Cara Membuat Bubur Candil Dirumah Yang Simple dan Sederhana

Hi guys kali ini saya akan kasih tau cara membuat bubur candil disini udah ada yang tau belum guys apa itu bubur candil.

Bagi yang belum tau apa itu bubur candil,Bubur candil adalah Sajian tradisional yang bercita rasa manis ini sangat istimewa.

Bubur Candil adalah salah satu masakan khas yang berasal dari Indonesia . Dan bubur ini hampir selalu ada sebagai makanan untuk ta’jil pada bulan puasa. Strukturnya yang lembut serta rasanya yang manis.

Mungkin memang sangat cocok sebagai menu pembuka puasa atau ta’jil, setelah perut kosong seharian menahan rasa lapar. Selain itu bubur candil biasanya juga hadir sebagai menu utama dalam suatu acara tujuh bulanan pada adat Jawa.

Candil sendiri merupakan bulatan-bulatan kenyal yang biasanya terbuat dari pahan ketan putih. Cara membuat bubur candil sendiri sangat mudah dan praktis. Untuk anda yang tidak memiliki waktu luang.

Terlalu banyak untuk bereksperimen dalam memasak tidak perlu khawatir, karena resep bubur candil ini tidak akan menyita banyak waktu. Nah gimana guys udah tau kan apa itu bubur candil.

Kali ini saya akan kasih tau nih cara membuat bubur candil yang simple dan sederhana dirumah.Ok tanpa basa basi langsung simak artikel dibawah cara membuat bubur candil.

Manfaat Tepung Beras Untuk Kesehatan

1.Mengurangi Jerawat

Tepung beras dikenal efektif untuk mengurangi jerawat pada wajah karena sifat antiseptik yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab terjadinya penyakit jerawat pada wajah.

Selain itu, bahan alami ini juga mengandung zat allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik pada kulit. Selain itu, khasiat lain dari Allantoin yaitu dapat membantu memperbaiki tekstur pada kulit.

Cara penggunaan: Buatlah masker wajah dari 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya.Kemudian aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga membentuk adonan pasta yang sangat halus.

Pijat secara lembut masker wajah pada kulit wajah kamu. Biarkan selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air dingin yang bersih.

2.Mencerahkan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika tepung beras yang kaya akan mineral ini merupakan salah satu solusi tradisional untuk mencerahkan kulit pada tubuh kita.

Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkah kulit pada tubuh dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas pada kulit.

Kandungan tirosinase yang terdapat pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di dalam kulit.

Selain itu, tepung beras juga memiliki konsentrasi PABA yang cukup tinggi atau Para Aminobenzoic Acid yang berkhasiat sebagai tabir surya yang sangat baik sekali bagi kulit.

Cara penggunaan: Di dalam mangkuk, campurlah 2 sdm tepung beras, 1 sdt kunyit, dan 4 sdm air jeruk nipis.Kemudian  aduk hingga terbentuk adonan pasta yang sangat halus.

Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah,sebaknya bersihkan wajah terlebih dahulu lalu usapi wajah kamu agar hasilnya lebih efektif.

Aplikasikan masker ke wajah, lalu biarkan sekitar kurang lebih 15 menit. Kemudian,kemudian bilaslah wajah dengan air hangat.

3.Melawan Penuaan

Jika kamu sedang mencari bahan alami untuk melawan penuaan dini pada kulit wajah, tepung beras bisa menjadi salah satu atau pilihan anda untuk mengatasi penuaan dini.

Tepung beras juga memiliki kandungan ferulic acid, yaitu anti-oksidan yang membantu untuk mengencangkan kulit yang kendur,dan menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lebih lembap.

Tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel pada wajah serta melawan proses penuaan dini pada kulit.

Tak hanya itu, penggunaan masker tepung beras secara teratur pada wajah juga dapat mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit yang membuat kamu selalu terlihat lebih agak segar dan lebih awet muda.

