Manfaat Jenis Plastik Tahan Panas Bagi Kehidupan Sehari Hari

Dengan adanya situs web ini, kami berharap situs ini dapat lebih dikenal di kalangan yang lebih luas. Selain itu melalui situs web ini juga, kami berharap dapat memberi kemudahan bagi kalian untuk mengakses informasi mengenai manfaat plastik tahan panas.

Plastik yang sering dipakai dalam kehidupan sehari – hari adalah plastik pembungkus makanan dan minuman.

Diarenakan bentuknya yang praktis, banyak digunakan sebagai peralatan rumah tangga menggantikan logam, kayu, kertas, dan kaca.

Selain digunakan sebagai bahan peralatan rumah tangga, plastik dibuat menjadi banyak ragam benda.

Benda dari plastik misalnya mainan anak-anak, casing ( hand phone, televisi, dan komputer), lampu hias, kran air, pipa, bahkan suku cadang kendaraan dan peralatan listrik pun terbuat dari plastik.

Namun beberapa plastik tidak mempunyai sifat tahan panas, jika sampai salah pilih dalam menentukan bahan baku maka berbahaya. Berikut beberapa jeis plastik tahan panas:

Jenis Plastik Tahan Panas

plastik tahan panas

Sebagian plastik tidak mempunyai sifat / karakteristik tahan terhadap panas. Berikut beberapa jenis plastik tahan panas:

Acrylonitrile butadiene styrene ( ABS )

ABS atau acrylonitrile butadiene styrene, adalah salah satu dari lima resin sintetis mempunyai ketahanan benturan, merupakan plastik tajan panas, ketahanan kimia yang baik, dan sifat listrik yang sangat baik.

Namun deangan sifatnya yang kuat, Abs juga dapat dengan mudah diolah, ukuran dan stabilitas produk, permukaan yang baik karakteristik gloss, pewarnaan, coating yang mudah.

Pengolahan sekunderpun dapat dilakukan seperti metallization permukaan, lempeng listrik, pengelasan, pengepresan panas, ikatan, dll.

Jenis Plastik ABS banyak digunakan pada industri mesin, mobil, instrumentasi, elektronika, tekstil dan konstruksi. Kopolimer dari acrylonitrile butadiene styrene adalah terpolimer yang terdiri dari akrilonitril, butadiena dan stirena.

Biasanya ABS akan berwarna kuning muda atau putih susu kristal non-kristal, dan juga adalah salah satu plastik yang paling banyak digunakan.

Keuntungan dan Kerugian Plastik ABS Serta Sifat Pembentuknya

Plastik ABS banyak digunakan untuk bahan produksi industri, alasannya sederhana.

Hak ini didasarkan pada karakteristiknya sendiri, maka PS, SAN, BS berbagai sifat organik bersatu, baik keras, tangguh, hanya keseimbangan yang sama dengan sifat mekanik yang sangat baik.

Pertama berbicara tentang karakteristik plastik ABS, dengan kinerja yang komprehensif lebih baik, kekuatan benturan yang tinggi, stabilitas kimia yang baik, ditambah sifat listrik yang tangguh.

Selain itu, plastik ABS sendiri  juga memiliki tahan panas tinggi, dampak tinggi, dan tingkat Transparan,

Bahkan jika ABS likuiditasnya tergolong miskin dibanding dengan HIPS, namun lebih baik dari PMMA, dan PC.

Kelebihan Plastik ABS

  1. Memiliki performa pewarnaan yang baik, bisa dengan cepat untuk diwarnai, tetapi juga dengan lasda plexiglass yang bagus. ABS sendiri terbuat dari dua bagian plastik warna, bisa dilapisi dengan krom berlapis, dan cat treatment
  2. Bahan plastik yang sangat keras, tetapi juga karena sifat ini, plastik ABS banyak digunakan oleh industri. Tak hanya di indistri, banyak daerah juga telah menggunakannya, dan nantinya semua orang dapat dengan mudah menemukan.
  3. Plastik ABS sendiri memiliki ciri khas, sulit untuk terbakar, hal ini berarti, jika Anda menggunakan jenis bahan ini, maka akan memberi Anda perasaan yang lebih aman.
  4. Material plastik ini tahan banting, nyatanya juga bahanya sangat bagus, ditambah bahan ini juga penuh berkilau di permukaannya.

