Resep Agar Agar Santan dan Manfaat Agar Agar Untuk Kesehatan

Resep Agar Agar Santan

Pada kesempatan kali ini kita akan berkreasi tentang resep agar agar santan dan cara membuatnya.

Agar-agar merupakan salah satu jenis bahan makanan yang biasanya sudah dikemas dalam bentuk bubuk yang terbuat dari tumbuhan yang bernama rumput laut.

Agar-agar bubuk yang sudah diolah menjadi makanan yang sangat enak dan memiliki tekstur yang sangat kenyal dan juga memadat serta teksturnya yang lembut.

Membuat kita ketagihan dan agar agar santan ini banyak digemari dari anak kecil sampai orang dewasa sangat menyukai makanan ini resep agar agar santan dan cara membuatnya pun sangat mudah.

Sebelum saya kasih tau resep agar agar santan,saya akan kasih tau tentang manfaat agar agar untuk kesehatan.Tanpa basa basi langsung baca aja lah manfaat agar agar setelah itu resep agar agar santan.

Manfaat Agar-Agar Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Kuliner

Manfaat Agar-agar Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Kuliner

Agar agar dapat dengan mudah didapatkan dan banyak dijumpai dikemas dalam bentuk serbuk kecil.

Agar agar merupakan bahan makanan yang berasal dari ekstraksi alga merah jenis glacilaria sp dan gelidium sp yang banyak sekali dijumpai di lautan indonesia.

Penggunaan agar agar telah dilakukan oleh banyak sekali masyarakat di beberapa negara di Asia Timur sebagai bahan pembuat kue dan yang lainnya.

Pada abad ke 19, agar agar mulai diperkenalkan oleh orang china kepada masyarakat yang ada di Eropa dan Amerika Serikat.

Penggunaan agar agar untuk dimanfaatkan dalam berbagai bidang tentunya sangat beralasan. Berikut adalah manfaat agar agar dan kandungan didalamnya.

Bidang Kesehatan

1. Penutup Luka

Agar agar juga bisa dapat digunakan untuk bahan pembuat perban penutup pada luka. Sifat agar agar yang dapat menyerap cairan sangat berguna untuk mempercepat pembekuan darah pada luka, supaya luka menjadi lebih cepat kering.

2. Pembungkus Kapsul

Agar agar juga dapat digunakan untuk bahan dasar pembuatan selaput pembungkus kapsul obat pengganti gelatin.

Pada awal mula pembuatan kasul, biasanya gelatin hewani digunakan dalam selaput pelapis kapsul,namun sekarang telah mulai digantikan dengan bahan agar agar karena sangat mudah larut didalam tubuh.

Sehingga tidak menggganggu sistem penyerapan obat yang terdapat di dalam kapsul agar agar.

3. Mengurangi Stres

Asam amino esensial yang terkandung didalam agar agar dipercaya dapat membantu menurunkan tingkat stres pada seseorang yang mengkonsumsinya. Mengkonsumsi agar agar secara rutin dapat membantu anda untuk mengurangi tingkat depresi pada manusia.

4. Mencegah Radang Sendi

Agar agar ternyata juga bisa membantu untuk mengurangi sakit pada radang sendi ataupun mencegah radang sendi dengan mengkonsumsnya secara rutin.

Kandungan kolagen yang ada didalam agar agar dipercaya dapat menambah pelumas pada sendi sehingga radang sendi dapat dengan mudah  dicegah.

5. Mencegah Osteoporosis

Selain itu, kandungan kalsium yang terdapat didalam agar agar ternyata 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan kalsium pada segelas susu.

Kandungan kalsium yang terdapat didalam agar agar juga dapat untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis pada tulang.

6. Menu Diet

Agar agar merupakan salah satu jenis makanan yang sangat ampuh sekali  untuk diet dan menjaga kesegaran tubuh agar lebih tetap prima.

Kaya akan serat dan vitamin, membuat agar agar sangat penting sekali sebagai asupan untuk diet anda.

Bidang Kuliner

1. Makanan Pencuci Mulut

Bahan dasar agar agar sering kali dibuat untuk menjadi puding, jelly, makanan pencuci mulut, pengental dalam makanan sup, saus, hingga digunakan untuk pengental pada makanan es krim.

2. Serat Untuk Nasi

Selain itu, agar agar juga dapat sekali dicampur kedalam nasi ketika dimasak dengan tujuan agar nasi yang dimakan mengandung lebih banyak serat yang terkandung.

3. Cemilan Sehat

Penggunaan agar agar juga dapat untuk camilan yang sehat tanpa kalori karena tidak mengandung sama sekali kalori.

