Peluang Usaha Kebab Turki yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Kebab adalah makanan yang berasal dari timur tengah yang berbahan dasar daging sapi atau daging domba yang mana penyajiannya dengan cara ditusuk kemudian dipanggang. Kepopuleran kebab sudah menyebar ke berbagai negara. Di tiap negara, kebab sendiri memiliki cri khas masing-masing, biasanya berbeda dalam cara penyajiannya. Salah satu jenis kebab yang paling populer adalah kebab turki yaang mana penyajiannya dengan dibalut roti tortilla. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan pelaku usaha kebab turki, baik skala kecil samapi skala besar.

Selain daging sapi dan daging domba, daging ayam juga bisa dibuat sebagai kebab. Tergantung selera dari calon pembeli. Isi kebab tidak hanya daging namun juga berbagai sayuran. Cara pembutab kebab terbilang mudah cukup semua isi kebab yang sudah matang menjadi satu dalam roti tortilla. kemudian kebab diguliung untuk kemudian dipanggang kembali agar kenmatangannya lebih sempurna.

Di Indonesia kebab turki menjadi salah satu usaha makanan kekinian yang cukup populer. Banyak orang akhirnya memilih usaha kuliner ini karena melihat banyaknya minat masyarakat akan makanan berbahan daging ini. Rasa daging panggang dipadukan dengan lembaran roti membuat orang nagih ingin menikmatnya.

Peluang usaha kebab turki ini bisa dibilang sangat terbuka lebar. Melihat semakin banyak orang meenyukai makanan khas timur tengah ini. Jika anda berminat membuka bisnis ini terlebih dahulu cari informasi tentang bagaimana menjalankan usaha ini.

Kiat Memulai Usaha Kebab Turki Agar Sukses

usaha kebab turki

Banyak orang indonesia mulai gemar melakukan wisata kuliner. Bahakan sebagian orang menjadikan wisata kuliner sebagai kegiatan rutin. Hal ini membuka peluang bagi usaha kuliner seperti usaha kebab turki ini. Dalam memulai usaha kuliner tidak boleh dilakukan asal-asalan, harus dilakukan dengan benar agar hasilnya pun sesuai yang kita harapakan.

Nah agar bisa menjalankan usaha kuliner dalam hal ini usaha kebab turki dengan benar harus memperhatikan beberapa hal dalam memulai usaha. Memulai usaha dengan benar dan baik tentu otomatis kedepannya akan berjalan denagn baik juga.

Berikut adalah beberapah kiat ketika memulai usaha kebab turki :

1. Pelajari Menu Kebab Turki

Sebelum menjalankan usaha kebab turki sebaiknya pelajari dulu berbagai resep kebab turki. Karena resep dari kebeb turki sendiri bermacam-macam. Pilihlah dan pelajari satu resep yamg menuru anda cocok dan enak. Resep kebab turki bisa anda peroleh dari buku resep ataupun mencari dari internet. Karena anda akan membuka usaha di Indonesia tentunya pilihlah resep keban yang sesua dengan lidah orang Indonesia.

Walaupun sama-sama kebab turki, cita rasa setiap negara berbeda-beda. Ada pelaku usaha kebab turki di Indonesia yang yang sudah sangat populer, bahkan cabangnya sampai mancanegara. Namanya adalah Kebab Turki Baba Rafi, hampir di setiap kota besar di Indonesia pasti terdapat cabang Kebab Turki Baba Rafi. Usaha tersebut bisa anda jadikan contoh dalam memulai usaha.

2. Pilih Ikut Waralaba atau Membuka Gerai Sendiri

Usaha kebab turki di Indonesia sudah menjamur dimana-mana, mulai dari pedagang kecil pinggir jalan hingga gerai waralaba besar. Nah ketika akan terjun ken bisnis ini pikirkan terlebih dahulu apakah akan memilih bekerjasama dengan waralaba atau membuka usaha kebab turki sendiri.

usaha kebab turki

Kedua pilihan tersebut kelebihan dan kekurangan masing-masing. Waralaba memiliki keunggulan seperti merk sudah terkenal luas, ada tarining/ pelatihan dari pemilik waralaba, hingga biaya lebih murah. Sedangkan membuka usaha sendiri memiliki kelebihan seperti keuntungan milik pribadi tidak harus bagi untung, bisa lebih berinovasi, bahan baku bisa mencari sendiri tidak tergantung orang lain.

3. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Pendukung

Usaha kebab turki tentu membutuhkan peralatan dan perlengkapan khusus untuk memasak serta meyajikannya. Lakukan identifikasi peralalatan yang dibutuhkan, apakan dalam skala besar atau skala kecil. tentu kebutuhan usaha dalam skala kecil berbeda dengan usaha skala besar. Ini tergantung anda apakah usaha kebab turki dimulai dari skala kecil terlebih dahulu  atau langsung dalam skala besar.

Dalam usaha skala besar tentu kebutuhan peralatan dan perlengkapan pendukung lebih banyak. Identifikasi ini pentimg dilakukan agar usaha anda bisa berjalan lancar. Benar-benar pastikan bahwa peralatan dan perlengkapan pedukung sudah siap ketika anda membuka usaha untuk pertama kalinya.

4. Promosi Usaha Kebab Turki

Promosi menjadi bagian terpenting dalam kesuksesan sebuag usaha kuliner seprti kebab turki ini. Jika anda melakukan strategi promosi yang tepat maka kesuksesan usaha anda sudah didepan mata. Banyak metode promosi yang bisa anda pakai mulai dari metode konvensional sampai metode digital/internet seperti kebanyakan yang dilakukan pelaku usaha saat ini.

Sebaiknya lebih fokus promosi lewat media digital atau internet seperti media sosial, sebab dengan kemajuan teknologi saat ini lebih efektif promosi lewat internet. Hampir semua orang setiap hari terhubung dengan internet, dengan begitu promosi melalui media bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas serta biayanya pun lebih murah.

Namun jika perlu tetap promosi dengan motode konvesional seperti brosur, pamflet, dan lainya. Walaupun intensitasnya lebih sedikit.

Resep Kebab Turki Mudah dan Ontentik

Bagi anda yang masih akan merintis usaha kebab turki tapi masih belum menemukan resep yang cocok, berikut resep kebab turki yang mudah serta ontentik. Mungkin akan sesuai dengan resep yang anda cari.

usaha kebab turki

Bahan Kebab Turki :
  • 1 lembar kulit tortilla
  • 25 gram bawang Bombay yang sudah diiris
  • 1 sdt saus tomat
  • 25 gram timun yang sudah diiris tipis
  • 1 sdt saus sambal
  • 25 gram selada yang sudah diiris tipis
  • 25 gram tomat yang sudah diiris tipis
  • 1 sdm mayonnaise
  • 1 sdt margarine
  • Irisan daging kebab
Bahan Daging Kebab Turki :
  • ½ kg daging sapi yang sudah dipotong melintang
  • 100 cc yoghurt tanpa rasa
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 2 cm jahe
  • ½ sdt ketumbar
  • Lada
  • Garam
Cara Membuat Daging Kebab Turki :
  1. Daging sapi masukkan kedalam wadah atau mankok.
  2. Daging dicuci sampai bersih kemudian pukul hingga dahing lunak dan melebar
  3. Haluskan cabai merah, jahe, ketumbar, dan bawang putih, bisa dengan blender atau cobek
  4. Pastikan bumbu tersebut benar-benar halus
  5. Masukkan bumbu yang sudah halus ke dalam wadah berisi daging sapi tadi
  6. Campu bumbu denagn daging hingga merata
  7. Tambahkan lada, yoghurt, dan garam secukupnya
  8. Diamkan daging sapi yang sudah dibumbui kurang lebih selama 10-15 menit hingga bumbu meresap ke dalam daging
  9. Panggang daging sapi hingga matang
Cara Membuat Kebab Turki :
  1. Masukkan kue/kulit tortilla ke dalam teflon yang sudah diolesi margarin
  2. Panggang kue tortlla hinggga kekunungan dan muncul bercak kecloklatan
  3. Tumis bawang bombay dalam wajan sebentar saja, cukup sedikit layu
  4. Pindahkan kue tortilla ke atas piring yang ukurannya sesuai
  5. Tambahkan bawang bombay, selada, irisan tomat, dan irisan timun ke tengan kue tortilla secara merata
  6. Tambahkan saus samabl, saus tomat, mayonise sesuai selera ke atas sayuran segar tadi
  7. Masukkan irisan daging ke atasnya secara merata
  8. Gulung kue tortilla berbentuk memanjang kerucur seperti kebeb turki
  9. Kebab Turki telah siap untuk disajikan

Nah, itulah peluang usaha kebab turki serta potensi keuntungan yang bisa diraih. Usaha ini jika dijalankan dengan serius dan benar maka keuntungan pun akan datang dengan mudah. Semoga informasi tersebut berguna bagi anda yang ingin memulai usaha kebab.