Resep Bubur Jagung Mutiara! Dijamin Lezat!

Bubur adalah salah satu makanan dengan ciri khas berupa bahan utama nya yang bertekstur lembut, karena tambahan air yang banyak. Banyak jenis bubur yang telah kita kenal, beberapa diantaranya adalah bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur sumsum, dan tentunya bubur jagung. Resep bubur jagung manis berisi tentang bagaimana cara membuat bubur dengan bahan utamanya berupa jagung. Resep bubur jagung sendiri ada beberapa jenis, dan yang akan kita bahas kali ini adalah resep bubur jagung mutiara. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas resep berikut ini.

Resep Bubur Jagung Mutiara

Resep bubur jagung mutiara adalah salah satu resep bubur jagung yang memiliki rasa manis, baik dari tambahan gula pasir dan merah maupun dari rasa jagung itu sendiri dan memiliki tambahan bahan, yaitu sagu mutiara. Karena berbahan dasar jagung, yang mana jagung adalah salah satu makanan pokok internasional, bubur ini bisa dijadikan sebagai menu utama saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Berikut ini akan kita bahas mengenai resep bubur jagung mutiara.

Bahan-bahan:

  • 7 buah/tongkol jagung
  • 1 mangkok sagu mutiara
  • ½ liter air
  • 65 ml santan atau 1 saset santan kemasan
  • 100 gr tepung maizena
  • Sejumput garam
  • 11 sendok makan gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • Keju (sebagai topping)

Resep bubur Jagung Mutiara:

1. Haluskan Jagung

Pipil jagung dari tongkol nya dan cuci hingga bersih. Jika Anda ingin bubur jagung Anda memiliki tekstur biji jagung yang halus, masukkan semua biji jagung ke dalam blender dengan tambahan ½ liter air. Jika Anda ingin bubur jagung dengan tambahan biji jagung utuh, kelompokkan biji-biji jagung menjadi 4, dan masukkan 3 dari 4 kelompok biji jagung ke dalam blender dan tambahkan 2/3 liter air bersih, lalu sisihkan sisa biji jagung tersebut. Haluskan biji-biji jagung yang telah dimasukkan ke dalam blender sampai benar-benar halus.

2. Masak Sagu Mutiara

Rebus sagu mutiara selama 10 menit. Anda bisa menambahkan pewarna merah 2 tetes saja agar tampilan mutiara lebih menarik. Matikan api dan diamkan 30 menit, tutup panci, lalu nyalakan api lagi selama 5 – 10 menit. Jika warna nya merata dan tidak ada yg berwarna putih, artinya sagu mutiara matang.

3. Waktu Memasak

Masukkan biji jagung yang telah halus dan yang masih utuh, beserta sagu mutiara ke dalam panci. Tambahkan  65 ml santan atau 1 saset santan kemasan. Hidupkan api kompor dan letakkan panci di atasnya. Saat bubur hampir mendidih, tambahkan 11 sendok makan gula pasir dan sejumput garam. Cairkan tepung maizena dengan air, lalu masukkan ke dalam bubur. Masak bubur sampai 15 menit. Terus aduk bubur agar tidak gosong.

4. Sajikan

Matikan api kompor. Angkat panci dan dinginkan bubur sebentar. Masukkan bubur ke dalam bubur dan Anda bisa menyajikan bubur dengan topping keju atau buah beri.

Tips-tips Dalam Memasak Bubur Jagung Mutiara:

  • Seperti yang telah disebutkan di atas, resep bubur jagung ini memiliki rasa manis dari dua bahan, yaitu jagung dan gula. Maka, Anda bisa mengubah rasa manis dari bubur ini dengan mengurangi penggunaan gula pasir dalam bubur. Jangan mengurangi penggunaan jagung dalam bubur karena akan berpengaruh pada tekstur yang dihasilkan dan jumlah air yang dibutuhkan, terutama jika Anda ingin menghaluskan semua biji jagung.
  • Jika Anda telah memasak bubur jagung manis, namun ingin memakannya nanti dengan bubur yang masih hangat, biarkan panci tetap di atas kompor dengan api sedang. Anda juga bisa menghangatkan bubur dengan mengambil semangkuk bubur jagung dan memanaskan nya didalam panci kecil hingga mendidih, tetap aduk bubur selama memasak agar bubur tidak gosong. Namun, hal ini akan mengurangi kadar air pada bubur. Untuk menghindari hal tersebut, tuangkan 1 sampai 2 sendok makan air dan aduk bubur hingga rata.

Sekian pembahasan kita tentang resep bubur jagung mutiara. Semoga, artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan mudah untuk diaplikasikan. Selamat memasak!