Cara Memperbaiki AC Cassette Dengan Mudah

Cara memperbaiki ac cassette– Cassette AC merupakan tipe indoor AC dengan aliran udara seragam 360 ° menetapkan standar dan juga menghindari suhu yang tidak merata dan juga ketidaknyamanan yang disebabkan oleh angin. Karakter AC Cassette yang simple bisa memudahkan pengguna beradaptasi dengan ruang instalasi, tubuh mesin yang compact dan juga operasi yang tenang. Tipe AC yang sangat cocok di gunakan untuk ruangan – ruangan yang besar dan juga ruangan terbuka, seperti contoh nya kantor dan juga restaurant.

Cara Memperbaiki AC Cassette

Penyebab AC Cassette Bocor Dan Solusinya

Install AC Di Area Yang Salah

Banyak pembeli atau yang biasa disebut konsumen yang sering bertanya pada distributor AC tentang tempat atau lokasi ideal untuk memasang AC di rumah atau di kantor. Lebih tepat, AC di-install ke arah luar atau ke belakang. Dengan demikian, air dapat mengalir dengan lebih mudah menuju ke tempat pembuangan.

Jika salah satu alasan AC bocor karena tempat instalasi yang tidak benar, maka atasi dengan cara memindahkan letak posisinya. Jika tidak bisa melakukannya seorang diri, cukup panggil teknisi untuk membantu membetulkan posisinya AC.

Pipa AC Mulai Angus Bahkan Rusak

Ketika kontraktor AC menemukan kerusakan di pipa AC maka hal pertama yang akan mereka sarankan yaitu pergantian bungkus pipanya. Sama seperti halnya komponen AC lainnya, pipa AC juga bisa rusak seiring dimakan oleh usia. Maka dari itu, saat membawa AC ke teknisi minta mereka supaya turut memeriksa pipa AC Anda. Atau cukup Anda periksa sendiri saat waktunya membersihkan AC.

Jarang Merawat Dan Membersihkan AC

Menumpuknya debu di bagian dalam maupun di bagian luar AC merupakan penyebab AC baru. Debu yang dibiarkan menebal di bagian outdoor dan bagian indoor AC yang akan menyebabkan saluran pembuangan air tidak akan lancar.

Bila dibiarkan terus menerus, maka air tersebut akan mulai keluar dari lubang lain kemudian membasahi area di bawah AC tersebut. Solusi mengatasi AC bocor akibat debu dan juga kotoran yaitu membersihkannya. Bersihkan dengan seksama semua bagiannya dan tentu jangan sampai biarkan ada satu bagian pun yang terlewatkan.

Lupa Melakukan Vakum Ketika Diinstalasi

Meskipun tampak sangat mudah, pada dasarnya bahwa proses instalasi AC itu sangat kompleks. Satu bagian terlewati seperti lupa melakukan vakum saja dapat menyebabkan kebocoran pada AC Anda. Vakum saat instalasi bertujuan supaya mengeluarkan udara yang terdapat di dalam kompresor AC.

Bila udara tersebut tidak dikeluarkan, maka siap-siap saja Anda untuk mengganti pipa AC dengan pipa yang baru. Meskipun Anda merasakan canggung saat terus menerus mengawasi kinerja teknisi sedang instalasi AC. Untuk kebaikan di masa depan, jangan lupa untuk mengawasi dan juga terus bertanya pada mereka jika masih bingung.

