Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning Enak Merasuk ke Tulang

Ayam mungkin menjadi salah satu bahan makanan yang paling mudah diolah menjadi berbagai menu makanan. Salah satu yang paling mudah adalah ayam goreng ungkep bumbu kuning. Dengan bumbu sederhana namun tetap enak dimakan kapan saja.

Ayam Ungkep

Ayam ungkep, masakan atau olahan daging ayam dengan cara direbus terlebih dahulu memakai bumbu rempah-rempah, menjadi salah satu jenis masakan populer di Indonesia. Agar meresap dan dagingnya terasa empuk, lebih baik merebus ayam ungkep terlebih dahulu agar segala bakteri dan virus di ayam hilang. Setelah benar-benar matang, ayam digoreng jangan terlalu lama.

Sejarah Ayam Ungkep

Menurut catatan sejarah sendiri, ayam ungkep bumbu kuning sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu. Awalnya kuliner satu ini disajikan untuk ritual adat oleh beberapa suku di Indonesia, terutama Jawa dan Betawi. Namun seiring dengan perkembangannya, ayam ungkep mulai dikonsumsi secara umum oleh masyarakatnya.

Biasanya ayam ungkep banyak disajikan saat acara-acara spesial tiba seperti saat acara lebaran, pesta, ulang tahun, syukuran, dan masih banyak lagi. Rasanya yang khas membuat para tamu sangat menyukai olahan ayam ini. Saat ini menemukan ayam ungkep di pasaran sebenarnya mudah, karena sudah banyak warung makan yang menyajikannya. Namun akan menjadi sebuah kebanggaan besar apabila kita bisa membuat makanan satu ini sendiri di rumah.

Cara Membuat Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning

Bahan – Bahan Yang Diperlukan :

  • 1 ekor ayam potong, bersihkan

Bumbu halus :

  • 7 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyitbatang serai, memarkan
  • 1 ruas jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt merica butir
  • 2 sdt garam

Cara membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning :

  1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan ayam potong dan biarkan hingga kotoran dan lemaknya muncul. Tisikan ayam dan buang airnya.
  2. Masukk ayam beserta bumbu halus dan serai yang sudah dimemarkan. Tuang air secukupnya atau hingga ayam terendam. Aduk rata dan ungkep hingga airnya habis.
  3. Goreng ayam hingga kecokelatan dan kering. Sesuai selera.

Ayam ungkep bumbu kuning sudah bisa disajikan dengan sambal dan nasi hangat.

Kandungan Pada Daging Ayam

Daging ayam ras atau ayam potong merupakan sumber protein hewani yang baik, karena mengandung asam amino esensial yang lengkap dan dalam perbandingan jumlah yang baik. Untuk itulah kenapa ayam potong masih menjadi favorit menu masakan. Selain itu serat-serat daging ayam potong pendek dan lunak sehingga mudah untuk dicerna. Dalam ulasan kali ini Rumah Ayam Sehat akan mencoba mengulas kandungan atau komposisi gizi daging ayam potong. Yuk, kita mulai!

Selain sebagai sumber protein, daging ayam dan unggas lainnya juga menghasilkan kalori, namun berbeda dengan daging hewan konsumsi lainnya, daging ayam dan unggas memiliki jumlah kalori yang lebih rendah. Oleh karena itu daging ayam dan unggas lainnya dapat dipakai sebagai bahan makanan yang baik untuk mengendalikan pertambahan berat badan dan cocok bagi yang sedang melakukan program diet, berguna membantu penyembuhan dari penyakit dan sebagai bahan nutrisi para lansia.