Cara penggunaan: Masker anti-penuaan ini terdiri dari campuran 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu.

Oleskan masker pada wajah kamu yang telah dibersihkan sebelumnya dengan air, lalu diamkan sampai benar-benar kering. Kemudian lepaskan masker secara perlahan ke arah atas pada wajah menggunakan ujung jari kamu. Kemudian, bilas dengan air dingin.

4.Bedak Tabur Alami untuk Kulit Berminyak

Sifat dari partikel tepung beras yang dapat menyerap minyak pada kulit wajah menjadikan bahan alami ini pengganti yang sangat baik untuk bedak wajah bermerek kamu.

Partikel pada tepung beras ini sangat baik digunakan sebagai bedak tabur alami karena sifatnya yang mudah menyatu dengan lapisan kulit serta menyerap kelebihan minyak pada wajah anda.

Inilah yang menjadikan tepung beras sangat baik digunakan pada wajah untuk kamu dengan tipe kulit berminyak dan acne-prone.

Cara penggunaan: Buat campuran tepung beras dan tepung maizena dengan perbandingan kurang lebih sekitar 2: 1. Setelah itu, aplikasikan secara merata pada bagian wajah kamu dengan menggunakan brush.

Lakukan hal ini setelah mengaplikasikan foundation pada wajah terlebih dahulu untuk hasil makeup yang tidak cracky, cakey, dan membantunya bertahan lebih tahan lama.

5.Menyamarkan Kantung Mata yang Gelap

Merasa terganggu dengan bagian kantung mata kamu yang berwarna gelap? Tepung beras merupakan salah satu cara yang sangat terbaik dan alami untuk menyamarkan  mata panda.

Kandungan asam amino dan vitamin yang terdapat pada bahan alami ini dapat membantu untuk menyamarkan kantung mata yang gelap serta memberi efek mendinginkan pada mata yang lelah secara cukup efektif.

Cara penggunaan: Haluskan setengah buah pisang, Kemudian campurkan dengan 2 sdm minyak jarak dan 3 sdm tepung beras.

Aplikasikan ke area pada kantung mata kamu dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu, bersihkan sisa masker tadi dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi.

Cara Membuat Bubur Candil

Cara Membuat Bubur Candil

Bahan-Bahan

  • 1.000 ml air
  • 3 lembar daun pandan
  • 150 gram gula merah, sisir
  • ½ sdt garam
  • 50 gram tepung ketan putih
  • 20 gram tepung sagu
  • 100 ml air, untuk melarutkan

Bahan Candil

  • 150 gram tepung ketan putih
  • ½ sdt garam
  • 120 ml air hangat
  • Siapkan 20 ml air campuran daun suji dan daun pandan (10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan)

Bahan Saus Santan

  • 600 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • ½ sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Bubur Candil

  1. Candil: campur tepung ketan dan garam. Aduk rata. Kemudian tuang air hangat dan air daun suji sedikit-sedikit sambil diaduk sampai rata. Bentuk bulat. Lalu sisihkan.
  2. Bubur: larutkan tepung ketan, tepung sagu, dan air. Kemudian sisihkan.
  3. Lalu rebus air, daun pandan, gula merah, dan garam sambil diaduk hingga air mendidih. Kemudian masukkan candil masak hingga terapung. Kemudian tambahkan larutan tepung ketan sambil diaduk. Masak hingga mengental.
  4. Saus santan: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk hingga santan mendidih.
  5. Sajikan bubur dengan sausnya.

Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu

Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu

Bahan-Bahan

  • 250 gram ubi ungu, kukus, haluskan.
  • 150 gram tepung ketan putih.
  • 1/4 sdt garam.
  • 100 ml air matang.

Bahan Bubur

  • Air kurang lebih 3/4 panci sedang.
  • Siapkan 7 sdm gula pasir (ini bisa disesuaikan dengan selera).
  • 2 lembar daun pandan.
  • Siapkan 70 gram tepung ketan putih, larutkan dengan air matang secukupnya.

