Cara Membuat Bumbu Pecel Dirumah Dengan Mudah dan Praktis

Pecel  merupakan makanan khas yang berasal dari indonesia rasanya yang unik mampu membuat orang yang memakannya ingin nambah lagi. Kali ini saya akan kasih tau cara membuat bumbu pecel.

Pecel adalah makanan yang sehat karena terdapat berbagai macam jenis sayuran seperti kangkung,kacang panjang toge dll.Cara Membuat Bumbu pecel pun tidaklah sulit.

Bumbu kacang yang sedap adalah salah satu kunci dalam cara membuat bumbu pecel sayur khas jawa yang enak .

Bumbu kacang yang diolah dengan bumbu rempah alami segar , akan menciptakan kenikmatan sendiri disetiap suap nya .

Udah pada penasaran kan cara membuat bumbu pecel dan resepnya langsung dibaca aja deh artikel dibawah ini cara membuat bumbu pecel yang mudah dan unik

Fakta Nutrisi Dibalik Seporsi Pecel

Kacang Kanjang

Kacang Kanjang

Kacang panjang masuk ke dalam keluarga polong-polongan yang baik untuk program dietmu. Sebagai keluarga polong-polongan, kacang panjang tentunya mengandung protein dan lemak sehat.

Di dalam 100 gram kacang panjang terdapat 31 kalori, dengan kandungan 77% karbohidrat, 3% lemak, dan 20% protein.

Selain itu, kacang panjang kaya akan vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, zat besi, fosfor, magnesium, mangan, dan kalium.

Mengkonsumsi kacang panjang bagi ibu hamil juga bagus loh untuk perkembangan otak janin.

Kecambah

Kecambah

Kecambah bisa dibilang sebagai gudang nutrisi karena kandungan proteinnya justru lebih besar 19% dibanding biji kacangnya.

Hal ini desebabkan dalam proses tumbuh tunas, terjadi proses hidrolisis protein yang membuat kadar asam amino di kacang menjadi naik.

Selain protein, kecambah juga kaya akan karbohidrat, seng, potasium, asam folat, fosfor, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E,  Niacin, dan seratnya yang baik untuk diet.

Kecambah dikenal baik untuk kesuburan seseorang karena kaya akan vitamin E alfa yang mampu melindungi sel telur ataupun spermatozoa dari berbagai kerusakan karena zat radikal bebas.

Karena vitamin ini pula lah, kecambah juga baik untuk memperkecil resiko penyakit kanker. Di dalam 100 gram kecambah sendiri terdapat 29 kalori, dengan kandungan 12% lemak, 50% karbo, dan 38% protein.

Bayam

Bayam

Bayam pantas dianugerahi sebagai salah satu makanan tersehat di dunia karena kekayaan nutrisinya.

Pantas saja, di dalam bayam kamu akan menemukan vitamin K, vitamin A, mangan, folat, magnesium, zat besi, tembaga, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin E, vitamin C, kalsium, potasium, fiber, fosfor, seng, protein, kolin, lemak omega 3, dan selenium.

Kalori yang terdapat dalam 100 gram bayam sebesar 23 kalori dengan rincian 14% lemak, 56% karbohidrat, dan 30% protein.

Seperti Popeye yang jadi super kuat karena makan bayam, kamu juga akan mendapatkan manfaat terlindungi dari peradangan, masalah kardiovaskuler, tulang, dan resiko kanker.

Daun Singkong

Daun Singkong

Daun singkong memang cenderung terasa pahit tapi kandungan gizinya tak bisa diragukan.

Bererapa nutrisi yang terkandung di dalam daun singkong antara lain seratnya yang baik untuk diet, vitamin A, vitamin B1, karbohidrat, asam amino, dan protein.

Karena kandungan protein nabatinya yang besar, daun singkong baik untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Selain itu kandungan zat antioksidan di didalamnya dipercaya mampu menangkal radikal bebas dan memperkecil resiko kanker.

Untuk 100 gram daun singkong menyimpan 38 kalori dengan rincian 6% lemak, 63% karbohidrat, dan 32% protein.

Semanggi

Semanggi

Tidak semua pecel di berbagai daerah menggunakan semanggi sebagai bahannya. Namun di Surabaya, semanggi melegenda.

Menurut penelitian, semanggi mengandung isoflavon yang berfungsi mengurangi gejala klinis saat memasuki menopause dan meningkatkan kualitas tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Bunga Turi

Bunga Turi

Sama seperti semanggi, tidak semua daerah menyugukan bunga turi dalam seporssi pecel. Namun kamu bisa menemukannya di beberapa tempat di daerah Jawa Tengah.

