Cara Membuat Boneka Dari Sabut Kelapa Yang Mahal

Cara Membuat Boneka Dari Sabut Kelapa Yang Mahal

Cara Membuat Boneka Dari Sabut Kelapa Yang Mahal –  Dalam artikel ini kami akan membagikan cara membuat boneka dari sabut kelapa yang dapat anda jadikan panduan untuk membuatnya dirumah.

Kerajinan dari sabut kelapa memang terkenal bermacam macam,salah satunya yaitu boneka. Berikut ini adalah cara membuat boneka dari sabut kelapa yang mahal harganya,simak dan pelajarilah!

Cara Membuat Boneka Dari Sabut Kelapa Yang Mahal

Cara Membuat Boneka Dari Sabut Kelapa Yang Mahal

Cara Membuat Boneka Dari Sabut Kelapa Yang Mahal

Bahan Dan Alat Cara Membuat Boneka Dari Sabut Kelapa

  •  Sabut kelapa
  •  Benang wol warna warni
  •  Gunting
  •  Gelas plastik
  •  Manik-manik
  •  Kuas
  •  Cat kayu
  •  Kertas manila warna
  •  Kardus sepatu
  • Lem tembak
  •  Ranting
  •  Lem kertas
  •  Hiasan daun

Langkah-langkah cara Membuat Boneka dari Sabut Kelapa

  1.  Ambil sabut kelapa dari kelapa yang sudah kering.
  2. Sabut kelapa kita bentuk segitiga.
  3. Lalu kita bentuk lagi menjadi sebuah sarang burung.
  4. Ambil benang wol, lalu kita lilitkan pada gelas plastik atau benda yang berbentuk tabung, lilitkan hingga 100 kali. Kita disini membuat boneka pom-pom dari benang wol ya.
  5. Ambil lilitan pelan-pelan, terus kita ikat bagian tengahnya.
  6. Gunting bagian atas dan bawah. Jangan sampai ikatan yang ditengah putus ya. Dan jangan lupa dirapikan sampai membentuk bulatan besar dan kecil.
  7. Kita gabungkan bola pom-pom yang kecil dan besar dengan menggunakan jarum jahit dan juga benang wol. Tinggal masukkan jarum jahit, dimulai dari bagian bawah terus naik keatas.
  8. Putuskan benang dan ikat benang secara kuat.
  9. Setelah itu kita beri manik-manik agar boneka pom-pom kita seperti burung.
  10. Ambil ranting yang ada di sekitar rumah. Kita cat dulu dengan warna kesukaan sahabat.
  11. Buatlah alas dari kardus sepatu atau apapun. kita lapisi dengan kertas manila warna-warni ya.
  12. Tempelkan ranting pada alasnya menggunakan lem tembak.
  13. Tempelkan juga sarang burung pada ranting.
  14. Setelah itu tinggal kita taruh dan boneka dan beri hiasan daun pada ranting agar lebih natural. Kemudian kita pajang pada dinding rumah kita.

Manfaat Sabut Kelapa

Sabut Kelapa memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari hari sama halnya dengan tongseng ayam yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sabut kelapa,simak dan pelajarilah!

1. Sabut Kelapa Sebagai Penetralisir Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru saja dibuat sering kali meninggalkan bau semen yang kurang sedap. Hal ini tentunya membuat budidaya ikan memjadi terhambat.

Salah satu cara alami yang ampuh untuk menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat, yaitu menggunakan sabut kelapa.

Caranya sangat mudah, cukup  dengan menaburkan sabut kelapa atau bisa dicampur dengan dedaunan yang mudah membusuk dan biarkan selama kurang lebih 1 sampai 2 minggu.

Air akan berwarna kecoklatan hingga warna kehijauan, warna air yang berubah tersebut menandakan kolam sudah siap untuk media pembudidayaan ikan.

2. Untuk Sebagai Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki usur hara dan juga kandungan mineral cukup tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman, maka serabut kelapa ini sangat cocok untuk dibuat menjadi pupuk organik.

Apalagi pupuk organik yang dibuat dari serabut kelapa menyimpan 60% air lebih banyak dibandingkan dengan pupuk biasa.

Jadi pupuk organik dari serabut kelapa cocok didaerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang dilanda kekeringan.

Bahkan untuk daerah pantai yang berpasir sekaligus, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir panta, bisa sebagai media tanam yang ditaburkan begitu saja.

3.  Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda tentu sering mendengar nama briket berasal dari batubara atau juga tempurung kelapa bukan? dan itu itu betul.

Tetapi ternyata sekarang, briket juga dapat dibuat dari bahan serabut kelapa. Jadi anda akan terasa asing jika briket berasal dari serabut kelapa.

Briket yang berbahan dasar sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan serta anda akan menekan biaya pembuatan, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dibanding dengan briket.

4. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Satu lagi manfaat dari serabut kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi dilingkungan kita, yaitu serabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau merchandise.

Kerajinan dari sabut kelapa sangatlah banyak, apalagi Indonesia memiliki banyak suku didaerah sehingga bisa menghasilkan berbagai macam kerajinan – kerajinan yang unik dari berbagai daerah.

Sebagai contoh yaitu yang berupa dompet, tas, dan souvenir – souvenir untuk dijadikan pajangan dan oleh-oleh di tempat pariwisata.

5. Sabut Kelapa Sebagai Penahan Erosi Pada Tebing

Media sabut kelapa yang dipakai dalam teknik ini adalah dengan cara membuatnnya menjadi jaring serabut kelapa atau sering disebut dengan cocomesh.

Pembuatan cocomesh ini diawali dengan cara serabut kelapa dibuatnya menjadi tali ersabut. Kemudian proses selanjutnya adalah mengayam tali tersebut dengan ukuran mash atau jarak tertentu.

Ukuran cocomesh umumnya adalah 2×25 meter atau juga bisa 1,2 x 15 meter, sangat bergantung kepada kondisi kebutuhan. Dan jarak antar talinya bisa mulai dari 2×2 cm, 3×3 cm dan 4×4 cm.

Penggunaan cocomesh ini sudah mulai sangat familiar di kalangan para reklamator tambang.

Karena terbukti sangat efektif untuk menahan erosi bekas tambang, juga mampu menghijaukan kembali area bekas tambang yang dipadukan dengan penumbuhan cover crop, atau biji-bijian penutup lahan.

Ketika cover crop yang disebar pada cocomesh sudah tumbuh, maka langkah selanjutnya bisa dilakukan penanaman mengunakan tanaman keras.

Itulah cara membuat boneka dari sabut kelapa dan juga manfaat dari sabut kelapa. Semoga bermanfaat sukses selalu.

Sekian dan terimakasih