Resep Coto Makassar Daging Rumahan yang Spesial dan Enak

Hadir lagi untuk anda para calon bunda atau para calon juru masak master dari bimbingan kami, spesial hari ini kita akan sajikan resep coto Makassar daging rumahan dari Sulawesi yang pastinya anda kenal dengan masakan yang satu ini adalah coto Makassar.

Masakan dengan kuah kental yang enak ini memang menjadi primadona buat masyarakat dan bukan hanya masyarakat Sulawesi .

Bumbu coto Makassar ini lebih lengkah sehingga kuah nya juga lebih kental. Kuah dan campuran bumbu rempah rempah tradisional inilah yang membuatnya memiliki aroma dan rasa spesial yang beda dengan yang lain.

Di tempat ini, resep masakan berkuah ini disebut juga dengan coto mangkasara. Biasanya sih disajikan tidak hanya dengan daging sapi saja tetapi juga bersama dengan limpa, hati, paru dan jeroan lainnya.

Dengan itu  sejarah kuliner nusantara pada jaman dahulu resep coto makassar ini hanya disajikan untuk orang – orang penting, seperti bangsawan atau keluarga kerajaan.

Untuk mencicipi coto ini yang super lezat, Anda bisa langsung berkunjung ke Makassar. Di tempat asalnya sana hampir setiap warung makan dan restoran menyediakan menu kuliner satu ini dengan harga yang cukup bersahabat.

Tetapi seiring perkembangan jaman banyak penjual soto khas Makassar ini yang bisa kita temukan dengan mudah. Bahkan tidak hanya ada di Sulawesi saja yang ada, hampir di seluruh wilayah nusantara kita bisa membeli resep coto makasar yang lezat dan seenak resep aslinya.

Proses Membuat Resep Coto Makassar Daging Rumahan

Bahan – Bahan yang Digunakan

  • Daging sapi
  • Hati sapi
  • Kikil sapi
  • Babat sapi
  • 2 liter air
  • 1 liter Air bekas cucian beras yang ke 3 atau bisa gunakan air rendaman beras (rendam kira-kira 2-3 sdm beras selama 2 jam blender beras dgn air dan saring)
  • 200-250 gram Kacang tanah (sesuai selera kepekatan)
  • 2 sendok makan Tauco (bisa di skip)
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Jahe
  • Lengkuas
  • 30 gram (7 batang) Sereh
  • 5 Lembar Daun Jeruk
  • 4 Lembar Daun Salam
  • 10 butir Kemiri
  • 2 sdt Pala bubuk
  • Tumbar
  • Jinten
  • Merica
  • 2 sendok Makan Kaldu sapi
  • Garam secukupnya
  • 100 gram gram cabai rawit
  • 3 butir bawang putih

Cara Membuat Resep Coto Makassar Daging Rumahan

  1. Rebus 2 liter air sampai mendidih masukan daging sapi, kikil, babat sampai empuk. Saya menggunakan panci presto biar lebih cepat kira-kira rebus 15 menit setelah mendidih. Sisa air rebusan jangan di buang bersihkan dari buih – buih atau lemak – lemak. Diamkan.
  2. Untuk hati sapi rebus secara terpisah dengan sedikit garam dan kira – kira  5cm jahe. Rebus jangan terlalu lama asal matang saja biar tidak terlalu keras.
  3. Goreng kacang tanah atau sangrai sampai matang kecoklatan, haluskan bisa menggunakan blender atau cobek sampai benar-benar halus, sisihkan. (Tips ketika memblender kacang tambahkan air rebusan daging biar lebih gampang proses menghaluskanya.)
  4. Cara I : Iris semua bawang merah, bawang putih, sereh, lengkuas, jahe, kemiri lalu goreng satu persatu bumbu  sampai kuning kecoklatan. Campur semua bumbu yang sudah di goreng juga bumbu bubuk lainnya seperti :Jinten, Pala, Merica, haluskan semua bumbu tersebut kecuali daun jeruk dan daun salam.
  5. Cara II : haluskan semua bumbu tersebut di atas kecuali daun jeruk,daun salam, campur juga bumbu bubuk lainya dan sangrai sampai harum.
  6. Panaskan air kaldu sisa rebusan daging tadi, tambah air beras dan masukan bumbu halus, daun salam daun jeruk, kaldu sapi tunggu mendidih dan masukan kacang goreng yang sudah halus. Aduk dan koreksi rasa.
  7. Angkat daging, kikil dan hati dari panci, potong-potong.
  8. Siapkan mangkuk saji taruh lontong/ketupat, daging, kikil, hati sapi, tuang kuah dan tambahkan bawang merah goreng,daun seledri dan daun bawang, perasan jeruk nipis/ lemon dan sambal.
  9. Cara membuat sambal : goreng cabe, bawang putih dan haluskan

Tips Makan Coto Makassar

  1. Sebelum anda sampai ke rumah makan atau warung coto makassar, ada baiknya anda singgah di toko buah dan mengkonsumsi beberapa buah yang mengandung serat sebelum makan coto makassar, biar perut anda tidak terlalu lapar dan ada penetralisir dari kandungan yang berlebihan pada coto mkassar.
  2. Kalau pesan coto kurangi jeruknya kalau perlu dagingnya saja.
  3. Kalau makan coto makassar kuahnya jangan sampai dihabiskan.
  4. Minta daun bawangnya yang banyak bukan bawang gorengnya yang dibanyakin.
  5. Pesan minumnya es jeruk kalau bisa.
  6. Jangan lupa makan buah lagi setelah makan coto makassar.
  7. Setelah makan coto jangan tidur, coba cari aktifitas yang bisa membakar kalori dari coto makassar.
  8. Mensyukuri segala nikmat yang dikaruniakan Allah kepada kita.

Kandungan Gizi yang Terdapat Coto Makassar

Secara umum coto Makassar banyak mengandung zat gizi, diantaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin utama yang ada dalam coto makassar yaitu vitamin B khususnya vitamin B1 B12 , asam folat.

Selain itu juga mengandung vitamin A terutama pada hati. Sedangkan mineral yang terdapat dalam coto Makassar diantaranya zat potasium, besi, magnesium, fosfor, zinc dan lain sebagainya.

Coto makassar terdiri dari daging sapi dan jeroan yang biasa dikonsumsi berupa: usus, hati, babat, lidah, jantung, dan lain-lain.

Jeroan memang dianggap sebagai sumber kolesterol tinggi. Namun, jeroan juga sebenarnya mengandung nilai gizi dan manfaat bagi tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Hati

Nutrisi: Lemak 14,4 gram, protein 33,4 gram, kalori 264 (sapi); protein 45,1 gram, lemak 19,3 gram, kalori 355 (kambing); protein 33,1 gram, lemak 13,3 gram, kalori 253 (ayam)

Manfaat: Hati merupakan sumber energi dan zat besi yang baik. Kandungan zat besinya bahkan lebih tinggi ketimbang bayam. Hati juga penting untuk pertumbuhan otak, kekuatan tulang, dan imunitas tubuh.

2.  Ginjal

Nutrisi: Kalori 207 (sapi), lemak 6,6 gram, protein 36,7 gram; protein 35,3 gram, lemak 15,4 gram, kalori 339 (kambing)

Manfaat: Ginjal sangat baik sebagai sumber protein. Nutrisinya setara dengan 6 butir telur dan lima ikat bayam. Ia juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Lidah

Nutrisi: Lemak 36 gram, kalori 433, protein 27,3 gram

Manfaat: Lidah mengandung tiga kali lebih banyak zat besi, tujuh kali lebih banyak vitamin B12, dan enak kali lebih banyak vitamin C.

4. Jantung

Nutrisi: Lemak 20,8 gram, kalori 339,protein 37,9 gram,

Manfaat: Jantung ternyata baik untuk menurunkan berat badan. Ia mengandung lebih banyak protein dari ginjal, dan vitamin B yang lebih lengkap. Menyantap seporsi jantung, dapat memenuhi kebutuhan harian pria akan zat besi.

5. Babat

Nutrisi: Lemak 0,75 gram, protein 10,6 gram, kalori 49.

Manfaat: Sumber kekuatan tulang bisa didapat dari babat. Bagi yang mau diet ada baiknya mengkonsumsi babat, karena kalorinya sangat rendah. Kandungan kalsium dalam babat cukup mengejutkan, 52 miligram per 100 gram.

Oke sobat demikian adalah artikel tentang  resep coto makassar daging rumahan dengan berbagai kreasi dan sedikit tentang kandungan gizinya.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan kalian bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Selamat mencobanya semoga berhasil ya.