Bunga turi mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, sodium, potasium, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, dan folat.

Bunga turi dikenal memiliki berbagai manfaat farmakologis bagi tubuh terutama gangguan hati, demam, keputihan, sakit kepala, dan desentri.

Bumbu Kacang

Bumbu Kacang

Berbagai sayuran di atas tidak bisa disebut pecel sebelum disiram bumbu kacang. Bahan utama bumbu kacang sendiri adalah kacang tanah yang digoreng atau disangrai.

Sebagaimana kacang-kacangan lainnya, kacang tanah juga merupakan sumber protein dan lemak nabati yang menyehatkan.

Kacang tanah baik untuk menjaga tingkat kolesterol dan menurunkan gula drah karena kandungan lemak sehatnya. Vitamin E-nya baik untuk kesehatan kulit yang akan menghindarkanmu dari keriput.

Kacang tanah juga mengandung zat antioksidan yang mampu menghalau zat radikal bebas.

100 gram kacang tanah menghasilkan 567 kalori yang cukup besar untuk memenuhi energimu, dengan rincian 73% lemak, 12% karbohidrat, dan 15% protein.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan salah satu tanaman dari keluarga polong – polongan yang sangat kaya akan manfaat. Kacang tanah adalah bahan makanan yang sangat populer di Indonesia.

Berbagai macam olahan dari kacang tanah yang mudah kita temui dimana saja. Mulai dari olahan kacang tanah yang paling sederhana hingga olahan yang biasa disajikan dengan berbagai menu masakan.

Biasanya kacang tanah banyak disajikan sebagai makanan ringan, seperti kacang goreng, kacang tojin, kacang telur atau hanya sekedar kacang rebus.Sebuah inovasi dalam cara membuat kacang tojin diatas.

Kacang tanah juga merupakan sumber kalori, karbohidrat, protein dan serat. Kacang tanah juga mengandung lemak yang baik bagi tubuh, baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh.

Kandungan Gizi Pada Kacang Tanah

Dibandingkan dengan bahan makanan dari kacang-kacangan lainnya, kacang tanah adalah salah satu sumber gizi terbaik yang bermanfaat untuk tubuh.

Dalam secangkir kacang tanah mengandung 828 kalori, 72 gram lemak, 37 gram protein, 24 gram karbohidrat, 12 gram serat dan 10 gram lemak jenuh. Itulah kandungan dari cara membuat kacang tojin yang benar.

Sementara kandungan mineral kacang tanah adalah 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium, dan 10% kalsium. Kacang tanah juga mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C.

Khasiat dan Manfaat Kacang Tanah

1. Menyehatkan Kulit

Kacang tanah mengandung asam lemak yang sangat berkhasiat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit.

Kandungan vitamin E, seng dan magnesium pada kacang tanah juga  bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan menekan bakteri penyebab jerawat.

2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Asam amino (arginin) pada kacang tanah juga berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan.

Arginin juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala dan menyehatkan kulit kepala.

3. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kacang tanah memiliki sifat anti racun yang dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang berbahaya.

4. Baik Untuk Kesehatan Sel-Sel Otak

Asam lemak yang terkandung dalam kacang tanah berkhasiat sangat penting untuk sel-sel syaraf otak. Sel otak berperan dalam membantu mengontrol stres dan perubahan suasana hati seseorang.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Kacang tanah mengandung asam oleat yang baik bagi jantung. Asam oleat berkhasiat untuk menurunkan resiko kardiovaskuler yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Mengkonsumsi kacang tanah rebus lebih dianjurkan daripada kacang yang di goreng.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Batu Empedu

Mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang cukupdan tidak berlebihan diketahui dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit batu empedu.

7. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Mengkonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram dalam seminggu diketahui dapat menurunkan resiko kanker usus besar.

Terutama pada wanita yang dapat menurunkan resiko sebesar 58% sedangkan pada pria hingga 27%.

8. Mengurangi Depresi atau Stres

Kacang tanah juga mengandung zat yang namanya asam amino esensial dengan kandungan tryptophan. Tyriptophan berperan dalam merangsang sorotonin untuk mengendalikan mood agar tetap baik.

Efek tryptophan sebagai anti depresi atau stres dapat membuat perasaan seseorang agar lebih tenang.

9. Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil sangat baik mengkonsumsi kacang tanah atau kacang-kacangan lainnya.

Karena kacang tanah mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan pada ibu hamil dan janin. Asam folat yang sangat baik bagi pertumbuhan janin dan mencegah cacat pada janin.

10. Menurunkan Resiko Penyakit TBC

Arginin yang terkandung pada kacang tanah sangat bermanfaat untuk merangsang tubuh memproduksi nitrogen monoksida. Nitrogen monoksida berfungsi untuk melawan bakteri TBC (Tuberkulosis).

Menyimpan Kacang Tanah Agar Lebih Awet

1. Teliti Saat Membeli

Ini sangat penting dilakukan, teliti dan pilah kacang sebelum kita membungkus dan membawa pulang.

Lebih bagus jika kita membeli kacang yang belum dibungkus dan belum ditimbang, kita bisa memilih sebaik mungkin kacang yang akan dibeli.

Pilah kacang dengan baik,dan jangan sampai ada kacang yang busuk terbawa, karena biasa menular ke kacang-kacang lainnya.

Pisahkan kacang yang sudah terlampau kering atau layu karena ini tidak akan berguna, dan ujung-ujungnya kita buang.

2. Catat Tanggal Pembelian

Jika kita membeli kacang tanah dalam bentuk kemasan yang sudah dibungkus rapi dan tercatat tanggal kedaluwarsanya mungkin tidak masalah.

Tapi jika membeli yang belum dikemas, ada baiknya sesampainya di rumah kita catat tanggal pembelian dikertas lalu tempel pada wadah yang akan kita gunakan sebagai tempat penyimpanan.

Kacang tanah biasanya dapat bertahan hingga tiga bulan, jika kacang yang dibeli kondisinya sangat baik.

Tapi sebelumnya, jika anda membeli dalam bentuk yang sudah dibungkus plastik kiloan di pasar, sampai di rumah coba disortir dulu untuk memisahkan kacang yang baik dan buruk.

Bisa mengikuti cara ibu-ibu jaman dulu dengan menaruhnya ditampah lalu pisahkan kacang yang busuk, kering, atau batu dan benda asing yang mungkin terbawa didalamnya.

Kalau tidak punya tampah bisa juga pakai tempat lain seperti nampan atau wadah datar lainnya. Setelah itu baru disimpan dalam plastik atau wadah dan catat tanggal pembeliannya.

3. Simpan Ditempat Kedap Udara

Suhu ruangan merupakan salah satu faktor yang sangat penting diperhatikan dalam menyimpan kacang tanah.

Jika ingin menyimpan kacang di dalam suhu ruangan, pastikan kacang tersimpan diwadah dalam keadaan tertutup atau kedap udara, karena hal ini dapat mencegah masuknya jamur.

Jika menyimpannya dalam plastik pastikan plastiknya diikat dengan rapat. Usahakan jangan disimpan ditempat yang lembap, karena akan berpotensi menimbulkan masuknya jamur.

4. Masukan ke Dalam Kulkas

Kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan yang sangat baik, begitu juga dengan kacang. Penyimpanan kacang dikulkas bisa membuatnya lebih awet bertahan hingga enam bulan.

Bisa juga diletakan difreezer, dengan menyimpannya diwadah yang tertutup atau plastik terlebih dahulu. Suhu dingin dikulkas tidak sama dengan suhu lembap pada ruangan jadi jangan khawatir kacang akan berjamur.

5. Keringkan Kacang Dengan Oven

Hal ini dapat dilakukan jika anda membeli kacang tanah yang masih ada kulitnya.Kupas kulit, ambil dan sisihkan kacangnya, lalu keringkan dengan cara dioven.

Kacang akan jauh lebih kering dan dapat disimpan lebih lama jika dengan cara nomor tiga atau empat.

Jadi gimana penjelasan diatas udah tau kan manfaat kacang,dan cara penyimpanannya,nah sekarang saya akan jelaskan cara membuat bumbu pecel yang mudah dan paktis dibawah ini

Cara Membuat Bumbu Pecel

Cara Membuat Bumbu Pecel

Bahan-Bahan 

  • Nasi Putih
  • 800 gram taoge
  • 800 gram kacang panjang (dipotong-potong)
  • 1000 kg kangkung (anda siangi)
  • 6 buah mentimun (dikupas dan dipotong sesuai selera, anda bisa memotong kotak-kotak seperti dadu)
  • satu ikat daun kemangi

Bahan Untuk Sambel 

  • 300 gram cabai merah
  • 4 sendok teh terasi goreng
  • 20 lembar daun jeruk anda buang tulangnya
  • 30 gram kencur
  • 250 gram bawang putih
  • 30 gram cabai rawit

Resep Cara Membuat Pecel Madiun

  1. Pertama-tama semua bahan bumbu anda haluskan dulu, anda bisa menggunakan ulekan dalam menghaluskannya.
  2. Kemudian pada kacang tanah anda goreng dulu, kemudian haluskan juga
  3. Selanjutnya campurkan kacang tanah dengan bumbu halus dan gula merah, garam dan air asam jawa.
  4. Supaya dalam proses pencampurannya mudah, anda tammbahkan air hangat secukupnya.
  5. Nah kini sambel pecel sudah siap
  6. Kemudian anda sediakan piring dan nasi.
  7. Kemudian rebus semua bahan-bahan sayuran tadi, selanjutnya Atur sayuran yang sudah direbus ke atas nasi kemudian disiram dengan sambel pecel yang sudah dibuat tadi.

Cara Membuat Bumbu Pecel Khas Jawa

Cara Membuat Bumbu Pecel Khas Jawa

Bahan-Bahan

  • Kacang panjang 5 utas ( rebus , potong-potong menurut selera anda )
  • Tauge 100 gram ( seduh dengan air panas )
  • Kol 5 lembar ( seduh dengan air panas )
  • kuncup kembang turi 100 gram ( seduh dengan air panas )
  • Bayam 1 ikat ( direbus )
  • Daun pepaya 1 ikat ( direbus )
  • Siapkan kenikir 5 utas ( dipotong dengan bentuk dan ukuruan menurut selera anda )
  • Daun kemangi secukupnya

Bahan Bumbu Kacang Pecel

  • Siapkan kacang tanah 250 gram ( goreng , lalu dihaluskan )
  • Air panas 400 mililiter
  • Siapkan juga larutan air asam jawa yang dibuat dari 0,5 sendok teh asam jawa dan 0,5 sendok makan air putih .

Bumbu Halus Pecel

  • Cabai merah keriting 5 buah
  • Cabai rawit 4 buah
  • Bawang putih 3 siung
  • Terasi 0,5 sendok teh ( dibakar terlebih dahulu )
  • Garam secukupnya
  • Gula merah ( disisir ) secukupnya

Bahan Pelengkap

  • Lontong
  • Ketupat
  • Nasi Putih Hangat

Cara Membuat Bumbu Pecel Khas Jawa

  1. Pertama-tama bumbu yang sudah dihaluskan di campurkan dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi, uleg dan aduk-aduk hingga tercampur merata .
  2. Kemudian tuangkan air panas dan larutan air asam jawa yang sudahsiapkan tadi , kemudian aduk hingga tercampur rata dan larut , lalu sisihkan .
  3. Setelah itu susun bahan pelengkap untuk setiap posi nya .
  4. Lalu tambahkan juga aneka sayuran yang sudah siapkan tadi .
  5. Kemudian siram dengan bumbu kacang , Resep Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak siap dihidangkan.

Tips Cara Membuat Bumbu Pecel Khas Jawa

  1. Pertama-tama aneka sayur yang digunakan sesuaikan menurut selera anda
  2. Jika dalam resep ini terlalu pedas atau kurang pedas , anda dapat mengurangi atau menambahkan cabai yang digunakan pada bumbu halus sesuai selera anda .
  3. Agar bumbu kacang terasa istimewa , disarankan agar anda menggunakan terasi dengan kualitas yang bagus .
  4. Rasa yang menonjol pada bumbu pecel adalah dari rasa manis , jadi perhatikan takaran garam dan gula merah yang digunakan .

Cara Membuat Bumbu Pecel

Cara Membuat Bumbu Pecel

Bahan-bahan

  • 250 gr bayam, siangi, buang batangnya
  • Siapkan 250 gr tauge, bersihkan akarnya
  • 250 gr kacang panjang, potong 5 cm
  • Siapkan 250 gr bunga turi, buang putiknya

Bumbu

  • 350 gr kacang tanah, goreng, haluskan
  • 4 lembar daun jeruk, iris halus
  • 2 sdm air asam
  • 300 ml air
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 1 siung bawang putih
  • 0.5 cm kencur
  • ½ sdt terasi bakar
  • 3 sdm gula merah iris
  • 1 sdm makan garam

Cara membuat Bumbu Pecel

  1. Pertama-tama ebus bayam, bunga turi, kacang panjang, dan tauge bergantian dengan air mendidih. Tiriskan, sisihkan.
  2. Kemudian campur kacang tanah halus dengan bumbu lainnya, haluskan kembali. Campur dengan air asam. Uleni dengan sendok hingga tercampur rata.
  3. Kemudian siapkan piring saji, susun sayuran rebus.
  4. Setelah itu siapkan mangkok sambal, cairkan bumbu sambal dengan air. Sajikan

Itulah artikel  tentang cara membuat bumbu pecel semoga bermanfaat untuk anda dan menjadi referensi anda dalam cara membuat bumbu pecel.bagi yang ketinggalan artikel saya sebelumnya resep agar agar santan