Resep Getuk Lindri Singkong Yang Bisa Anda Coba

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Resep Getuk Lindri Singkong .Sejarah Gethuk berawal pada jaman penjajahan Jepang, konon pada masa itu beras yang merupakan makanan pokok Indonesia.

Merupakan barang langka untuk di temukan, sehingga penduduk lokal (asli) Magelang berupaya mengganti makanan pokok mereka dengan ketela.Yang saat itu banyak terdapat di sekitar rumah dan mudah ditemukan di pasar.

Pionirnya adalah mbah Ali Mohtar yang berasal dari Desa Karet, Magelang yang pertama kali membuat getuk, ia mencoba berinovasi dengan ketela sehingga menjadi satu makanan yang menarik untuk dihidangkan.

Di saat-saat bangsa sedang dilanda krisis ekonomi yang berimbas pada fluktuasi harga barang dan sembako, dan berujung pada rendahnya daya beli masyarakat, maka rakyat diajak untuk mengeratkan tali pinggang meskipun hanya dengan mengkonsumsi singkong.

Singkong pun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bertahan karena memang harganya yang murah meriah dan bisa didapatkan di mana saja

Resep Getuk Lindri Singkong

Resep Getuk Lindri Singkong

1.Resep Getuk Lindri Singkong

Bahan-Bahan :

  • 2 kg singkong sudah dikupas
  • 1/2 kelapa
  • 1 sdt garem
  • 250 gula pasir
  • Air secukupnya untuk mengukus

Cara Membuat Getuk Lindri Singkong :

  1. Kelapa dikupas sudah itu dicuci lalu diparut disisihkan,singkong yang sudah dikupas dicucubersih kemudian motongnya di cowel2 sambil dibuang seratnya sampai habis,sebelumnya langseng sudah dipanaskan air mendidih singkong dimasukan dan kelapa parut dibungkus daun diditaruh diatas nya dikukus dan ditutup
  2. Dikukus selama 20 mnt/sematengnya sambil menunggu nyiapkan tempat mangkok yang besar dan ulek2 /munthu,munthunya saya bungkus plastik dan gulapasir sudah mateng lalu.
  3. Diangkat dipindahkan kemangkok kelapa parut gula pasir dijadikan satu,kemudian ditekan tekan sama munthu sampai halus
  4. Sebelumnya sudah menyiapkan loyang yang dialasi plastik biar gak lengket tumbukan singkong sudah halus dimasukan ke ketempat yang dialasi plastik tadi dan diratakan sambil di tekan2.menjadi 2 loyang
    Lalu diiris dan disajikan.

2.Resep Getuk Lindri Singkong Cokelat

Bahan-Bahan :

  • 1 kg Singkong
  • butir Kelapa 1/2
  • 170 gram Gula Pasir
  • 100 ml Air
  • 1 sendok makan Cokelat Bubuk

Cara Membuat Getuk Lindri singkong Cokelat :

  1. Kukus singkong sampai matang, haluskan selagi panas.
  2. Campur air, gula, dan cokelat bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan larutan cokelat ke dalam singkong yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
  4. Giling adonan.
  5. Hidangkan dengan paturan kelapa yang sudah dikukus.

 

Bagaimana? Mudah sekalikan resep getuk lindri nya.Dan perhatikan juga dibawah ini jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang getuk lindri ini.

 

Dampak Negatif Dari Bahan-Bahan Getuk Lindri Yang Berlebihan Pada Tubuh Manusia

1. Memcampurkan Gula Yang Berlebihan

Kebanyakan pemula ingin memasak getuk manis dan dengan itu Pemula tidak tau apakah jadinya manis atau tidak manis.Kebanyakan Pemula tidak sesuai resep dikarenakan takut tidak jadi.

Sehingga Pemula ini menambahkan banyak gula yang mengakibatkan penyakit Diabetes.

2. Kebanyakan Garam Menyebabkan Stroke Dan Demensia Vaskular

Asupan garam yang tinggi meningkatkan tekanan darah, meningkatkan risiko stroke dan demensia vaskular.Pengertian dari Demensia adalah hilangnya fungsi otak yang mempengaruhi ingatan, pemikiran, bahasa, penilaian, dan perilaku.

Demensia vaskular dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat di otak. Sekitar satu dari tiga orang yang mengalami stroke mengalami demensia vaskular.

3. Kebanyakan Cokelat Mempunyai Kandungan Yang Tinggi Lemak

Semua cokelat memang mengandung lemak, tapi tidak semua yang tinggi lemak. makanan ini juga memiliki 12 gram lemak, sedangkan 1 sendok makan bubuk kakao hanya 1 gram lemak.

Jadi memang benar bahwa cokelat mengandung lemak tetapi tidak semua dari mereka. Oleh karena itu, pilihlah cokelat hitam yang lebih sehat dan kurang lemak.

