Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Budidaya Lobster Air Tawar.

budidaya lobster air tawar

A. Mengenal Budidaya Lobster Air Tawar.

Lobster air tawar merupakan crustacea yang bentuk tubuhnya menyerupai lobster dan hidupnya di air tawar, budidaya lobster air tawar terbesar berada di negara australia.

Lobster ini dapat bertahan hidup di berbaga lokasi atau tempat dimana tempat atau lokasi tersebut terdapat air tawar yang mengalir serta terdapat tempat untuk ia singgah dan berlindung dari ancaman predatornya.

Oleh sebab itu banyak masyarakat di indonesia yang tertarik untuk mencoba peluang usaha dengan cara budidaya lobster air tawar ini, untuk menambah pundi-pundi penghasilan .

Pada umumnya, lobster air tawar ini tidak bisa bertahan hidup di dalam air yang kondisinya sudah tercemar, dan dari beberapa spesies lobster air tawar termasuk spesies invasif.

Lobster air tawar tergolong ke dalam keluarga Astacoideaa dan Parastacoidea.

Hewan air ini bernapas melalui insang yang bentuknya hampir menyerupai bulu yang dimiliki oleh hewan unggas pada umumnya.

Biasanya makanan dari lobster air tawar adalah zooplankton dan tumbuhan air tapi terkadang lobster ini juga sering dijumpai sedang memakan hewan air yang kondisinya sudah menjadi bangkai.

Kebanyakan lobster air tawar yang dibudidayakan masyarakat di wilayah indonesia didatang langsung dari negara Amerika Utara dan negara bagian Amerika serikat sebagai produsen lobster air tawar terbesar.

Jenis-jenis lobster air tawar yang sering dibudidaya : 
1. Lobster Capit Merah

budidaya-lobster-air-tawar

Lobster ini merupakan salah satu spesies endemik dari kelompok udang yang pada awalnya hidup di area sungai, rawa, atau danau ber air tawar di kawasan queensland Australia.
Warna dari lobster capit merah ini hijau kemerahan. Pada bagian atas capitnya memiliki pola garis berwarna merah yang sangat tajam, terutama pada indukan jantan yang umurnya telah mencapai lebih dari tujuh bulan.
Oleh karena itu, lobster jenis ini dikenal dengan sebutan redclaw atau si capit merah.
Seluruh permukaan pada capit radclaw memiliki duri-duri kecil yang berwarna putih.
Telur dari udang ini berwarna kuning kemerahan dan memiliki masa pengeraman kurang lebih selama 32-35 hari dengan suhu air sekitar 23-31 derajat c.
Redclaw ini dapat berkembang pada kisaran suhu 2-37 derajat c.
Walaupun demikian, suhu air optimum yang paling tepat untuk hidup dan berkembang redclaw adalah 23-31 derajat c.
Disisi lain, kandungan oksigen didalam air untuk lobster ini minimum 3 ppm, ph 6-9,5 dan kadar amonia sekitar 1 ppm.
2. Lobster Yabbies
budidaya-lobster-air-tawar
Merupakan salah satu spesies asli yang tersebar disekitar danau atau sungai yang terletak di wilayah tropis hingga subtropis di beberapa negara bagian Australia, seperti melbourne, adelaide, alice spring, victoria, townsville dll.
Di daerah tersebut, lobster yabbies ini banyak bersinggah diperairan yang kaya oksigen, tumbuhan, dan substrat berlumpur atau berpasir.
Udang Yabbie bisa bertahan hidup pada suhu air 8-30 derajat c. Namun, metabolisme tubuh, nafsu makan, serta pertumbuhannya menjadi rendah apabila dipelihara didalam wadah dengan suhu air kurang dari 16 derajat c.
Kisaran suhu yang paling baik untuk pertumbuhan yabbie adalah sekitar 20-25 derajat c
Pada umumnya yabbie menjadi induk saat berumur kurang lebih 6-7 bulan
Yabbie termasuk pemakan segala atau omnivora, walaupun ia mempunyai kecenderungan menyukai tumbuhan, seperti daun dan ranting pohon yang jatuh diperairan.
Kebiasaan lain dari yabbie adalah dia mampu membuat tempat perlindungan dengan cara menggali lubang di dasar perairan hingga kedalaman sampai sekitar 2meter.
Hal ini sering kali menjadi faktor yag mempersulit para pembudidaya, terutama pembudidaya yang menggunakan media kolam tanah.
3. Jenis Lobster air tawar marron
budidaya-lobster-air-tawar
Lobster Jenis ini bisa mati apabila suhu air yang digunakan untuk budidaya melebihi 30 derajat c.
Lobster Marron bisa bertumbuh menjadi besar hingga mencapai berat kurang lebih 500-2.000 gram.
Selain itu, lobster marron ini tidak bisa berubah warna dari warna biru ke warna yang lainnya, meskipun di beri perlakuan yang berbeda dan tempat hidupnya di ubah.
Marron ini berasal dari wilayah barat australia.
Sampai saat ini lobster ini sudah mulai menyebar ke wilayah selatan, terutama dipulau kanguru.

