Ulasan Tentang Asal-Usul dan Resep Kue Macaroon Sederhana yang Lembut dan Enak

Hai readers,pada kali ini saya akan menjelaskan lebih tentang resep kue macaroon sederhana yang lezat dan tentu nya juga menarik untuk dihidangkan. Nah berikut penjelasan mengenai resep kue macaroon sederhana yang terkesan cantik ini. Simak terus ya sob.

Asal Usul Kue Macaroon

Kue tersebut sudah lama populer di belahan bumi Eropa, khususnya pada wilayah Prancis.Cita rasa kuenya sendiri didominasi dengan rasa gurih almond yang bercampur selaras dengan berbagai aneka rasa isi, seperti vanila, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa, hingga green tea.Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan sedikit chewy di dalam. Saat dimakan, langsung lumer di mulut.

Banyak ornag yang mempertanyakan dari mana sebenarnya macaron atau macaroon ini, menurut Larousse Gastronomique,Kamus kuliner asal Prancis, resep orisinal macaroon datang dari Venesia, Italia.Kata Macaroon ini sebenarnya berasal dari bahasa Italy, sebuah kata maccarone, yang artinya adalah bentuk bubuk halus.Tapi, kepopuleran kue macaroon ini justru berawal di Prancis,

Sejarah Tentang Macaroon

Macaroon tertua diyakini dibuat pada tahun 791 M yang dibuat pada sebuah biara di Cormery. Membuat macaroon membutuhkan ekstra ketelitian dalam membaca dan mengikuti resep dan ketepatan dalam hal mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven yang tepat untuk memanggang.

Bahan, peralatan, dan cara membuat macaroon pada dasarnya sama dengan teknik membuat adonan putih telur. Bedanya adalah, macaroon selalu menggunakan almond bubuk, dan adonan dipanggang tidak sampai sekering kue kering.Bentuk kue macaroon pun juga bundar dengan permukaan yang sedikit naik seperti koin tebal

dan bagian dasar kue datar.Meskipun terlihat sulit cara untuk membuatnya,Namun kamu masih tetap bisa kok membuat kudapan satu ini di rumah dengan cara yang sederhana. Nah, sudah penasaran kan dengan cara membuatnya? Berikut aneka resep cara membuat macaroon yang mixerroti himpun dari berbagai sumber.

Pengertian Kue Macaroon Tanpa Oven

Kue macaroon ini mepunyai rasa yang gurih dengan aroma almond. Kue warna warni ini memiliki banyak macam isi seperti cokelat, vanila, buah buahan bahkan teh hijau membuat kue ini terasa begitu istimewa. Bentuknya yang imut bundar dengan warna yang menarik membuat penasaran untuk mencicipinya.

Untuk membuat kue macaroon inisangat diperlukan yang namanya kesabaran dan ketelitian, Seperti kita ketahui bahwa telur merupakan salah satu bahan kue yang hampir selalu ada. Namun Kebanyakan yang diambil hanyalah kuning telurnya saja.

Namun kue yang satu ini menggunakan putih telur untuk bahan utamanya menggantikan kuning telur yang sering kita gunakan. Putih telur juga memiliki banyak manfaat lho seperti protein alami, rendah kolestrol, putih telur juga baik untuk yang ingin diet bahkan untuk mencerahkan kulit.

Kue macaroon masuk kedalam jenis kue kering yang terbuat dari putih telur. Sebenarnya ada banyak aneka jenis kue dari putih telor selain kue macaroon. Mungkin kue ini masih asing di telinga kita tapi kue ini telah lama dikenal di eropa khususnya perancis.

Kalau di Indonesia kue ini kaya apa yah? Dari bahannya mungkin mirip kue semprit . Berikut resep kue macaroon spesial dari putih telur.ciri-ciri macaron yang kurang berkualitas. Cookiesnya berrongga, bagian luar dan dalm cookies terpisah

Karena bagian dalamnya menempel kuat dengan selai atau krim, warna terlalu mencolok, menggantikan pitsstachio dengan almond pada macaron pistachio agak lebih murah, serta menggunakan ekstrak almond, bukan almond bubuk.

Karakteristik bubuk lainnya adlah macaron tengik yang masih dijual, ukuran yang terlalu besar atau isinya terlalu sedikit. Macaron yang sempurna memiliki bagian luar yang renyah, namun bagian dalamnya bertekstur lembut seperti meringue.

Kue Macaroon Tanpa Oven

Pernahkah kalian melihat kue yang banyak warna dan sangat cantik ini? Nama Kue ini adalah macaroon. Rasanya yang manis dan renyah menjadikan kue ini begitu banyak diburu oleh orang-orang. Di Indonesia kue Macaroon ini sedang booming sekali, padahal kue macaroon adalah kue asli Prancis. Kue yang imut dan berwarna menarik ini tengah naik daun di dunia pastry.