Cara Mencuci AC Split Dengan Alat Pembersih AC

Cara Memperbaiki AC Cassette Dengan Mudah

Berikut ini merupakan cara mencuci AC split untuk unit yang berada di dalam rumah saja:

  • Matikan AC terlebih dahulu dan juga cabut kabelnya dari sumber listrik.
  • Gunakan alat pembersih AC contoh seperti mesin penyedot debu, kemoceng, bisa juga lap kering untuk menyingkirkan debu tersebut pada bagian bilah-bilah ventilasi dan permukaan luarnya.
  • Baca juga buku petunjuk AC Anda supaya Anda juga bisa mengetahui cara melepas dan tahu cara membersihkan filter AC tersebut.
  • Singkirkan debu tersebut pada filter dengan mesin pengisap debu atau dengan menggunakan kuas bersih.
  • Bilas filter AC Anda di bawah aliran air. Apabila sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair, contoh seperti Sunlight, kemudian bilas sampai kotorannya luruh.
  • Keringkan filter di tempat yang teduh tanpa menjemurnya di bawah teriknya matahari.
  • Pola pikir ini yang membuat kita tidak mau untuk mempelajari hal-hal baru atau hal-hal yang belum kita mengerti.

Naaaah, mari kita bahas tentang cara membersihkan AC rumah dengan mudah.

UNIT INDOOR

Alat-alat yang anda butuhkan:

  • Bulu ayam bisa juga kemoceng
  • Kuas kering yang kecil
  • Sikat gigi yang sudah tidak dipakai (jika diperlukan)
  • Lap dengan bahan yang lembut sebanyak 2 lembar
  • Air yang dicampur sedikit sabun cair yang digunakan untuk cuci piring
  • Manual book atau buku petunjuk AC
  • Cairan pembersih untuk AC indoor
  • Kain untuk ngepel
  • Lembaran plastic, ember untuk wadah tetesan air kotor

Berikut Caranya

  1. Bersihkan pada permukaan casing-nya. Pastikan AC dalam keadaan sudah mati. Putuskan aliran listrik Anda dengan cara melepaskan kabel dari stop kontak. Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi yang kering dan juga tidak lembab. Supaya debu tidak menjadi basah dan juga tidak membuat noda pada casing. Bersihkan menggunakan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap yang kering. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC bisa anda lepas dari casing AC. Lepaskan lalu cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut menggunakan sikat gigi.
  2. Bersihkan bagian filter AC. Filter AC sebaiknya dibersihkan tiap bulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan anda sendiri. Ikuti petunjuk dari buku petunjuk mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu menggunakan kuas kering. Kemudian cuci menggunakan air sabun tadi. Bilas menggunakan air hingga bersih. Keringkan filter AC menggunakan lap kering dan selanjutnya diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC tersebut.
  3. Bersihkan bilah-bilah pada evaporator. Pastikan melapisi lantai di bawah AC dengan menggunakan plastik dan juga ember. Cairan pembersih tersebut biasannya disemprotkan ke bagian bilah-bilah AC. Perlu ketelitian agar tepat sasaran. Tutup bagian dengan menggunakan komponen elektronik dengan plastic. Untuk menghindari terkena air atau terkena cairan pembersih. Air kotor akan menetes ke bawah dan juga ditampung dengan ember yang tadi. Setelah selesai, bersihkan lantai di bawah AC dengan memakai kain pel.

Cara Memebersihkan Filter

Saatnya untuk pindah ke unit indoor untuk langkah yang ini. Jika anda melepaskan atau anda memasang kembali kisi-kisi depan. Pada unit pendingin dalam ruangan ini. Anda harus bisa melepaskan satu panel jala besar maupun dua panel yang lebih kecil. Panel saringan ini yaitu garis pertahanan utama unit anda. Kepada berbagai nasties udara seperti debu dan juga bakteri. Namun, ini berarti mereka cenderung sangat kotor dan juga tersumbat dengan sangat cepat. Maka sangat perlu untuk dibersihkan lebih teratur daripada bagian lain dari unit ini.

Itu lah beberapa pelajaran dari Cara Memperbaiki AC Cassette yang bisa saya sampaikan. Jika teman-teman ingin mencari jasa service ac silahkan membaca artikel berikut Service AC Jogja teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana. Selain harganya murah pelayanannya juga maksimal loh!

Semoga mendapat manfaat dari semua yang sudah saya share di artikel ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya supaya mengetahui juga apa saja yang sudah kita pelajari disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!