Ayam yang merupakan jenis unggas adalah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. 2 jenis ayam yang biasa dikonsumsi yaitu ayam ras (broiler) dan ayam lokal (buras/kampung). Kedua jenis ayam ini menjadi sumber protein hewani. Untuk itu penting kita mengetahui komposisi gizi dari daging ayam yang sering kita konsumsi ini. Untuk lebih jelasnya berikut tabel komposisi/kandungan gizi daging ayam dan daging hewan konsumsi lainnya.

tabel kandungan gizi daging ayam

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa daging ayam relatif lebih tinggi kandungan kalorinya dibandingkan daging non unggas. Daging ayam juga dapat diandalkan sebagai sumber protein. Berdasarkan penelitian daging ayam memiliki protein yang berkualitas tinggi dan mengandung semua asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Disamping protein, daging ayam mengandung gizi seperti lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air. Kadar masing-masing komponen tersebut berbeda-beda besarnya tergantung kepada spesies, umur, dan jenis kelamin ayam yang bersangkutan. Kandungan air pada ayam yang lebih mudah misalnya biasanya lebih tinggi daripada yang lebih tua. Tapi umumnya, kadar protein daging ayam adalah 18% dan kadar airnya berkisar antara 60-70%4.

Kandungan lemak dalam daging ayam sangat bervariasi. Biasanya, semakin bertambah umur, kadar lemaknya semakin tinggi. Selain itu, kadar lemak ayam betina juga lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jantan. Kandungan lemak daging ayam adalah sekitar 25%. Lemak ini terutama terdapat pada kulit daging. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang berdiet sebaiknya membuang kulit daging ayam sebelum mengolah dagingnya. Perlu diketahui, kulit daging ayam ini juga mengandung kolesterol cukup tinggi, yaitu 120 mg/10 0 g. Sedangkan daging ayam yang telah dibuang kulitnya mengandung kolesterol sebanyak 78 mg/100 g4.

Proses pengolahan dapat juga mempengaruhi kandungan kolesterol. Misalnya kandungan kolesterol ayam goreng ternyata lebih tinggi daripada ayam mentah. Ini lebih disebabkan oleh perbedaan kadar air, yaitu ayam mentah mempunyai kadar air lebih tinggi, sehingga dalam berat yang sama kandungan kolesterol ayam mentah menjadi lebih rendah.

Manfaat Makan Ayam Bagi Kesehatan

1. Tinggi protein
Daging ayam tinggi akan kandungan protein sehingga bisa membangun ototmu supaya jadi lebih kuat. Selain itu, kandungan lemak sehat di dalamnya bisa mengekang nafsu makan, membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, dan baik untuk mendukung penurunan berat badan.

2. Anti depresan alami
Ayam mengandung asam amino yang disebut dengan tryptophan. Zat ini akan meningkatkan kadar serotonin di otak dan bermanfaat positif untuk memperbaiki suasana hati.

3. Mencegah keroposnya tulang
Tulang bisa memasuki masa keropos ketika kamu usia semakin tua. Konsumsi ayam akan membantumu untuk melawan pengeroposan tulang dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan persendian.

4.Baik untuk jantung
Makan ayam membantu dalam mengendalikan dan menekan kadar homosistein dan melindungi jantungmu dari berbagai penyakit kardiovaskular.

5. Kaya akan fosfor
Kandungan fosfor di dalam ayam sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Termasuk mendukung kesehatan ginjal, lever, dan sistem saraf pusat.

6. Mengandung selenium
Selenium merupakan salah satu dari zat sehat yang ada di dalam ayam. Selenium adalah mineral penting yang membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh, mendukung kerja kelenjar tiroid, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Meningkatkan kerja sistem metabolisme
Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam daging ayam membantu untuk mencerna makanan tanpa menyimpannya sebagai lemak. Sehingga kamu akan terhindar dari kegemukan.

8.Kaya niasin
Niasin adalah vitamin penting yang berguna untuk mencegah penyakit kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA.

9. Mendukung kesehatan mata
Kandungan retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene di dalam ayam berguna untuk menjaga ketajaman mata.

10. Menjaga kesehatan jaringan tubuh
Banyak dari kamu yang mungkin sering mengalami masalah bibir pecah-pecah atau kulit kering. Zat di dalam ayam yang disebut dengan riboflavin membantumu untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menghindarkanmu dari gangguan kesehatan di atas.

Baiklah itu tadi cara membuat resep ayam ungkep bumbu kuning yang bisa anda coba dirumah..hidangkan bersama dengan keluarga ataupun dengan teman – teman..