Bahan Santan

  • Siapkan 1/2 kelapa tua parut, beri air, buat santan sebanyak 500 ml
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Bubur Candil Ubi Ungu

  1. Pertama-tama campur ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung dan garam hingga merata. Berikan air sedikit demi sedikit sambil dicampur menggunakan tangan hingga adonan kalis. Buat bola-bola kecil dari adonan tersebut kemudian disisihkan.
  2. Kemudian masak air dalam panci, Lalu masukkan gula, dan daun pandan. Tunggu hingga air mendidih,lalu kecilkan api. Kemudian masukkan bola-bola ubi tadi. Lalu masak hingga bola ubi matang, terlihat mengambang di atas air. Matikan api. Kurangi air hingga setengahnya. Naikkan lagi ke kompor, kemudian nyalakan api setang atau kecil, tunggu sampai mendidih.
  3. Kemudian masukkan larutan tepung ketan putih,lalu aduk sampai  merata. Cicipi apakah manisnya sudah cukup atau belum. Kalau sudah,kemudian matikanlah api, lalu sisihkan dan biarkan hawa panasnya hilang.
  4. Kemudian masaklah santan di api yang kecil bersama garam dan daun pandan. Pastikan bahwa santan tidak pecah dengan cara mengaduk perlahan hingga santan mendidih.Kemudian matikan api, tunggu sampai hawa panasnya hilang.

Cara Membuat Bubur Candil Ketan

Cara Membuat Bubur Candil Ketan

Bahan I

  • Tepung ketan sebanyak 100 gram
  • Siapkan Air sebanyak 100 ml untuk membentuk bola candil, dan 500 ml untuk merebus
  • Siapkan Juga Sirup gula merah sebanyak 100 ml (atau gula merah biasa)
  • Garam sebanyak ¼ sdt
  • Tepung tapioka sebanyak 1 sdm

Bahan II

  • Tepung beras sebanyak 1 sdm
  • 1 sdm Tepung tapioka
  • Tepung ketan sebanyak 3 sdm

Bahan III

  • Santan sebanyak 200 ml
  • Daun pandan sebanyak 1 lembar
  • Garam sebanyak ¼ sdt

Cara Membuat Bubur Candil Ketan 

  1. Pertama-tama dalam membuat bubur candil adalah membuat bola-bolanya terlebih dahulu. Caranya dengan cara mencampur tepung ketan dan tepung tapioka menjadi satu sampai merata.
  2. Setelah itu tuangkan air panas sampai tepung menjadi lembek dan bisa untuk dibentuk.
  3. Selanjutnya adalah masukkan bola candil ke dalam kuah gula merah yang sudah mendidih atau panas.
  4. Kemudian masak sampai bola-bola candil matang. Ciri-cirinya adalah bola-bola candil mengapung dan telah berubah warna menjadi agak kecoklatan.
  5. Setelah itu, masukkan larutan bahan II kemudian aduk terus sampai kental. Jika masih dikira kurang kental anda juga sangat bisa menambahkan larutan tepung lagi.
  6. Bahan III adalah bahan untuk kuah santan. Anda bisa menyajikan bubur candil dengan kuah santan hangat ataupun kuah santan yang dingin.

Cara Membuat Bubur Candil Biji Salak

cara membuat bubur candil Biji Salak

Bahan-Bahan

  • 200 gram tepung ketan
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 175 ml air

Bahan Kuah

  • 750 ml air
  • 200 gram gula merah
  • 3 lbr daun pandan
  • 2 sdm tepung beras
  • 1 sdm tepung ketan

Cara Membuat Bubur Candil Biji Salak

  1. Pertama campurkan air kapur sirih dengan tepung ketan, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dibentuk.
  2. Kemudian bentuk bulat-bulat, taburkan sedikit tepung agar tidak lengket dan saling menempel,sisihkan.
  3. Kemudian masak air, gula merah dan daun pandan hingga mendidih, saring lalu didihkan kembali.
  4. Setelah itu masukkan bulatan adonan satu per satu supaya tidak menempel hingga terapung.
  5. Masak dengan api yang kecil lalu masukkan campuran tepung beras dan tepung ketan yang sebelumnya dicairkan dengan sedikit air, aduk hingga mengental dan matang.
  6. Kemudian angkat dan sajikan dengan diraman saus santan.

Cara Membuat Bubur Candil Biji Salak

Cara Membuat Bubur Candil Warna Warni

Bahan Bubur Candil

  • 1 bungkus KOBE Tepung Pisang Goreng
  • 100gr tepung ketan
  • 50gr tepung tapioka
  • 1/2 sdt garam
  • 125ml air hangat

Bahan Kuah Santan

  • 350ml santan
  • 200gr gula pasir
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat Bubur Candil Warna Warni

  1. Pertama-tama campurkan merata KOBE Tepung Pisang Goreng, tepung ketan, tepung tapioka dan garam. Tuang air hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan kalis.
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian: putih, merah dan hijau.
  3. Masing-masing aduk rata dan bentuk menjadi bulat-bulat.
  4. Masak air hingga mendidih. Rebus candil hingga mengapung. Angkat, rendam dalam air dingin dan tiriskan.

Cara membuat Kuah Santan

  1. Campurkan santan, gula pasir, daun pandan, dan garam. Masak hingga mendidih dan angkat.
  2. Sajikan Bubur Candil Warna Warni dengan kuah santan.

Cara Membuat Bubur Candil Ketan Hitam

Bahan-Bahan

  • 250 gr tepung ketan putih
  • 1/2sdt garam halus
  • secukupnya air hangat
  • 1/4 gula merah
  • secukupnya gula putih
  • daun pandan
  • Bahan ketan hitam:
  • 250 gr ketan hitam yg sdh direndam kurleb 5 jam
  • secukupnya gula putih
  • 1 cm kayu manis
  • secukupnya garam
  • Bahan kuah:
  • 1,5 liter santan dr 1 butir kelapa
  • daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm tepung maizena atau kanji dilarutkan dgn air hangat

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

  1. Campur tepung ketan putih dgn garam dan air hangat, diuleni hingga tercampur rata dan tidak terlalu basah dan lembek, yg penting tidak lengket di tangan. Bentuk bulat-bulat sebesar kelereng.
  2. Rebus gula merah, gula putih, daun pandan, dgn air hg mendidih. Masukkan adonan candil, tunggu hingga adonan timbul ke permukaan, matikan api.
  3. Rebus ketan hitam dgn air, garam, kayu manis dan daun pandan hingga setengah lunak.
  4. Tutup panci dgn rapat agar ketan cepat melunak, tapi harus sll diawasi agar jgn sampai menguap dan air rebusan meleleh keluar. Stlh stgh lunak, masukkan gula, aduk rata.
  5. Tunggu hg betul-betul lunak, lalu matikan api.
  6. Rebus santan bersama garam dan daun pandan dgn api kecil. Aduk-aduk agar santan tdk pecah hingga mendidih, bisa ditambah tepung maizena atau tepung kanji agar kuah santan lebih kental. Stlh mendidih, matikan api
  7. Ambil piring saji, tuang bbrp sendok bubur candil dan ketan hitam, lalu tuang kuah santan. Bubur candil ketan hitam siap disantap…

Cara Membuat Bubur Tepung Singkong

Cara Membuat Bubur Tepung Singkong

Bahan-Bahan

  • 250 gr singkong, parut
  • Siapkan 500 ml air (sy + 2 sdm susu kental manis)
  • 200 gr gula merah (sy + 1/2 sdm gula pasir & 1/4 sdt garam)
  • 1 sdm tepung tapioka, larutkan dgn sedikit air
  • 1 lbr daun pandan