Bidang Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini

Kadar kolagen yang terdapat pada agar agar serta asam amino esensial dalam agar agar ternyata dapat membantu untuk mencegah timbulnya tanda tanda penuaan dini pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan muda.

2. Melangsingkan Tubuh

Kandungan serat larut dan tidak larut didalam agar agar juga dapat digunakan untuk membantu mempercepat metabolisme pada tubuh sehingga dapat digunakan dalam menu diet untuk membuat tubuh menjadi lebih ramping dan sexy.

Berapa Dosis  Yang Biasa Digunakan Untuk Agar-Agar?

Agar agar  dapat dikonsumsi secara langsung dengan dosis sekitar kurang lebih 1-2 sendok makan setiap harinya. Jangan mengonsumsi agar agar terlalu banyak karena akan menyebabkan efek samping.

Dosis penggunaan agar agar mungkin berbeda seiring dengan perbedaan bentuknya.Dosis suplemen herbal yang dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada tingkat usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

Tanaman herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Jadi, selalu diskusikan dengan herbalis atau dokter untuk dosis yang sangat tepat untuk Anda.

Dalam Bentuk Apa Saja Agar Tersedia?

Suplemen herbal ini mungkin tersedia dalam beberapa bentuk dosis di bawah ini:

  • Serpihan
  • Serbuk
  • Strip

Apa Efek Samping Yang Dapat Ditimbulkan Oleh Agar Agar?

Meskipun tidak mengandung sama sekali racun bagi tubuh manusia, kualitas jel yang terdapat pada agar dapat menyebabkan beberapa efek serius seperti:

  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan pada kerongkongan
  • Cegukan
  • Menurunnya penyerapan vitamin dan mineral

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Terdapat beberapa efek samping  lain yang tidak tercantum pada artikel diatas.

Apa Yang Harus Saya Ketahui Sebelum Mengonsumsi Agar?

Jika Anda menggunakan agar untuk sembelit, Anda harus memperhatikan pola makan anda, seberapa sering Anda menggunakan laksatif, juga mengawasi kemungkinan terjadinya penyakit perut sembelit.

Anda juga harus meningkatkan konsumsi cairan dan makanan berat dalam menu makan Anda, serta rutin berolahraga supaya badan tetap sehat.

Jika Anda mengonsumsi agar agar untuk menurunkan berat badan atau kolestrol, Anda harus mengawasi tingkat lemak yang ada  didalam tubuh Anda.

Vitamin dan mineral mungkin tidak akan terserap dengan sangat baik ketika Anda mengonsumsi makanan agar agar.

Anda harus mengonsumsi agar agar  saat perut Anda dalam keadaan kosong untuk mencegah penyerapan yang tidak tepat dari vitamin dan obat-obatan yang telah anda makan.

Untuk mencegah penyakit sembelit, Anda harus mengonsumsi agar agar dengan air. Anda harus juga harus bertanya kepada dokter mengenai tanda dan gejala penyakit sembelit.

Regulasi yang mengatur tentang penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan pada obat. Dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk menentukan keamanannya dan kualitasnya terjamin.

Sebelum menggunakan suplemen herbal, kamu harus pastikan terlebih dahulu manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasikan dengan orang yang ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Resep Agar Agar Santan Gula Merah

Resep Agar Agar Santan Gula Merah

Bahan-Bahan

  • Agar 1 (lapisan santan):
  • Agar-agar plain – 1 bungkus
  • Gula merah – 220 gram
  • Santan kental – 200 ml
  • Air – 700 ml
  • Garam – 1/2 sdt
  • Daun pandan – 2 lembar
  • Agar 2 (lapisan bening):
  • Agar-agar plain – 1 sdm
  • Gula merah – 100 gram
  • Air – 450 ml

Cara Membuat Agar Agar Santan

  1. Agar 1: Pertama-tama rebuslah gula merah dan air sampai gula larut kemudian disaring. ke Dalam satu panci, kemudian campurkan air gula merah, santan kental, bubuk agar-agar, garam, dan daun pandan.
  2. Setelah itu masak sambil terus diaduk hingga mendidih. kemudian matikan kompor dan diamkan hingga uap panasnya menghilang.
  3. Kemudian tuang ke dalam cetakan yang telah disiapkan dan isi hingga sampai setengahnya. Lanjutkan masak bahan 2.
  4. Agar 2: Pertama-tama campur semua bahan yang telah disiapkan dan masak hingga mendidih.kemudian  Angkat. lalu Diamkan hingga uap panasnya hilang.
  5. Pastikan lapisan yang ada dibawah agar agar santan sudah agak mengeras. Kemudian tuangkan secara perlahan agar agar 2 ke atasnya hingga memenuhi cetakan.
  6. Biarkan hingga dingin dan mengeras sempurna. Potong-potong.
  7. Masukkan dalam kulkas agar dingin.
  8. Siap disajikan.

Tips Membuat Agar Agar Santan

  1. Pilih gula merah yang berwarna gelap untuk hasil warna yang cantik.
  2. Tuanglah agar agar 2 (lapisan bening) dengan perlahan supaya tidak jebol ke lapisan agar santan yang ada di bawahnya. Sebaiknya jangan menuang agar agar secara langsung dari panci. Tetaapi gunakanlah sendok sayur untuk menuangnya sedikit demi sedikit kedalam wadah.
  3. Siapkan banyak panci saat membuat agar agar yang berlapis.

Resep Agar Agar Santan Roti Tawar

Resep Agar Agar Santan Roti Tawar

Bahan-Bahan

  • 1 bungkus agar agar
  • 3 lembar roti tawar
  • 300 ml susu cair
  • 400 ml air
  • 130 gr gula pasir
  • 1 sdtvanilla
  • 1 sdm coklat bubuk, di bentuk membentuk pasta dengan cara di larutkan dengan air panas

Cara Membuat Puding Marmer  Roti Tawar

  1. Blender potongan roti tawar bersama susu dan air hingga lembut, kemudian tuang ke dalam panci.
  2. Tambahkan agar-agar bubuk dan gula pasir. Aduk hingga rata.
  3. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Adonan akan mengental.
  4. Kemudian matikan api, biarkan uap panasnya hilang dan beri vanilla. Aduk rata.
  5. Ambil 2 sendok sayur adonan, beri larutan coklat. Aduk rata.
  6. setelah itu tuang 1/2 adonan putih ke cetakan yang sudah dibasahi air matang, beri 1/2 adonan coklat dan buat motif marmer dengan menggunakan sumpit.
  7. Kemudian tuang kembali sisa adonan putih dan beri sisa adonan coklat. Buat motif marmer kembali.
  8. Diamkan puding sampai mengeras kemudian dinginkan di dalam lemari es.

Resep Agar Agar Santan Pelangi

Resep Agar Agar Santan Pelangi

Bahan-Bahan

  • 10 gram agar agar swallow globe
  • 110 gram gula pasir
  • 1 liter air
  • 4 lembar daun pandan

    Bahan-Bahan 2

  • 10 gram agar – Agar swallow globe
  • 110 gram gula pasir
  • 1 liter santan (dari 1butir kelapa)
  • Garam secukupnya

    Bahan-Bahan 3

  • Bahan pewarna (pilihan warna sesuai selera Anda)

    Cara Membuat Agar Agar Santan Pelangi

  1. Masak bahan I dan bahan II hingga mendidih (dimasak terpisah). Bagi menjadi beberapa bagian sesuai jumlah warna selera anda (berikan pewarna sedikit atau secukupnya kemudian aduk aduk hingga merata).
  2. Masukkan atau tuangkan kedalam loyang yang telah disiapkan. Tuang lapisan pertama kemudian biarkan agak mengeras, kemudian tuangkan lagi dengan lapisan yang kedua.
  3. Tuang lapisan demi lapisan, Lakukan hingga bahan habis. (Pada saat menuangkan lapisan demi lapisan usahakan melakukannya secara perlahan agar bahan tidak menyatu).
  4. Setelah selesai tunggu hingga dingin kemudian masukkan kedalam kulkas agar keras dan enak saat dinikmati.

Resep Agar Agar Santan Lumut

Resep Agar Agar Santan Lumut

Bahan-Bahan

  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa (plain)
  • 1 butir telur ayam
  • 150 ml santan kental
  • 7 sdm gula pasir
  • siapkan 200 ml air pandan + suji (10 daun suji dan 10 daun pandan)
  • 400 ml air matang
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Agar Agar Lumut

  1. Pertama-tama campurkan gula, telur, dan bubuk agar-agar, lalu aduk sampai rata.
  2. setelah itu tambahkan santan, garam, dan air pandan, aduk terus sambil dituangkan air matang.
  3. kemudian hidupkan kompor, lanjutkan mengaduk hingga mendidih.
  4. Setelah air mendidih, berhenti mengaduk. Diamkan air tadi kurang lebih 45 detik. Kemudian matikan api.
  5. Kemudian tuang puding ke dalam cetakan puding. Tunggu sampai uap panasnya hilang lalu masukkan ke dalam kulkas.

Selain resep orisinal di atas, Agar agar ini juga bisa dikreasikan dengan menambahkan lapisan lain, misalnya puding santan. Berikut resepnya:

Bahan-Bahan:

  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa (plain)
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm gula
  • 400 ml santan encer

Cara Membuat Agar Agar Santan Lumut

  1. Pertama -tama campurkan bubuk agar-agar, gula, garam dan santan encer sambil terus diaduk hingga mendidih.
  2. Tunggu sampai lapisan pertama (puding lumut) menjadi hangat namun uap panasnya sudah hilang dan jika bagian atasnya disentuh, sudah tidak ada yang menempel ke pada kulit.
  3. Setelah itu, tuangkan puding santan di atasnya. kemudian
    Tunggu sampai uap panasnya hilang lalu masukkan ke kulkas.

Tips Resep Agar Agar Santan Lumut 

  1. Bubuk agar-agar jangan dilarutkan di air yang hangat atau panas, karena akan menggumpal. Sebaiknya campur saat pada air yang belum panas atau dingin.
  2. Santan kental adalah santan yang dari perasan pertama kelapa parut yang belum ditambah air alias masih murni, sedangkan santan encer adalah santan yang didapat dari perasan parutan kelapa yang sudah ditambah dengan air.

Resep Agar Agar Santan Coklat

Resep Agar Agar Santan Coklat

Bahan-Bahan:

  • susu cair tawar 800 ml
  • coklat bubuk 20 gr
  • gula pasir 125 gr
  • agar-agar bubuk 1 bungkus
  • dark cooking chocolate 100 gr (dipotong-potong)
  • telur 1 butir (gunakan kuningnya saja)
  • garam 1/8 sdt

Cara Membuat Agar Agar Santan Coklat

  1. Pertama-tama siapkan panci lebih dahulu. Kemudian masukkan susu cair, coklat bubuk, gula pasir, garam, dan agar-agar bubuk
  2. Setelah itu gunakan nyala api yang sedang pada kompor Anda. Lalu aduk adonan perlahan-lahan sampai mendidih.
  3. Kemudian potongan dark cooking chocolate lalu dimasukkan kedalam panci, lalu aduk-aduk adonan hingga larut dan tercampur merata.
  4. Setelah itu matikan api kompor dulu.
  5. Setelah itu siapkan kuning telur dalam mangkok, lalu tuangkan sedikit  demi sedikit ke rebusan adonan diatas ke dalamnya, kemudian aduk sampai merata.
  6. Lalu masukkan campuran kuning telur tersebut ke dalam panci yang sudah berisi rebusan adonan pertama.
  7. Gunakan nyala api yang sedang untuk memasak rebusan adonan hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  8. Kemudian matikan api kompor lalu tuang cairan rebusan adonan ke dalam cetakan yang sudah disiapkan.
  9. Biarkan dulu adonan puding selama kurang lebih 30 menit.
  10. Bila adonan sudah dingin, masukkan ke dalam kulkas.
  11. Saat adonan sudah mengeras dan saat disentuh tidak menempel di tangan, maka puding coklat siap dihidangkan.

Resep Agar Agar Santan Pandan

Resep Agar Agar Santan Pandan

Bahan-Bahan

  • 2 bungkus agar-agar bubuk (instan)
  • 1 bungkus agar-agar warna hijau
  • 1 bungkus agar-agar warna bening
  • 2 lembar daun pandan
  • Air 600 ml
  • Santan 600 ml
  • Gula pasir 400 g, dibagi menjadi dua bagian

Cara Membuat Agar-Agar Santan Pandan

  1. pertama-tama rebuslah air yang telah disiapkan bersama agar-agar warna hijau, gula pasir dan daun pandan. lalu aduk sesekali dan tunggu hingga mendidih.
  2. Setelah itu, tuangkan agar agar ke dalam cetakan atau wadah dan biarkan beberapa saat hingga agar agar mengeras.
  3. Kemudian rebuslah santan, gula, agar-agar bening, pandan dan gula pasir hingga mendidih.
  4. Jika sudah mendidih, kemudian tuangkan santan pandan ke dalam cetakan atau tempat sama yang telah diisi cairan agar-agar hijau. Lalu diamkan hingga agar agar mengeras.
  5.  Dan setelah agar agar mengeras maka agar-agar santan pandan ini sudah siap untuk dihidangkan.

Gimana udah pada taukan manfaat agar agar untuk kesehatan,efek samping memakan terlalu banyak agar agar dan resep agar agar santan dan cara membuatnya.

makasih yang udah mau ampir kesini maaf kalo resepnya kurang atau salah ya semoga artikel diatas tentang resep agar agar santan yang enak dan lembut serta lezat.

Bisa bermanfaat untuk kalian yang telah mampir ke sini terimakasih banyak kalian dan selamat mencoba membuat agar agar santan dirumah kalian masing masing.