Meskipun kue Maccaroon ini termasuk pendatang baru di dunia kuliner Indonesia, Kue macaroon ini mepunyai rasa yang gurih dengan aroma almond. Kue warna warni ini memiliki banyak macam isi seperti cokelat, vanila, buah buahan bahkan teh hijau membuat kue ini terasa begitu istimewa.

Bentuknya yang imut bundar dengan warna yang menarik membuat penasaran untuk mencicipinya. Untuk membuat kue macaroon inisangat diperlukan yang namanya kesabaran dan ketelitian, Seperti kita ketahui bahwa telur merupakan salah satu bahan kue yang hampir selalu ada.

Namun Kebanyakan yang diambil hanyalah kuning telurnya saja. Namun kue yang satu ini menggunakan putih telur untuk bahan utamanya menggantikan kuning telur yang sering kita gunakan. Putih telur juga memiliki banyak manfaat lho seperti protein alami, rendah kolestrol, putih telur juga baik untuk yang ingin diet bahkan untuk mencerahkan kulit.

Macaron yang pada awalnya hanya sebuah kue kering kemudian mengalami perubahan pada abad ke-20. Kue Macaron yang pada hari ini Anda lihat adalah bentuk kue Macaron yang sudah dimodifikasi seiring berjalannya waktu.

Ide kue Macaron diberikan isi dan dibentuk seperti sebuah sandwich seperti sekarang datang dari Pierre Desfontaines. Ide beliaulah yang merubah bentuk kue Macaron hingga pada hari ini. dan kini kue macaroon telah populer di dunia pastry

Resep Kue Macaroon Sederhana

resep kue macaroon sederhana

Bahan-Bahan :

  • 120 gr tepung almond,tepung ini tidak bisa digunakan untuk membuat mie.
  • 3 butir putih telur
  • 2 sdm gula
  • 200 gr gula icing (gula bubuk)
  • 2 sdm icing sugar (untuk taburan)
  • Pewarna makanan secukupnya (warna bisa sesuai selera)
  • 100 gr cokelat putih, dipotong-potong
  • 2 sdm krim kental
  • 1 1/2 sdt vanila bubuk

Resep Kue Macaroon Sederhana :

  1. Siapkan panci berisi air sedikit saja, lalu letakkan mangkuk ditengah panci (air jangan sampai melebihi tingginya mangkuk).
  2. Masukkan cokelat putih dan krim kental kemudian masak menggunakan api kecil, pastikan adonan tersebut sudah tercampur dengan rata.
  3. Kemudian setelah itu angkat dan diamkan hingga kental dan dingin. Bahan olesan pun siap digunakan.
  4. Siapkan sebuah loyang yang sudah diolesi dengan mentega tipis, kemudian tutup dengan kertas roti lalu sisihkan.
  5. Selanjutnya kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lembut kemudian tambahkan gula kastor lalu kocok terus hingga gula larut dan lembut. Lalu matikan mixer, kemudian tambahkan icing sugar dan juga tepung almond, aduk hingga merata dengan menggunakan spatula.
  6. Selanjutnya ,pindahkan adonan kue kedalam sebuah mangkuk yang lebih kecil. Jika kamu menginginkan beberapa warna yang berbeda pada kue macaroon, maka adonan dapat dibagi didalam mangkok yang berbeda-beda sebanyak warna yang ingin dibuat.
  7. Tuangkan pewarna makanan yang telah disiapkan sesuai selera kedalam adonan di masing-masing mangkuk, kemudian aduk rata.
  8. Kemudian masukan adonan dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya lalu semprotkan adonan di atas loyang.
  9. Bentuklah bulatan-bulatan yang sama, jangan lupa berikan jarak sekitar 2 cm antar adonan agar saat adonan mengembang tidak saling menempel.
  10. Selanjutnya taburkan icing sugar di atas adonan, lalu diamkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit.
  11. Lalu panggang adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius kurang lebih selama 20 menit atau sampai matang. Lalu angkat, kemudian dinginkan kue macaroon.
  12. yang terakhir oleskan satu bagian kue macaroon dengan bahan olesan yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tutup kue macaroon yang memiliki warna sama. Bentuk hingga menyerupai burger.
  13. Sajikan

Demikianlah yang bisa kami bantu untuk anda tentang resep kue macaroon sederhana, semoga resep kue macaroon ini bermanfaat untuk sobat sekalian, untuk anda yang ingin tahu lebih tetang info-info lainnya anda bisa mengunjungi kami di lintasusaha.com, sekian dan terimakasih.