Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Assalamualaikum Wr.Wb . kali ini kita akan membahas ternak sapi modal kecil untung besar untuk pemula. Indonesia mempunyai alam yang subur, indah dan memiliki iklim yang cocok untuk hewan ternak seperti sapi  dengan dirawat atau dipelihara.

Karena mata pencaharian masyarakat indonesia sebagian besar adalah petani, memungkinkan mereka untuk memiliki usaha pemeliharaan hewan sebagai usaha sampingan. Ini 21 contoh ternak yang menguntungkan dilahan sempit bisa digunakan sebagai usaha sampingan juga.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula
Ternak Sapi

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Prospek Usahanya Ternak Sapi :

Jika ingin menjadi sebagai pengusaha bisnis ternak sapi ini juga membutuhkan modal setidaknya puluhan juta. Sehingga orang-orang menganggapnya sebagai bisnis modal besar tanpa melihat lebih dulu bagaimana prospek yang dimiliki oleh usaha ternak tersebut. Pada dasarnya bisnis ini juga lebih menguntungkan jika dilakukan di daerah pedesaan karena makanan dari hewan memamah biak ini juga masih banyak tersedia bahkan tidak harus membelinya.
Prospek bisnis ternak sapi memang sangat bergantung kepada kebijakan pemerintah yang menentukan harga jual dari sapi tersebut. Seringkali pemerintah lebih memilih untuk melakukan impor daging sapih siap potong untuk menstabilkan harga daging dalam negeri.
Seperti yang kita ketahui bahwa harga daging sapi di pasaran memang masih cukup tinggi, sehingga dampak keuntungan yang bisa diperoleh para peternak juga masih cukup tinggi. Dengan adanya prospek yang bagus maka anda bisa sedikit lega dan tenang untuk mencoba mengembangkan bisnis ini. Hal yang paling dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini adalah kesabaran serta ketelatenan untuk bisa merawat sapi hingga siap untuk dijual.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Keuntunganya Ternak Sapi :

Untuk melengkapi perlengkapan dalam memulai bisnis ini anda perlu menyediakan setidaknya 95,5 juta rupiah. Kelihatannya biaya yang cukup besar tetapi itu tidak hanya untuk membeli bakalan sapi. Biaya tersebut sudah termasuk dengan vitamin, konsentrat, pakan tambahan, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Bahkan jika anda mengurus semuanya sendiri atau mendapatkan makanan hijau yang tidak perlu beli maka jumlah biaya tersebut bisa lebih ditekan.
Jika anda mengetahui harga sapi utuh yang ada di pasaran tentu sudah bisa membayangkan dengan modal yang telah disebutkan berapa keuntungan bisnis ini. Jika kita menjalankan bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari menjuak kotoran sapi. Biasanya kotoran tersebut digunakan sebagai pupuk kandang oleh para petani.
Dengan memperhatikan secara maksimal mengenai prospek bisnis yang bisa didapatkan dari bisnis beternak sapi ini. Meskipun suka terasa melelahkan tetapi sebagai usaha modal kecil ini bisa memberikan keuntungan besar dan sebanding dengan rasa lelah dalam mengembangbiakkan hewan mamaliaini.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Cara Berternak Sapi :

  1. Jenis Sapi Untuk Pemilihan

Dalam berbisnis ternak sapi lebih baik kita seharunya  memilih jenis sapi yang sangat cocok untuk pembiakan di lokasi Anda. Beberapa c0ntoh-contoh ternak lokal yang sering ditemukan di provinsi Banten pada umumnya bisa digunakan untuk usaha penggemukan sapi.

Jenis sapi ternak pada umumnya yang sering di temukan di Indonesia yaitu sapi lokal dan impor daging sapi. Setiap sapi pasti mempunyai sifat genetik yang sangat kuat dan bisa dilihat dari bentuk fisiknya serta proses dari tingkat pertumbuhannya. Sapi lokal sering kali digunakan untuk sumber daging, yaitu dengan sapi Ongole, sapi PO (Peranakan Ongole), sapi Bali dan sapi Madura.