Kelemahan ABS

  1. Meskipun bahan baku ABS memiliki banya kelebihan tersendiri, tapi akan sangat lemah bila dalam ketahanan terhadap pelarutan, ditambah suhu deformasi termalnya yang rendah, mudah terkena cuaca buruk.
  2. jadi kebutuhan akan menggunakan bahan ABS memiliki pemahaman tertentu tentang kelebihan dan kekurangannya. Agar aplikasinya akan lebih bagus ke area kerja yang sebenarnya.

Jenis Plastik Polypropylene (PP)

Adalah ” polimer adisi ” termoplastik, terbuat dari kombinasi monomer propilena. Biasa digunakan dalam berbagai aplikasi misalnya kemasan untuk produk konsumen, komponen plastik untuk berbagai industri, perangkat khusus seperti engsel hidup, dan juga tekstil.

PP ( Polypropylene ) ditemukan pada tahun 1951 oleh sepasang ilmuwan minyak Phillips bernama Paul Hogan dan Robert Banks, dan kemudian oleh ilmuwan dari Italia dan Jerman Natta dan Rehn.

Profesor Giulio Natta, pertama terpolimerisasi. Kemiduan disempurnakan oleh Natta dan mensintesis resin polypropylene pertama di Spanyol tahun 1954.

Kemampuan polypropylene dalam mengkristal menciptakan banyak kegembiraan. Pada tahun 1957, popularitas PP meledak dan produksi komersial meluas mulai di seluruh Eropa.

Karakteristik Plastik Tahan Panas Polypropylene ( PP )

Polypropylene juga merupakan jenis plastik tahan panas memiliki permukaan yang relatif licin, hal ini menjadikannya sebagai pengganti plastik seperti Acetal (POM) dalam aplikasi gesekan rendah seperti roda gigi atau sebagai titik kontak untuk furnitur.

Aspek negatif dari PP, mungkin sulit untuk mengikat Polypropylene ke permukaan lain (tidak melekat dengan baik pada lem tertentu dan kadang harus dilas dalam hal membentuk sambungan yang diperlukan ).

Meskipun polypropylene licin pada tingkat molekuler, ia sendiri memiliki koefisien gesekan yang relatif tinggi. Hal itu menyebabkan diganti dengan asetal, nilon, atau PTFE. Ditambah polypropylene memiliki kepadatan rendah.

Manfaat utama dari Polypropylene adalah dapat diproduksi baik melalui ( CNC, molding , thermoforming, atau crimping ) menjadi engsel hidup. Selanjutnya busa Polystyrene yang meleleh akan dibentuk busa lembaran dan digulung seperti kertas.

Apa itu engsel hidup?, engsel hidup adalah potongan plastik yang sangat tipis yang melengkung tanpa patah (rentang gerakan 360 derajat).

Salah satu keunggulan lain adalah polypropylene dapat menjadi mesin CNC untuk menyertakan engsel hidup. Hal ini memungkinkan pengembangan prototipe lebih cepat dan lebih murah daripada metode prototyping lainnya.

Selain itu Polypropylene dapat dengan mudah dikopolimerkan ( digabungkan ke dalam plastik komposit ) dengan polimer lain seperti polietilena .

Bahaya Kemasan Dari Plastik Tahan Panas

plastik tahan panas

 

Plastik banyak diguakan sebagai kemasan makanan. Kemasan sendiri berfungsi sebagai mewadahi dan membungkus pangan baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan makanan atau bahan pangan.

Kemasan mempunyai berbagai fungsi, misalnya untuk menjaga pangan tetap bersih, mencegah akan kontaminasi mikroorganisme, menjaga produk dari kerusakan fisik maupun kimiawi, memberikan informasi produk dan juga instruksi cara penyimpanan yang baik maupun cara mengolahnya, serta nilai gizi pada label.

Oleh karena itu dalam pemilihan jenis kemasan, faktor keamanan penting untuk dipertimbangkan. Plastik banyak digunakan untuk kemasan karena keunggulannya.

Berbagai keunggulan plastik misalnya pemanfaatan limbah plastik sehingga mudah mengikuti bentuk pangan yang dikeman, berbobot ringan, tidak mudah pecah, transparan, mudah diberi label dan dibuat dalam aneka warna.

Selain itu plastik juga dapat diproduksi secara massal, harga yang relatif murah dan terdapat berbagai jenis pilihan bahan dasar plastik. Jenis kemasan yang paling sering dijumpai saat ini adalah plastik dan styrofoam.

Itulah ulasan tentang plastik tahan panas, selamat mencoba dan semoga bisa membersihkan sampah plastik yang bertebaran dimana mana dan jadilah pelopor penyelamat bumi.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang oven gas dan mixer roti