 Kuah Santan

  • 400 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lbr daun pandan

Cara Membuat Bubur Candil Tepung Singkong

  1. Masak air, gula merah & daun pandan sampai mendidih & gula larut, saring.
  2. Campur air gula merah td dgn singkong parut, masak lg sambil di aduk2 hingga mendidih, jika singkong sdh 1/2 matang tuangkan larutan tapioka, masak lg sambil di aduk terus sampai singkong matang merata (adonan jd kental), matikan api
  3. Kuah: didihkan bahan blkuah sambil di aduk2 agar santan tdk pecah, angkat.
  4. Taruh bubur di mangkok lalu siram dgn kuah santan, sajikan..

Cara Membuat Bubur Candil Tepung Singkong

Bahan-Bahan

  • 10 orang
  • 1/2 kg singkong
  • 1/4 kg tepung kanji
  • 2 ons gula merah
  • 2 ons gula pasir
  • 1000 ml santan kelapa
  • 2 helai daun pandan
  • 1000 ml air
  • secukupnya garam

Cara Membuat Bubur Candil Tepung Singkong

  1. Parut singkong kemudian campurkan dengan tepung kanji. Buat menjadi adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil dan sisakan adonan sedikit untuk pengental.
  2. Rebus air bersama daun pandan hingga mendidih. Setelah itu masukan gula pasir dan gula merah.
  3. Masukan bulatan kecil singkong dan tunggu hingga mengambang.
  4. Kemudian masukan adonan singkong yang disisihkan agar bubur menjadi kental. Aduk agar tidak gosong.
  5. Masak dengan api kecil lalu matikan.
  6. Masak santan dengan daun pandan dan tambahkan sedikit garam. Jangan lupa diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
  7. Bila sudah matang, sajikan bubur dengan santan dan nikmati selagi hangat.

Cara Membuat Bubur Candil Ijo

Cara Membuat Bubur Candil Ijo

Bahan-Bahan

  • Tepung ketan 200 gram
  • Kapur sirih 1 sendok teh air
  • Air 150 ml
  • Air 750 ml
  • Gula pasir 200 gram
  • Daun pandan 3 lembar
  • Pasta pandan 3 lembar
  • Pasta pandan 1 sendok makan
  • Kacang tanah 50 gram,cincang halus
  • Tepung beras 3 sendok makan,cairkan dengan sedikit air
  • Tepung ketan 2 sendok makan,cairkan dengan sedikit air

Saus Bubur Candil Ijo

  • Santan 700 ml
  • Tepung maizena 1 sendok teh
  • Garam ½ sendok teh
  • Daun pandan 1 lembar,buat simpul

Cara membuat bubur Candil Ijo

  1. Saus santan bubur candil ijo: pertama-tama campurkan menjadi satu untuk semua bahan kemudian masak dengan menggunakan  api yang  kecil dan diaduk terus menerus hingga mendidih kemudian diangkat lalu sisihkan
  2. Setelah itu campurkan tepung ketan,bersama air kapur sirih dan air (175 ml) sedikit demi sedikit sambil diulenihingga adonan dapat dipulung. Lalu ambil sedikit adonan tepung,lalu beri isi dengan kacang dan kemudian bulatkan kecil selanjutnya disisihkan
  3. Rebuslah air (750 ml) bersama gula pasir dan daun pandan sampai mendidih,lalu masukan bulatan adonan,masak hingga matang dan bulatan terapung. Kemudian tambahkan pasta pandan dan cairan tepung,aduk hingga mengental dan matang seluruhnya.masukan bulatan candil,aduk rata dan angkat
  4. Terakhir sajikan bubur candil ijo dengan saus santan

Itulah artikel dari saya tentang cara membuat bubur candil semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba resep-resep diatas dan cara membuat bubur candil