  1. Kandang Sapi Potong Untuk Lokasi

Dalam memilih lokasi ialah yang paling  ideal untuk penempatan kandang sapi  yang jauh dari pemukiman, dan dengan jarak minimum kandang dan tempat tinggalnya sekitar 10 meter. Jika bisa untuk lokasi kandang dekat dengan lahan pertanian dan mudah untuk dijangkau dengan kendaraan. Selain itu, lebih baiknya bisa terkena sinar matahari untuk langsung masuk ke halaman kandang untuk menjaga kelembapan kandang.

  1. Kandang Sapi Untuk Persiapan

Untuk Persiapan Jenis kandang mempunyai 2 bentuk, yaitu bentuk ganda dan tunggal, jika bisa disesuaikan dengan jumlah sapi yang sedang dipelihara. Posisi kandang 1 jenis penempatan sapi hanya satu baris dan satu jajar.

sedangkan penempatan tipe kandang ganda untuk penempatan sapi 2 baris bisa berhadapan atau juga bisa berlawanan. Pada umumnya bisa dibuat ganda, karena di antaranya untuk kedua barisan tersebut bisa dibuat untuk jalan.

Sedangkan tentang lantai kandang selalu dibersihkan agar selalu bersih nyaman dan tidak lembab untuk mencegah timbul dengan berbagai ciri penyakit. Untuk lantai kandang sebaiknya dari semen atau tanah yang padat agar lantai mudah dibersihkan dari kotoran sapi.

4.Pemeliharaan Sapi

Pakan tambahan untuk sapi seperti bekatul dan dengan dedak yang berupa sangat halus, ampas tahu, singkong, bungkil kelapa yang diberi pakan rumput secara bersamaan. Selain itu bisa juga Anda  menambahkan larutan mineral dengan garam dan dapur. Untuk campuran pakan sapi bisa dengan menggunakan jumlah tertentu dengan dosis yang biasa disebut ransum.

 

Pakan hijau buat sapi dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

  • Sebagai pakan kering.
  • Bisa juga sebagai pakan segar
  • Dan juga sebagai silase.

6. Memelihara Ternak Sapi

Untuk kotoran sapi lebih baiknya segera dipindahkan ke tempat lain agar terlihat bersih dan juga nanti akan memudahkan proses fermentasi yang perlu membutuhkan waktu selama 1 – 2 minggu. Karena kotoran sapi bisa dijadikan sebagai pupuk kandang, jika bisa  kondisi kandang sapi jangan tertutup dan pastikan saja yang terjadi sirkulasi udara yang sangat baik untuk di dalamnya.

Lebih baik sediakan air minum yang bersih untuk sapi setiap saatnya. Tempatkan wadah untuk minum sapi saat di luar kandang dengan tempat wadah yang khusus, tetapi juga bisa terjangkau oleh sapi. Sebaiknya tempat untuk pakan dan wadah air yang  tinggi agar tidak diinjak-injak pada kaki sapi.

 5. Penyakit Sapi Cara Pengendalian

Macam-macam Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Penyakit Sapi :

 

1) Pemanfaatan kandang karantina. Ternak sapi yang sudah dibawa masuk, lebih baiknya untuk dipisahkan terlebih dahulu agar bisa melakukan karantina. Ini bertujuan untuk terus memantau kondisi sapi-sapi yang baru, dan untuk  cara yang akan membuat sapi beradaptasi dengan lingkungan yang lebih baru. Ketika karantina sapi sekitar 1 minggu. Pada saat karantina, sapi diharus diberi obat cacing terlebih dahulu.

2) Dengan menjaga kebersihan kandang sapi. Sapi biasanya akan menghasilkan banyak kotoran karena mereka mendapatkan cukup pakan, sehingga pembuangan limbah banyak dan harus dilakukan kapan saja jika kandang sudah mulai kotor untuk mencegah perkembangan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

3) Vaksinasi diiberikan pada sapi yang masih baru, terutama untuk penyakit yang menular terhadap sapi.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Cara Memulai Berternak :

Jika ingin membuka usaha perternakan sapi itu sangat mudah. Mempunyai banyak jenis usaha budidaya sapi dari mulai pembibitan sampai dengan penggemukan. Namun jika masih pemula dalam bisnis ini,kita bisa mencoba dalam memulai usaha penggemukan sapi. Caranya dengan membeli sejumlah anak sapi lalu dipelihara dengan baik dalam jangka waktu sekitar 6 bulan. Lalu, sapi potong juga bisa dijual di pasaran dengan harga yang tinggi dari awalan membeli. Sehingga dalam bisnis pembesaran sapi dengan mudah, praktis, lebih kecil resiko kerugian dan untung cepat bagi pengusaha pemula.

