Cara Investasi Emas Bagi Pemula

cara-investasi-emas-bagi-pemulaPada kesempatan kali ini saya sedikit ingin menyampaikan mengenai cara berinvestasi emas bagi pemula. Emas adalah instrumen investasi yang sejak lama orang gunakan. Emasnya tidak pernah berubah, yang berubah cara investasinya. Saya akan membahas cara investasi emas bagi pemula terbaru yang mudah dan murah serta tidak harus membeli fisik emasnya.

Emas memang sejak lama dianggap sebagai alat untuk menyimpan kekayaan karena harganya meningkat, mudah dijual dan relatif aman. Kamu sebaiknya melakukan investasi emas dalam bentuk logam mulia 24 karat atau batangan. Jangan dalam bentuk perhiasan. Perhiasan lebih sulit dijual dan harganya tidak standar. Belum lagi banyak potongan saat emas dibuat menjadi perhiasan.

Investasi emas dalam bentuk logam mulia 24 karat atau disebut emas batangan. Berikut beberapa cara berinvestasi emas bagi pemula antara lain:

1. Pilih investasi sesuai dengan tujuan dan kebutuhan.

Dalam berinvestasi emas, Kamu tentunya harus tahu kapan saat yang tepat untuk mulai membeli emas. Sebelum kamu memutuskan kapan memulai investasi emas, ada baiknya ditentukan dulu tujuan kamu berinvestasi. Apakah untuk tujuan investasi jangka panjang atau jangka pendek.

Walaupun harga emas berpeluang tinggi untuk terus naik, kamu juga harus bisa memperkirakan perhitungan nilai emas sesuai dengan lama tahun penyimpanannya. Dengan adanya perkiraan ini Anda bisa menentukan berapa yang akan kamu investasikan.

2. Investasi dalam bentuk logam mulia

Jika Kamu berencana untuk berinvestasi dalam jumlah kecil, maka menyimpan di rumah bisa menjadi pilihan. Untuk emas berupa perhiasan, selain bernilai investasi, Kamu juga bisa menggunakannya untuk acara khusus seperti pesta. Namun perlu diingat juga bahwa penyimpanan haruslah dilakukan dengan aman, misalnya menggunakan brankas.

Gunakan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang disediakan oleh bank untuk mengamankan emas kamu, terutama jika Kamu memiliki emas batangan. Cara lain untuk mengamankan aset emas Kamu adalah dengan menggunakan jasa Pegadaian. Kamu bisa menitipkan ke Pegadaian saat kamu bepergian, lalu ditebus lagi saat kamu kembali.

3. Investasi bisa dimulai dari Rp 5,000

Melihat pola yang terjadi belakangan ini, dimana rupiah melemah hingga ke angka Rp 14 ribuan, maka harga emas pun cenderung naik. Oleh karenanya penting bagi Kamu untuk memantau perkembangan tren harga emas dan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS.

Selain itu, Kamu juga harus bisa melihat tren harga emas, karena pada bulan-bulan tertentu harga emas cenderung turun. Misalnya, pada bulan April sampai pertengahan Juni harga emas akan cenderung turun. Pada saat-saat inilah biasanya para investor membeli emas.

Sedangkan pada akhir tahun seperti bulan November sampai Desember, harga emas cenderung mengalami peningkatan. Tentunya perkiraan ini tidak pasti terjadi, oleh karenanya penting untuk mengikuti perkembangan harga emas terkini lewat media atau situs terpercaya lainnya.

Jika emas sudah dibeli sesuai dengan jumlah yang diinginkan, maka kamu harus menahannya dulu untuk beberapa saat. Jangan diuangkan dalam tempo yang terlampau dekat, karena selisih keuntungannya sangat kecil. Bahkan saat Kamu hanya ingin berinvestasi jangka pendek, tahan emas Kamu minimal setahun. Dengan demikian, kemungkinan untuk memperoleh keuntungan jadi lebih besar.

4. Emas cocok untuk investasi jangka pendek dan menengah

Emas sangat cocok untuk investasi jangka pendek dan menengah karena resikonya relatif rendah dan cukup likuid mudah dijual. Emas juga bisa menjadi pilihan untuk investasi jangka pendek. Hal ini mengingat emas merupakan instrumen yang tahan inflasi sehingga bisa digunakan untuk jaminan di saat kamu membutuhkan.

Misalnya kamu tiba-tiba membutuhkan biaya untuk perbaikan kendaraan, maka simpanan emas bisa diuangkan. Menguangkan emas untuk keperluan mendadak ini pun tidak sulit asalkan emas, baik perhiasan atau emas batangan, yang hendak diuangkan memiliki surat resmi.

5.Tabungan emas online adalah  investasi paling mudah.

Daftarnya bisa online di berbagai platform dengan minimum investasi yang sangat terjangkau.

Itulah beberapa cara berinvestasi emas bagi pemula, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat.