Menyedihkan!! Inilah Akibat Membuang Sampah Sembarangan

Assalamu’alaikum, Selamat menjalani hari ini dan jangan lupa bahagia hehe. Kali ini saya akan mengulas tentang sampah di indonesia dan Akibat Membuang Sampah Sembarangan yang perlu kalian ketahui.., baca dan simak baik-baik ya, kuy..!!

Sampah merupakan masalah yang masih terdapat sampai saat ini. Masalah yang diakibatkan membuang sampah secara sembarangan oleh sabagian orang.

Beberapa Negara sudah bertindak tegas membuat peraturan untuk menyikapi masalalah itu, namum banyak orang melanggar peraturan tersebut.

Di indonesia sendiri banyak orang membuang secara sembarangan, misalnya di seloka, jalan, dan lain sebagainya. Perilaku ini bahkan sudah menjadi seperti sebuah kebiasaan.

Perilaku membuang sembarangan disebabkan oleh sikap malas membuang sampah pada diri sendiri.Akibatnya sampah menjadi menumpuk dan membahayakan .

Terkadang tempat sampah sudah tersedia namun masyarakat seolah-olah tidak melihatnya dan malah membuang sampah tersebut di mana-mana.Kurangnya penyedian tempat sampah juga mempengaruhi hal tersebut.

Remaja, kalangan orangtua, bahkan anak-anak tidak mengenal usia, jenis kelamin, dan status pekerjaanpun sering membuang sampah sembarangan.

Berikut Ini Akibat Membuang Sampah Sembarangan

Akibat Membuang Sampah Sembarangan

Saat keluar rumah dapat dengan mudah menjumpai kata  “Buanglah Sampah Pada tempatnya”, kalimat ini dapat ditemukan hampir di setiap sudut kota misalnya di kampus, sekolah, pinggir jalan tempat lainnya.

Pertanyaannya Mengapa masih ada yang membuang sampah sembarangan?. Kita dapat menyimpulkan bahwa kesadaran setiap individu bahwa kebersihan adalah hal yang sangat penting seharusnya diwujudkan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Keseringan membuang sampah sembarangan dilakukan oleh masyarakat dengan terang-terangan di depan umum tanpa memiliki rasa malu dan bersalah sedikitpun.

Mereka yang membuang sampah sembarangan itu tidak memikirkan bagaimana jika orang lain yang melihat perbuatannya.

Sebaliknya ketika melihat orang lain yang membuang sampah sembarangan tidak ada yang menegur, bahkan mereka sama sekali tidak memperdulikan hal tersebut.

Dari ketidakpedulian tersebut telah menjadikan aktivitas membuang sampah itu sulit dihentikan dan lambat laun menjadi sebuah kebiasaan.

Pasti beberapa dari kalian berfikir bahwa membuang sampah sembarangan merupakan hal yang sepele.Toh cuma 1 buah. Memang cuma 1 buah, tapi jika setiap orang melakukan hal yang sama seberapa banyak itu ?. Tumpukan sampah juga berakibat buruk bagi manusia maupun lingkungan.

Keberadaan bibit penyakit berasal dari bakteri di dalam sampah.Misalnya terdapat pada fesef manusia maupun ternak dapat menjadi suber penyakit menular. Dalam feses terdiri atas bakteri, virus, cacing, dan protozoa.

Kesehatan

Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan oleh sampah yang yang menumpuk, disini saya akan menyebutkan beberapa diantaranya :

1. Diare

Seperti telah kita ketahui bersama orang dewasa normalnya buang air besar sebanyak satu atau dua kali sehari, sedangkan pada penyakit diare ini, buang air besar lebih sering yaitu lebih dari tiga kali sehari.

2. Disentri

Diare sendiri ditandai dengan sering buang air besar yang lembek atau cair. Bakteri yang menjadi disentri bisa berpindah lewat kontak langsung dengan bakteri pada feses, dan melewati makanan dan minuman yang terkontaminas.

3. Kolera

Adalah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi akibat diare parah. Penularan kolera umumnya terjadi lewat air yang terkontaminasi kalau tidak segera diobati, kolera bisa berakibat fatal. Kolera biasanya mewabah di daerah yang padat penduduk tanpa sanitasi yang memadai.

4. Tifus

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhii. Penyakit ini dapat menular dengan cepat, umumnya melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan tifus dapat terjadi karena terpapar urine yang sudah terinfeksi bakteri tersebut.