B. Cara Budidaya Lobster Air Tawar.

budidaya-lobster-air-tawar

Lobster air tawar adalah binatang bertempat tinggal di air yang cukup mudah apabila dibudidayakan.

Harganya yang cukup tinggi sekitar 150 sampai 250 ribu/kg, membuat banyak orang tertarik untuk membuat budidaya lobster air tawar yang cukup menguntungkat bila dilakukan melalui prosedur yang benar.

Seperti namanya, lobster air tawar hidup di sungai, danau, serta rawa yang berair tawar.

Untuk media budidaya lobster air tawar sangat bervariasi, pada umumnya lobster air tawar biasanya dibudidayakan pada kolam tanah.

Pada metode ini petani hanya akan menaruh indukan lobster pada kolam tanah tersebut lalu pada masa berkala, kolam tersebut dikeringkan dan lobster yang ukurannya telah memenuhi ukuran layak jual, siap dipasarkan.

Cara budidaya lobster air tawar sangatlah mudah dan cepat, tidak seperti udang jenis windu atau udang galah yang cenderung rumit untuk dibudidayakan.

Lobster air tawar juga tidak mudah stres dan kebal terhadap penyakit.

C. Tips Keberhasilan Budidaya Lobster Air Tawar

Tips 1 :

Pilih indukan udang yang ukuran fisiknya besar dan sehat sebagai media produksi bibit udang air tawar.

Untuk mempercepat pertumbuhan bibit udang, berikan makanan secara ekstra berupa cacing sutra dan cacing tanah untuk mempercepat proses bertelur yang dikawinkan.

Selain itu, perlu anda ketahui udang juga ada proses pergantian kulit untuk proses pertumbuhan udang tersebut menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Karena itu guna merangsang pergantian kulit, sesering mungkin anda melakukan pergantian air pada kolam/aquarium minimal 1 kali dalam seminggu tergantung tingkat kekeruhan air dalam kolam tersebut.

Tips 2

Melakukan pengawasan secara berkala untuk menghindari serangan dari lobster lain terhadap lobster yang sedang mengalami ganti kulit.

karena pada saat udang sedang ganti kulit, pada saat yang sama udang mengeluarkan zat cairan yang dapat merangsang sifat kanibal dan melakukan penyerangan terhadap lobster lain yang sedang tidak berdaya.

D. Cara Mudah Budidaya Lobster Air Tawar untuk Pemula

Apakah anda menyukai lobster? Lalu Pernahkah anda berfikir tentang bagaimana cara budidaya lobster air tawar? Jika iya, artikel ini insyaallah bisa membantumu.

Lobster air tawar adalah salah satu crustacea yang bentuk tubuhnya mirip dengan lobster namun hidupnya berada di air tawar.

Lobster ini memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi ketimbang lobster lainnya.

Bayangkan saja, lobster ini mampu bertahan hidup diberbagai tempat asalkan tempat tersebut ada air yang mengalir serta tempat untuk berlindung ia berlindung.

Dirinya juga bisa bertahan hidup hingga 8 jam pada keadaan tanpa air.

Selain memiliki ketahanan hidup yang sangat baik dan cita rasa udang ini yang sangat lezat, kandungan gizi udang ini juga sangat banyak.

Inilah alasan banyak orang untuk membudidayakannya.

Apalagi harga jual dari lobster air tawar ini juga terbilang cukup tinggi tergantung bobot dan besarnya lobster tersebut.

Jika Anda adalah salah satu pecinta lobster, daripada anda harus membelinya dan harus merogoh kocek lebih dalam, ada baiknya anda mencoba membudidayakannya sendiri.

Selain anda bisa menikmati lobster dengan gratis, Anda juga bisa mendapat untung atau peluang usaha dari budidaya lobster air tawar tersebut.

Tahap dan Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Cara budidaya lobster air tawar dibagi menjadi beberapa tahap yakni pemilihan bibit lobster, pemanenan benih, persiapan, pembesaran dan pemanenan lobster.

