Resep Membuat Burger Yang Enak, Sehat Dan Istimewa

Anda doyan ngemil? mau ngemil makanan kekinian yang enak dan sehat? Yuk baca resep membuat burger dibawah ini! Gas buruan!

Resep Membuat Burger

Cara membuat hamburger

Bahan Burger :

  • Sekitar 500 g daging sapi giling
  • 6 bun burger
  • 1 kuning telur

Bumbu Burger :

  • ½ bawang bombay
  • Saus tomat
  • Saus Worcestershire 1 sendok makan
  • 1 sendok makan mustard
  • Lada putih 1 sendok makan
  • 1 siung bawang putih
  • Sedikit daun bumbu segar, iris kasar
  • Lada dan garam untuk memberi rasa

Topping :

  • 2 tomat segar, iris tipis
  • 6 lembar keju
  • Daun selada
  • Saus tomat
  • Mayonnaise

Membuat Patti Burger :

  1. Pilih daging yang tepat. Mintalah kepada tukang daging untuk menggiling daging sapi yang mengandung 15% lemak. Jika Anda menggunakan lebih banyak lemak, lemak ini hanya akan menetes dari daging dan menyebabkan api menjadi lebih bsar sehingga burger menjadi kering. Alangkah baiknya belilah daging di hari saat Anda memasaknya.
    Saat membeli mintalah tukang daging untuk menggiling daging pilihan Anda dua kali. Satu kali dengan gilingan kasar dan kemudian dengan gilingian yang lebih halus.
  2. Letakkan daging sapi giling di dalam mangkuk. Anda akan menambahkan bahan lain ke dalamnya setelah siap.
  3. Cincang kasar bawang bombay dan bawang putih. Masukkan ke dalam mangkuk dan campurkan hingga rata.
  4. Tambahkan bahan lain seperti saus Worcestershire, saus tomat, mustard, atau irisan daun bumbu. Bahan-bahan ini bisa ditambahkan sesuai selera Anda, tapi bahan-bahan ini tentu bisa menambahkan rasa ke dalam burger buatan Anda.
  5. Tambahkan telur kuning. Llau bumbui satu butir telur kuning dengan lada dan garam, campurkan hingga rata. Campurkan dengan sendok, lalu lanjutkan menggunakan tangan Anda yang sudah bersih hingga semua bahan tercampur rata. Disini hanya manual saja proses pencampurannya tidak perlu dengan mixer roti.
  6. Buat burger. Pegang daging sesedikit mungkin, agar cairan lemaknya tidak banyak keluar.
  7. Bentuk burger menjadi 6 bola daging yang berukuran sama besar menggunakan tangan Anda.
  8. Tekan bola daging ini ke bawah untuk membuatnya rata hingga setebal kurang lebih (1.27cm). Buatlah cekungan kecil pada bagian tengah burger dengan ibu jari Anda. Hal ini bertujuan agar membuat bagian tengah burger menggembung, sehingga burger masak tidak merata. Jika tidak ingin ribet membuat patty bisa menggunakan bantuan cetakan burger.

Memasak Burger :

  1. Letakkan burger di atas piring. Tutupi dengan plastik atau kertas minyak. Dinginkan selama 30 menit hingga beberapa jam untuk membuatnya lebih kaku sehingga lebih mudah dimasak. Daging burger paling bagus dimasak saat dingin.
  2. Pilih cara memasak Anda. Burger buatan rumah bisa dimasak dengan panggangan, atau digoreng, atau dibakar. Pilih dan gunakan metode sesuai dengan peralatan yang Anda miliki serta rasa dan tekstur burger yang Anda inginkan.
  3. Setelah mengeluarkan burger dari lemari es kemudian semprotkan minyak sedikit saja atau sapukan sedikit butter yang telah dilelehkan sebelum kemudian memasaknya.
  4. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa Anda gunakan: Panggangan: Panaskan panggangan / oven gas (bagian atas) hingga panas medium. Kemudian lapisi pinggan yang digunakan untuk memanggang dengan foil, agar lebih mudah dibersihkan setelah selesai. Letakkan burger ke dalam pinggan. Panggang selama 6 – 7 menit untuk setiap sisinya hingga masak merata.
  5. Penggorengan: Tambahkan minyak atau butter ke dalam penggorengan dan gorenglah burger. Dan pastikan untuk menggunakan api kecil dan masaklah lebih lama untuk memastikan burger masak seluruhnya.
  6. Letakkan burger di bakaran barbecue. Masak seperti biasa Anda memasak hamburger dengan barbecue.
  7. Panggang dengan oven: Letakkan burger di dalam oven pada suhu 350ºF/180ºC selama 15 hingga 30 menit, tergantung kepada ketebalannya. Baliklah burger Anda setelah masak setengahnya, dan memeriksa kematangannya beberapa waktu.
  8. Sementara menunggu burger Anda matang, siapkan toppingnya. Anda bisa pilih topping apapun yang Anda suka, dan berikut ini adalah pilihan topping burger tradisional yang bisa Anda pertimbangkan: Cuci selada dan tomat. Bagi dua bun burger, dan iris tipis tomat. Siapkan saus tomat dan mayonaise di meja makan sesuai selera.
  9. Hidangkan. Setelah burger matang sesuai selera, hidangkan burger. Letakkan topping di dalam bun burger dan hidangkan di meja makan.
  10. Cara lainnya, letakkan burger di piring bersama makanan lain seperti nasi, keripik kentang, ketang tumbuk, atau salad.