5. Hepatitis

Penyakit ini merujuk pada peradangan yang terjadi di hati, Penyakit tersebut  disebabkan oleh infeksi virus. Namun dalam kasus tertentu penyebab selain virus adalah penyakit autoimun, zat racun, dan obat-obatan tertentu.

Lingkungan

Sampah berdampak negatif terhadap lingkungan. Mencemari tanah, air dan udara dalam kota, berdasarkan asalnya sampah terbagi menjadi menjadi 2 yaitu organik dan anorganik.

Sumber utama sampah, diantaranya :

  1. Rumah tangga : Sampah rumah tangga adalah dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga,misalnya : Sisa makanan, Bahan dan peralatan yang tidak terpakai lagi, Bahan pembungkus, Plastik, Kertas, dsb.
  2. Tempat perdagangan : Sampah ini berasal dari tempat perdagangan/jual beli. Misalnya di pasar,limbah yang dihasilkan pasar diantaranya ;Plastik, Karton, Bahan pokok yang sudah busuk atau tak layak makan, dsb.
  3. Sampah industri, limbah sisa industri sering kali dibuang sembarangan ke sungai, hal ini tentu sangat berbahaya bagi penduduk sekitar jika limbah tersebut belum di netralkan.

Setelah sampah merasap ke lingkungan pasti akan berbahaya khususnya limbah cair.

Limbah cair dapat meresap melalu tanah dan mempengaruhi air, jika limbah cair dibuang di sungai berbagai organisme yang hidup di dalamnya akan mati. Hal ini akan mengakibatkan berubahnya lingkunagan biologis perairan.

Sosial Ekonomi

Akibat membuang sampah sembarangan juga berdampak terhadap kegiatan sosial ekonomi.

Perusahaan pariwisata adalah  yang paling merasakan dampak tersebut, beberapa dampak negatif sampah terhadap kegiatan sosial ekonomi diantaranya:

  1. Membiarkan sampah menumpuk maupun bertebaran pasti akan menghasilkan lingkungan yang kurang nyaman bagi masyarakat. Bau yang tidak sedap dan menggangu pemandangan pasti akan sangant menggangu masyarkat.
  2. Pengelolaan sampah yang buruk akan berdampak pada kesehatan masyarakat di dekat tumpukan sampah tersebut.
  3. Meningkatkan biaya. Biaya terbagi menjadi langsung ( biaya yang dikeluarkan untuk mengobati orang sakit) dan tak langsung (kurangnya produktifitas karena sakit).
  4. Mengakibatkan bencana, misalnya banjir. Jika Membuang limbah padat ke gorong-gorong atau saluran air bisa berakibat banjir.
  5. memberikan dampak negatif terhadap perusahaan pariwisata.

Bencana yang Timbul akibat Membuang Sampah Sembarangan

Akibat Membuang Sampah Sembarangan

Puluhan juta ton sampah yang dihasilkan per hari tentu bukan sebuah angka yang sedikit. Jika yang kita hasilkan adalah prodok pertanian, maupun produk exspor kita pasti akan merasa senang dan bangga, tapi yang kita hasilkan malah sampah.

Produksi sampah padat yang kita memang bisa didaur ulang, tapi mayoritas plastik dunia memang dirancang untuk dibuang.

Sampah yang konon persoalan sepele dan pribadi itu telah merusak lingkungan dan menyakiti makhluk hidup lainnya.

Misalnya di Kenya, ada rumah sakit tyang merawat penyu yang menelan sampah plastik, kebanyakan penyu dirawat karena mengalami pembengkakan di bagian perut, karena terlalu banyak mengonsumsi plastik.

Sebagian penyu lainnya juga harus dirawat, sebab hidungnya berdarah karena tidak sengaja menelan sampah sedotan minuman, sesuatu yang sama sekali tidak pernah digunakannya. Penyu adalah contoh kecil bagaimana sampah yang dihasilkan manusia telah merusak kehidupan makhluk  lainnya.

Penyu menjadi korban atas keserakahan dan keganasan manusia mengeksploitasi bumi dan berlaku sewenang-wenang di atas semua daratan dan lautan.

Gimana, Guys? Itulah beberapa Akibat Membuang Sampah Sembarangan, mulailah untuk membersihkan sanpah dan barang-barang tak terpakai yah. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia!

Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti