Analisa Usaha Bakso yang Wajib Anda Ketahui Jika Ingin Usaha Bakso

Analisa Usaha Bakso – Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak penggemarnya. Semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa begitu menyukai makanan yang umumnya berbentuk bulat ini. Bakso sendiri adalah makanan yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan tepung kemudian dibentuk bulat. Bakso memilki rasa yang gurih dari dagingya dan penyajiannya dipadukan dengan kuah yang segar.

Bahan yang digunakan membut bakso kebanyakan adalah daging sapi, namun seiring perkembangan dunia kuliner banyak dibuat variasi dari bakso. Sekarang banyak ditemukan variasi bakso seperti bakso ikan, bakso ayam, bakso udang, bakso tahu, dan jenis bakso lainnya.

Melihat begitu potensialnya makanan bakso, mendirikan usaha bakso bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan. Peluang usaha bakso sangat terbuka lebar. Kuntungan yang bisa diperoleh berlipat-lipat dari modal awal jika kita mampu menjalankan usaha bakso dengan baik. Terus pertanyaanya adalah bagaimanan caranya menjalankan usaha bakso dengan baik, apalagi bagi pemula yang masih minim pengalaman di usaha ini.

Semua usaha yang sukses tentu perlu perencanaan yang matang juga, sama halnya dalam usaha bakso. Diperlukan sebuah perencanaan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam usaha bakso. Langkah awal dalam perencaan usaha bakso adalah melakukan analisa usaha bakso. Bertujuan untuk mengetahui bahan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan serta mengukur berapa besar modal yang harus dikeluarkan.

Analisa Usaha Bakso agar Berjalan Sukses

analisa usaha bakso

Penting melakukan analisa usaha bakso ketika akan memulai usaha kuliner bakso. Mengetahui kisaran besar modal yang diperlukan dan perkiraan omzet yang akan didapatkan bagus untuk persiapan memulai usaha bakso anda. Sebagai pelaku bisnis harus tahu betul apa saja yang dibutuhkan  agar usaha bakso bisa berjalan dan berkembang. Juga harus tahu kira-kira berapa lama usaha anda akan balik modal.

Nah berikut adalah analisa usaha bakso :

1. Modal Utama Analisa Usaha Bakso

Modal utama pengeluaran pada tahap awal usaha untuk biaya yang memiliki nilai guna yang lama. Sehingga beberapa peralatan yang dibeli tersebut memiliki nilai penyusutan yang lama. Jadi dalam sekali pengeluaran bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama.

Sewa tempat : Rp. 2.000.000

Gerobak : Rp. 1.500.000

Satu set meja dan kursi : Rp. 2.000.000

Satu set peralatan makan : Rp. 500.000

Satu set alat masak : Rp. 1.000.000

Total : Rp 7.000.000

2. Biaya Operasional

Analisa usaha bakso selanjutnya adalah biaya opresional. Biaya operasional adalah biaya yang dikelurkan selama 30 kerja. Ini merupakan biaya sehari-hari dalam membuat bakso dan kegiatan usaha, tentunya merupakan pengeluaran yang wajib dihitung. Adapun biaya operasional dalam kegiatan membuat bakso sebagai berikut.

Daging sapi 3 kg : Rp. 9.000.000

Tepung tapioka : Rp. 200.000

Rempah-rempah : Rp. 450.000

Sayuran : Rp. 450.000

Gas 3 kg : Rp. 500.000

Total : Rp. 10.600.000

3. Pendapatan

Apabila bakso yang anda jual satu porsi seharga Rp 15.000, sehingga dalam satu hari misalnya mampu menjual sebanyak 50 porsi, maka omzet yang anda dapatkan sebesar Rp 22.500.000. Angka tersebut merupakan pendapatan kotor dalam jangka satu bulan.

4. Laba

Laba bersih didapatkan dari hasil pendapatan kotor – biaya opresional yakni Rp 22.500.00 – Rp 10.600.000 = Rp 19.600.000. Berdasarkan perhitunga tersebut maka laba bersih yang didapatka dalam satu bulan adalah Rp 19.600.00. Menguntungkan bukan.

Itulah analisa usaha bakso yang wajib dilakukan ketika akan mendirikan usaha bakso. Analisa ayang tepat akan menjadikan usaha anda berjalan dengan lancar.

Strategi Marketing Usaha Bakso

analisa usaha bakso

Tentunya pemasaran akan berpengaruh pada keuntungan yang bisa anda dapatkan. Setelah analisa usaha bakso pemasaran produk bakso menjadi langkah yang harus dilakukan. Memutuskan memulai usaha bakso sudah menjadi langkah pertama yang bagus bagi seorang penhgusaha. namun dalam membangun sebuah usaha tidak hanya satu langkah, akan tetapi harus melakukan banyak langkah. Salah satunya adalah pemasaran.

Pemasaran adalah strategi yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha dalam hal ini usaha bakso untuk meningkatkan nilai tanbah suatu produk. Ditengah persaingan usaha kuliner yang semakin ketat dan padat, anda harus memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaing.

Dalam menentukan strategi pemasaran langkah pertama adalah memulai strategi bisnis. Tentukan STP (Segmen, Target, Positioning) dari usaha bakso anda :

1. Segmen

Tentukan segmen pasar usaha bakso anda, apakah menengah kebawah atau menengah ke atas, dan sebagainya. Hal ini penting untuk perkembangan usaha bakso anda.

2. Target

Pilih  juga target pasar anda. Rinci siapa saja target bisnis anda, apakah pria, wanita, anak-anak, orang dewasa, dan lain sebagainya. Misalnya walaupun makanan bakso bisa dimakan orang usia 3 tahun keatas, namun jika anda membuka lokasi usaha bakso di sekitar kampus, maka target uatam anda adalah mahasiswa (usia 18-24).

3. Positioning

Ciptakan positioning usaha anda. Buatlah produk bakso anda memiliki kesan dan selalu diingat oleh konsumen atau target pasar anda. Misalnya apakah bakso anda ingin dikenal memiliki rasa yang enak, porsi banyak, dan harga yang murah? atau bakso sehat, atau bakso yang pelayanannya via media sosial dengan menawarkan jasa antar bakso.

Sebuah produk yang sudah memiliki positioning yang kuat akan mampu bersaing dengan produk yang sejenis. Konsumen juga kemungkinan besar akan menjadi pelangan setia produk bakso anda. Dengan demikian potensi bertambahnya pelanggan anda akan semakin besar.

Setelah melakukan strategi bisnis dengan TP (Segmen, Target, Positioning) maka selanjutnya melakukan strategi bisnis sederhana menggunakan sistem marketing mix (4P). Strategi Marketing Mix (4P) dapat dilihat dalam ulasan berikut.

Strategi Marketing Mix (4P)

 

analisa usaha bakso

1. Produk

Setiap usaha harus memiliki USP (Unique Selling Proposition) yakni hal yang membedakan produk anda dari para pesaing lainnya. Anda harus bisa menawarkan bakso dengan keunikan tersendiri, bakso yang berbeda dengan bakso yang sudah ada. Misalnya bakso anda bentuk yang unik serta cara penyajiannya berbeda dengan bakso kebanyakan.

Namun rasa harus yang utama, sebab menurut survei orang indonesia akan memilh makanan atau minuman yang mempunyai rasa nomor satu. Tanpa sesuatu yang mempunyai nilai jual yang berbeda usaha anda akan kesulitan bersaing dalam pasar yang semakin ketat ini.

2. Place

Lokasi untuk membuka usaha bakso sangat mentukan. Jika target pasar utama anda adalah mahasiswa, maka harus menyiapkan tempat yand sesuai dengan budaya atau perilaku mahasiswa. Misalnya menyediakan tempat parkir, meyediakan permainan meja, tempatnya tidak telalu mewah, tidak perlu mencari tempat yang mewah atau lainnya.

3. Price

Penentuan harga produk sangat peting. Cari tahu atau survei terlebih dahulu harga bakso dari kompetitor anda. Kemudian tentukan harga bakso anda bisa kompetitif dan terjangkau bagi target pasar anda.

4. Promotion

Lakukan promosi bakso sesuai dengan target pasar anda. Misalnya jika target pasar adalah mahasiswa lakukan strategi promosi degan media digital dan buat digital promo juga.  Seperti misalnya khusus setiap hari sabtu, bakso dipromosikan dengan paket beli 2 dapat gratis  1 atau bisa juga khusus hari sabtu minimal beli 2 porsi gratis minuman.

Memang memerlukan biaya tambahan yang cukup banyak, namun ini merupakan investasi agar bakso anda dikenal dan banyak orang yang mencobanya. Optimalkan juga promosi melalui media sosial sehingga promo tersebut bisa dikenal lebih luas lagi.

Buat juga merk atau nama brand usaha bakso anda. Pertama buat logo, warna brand, tagline, dan sebagainya agar usaha anda mudah dan cepat dikenali oleh target konsumen anda.

Yah, itulah rincian analisa usaha bakso, semoga bermanfaat bagi anda yang berniat membuka usaha bakso. Strategi pemasaran juga penting karena akan mentukan dapat bertah atau tidak usaha bakso anda di dalam persaingan pasar yang semakin ketat ini. Baca juga artikel tentang peluang usaha kebab turki.