Lebih lengkapnya kami uraikan satu persatu dibawah ini:

1. Pemilihan Bibit

Bibit merupakan salah satu hal yang penting bagi seorang pembudidaya.

Memilih bibit yang unggul akan menghasilkan indukan yang unggul juga yakni indukan yang sehat dan produktif.

Lalu, bagaimana cara memilih bibit unggul lobster?

Ketahui Perbedaan Lobster Jantan Dan Betina

Sebelum anda memilih bibit yang unggul, pertama kali yang harus diketahui oleh seorang pembudidaya lobster adalah jenis kelamin dari lobster yang dimilikinya.

Untuk, membedakan lobster jantan dan betina bukan hal yang mudah.

karena lobster memiliki ukuran yang kecil dengan bentuk yang hampir sama, meskipun begitu ada perbedaan yang paling mendasar. Dimana perbedaannya?

Lobster jantan dan betina bisa dibedakan dengan cara melihat warna capitnya, Lobster jantan memiliki capit berwarna merah yang luas dan menyala.

Sedangkan lobster betina memilili capit berwarna hitam dengan merah yang lebih sedikit dibanding lobster jantan.

Lobster betina juga memiliki ukuran badan yang lebih besar dari kepalanya dan sebaliknya untuk lobster jantan, lobster jantan memiliki kepala yang lebih besar ketimbang tubuhya.

Lobster berjenis kelamin betina memiliki lubang kecil yang terletak pada tangkai kaki yang kedua/ketiga.

Sedangkan lobster jantan memiliki selang kecil yang terletak pada kaki yang kelima.

Jangan Pilih Indukan Yang Inbreeding Atau Sedarah

Setelah anda mengetahui jenis kelamin indukan, langkah selanjutnya yakni memilih indukan lobster yang tidak sedarah.

Indukan sedarah dapat menyebabkan bibit dari lobster tersebut mengalami hermaphrodite atau berkelamin ganda.

Pilih Tampilan Lobster Yang Menawan

Ketika anda akan memilih indukan lobster, pilihlah indukan yang bergerak dengan lincah, memiliki warna kulit yang cerah, dan berusia minimal 6 bulan.

Apabila lebih tua usianya dan semakin besar fisiknya, maka akan semakin bagus pula untuk dijadikan sebagai indukan.

Secara umum, indukan lobster bisa bertahan sampai kurang lebih usianya hingga 3-4 tahun dengan besar sekitar 20-25 cm.

2. Pemanenan Benih Lobster Air Tawar

Benih lobster yang sudah siap dipanen umumnya berukuran kurang lebih3-5 cm atau ketika usianya mencapai 2 bulan. Benih ini kemudian bisa diternakkan atau bisa juga dijual di masyarakat untuk diternakkan.

3. Persiapan Pembesaran Lobster Air Tawar

Lobster air tawar bisa dibesarkan menggunakan 2 cara, yakni di aquarium dan di kolam terbuka.

Sebelum anda memasukkan benih, sebelumnya pastikan dulu kolam atau aquarium yang anda gunakan sebagai media terbebas atau tidak terkontaminasi zat kimia yang beracun.

Karena zat kimia beracun yang mengontaminasi bisa membuat pertumbuhan lobster menjadi terganggu dan bahkan bisa menyebabkan kematian

Lingkungan yang baik untuk tumbuh dan berkembangnya lobster air tawar yakni pH air 7-8, oksigen 4 ppm, dan suhu air sekitar 25-29 derajat celcius, Selain itu pastikan juga tidak ada kebocoran.

Berikut adalah beberapa hal yang harus memperhatikan ketika mempersiapkan pembesaran lobster air tawar :

Pembesaran Pada Kolam Tanah/Semen Dan Terpal

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk memulai pembesaran dengan media kolam tanah adalah dengan mengisi kolam dengan air  kurang lebih selama 7hari sebelum bibit dilepaskan kedalamnya.

Untuk membesarkan lobster dengan skala besar, disarankan anda untuk memilih bibit yang berukuran 1 inchi – 2 inchi.

Bibit dengan ukuran tersebut mampu menghasilkan lobster yang berukuran  kurang lebih sekitar 10-12 ekor/kilogramnya.

Jangan lupa untuk memasang aerator atau kincir angin untuk membuat gelembung udara yang bertujuan agar sirkulasi oksigen bisa lancar dan lobster bisa tumbuh dengan baik.

Pembesaran Pada Aquarium

Ukuran yang biasa digunakan untuk aquarium ini kuranag lebih 100x50x30.

Aquarium dengan ukuran tersebut bisa menampung hingga 3 lobster, 1 jantan dengan 2 betina.

Tak ketinggalan, aerator dan pompa filter juga harus disiapkan.

Pengisian air didalam aquarium juga harus diperhatikan. Paling tidak setinggi 15cm apabila diukur dari dasar aquarium.

4. Pembesaran Lobster Air Tawar

lobster coklat air tawar

lobster coklat air tawar

1. Menebar Benih

Tebar benih dengan kisaran yang sama, apabila ukuran benihnya berbeda tidak lebih dari 10 gram, benih bisa dicampur. Baiknya dalam 1 meter persegi ada sekitar 5-10 ekor lobster.

2. Pemberian Pakan

Pemberian pakan dilakukan secara berkala, sehari dua kali yaitu pada pagi hari dan menjelang sore hari.

Untuk pakannya bisa menggunakan kombinasi antara pakan pelet dan pakan yang berupa nutrisi.

Hal ini bertujuan agar budidaya lobster bisa lebih hemat namun kualitasnya juga tetap terjaga.

Nutrisi yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk pakan lobster antara lain ketela pohon parut, jagung basah parut, atau sayuran yang lainnya.

Nah, bila Anda menggunakan media kolam tanah untuk budidaya lobster, nutrisi bisa didapat dari tumbuh-tumbuhan atau plankton yang ada dalam kolam tersebut.

Cara pemberian nutrisi ini terbilang cukup efektif dalam menekan biaya pakan.

Sebagaimana kita ketahui, pelet memiliki harga yang terbilang cukup tinggi.

Apabila menggunakannya tanpa mengombinasikan dengan alternatif pakan yang lain jelas akan mencekik para peternak lobster.

Khusus untuk bibit anakan atau lobster yang baru saja menetas, hindari pemberian pakan yang didalamnya terkandung nutrisi, seperti umbi-umbian atau sayuran.

Alangkah lebih baik anakan lobster diberi pakan cacing beku atau cacing sutera.

Pemberian pakan kepada anakan lobster sama dengan lobster dewasa yaitu 2x sehari dengan takaran 25% ketika pagi dan 75% saat menjelang malam.

Persentase porsi makanan juga disesuaikan dengan berat anakan lobster tersebut, Setidaknya 3% dari berat badan lobster tersebut.

Ketika anda memberi pakan, pastikan pakan yang anda berikan jatuh kedasar kolam, karena pada umumnya lobster memakan makanan yang berada di dasar kolam.

3. Pengendalian Hama

Cangkang lobster mampu menghindarkan dirinya dari serangan hama.

Namun, bukan berarti anda lengah lalu anda tidak memperhatikannya.

Tetaplah waspada akan serangan hama yang bisa saja tiba-tiba terjadi, khususnya ketika mendekati musim panen.

5. Pemanenan Lobster

Cara budidaya lobster air tawar yang terakhir yakni pemanenan. Lobster sudah bisa dikonsumsi ketika usianya berkisar kurang lebih 6-8 bulan atau ketika beratnya sudah mencapai 10 hingga 12 ekor perkilogramnya.

Ukuran ini merupakan ukuran standar(umum), namun ingat, semakin besar lobster maka semakin mahal pula harga lobster tersebut.

E. Cara Perawatan Pada Budidaya Lobster Air Tawar

Untuk merawat lobster air tawar bukanlah hal yang sulit, namun dibutuhkan kesabaran yang ekstra.

Apalagi lobster baru bisa dipanen ketika usianya sudah mencapai 6-8 bulan.

Nah, diwaktu-waktu itulah perawatan lobster tak boleh ketingggalan.

Beberapa perawatan yang harus dilakukan antara lain:

  1.  Memberikan makan lobster yang teratur yakni 2 kali dalam sehari, setiap pagi dan menjelang sore hari.
  2. Membersihkan filter dari kotoran atau sisa makanan lobster yang telah mengendap di dasar kolam.
  3. Menjaga aerator/gelembung udara agar bekerja dengan baik.
  4. Mengganti air kolam dengan tidak menguras seluruh isi kolam dengan cara menyisakan sekitar ¼ bagian.

Hal ini bertujuan agar lobster tidak kaget akan perubahan suasana didalam kolam.

Bila hal ini terjadi, lobster tersebut akan lebih cepat berganti kulit dan bisa menjadi sasaran dari lobster yang lebih besar darinya.