dari sebuah arti kata petani.

Kambing ini adalah sebuah kambing ternak pedaging yang memiliki pertumbuhan yang cepat.Untuk berat kambing ternak sekitar 35 sampai 45 kg karena kambing ini bisa mencapai kambing yang usianya sampai lima tahun.

Dari rata rata itu untuk pertambahan berat badan akan mencapai 0,02 – 0,04 kg untuk per harinya saja. Karena hanya bisa tergantung dari jumlah susu dari induk pakan dalam sehari harinya.

Ketika sudah akan menginjak umur 2 sampai 3 tahun, kambing boer jantan akan mempunyai berat badan sekitar 120 sampai 150 kg. Sedangkan untuk betina dan dewasa pasti akan memiliki berat mencapai 80 sampai 90 kg pada umur yang sama.

Untuk persentase daging pada sebuah karkas kambing boer sudah akan mencapai sekitar 40 sampai 50% dari berat tubuhnya saja. Ini merupakan jauh lebih tinggi jika kita bandingkan dengan ternak kambing perah lokal.

Kambing poer biasanya sudah dikenali dengan begitu mudah dari bentuk tubuhnya yang panjang dan lebar. Memiliki badan yang berbulu putih, kepala berwarna coklat, kemerahan atau bisa juga tercampur dengan coklat tua.

Dan memiliki hidung yang cembung, bertelinga panjang seperti menggantung, dan berkaki agak pendek. Karena ada beberapa untuk kambing boer untuk di wajahnya mempunyai sebuah garis putih ke arah bagian bawah.

Untuk kulitnya memiiki warna coklat dan bisa melindungi dirinya dari kanker kulit akibat terkena ultraviolet dari sinar matahari secara langsung, karena kambing ini sangat senang untuk berjemur di padang rumput pada siang hari.

4.Kambing Gembrong

cara ternak kambing tanpa ngarit

Kambing gembrong adalah salah satu hewan yang terdapat dari bali yang tepatnya di daerah kawasan timur, dan yang terutama di daerah karangasem bali.

Hewan ini sangat mirip sekali seperti anjing yang memiliki bulu yang begitu sangat lebat, dari segi badan memang sudah mirip dengan hewan kambing yang seperti lainnya.

Akan tetapi jika kalau kita lihat dari segi bulunya seperti anjing karena bulunya begitu sangat lebat. Ini lah salah satu jenis kambing yang berasal dari bali yang hampir punah.

Kambing gembrong merupakan sebuah hasil dari persilangan antara kambing kashmir dengan kambing turki. Ciri Khas dari kambing gembrong jantan ini adalah memiliki bulu panjang dan behitu lebat, dan mengkilap.

kalau kita lihat dari segi  sisi bulunya mencapai sekitar 25 sampai 30 cm, minimal setiap 12 bulan bulunya kambing akan dicukur sekali.Ketika jika bulunya tidak dicukur, pada bagian kepala nanti akan menutupi mata dan telinga.

Sehingga kambing tersebut akan sangat begitu sulit untuk mau makannya. Akan tetapi untuk kambing gembrong ini yang berjenis betina, bentuk dan ukuran ternak itu pada tubuhnya sangat mirip dengan kambing kacang pada umumnya.

Rincian Modal Usaha Ternak Kambing Tanpa Ngarit Buat Pengusaha Pemula

Keperluan masyarakat muslim di Indonesia dan di negara muslim lainnya yang sangat berpengaruh besar terhadap kambing menunjukkan potensi besar bisnis ini. Permintaan akan kambing akan semakin besar pertahun.

Semisal pada waktu menjelang hari idul adha. Bahkan setiap hari  ada masyarakat di tanah air memerlukan kambing untuk dijadikan hewan aqiqah bagi orangtua yang mempunyai bayi berumur sekitar 2 minggu.

Berdasarkan sebuah penelitian penulis di lapangan, setiap hari di suatu daerah pasti ada orang yang sedang melakukan acara aqiqah.Banyak hal yang membuat usaha ternak kambing lebih menguntungkan.

Seperti harga sebuah daging kambing yang jauh lebih murah dibanding daging sapi. Harga kambing yang sangat lebih terjangkau dibanding sapi. Selain itu usaha merawat peternakan kambing lebih gampang.

Keuntungan lain dari sebuah ternak kambing adalah biaya pakan, biaya bibit dan biaya kesehatan yang sangat murah daripada bisnis peternakan sapi potong dan pedaging yang lainnya.