Cara Membuat Es Lilin Pelangi Yang Menyegarkan Tubuh

cara membuat es lilin pelangi

Cara Membuat Es Lilin Pelangi Yang Menyegarkan Tubuh – Dalam artikel ini kami akan membagikan cara membuat es lilin pelangi yang dapat anda jadikan panduan untuk membuatnya dirumah.

Berikut ini adalah cara membuat es lilin pelangi,simak dan pelajarilah!

Cara Membuat Es Lilin Pelangi Yang Menyegarkan Tubuh

cara membuat es lilin pelangi

Cara Membuat Es Lilin Pelangi Yang Menyegarkan Tubuh

Bahan Bahan Cara Membuat  Es Lilin Pelangi  :

  • 150 pcs
  • 1 kg gula putih (bisa ditambah jika kurang manis)
  • 1 kaleng susu bendera putih
  • 2 nutrijel ukuran kecil rasa apa aja (jika ukuran besar satu aja)
  • 1/4 tepung maizena
  • Vanili 2 bungkus kecil
  • Garam secukupnya
  • 6 liter air bersih
  • 3 rasa pasta

Cara Membuat Es Lilin Pelangi:

  1. Langkah pertama rebus 5 1/5 liter air, masukan susu dan aduk rata, gula aduk rata, vanili, garam dan aduk rata semua.
  2. Langkah kedua Larutkan nutrijel campur ke rebusan tadi sambil di aduk terus supaya tercampur rata.
  3. Selanjutnya larutkan maizena dengan sisa setengah liter air tadi di campur lagi ke larutan gula sambil di aduk biar tidak menggumpal, rebus terus sampai mendidih, cek rasa jika kurang manis tambahkan gula sedikit.
  4. Bagi 3 atau 4 larutan dan berikan pasta, pastanya sedikit saja biar tidak trasa pahit. Yang penting warnanya sudah terlihat cantik saja. Dingin kan trus masukkan kulkas bawah supaya agak kental
  5. Jika sudah agak kental sendok in ke plastik uk 4×23 isi sampai pertengahan atau lebih dikit saja terus ikat.
  6. Setelah beku es lilin pelangi cantik siap di jual. Harga 1000 an tapi rasanya mantab dan enak. Hanya dengan modal 50 hasil es 150 pcs lumayan kan

Asal Usul Es Lilin

Ketika es lilin berada di masa keemasan, bahkan sebuah lagu pun tercipta menggambarkan kelezatannya. Gaungnya sudah redup sekarang, penjualnya sudah sulit untuk dicari.

Tapi harapan masih tercercah dari usaha segelintir orang yang ingin mengabadikan jajanan masa kecil mereka.

Warga Bandung masih mencintai es lilin, terbukti dengan banyaknya UKM yang terus berusaha untuk menyesuaikan dengan lidah pasar. Salah satunya adalah es lilin Aneka Rasa yang ada di Jalan Cikawao.

Toko milik Bapak A. Setia Permana itu memulai usahanya pada tahun 2006.

Es Lilin Dari Bandung?

Di Tatar Sunda es lilin adalah primadona dari zaman kemerdekaan hingga pertengahan tahun 1980-an.

Kala itu dessertsegar tersebut adalah favorit semua lapisan masyarakat, baik kelas atas maupun bawah semua menggemarinya.

Bahan baku pembuatnya adalah santan, tepung es, dan gula. Antara tahun 1950 hingga 1980 menjadi era kejayaan es lilin.

Penjualnya biasa keluar masuk perkampungan kota Bandung sambil mendorong gerobak. Dulu hanya ada dua varian es lilin, yaitu kacang ijo dan kelapa muda.

Rasanya manis, ada sedikit sentuhan gurih, dan menyegarkan meski saat itu udara Bandung masih sangat dingin.

Es-nya urang Bandung ini mulai kehilangan pamor di pertengahan 1980, setelah undang-undang penanaman modal asing disahkan. Bandung pun diserbu oleh produk es krim khas barat yang memiliki tekstur lembut.

Ia melakukan masa percobaan selama 3 bulan untuk mencari resep es lilin yang paling pas, seperti yang pernah dirasakannya waktu kecil dahulu.

Saat ini produknya menjadi favorit, tak hanya di Bandung tapi juga sering dikirim ke luar daerah seperti Jakarta, Bogor, Garut, dan Bali.

Es Lilin Cikawao ini dibuat dari bahan-bahan alami dengan lebih dari 10 rasa. Pak A. Setia Permana tak ragu untuk mendengarkan saran konsumen mengenai terobosan rasa-rasa baru.

Beberapa rasa es lilin yang dijualnya adalah cokelat, strawberry, kacang ijo, kelapa muda, mangga, alpukat, durian, ketan hitam, capucciono, dan masih banyak lagi.

Teksturnya lembut dan memiliki daya beku cukup lama sehingga cocok sebagai oleh-oleh.

Itulah cara membuat es lilin pelangi yang dapat anda jadikan panduan untuk membuatnya dirumah,semoga bermanfaat selamat mencoba sukses selalu.

Sekian dan terimakasih.