4. Dampak Negatif Kebanyakan Pewaarna Makanan

terbuat dari zat kimia yang tidak baik bila di konsumsi, bertambahnya limbah pabrik akibat pewarna yang tak terpakai,dapat membuat makanan berbahaya jika pewarna makanan melebihi dosis

5. Penggunaan Keju Yang berlebihan Dan Mamfaat Pada Keju

  • Terlalu banyak kalori Keju merupakan jenis makanan dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi. 100 gram keju mengandung 330 hingga 450 kalori. Jumlah kalori ini pun tidak akan hilang begitu saja, meskipun Anda berolahraga.
  • Mencegah kerusakan gigi kandungan protein di dalam keju dinilai bisa membantu melindungi gigi dari kerusakan.
  • Kaya akan kalsium.Keju merupakan salah satu sumber kalsium yang cukup bagus. Satu ons keju bisa memberikan seperempat kebutuhan kalsium di dalam tubuh dalam satu hari.
  • Kandungan protein yang tinggi Keju memiliki banyak kandungan protein. Kandungan protein sangat penting untuk meningkatkan dan menguatkan massa otot. Selain itu, protein juga penting untuk meningkatkan kerja jantung
  • .Mengandung banyak garam.Level sodium di dalam keju cukup tinggi. Alhasil, kandungan garam ini bisa meningkatkan tekanan darah. Hal ini tentu membawa dampak buruk buat kesehatan.
  • Kandungan lemak dalam keju.Keju, terutama yang mengandung lemak tinggi, memiliki kadar lemak jenuh yang cukup tinggi. Hal ini bisa memicu gangguan jantung. Biasanya, di dalam kemasan-kemasan keju akan disertakan dengan keterangan kandungan lemaknya.

Perhatikan juga di bawah ini untuk mengetahui tentang getuk lindri singkong yang enak ini.

Kandungan Pada Bahan-Bahan Getuk Lindri :

1. Kandungan Yang Ada Di Dalam Kelapa Muda Dan Kelapa Tua

  • Obat kumur alami.Semua bagian buah ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, salah satunya dijadikan minyak.Dimamfaatkan untuk memasak makanan,kandungan pada minyak buah ini juga bisa dijadikan sebagai obat kumur alami. Penggunaan minyak kelapa sebagai obat kumur alami sebenarnya udah dikenal sejak bertahun-tahun lalu.
  • Membakar lemak perut.Minyak buah ini juga dapat dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut, sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan.kandungan penyakit lemak perut sendiri merupakan lemak paling berbahaya dan sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit kronis.Dalam sebuah penelitian pada wanita yang mengalami obesitas perut, mengonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa.Proses menurunkan lemak ini butuh 12 minggu diketahui dapat membantu menurunkan BMI dan lingkar pinggang secara drastis.tidak untuk wanita saja kandungan dan  manfaat satu ini juga dirasakan oleh pria.
  • Mencegah batu ginjal Memastikan tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup setiap hari sangat baik untuk pencegahan batu ginjal. Penelitian menunjukkan bahwa air Cocos nucifera mungkin bisa jadi pilihan yang lebih baik untuk memenuhi asupan cairan sekaligus membantu Anda terhindar dari penyakit batu ginjal
  • Memenuhi asupan cairan tubuh air ,buah ini juga bisa dikonsumsi saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare.Kegunaan kelapa yang satu ini bisa menjadi obat alternatif menghidrasi tubuh selain dari air putih.Air Cocos nucifera juga di buat dan dimanfaatkan sebagai minuman isotonik alami yang memberi banyak manfaat seperti minuman olahraga yang telah diformulasi.memiliki kandungan elektrolit dalam air buah ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga.
  • Menyumbuhkan darah tinggi yang ada di dalam tubuh.Berbagai penelitian menunjukkan bahwa air buah kelapa dapat melancarkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah tinggi, yang pada akhirnya membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

2. Mempunyai Kandungan Yang Ada Di Dalam Singkong

  • Mengandung Serat dan 0 kolesterol ,mengonsumsi makanan yang tinggi serat akan sangat bermanfaat untuk kesehatan,bisa membantu menghilangkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu pencernaan. Rendahnya lemak dan kolesterol, yang ditambah dengan kandungan serat, membuat singkong juga baik untuk mencegah resiko obesitas.

Demikianlah pembahasan tentang getuk lindri singkong yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua,getuk lindri ini termasuk makanan tradisional yang ada di jawa.

Berbeda dengan cara bikin sushi salmon .Sushi ini tidak asing lagi,sushi termasuk makanan yang ada di jepang,makanan ini dimakan seperti makan daging mentah dan rasanya yang khas.

Tak lupa saya ucapkan terimakasih dan maaf jika ada salah kata dan ilmu pengetahuan yang kurang tepat pada artikel ini.