Dalam masalah pemasaran sapi potong juga bisa dilakukan lewat mulut ke mulut, promosinya dengan cara online dan offline, memasang spanduk, dan lain -lain. Biasanya di setiap daerah atau desa mempunyai bandar atau pengepul untuk masing-masing. Sehingga kita tidak akan kesulitan dalam menjual hasil ternak sapi kalian. Apalagi jika ada permintaan daging sapi saat ini lebih banyak daripada pasokan sapi yang ada di masyarakat sekitar.
Usaha ternak sapi bisa digunakan untuk bisnis sampingan tanpa menyita banyak waktu.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Keuntungan dan Kelebihan Berternak Sapi :

▪ Permintaan Tinggi
Permintaan daging sapi dan ternak di masyarakat indonesia sangat Indonesia. Dikarenakan oleh jumlah penduduk Indonesia yang lumayan banyak membutuhkan asupan daging sapi dalam memenuhi kebutuhan protein hewan untuk tubuh. Selain itu juga, daging sapi laku keras untuk di jual pasaran untuk dijadiikan sebagai olahan bakso dan menu kuliner untuk acara-acara keluarga, pesta pernikahan, sunatan dan hajatan lain sebagainya.

▪ Untung Besar
Usaha ternak sapi modal kecil masih dalam tetap menjanjikan. Apalagi dengan skala bisnis ternak sapi dalam lingkungan besar tentu untuk keuntungan yang lebih menggiurkan. Salah satu seseorang peternak sapi di daerah Jawa Timur mampu menghasilkan untung sampai ratusan juta rupiah perbulannya dari bisnis peternakan sapi itu.

▪ Cepat Panen
Banyak jenis ragam bisnis ternak sapi, namun yang dapat lebih menjanjikan dan cepat mendatangkan keuntungan ialah usaha penggemukan sapi. Coba kalian membeli dua buah anak sapi. Kemudian dibesarkan dalam waktu 3 hingga 5 bulan setelah itu dijual di pasaran untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis ternak penggemukan sapi potong itu sangat menggiurkan, cepat panen dan mudah dijalankan dengan minim resiko ketimbang usaha pembibitan sapi.

▪ Bisnis Sampingan
Usaha peternakan sapi tidak membutuhkan yang waktu terlalu banyak.Dalam mencari rerumputan untuk pakan sapi bisa menghabiskan waktu kurang dari setengah jam. Kemudian memberi makan sapi dengan rerumputan. Pokoknya masih banyak waktu luang untuk usaha bisnis ternak pembesaran sapi tersebut. Sehingga kita bisa mengerjakan pekerjaan utama kita dengan fokus. Sedangkan bisnis ternak sapi itu sebagai usaha sampingan yang tak kalah menjanjikan.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula :

Proposal Berternak Sapi :

Bisnis beternak sapi potong memerlukan modal yang tidak terlalu besar dalam pembuatan kandang sapi di lahan yang luas, bibit sapi unggul, biaya karyawan, biaya pakan, dan lain sebagainya. Pastikan kandang sapi berada di tempat yang jauh dari permukiman warga dan harus lalu lalang orang banyak. Hal ini untuk menjauhkan sapi agar tidak terlalu stres. Rincian modal usaha beternak sapi potong lumayan besar.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula :

Rincian Berternak Sapi :


Inilah rincian modal usaha ternak sapi pada tahap awal ialah membeli bibit sapi dikisaran harga Rp 8 juta. Dan pada masa enam bulan setelah dipelihara harga sapi akan naik menjadi Rp 14 juta. Jadi dalam masa 6 bulan, usaha ternak sapi bisa menghasilkan laba bersih sebesar Rp 6 juta per ekor (Rp 14 juta-Rp 8 juta). Apabila satu rumah dapat memelihara 3 sampai 4 ekor sapi maka akan lebih bnayak penghasilan bisnis ternak sapi potong lebih besar lagi.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula :

Indikator Berternak Sapi :

