Resep Kerupuk Udang

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai resep kerupuk udang yang gurih dan sehat. Anda dapat membungkus kerupuk udang ini menggunakan mesin pengisi piston yang mengemas secara otomatis dan cepat

Kerupuk atau krupuk adalah makanan ringan yang pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka yang dicampurkan dengan bahan perasa seperti udang atau ikan.

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan.

Kerupuk udang merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung dan daging udang yang digiling halus juga dilengkapi dengan bumbu-bumbu lainnya. Kerupuk udang biasanya banyak dijual dipasaran dan banyak diminati oleh semua orang.

Selain rasanya yang enak, renyah dan gurih, kerupuk udang merupakan makanan ringan yang dapat dibawa kemana-mana.Cara membuat kerupuk udang pun sangat mudah , anda bisa lakukan di rumah. Di bawah ini akan jelaskan langkah-langkah membuat kerupuk udang yang tentunya bisa dilakukan sendiri dirumah dengan rasa gurih dan enak.

Manfaat Kerupuk Udang

1. Protein untuk Pembentukan Sel Tubuh

Kandungan protein yang ada di dalam udang termasuk rendah lemak. Dalam 3 ons udang atau kira-kira 15-16 ekor udang besar, mengandung 101 kalori, 19 gram protein, namun hanya terdapat 1,4 gram lemak total.

2. Yodium untuk Membantu Produksi Hormon

Yodium merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh, namun hanya bisa didapatkan dari asupan makanan. Dia berperan penting untuk mendukung kinerja kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon.

3. Kalsium untuk Kesehatan Gigi dan Tulang

Di dalam udang juga terdapat kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Namun, enggak hanya itu saja, kalsium juga masih punya banyak manfaat lainnya, seperti memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf dan kemampuan pembekuan darah.

Resep Kerupuk Udang

Resep Kerupuk Udang

Kerupuk gurih nan renyah ini sering dijadikan pendamping wajib ketika makan nasi goreng, rawon, soto, dan masih banyak lainnya. Kini anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah tanpa ribet dengan resep berikut.

Kerupuk udang menjadi salah satu kerupuk terpopuler Indonesia. Teksturnya renyah dengan rasa gurih manis tidak pernah lepas dari hidangan seperti rawon dan nasi goreng. Membuatnya ternyata tidak terlalu rumit.

Bahan pembuatnya cukup sederhana dan peralatannnya bisa disesuaikan dengan yang ada di rumah. Hasilnya pun tak kalah renyah dan nikmat dengan kerupuk udang pabrik. Yuk intip proses pembuatannya:

Bahan Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kerupuk Udang:

  • Udang berukuran besar sebanyak 2 kg, pilih yang masih segar
  • Bawang putih sejumlah 10 siung yang telah dihaluskan
  • Tepung tapioka sebanyak 2 kg
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Bubuk penyedap rasa secukupnya
  • Air bersih secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus adonan kerupuk
  • Minyak goreng secukupnya

Alat:

  • Panci
  • Pisau
  • Pengaduk
  • Kompor
  • Nampan atau Wadah Pengering

Cara Membuat Kerupuk Udang :

  1. Pertama siapkan udang, kemuduian kupas kulit serta buang bagian kepalanya. Cuci dengan air mengalir sampai bersih kemudian tiriskan.
  2. Haluskan udang yang sudah dicuci tadi menggunakan blender hingga halus dan lembut kemudian tuang dalam wadah yang cukup besar.
  3. Di dalam wadah berisi udang, masukan juga tepung tapioka, bawang putih, garam halus dan penyedap rasa, aduk sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan air sedikit demi sedikit untuk membuat adonan pas.
    Taburkan tepung tapioka dan uleni dengan tangan sampai adonan kalis.
  5. Bentuk adonan memanjang dengan diameter sekitar 5 cm dan panjang 20 cm. Lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Panaskan kukusan, jika air sudah mendidih kukus adonan kerupuk tadi sampai matang dan keras kira-kira 3 jam, angkat dan dinginkan.
  7. Potong adonan yang sudah matang tadi tipis-tipis dan jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  8. Siapkan wajan bersih dan masukan minyak yang cukup. Jika sudah panas, goreng kerupuk udang dengan api sedang. Angkat, tiriskan dan kerupuk udang siap untuk disajikan.

Itulah ulasan mengenai cara membuat krupuk udang yang gurih dan mantap. Cara membuat kemasan makanan ini sangat mudah dan simple sekali. Silahkan mencoba!!