Resep Ikan Bakar Bumbu Kecap Yang Lezat Dan Mudah

Ikan bakar merupakan jenis olahan ikan yang banyak orang gemari. Rasanya yang khas inilah membuat ikan bakar berbeda dengan olahan atau masakan ikan lainnya baik ikan air tawar maupun ikan laut. Karena kelezatannya ikan bakar bisa  menjadi masakan yang sangat menggugah selera, apalagi juga bumbunya menggunakan bumbu kecap.

Ikan Bakar

Berbagai macam jenis ikan bisa kita manfaatkan untuk membuat ikan bakar. Untuk ikan laut, ikan bawal laut, ikan kwe, ikan kakap dan sebagainya, bisa menjadi pilihan untuk dijadikan ikan bakar. Sementara untuk jenis ikan air tawar, ikan gurame, ikan nila, dan ikan mas paling banyak digunakan sebagai ikan bakar karena memiliki rasa dagingnya yang gurih.
Untuk ikan bakar dengan bahan ikan seperti tersebut, sebelumnya saya juga telah bagikan resepnya untuk anda seperti gurame bakar pedas manis, resep ikan kwe bakar sambal dabu-dabu, bawal bakar saus barbeque dan masi banyak lagi. Jadi apabila anda suatu saat ingin membuat ikan bakar, anda tinggal mengikuti resep dan cara mengolahnya saja.
Pada kesempatan ini, kebetulan saya juga ingin membagikan resep untuk membuat ikan bakar. Namun untuk sekarang, resep yang akan saya bagikan ini khusus bagi anda yang suka dengan ikan bakar kecap namun. Jadi apabila anda yang suka dengan ikan bakar ini dan belum tahu resepnya, anda tinggal ikuti saja resepnya..

Kandungan Ikan Bakar

  • Omega-3, asam lemak,
  • vitamin : B2 (riboflavin)
  • Vit D,
  • fosfos, kalsium dan Mineral :
  • seng,zat besi,
  • yodium,
  • magnesium,
  • dan kalium.

Manfaat Mengkomsumsi Ikan Bakar

  1. Mencegah Terjadinya Sakit Jantung

Manfaat pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah timbulnya penyakit jantung. Menurut sebuah pemeriksaan, suku bangsa Eskimo yang tinggal di Greenland memiliki prevalensi dari pengidap penyakit jantung yang terendah. Hal yang sama juga terjadi di Jepang, di Jepang langka sekali ditemukan orang yang mempunyai penyakit jantung koroner. Apa yang membuat semua itu terjadi? Ternyata sangat mudah, yakni orang Eskimo dan orang Jepang amat suka makan ikan.

Mereka biasa memakan ikan dalam kondisi mentah, atau lebih sering disebut sashimi.

Sashimi merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat dari ikan. Orang Jepang suka sekali mengonsumsi makanan ini, dengan komposisi utama ikan segar dengan keadaan mentah. Pada dasarnya, orang Jepang dan orang Eskimo suka makan ikan dengan jumlah besar, maka dari itu risiko untuk mengidap penyakit kardiovaskuler maupun penyakit jantung dapat lebih ditekan, terlebih untuk pengidap penyakit jantung koroner. Dalam sehari, orang Eskimo memakan ikan sebanyak 300¬-400 gram dan juga orang Jepang sering memakan 100-200 gram ikan dalam sehari-harinya.

  1. Makanan Pendamping Nasi Terbaik

Jika sedang malas harus sarapan menggunakan lauk yang setiap hari sama, dapat mencoba untuk mulai menggunakan ikan sebagai menu pendamping nasi yang memanjakan lidah. Ikan adalah sumber protein hewani yang mempunyai banyak sekali kelebihan, di antaranya adalah: mengandung banyak vitamin,protein,mineral dan memiliki sedikit kalori. Ikan sangatlah bagus untuk yang ingin menjaga kesegaran metabolisme tubuh selain dari apa yang kita dapatkan dari mengonsumsi daun-daunan. Banyaknya gizi yang ada pada ikan juga cukup bagus bagi manusia, seperti asam amino esensiil dan juga non esensiil.

Selain itu, Ikan pun memiliki daya absorpsi yang relatif tinggi yaitu 90-100 persen.

Lebih dari itu, Ikan pun mudah untuk dimasak bisa digoreng, dikukus atau direbus yang lebih menyehatkan.

  1. Pencegahan Penyakit Kolesterol

Seseorang yang rentan terserang sakit jantung koroner adalah orang yang mempunyai kadar kolesterol lebih dari 300 mg/dl. Walaupun demikian, ancaman dari penyakit kolesterol tidak bisa terjadi jika rutin mengonsumsi ikan.

Itu karena pada setiap tubuh ikan mempunyai simpanan minyak ikan yang amat tinggi.

Manfaat minyak ikan (cold liver) yang berada di dalam tubuh ikan, mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega.

  1. Memfasilitasi Program Diet Sehat

Jika sedang menjalankan program diet, makan ikan merupakan alternatif yang pas untuk Anda. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang suka memakannya umumnya akan jarang memakan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya yang ada pada keju atau daging.

Mengapa ikan penting untuk diet?

Ikan tidak mempunyai kandungan lemak yang tinggi, memiliki banyak protein dan vitamin dan juga mempunyai kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Ikan tidak bakal merusak rencana diet Anda.

  1. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Manfaat memakan ikan dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit berat, seperti gagal jantung, atau penyakit-penyakit berat yang lain.

Masakan ikan yang baik bisa mencegah timbulnya akumulasi trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang terlalu banyak, dapat memperbanyak HDL (lemak yang bagus), dan menghindari timbulnya pembekuan darah. Hal tersebut secara keseluruhan bisa mempermudah sistem kerja kardiovaskuler.

Cara Membuat Resep Ikan Bakar Kecap

Bahan-Bahan Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap :

  • Siapkan 3 ekor ikan -+900 gram. Jenis ikan menurut selera anda, mau menggunakan ikan laut atau tawar. Saya menggunakan ikan gurame
  • 2 sdm air perasan jeruk nipis
  • 2 sdm air asam jawa
  • Kecap manis secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus Ikan Bakar Bumbu Kecap :

  • 3 buah cabai merah besar
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 2 cm jahe
  • Garam sesuai selera

Cara Membuat Ikan Bakar Bumbu Kecap :

  1. Bersihkan ikan dengan mengerat sisik dan isi perutnya, lalu sayat-sayat bagian samping ikan.
  2. Lumuri ikan menggunakan air perasan jeruk nipis hingga merata untuk menghilangkan bau amis. Diamkan selama 10 menit, bilas dan sisihkan.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Kemudian masukan air asam jawa dan kecap manis, aduk-aduk hingga merata, dan angkat.
  4. Lumuri ikan dengan bumbu tumisan tadi, lalu bakar ikan di atas bara api sambil sesekali di oles bumbu tumis.
  5. Bakar ikan dengan cara di bolak balik hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan sajikan.
Ikan bakar bumbu kecap ini akan sangat cocok disajikan dengan lalapan maupun sambal, walaupun ikan sendiri sudah terasa pedas. Dengan begitu, sajian ini akan semakin menambah selera makan anda.