Indikator sapi yang sehat untuk dijadikan ternak :

  1. Indikator pertama pada Hewan tersebut sehat bisa kita lihat dari aktifitasnya dimana terlihat sangat lincah, gerakannya kuat, bersemangat, kakinya tidak pincang, tidak sedang gelisah, dan yang terpenting adalah nafsu makannya masih baik.
  2. Lalu berikutnya dari penampilan hewan sapi tersebut dari rambutnya atau bulunya halus, bulu tidak rontok, tidak botak, bulu tidak berdiri, tidak terlihat adanya warna yang berubah, jauh dari parasit seperti kutu dan lainnya sebagainya.
  3. Dan diihat dari matanya yang terlihat bersih dan bersinar, kelopak mata terbuka penuh, tidak terlihat keliar air, tidak sedang menderita pendarahan yang biasanya ditandai dengan mata yang berwarna merah, jika selaput lendir berwarna merah keterangan itu menandakan bahwa mata dalam keadaan sehat. Jika mata terlihat buram maka itu bisa dicirikan sebagai hewan yang sedang sakit.
  4. Tubuh hewan sapi standar yang bisa kita melihatnya pada tulang punggungnya rata, kakinya simetris dan ideal tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Ternak Sapi Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula :

Kendala Berternak Sapi :

1.Lokasi Beternak
Salah satu syarat pertama dalam menjalankan usaha peternakan adalah lokasi. Lokasi beternak itu sangant penting dan juga harus ada dan bisa digunakan dalam menjalankan aktifitas untuk beternak.

2.  Hijauan Langka
Untuk lahan-lahan pertanian produktif sudah banyak dialihkan untuk mendirikan gedung, pabrik dan lain-lain. Jadi untuk hijauan yang dapat dijadikan pakan sapi menjadi berkurang. Kelangkaan hijauan menjadi satu kendala untuk beternak sapi.

3.  Penyakit Cacingan
Penyakit cacingan ini tidak dapat terlihat berbahaya bagi ternak. Penyakit ini tidak bisa membunuh sapi secara langsung seperti halnya dengan bloat atau keracunan. Dan tanpa kita sadari cacing ini telah memotong pendapatan dalam peternakan sapi.

4. Pencurian Ternak

Untuk mengatasi kendala dalam pencurian ternak , kita dapat memperketat penjagaan lokasi peternakan dengan karyawan kandang. Dengan cara menerapkan piket siang dan malam dengan intensif. Ini bermanfaat sekali untuk peternak.

Beberapa jenis sapi untuk diternak yaitu :

1. Sapi Bali: Mempuyai ciri yang berwarna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut hingga ke bawah dan juga pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Keunggulannya  ia dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru.

2. Sapi Ongole: Mempuyai ciri yang berwarna putih dengan warna hitam di beberapa bagian tubuhnya, bergelambir dan juga berpunuk, dan daya adaptasinya sanngat baik.

3. Sapi Brahman: Mempuyai ciri yang berwarna coklat sampai coklat tua, dengan warna putih pada bagian kepala. Daya pertumbuhannya sangat cepat sampai menjadi primadona sapi potong di Indonesia.

4. Sapi Madura:Mempuyai ciri yang berpunuk, berwarna kuning hingga merah bata, sering juga terdapat warna putih di moncong, ekor dan kaki bawah. Jenis sapi ini juga memiliki daya pertambahan berat badan rendah.

5. Sapi Limousin: Mempuyai ciri yang berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih, juga terdapat warna putih di moncong kepala, tubuh berukuran lumayan besar dan juga memiliki tingkat produksi yang sangat baik.

Nah, kali ini bersiaplah untuk memulai usaha bisnis ternak sapi yang menjanjikan. Sapi merupakan hewan yang selalu digunakan untuk konsumsi, kebutuhan pada orang-orang akan terus menerus pada daging sapi, dan kita perlu banyak mengetahui bagaimana cara yang ampuh untuk bisa sukses dalam usaha bisnis sapi ini.

Seseorang bisa kaya raya dengan berbisnis sapi. Terlebih jika kalian telah melakukan dengan sangat baik dengan melakukan beberapa tahapan memulai bisnis sapi, maka peluang bisnisnya akan sukses dan semakin besar. Wasalammualaikum Wr.Wb.