Tips Membuat Burger :

  1. Jangan menekan patti burger dengan spatula saat memasaknya! Hal ini hanya akan menyebabkan Anda kehilangan cairan lemak yang enak, dan membuat burger menjadi kering.
  2. Jika menggoreng dengan wajan, akan lebih baik jika menutup wajan Anda agar burger tetap berlemak dan lembab.
  3. Jika Anda ingin cheeseburger, iris keju dengan ketebalan yang tipis-tipis dan letakkan ke dalam burger saat patti burger hampir matang dan siap diangkat dari panggangan.
  4. Daging domba giling dapat menjadi pilihan lain jika Anda suka.
  5. Carilah bumbu yang tidak mengandung banyak gula (atau high fructose corn syrup).
  6. Apakah Anda tahu? Athens, Texas; Seymour, Wisconsin; dan New Haven, Connecticut, semuanya diklaim menjadi tempat ditemukannya hamburger.
  7. Langkah akhir letakkan burger dan topping di bun burger bersama dengan saus tomat dan mayonaise di pinggirnya.

Resep Membuat Burger Yang Lebih Sehat

1. Buat burger sendiri di rumah

Dengan memasak dan menyiapkan makanan sendiri, Anda bisa menentukan porsi, bahan yang digunakan, serta cara memasak. Anda bisa bisa mengurangi porsi daging giling dan menambahkan sedikit tepung roti. Cara ini akan membuat daging burger tetap padat, namun kandungan kalori dan lemaknya lebih sedikit.

Anda juga dapat mengurangi porsi daging sapi giling lalu menambahkan daging ayam tanpa lemak atau daging kalkun tanpa lemak di atas daging burger. Dengan ini, kandungan lemak dalam sajian burger akan berkurang.

2. Mengolah Daging Dengan Cara Memanggang (grill)

Proses membuat burger dengan memanggang dagingnya terlebih dahulu di atas arang (grill) lebih baik daripada menggorengnya. Jika digoreng, lemak yang keluar dari daging akan terkumpul di kuali dan terserap kembali ke dalam daging burger. Sementara dengan cara dipanggang, kandungan lemak dalam daging burger akan menetes keluar dari daging.

3. Mengurangi Tangkupan Roti Burger

Burger buns atau roti burger akan memberikan efek menambah kalori, karbohidrat, dan lemak dalam sajian burger Anda. Untuk menguranginya, Anda bisa memodifikasi tangkupan roti burger. Misalnya hanya menyajikan satu lembar roti di bagian bawah burger. Burger memang akan jadi lebih sulit atau berantakan saat dimakan. Untuk mengakalinya, Anda bisa melahapnya menggunakan pisau dan garpu.

4. Mengurangi Garam

Burger yang dibuat di restoran pada umumnya memiliki rasa sangat gurih dan asin. Padahal, terlalu banyak garam tidak baik bagi kesehatan jantung dan tekanan darah. Membuat burger di rumah bisa memberi Anda kebebasan pemakaian bumbu selain garam. Contohnya, Anda bisa mengurangi garam, tetapi menambahkan jalapeno dan bawang bombay agar menambah cita rasa daging.

 

Itulah ulasan tentang resep membuat burger, teman teman bisa meniru dirumah ya. Semoga bermanfaat!