Cara Membuat Choco Chip Sederhana Yang Buat Ketagihan

cara membuat choco chip sederhana

Baiklah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Choco Chip Sederhana.

Terkadang kita tidak tahu atau tidak mengingat nama dari makanan yang kita santap tersebut sehingga pada saat orang lain menanyai anda apakah anda pernah menyantap satu makanan anda akan bingung dan memilih menjawab ‘belum pernah menyantapnya.

Tetapi ketika anda disuguhkan dengan makanan tersebut anda akan langsung dengan cepat mengatakan ‘ahhh, ini sih makanan yang sering saya makan’.

Setidaknya, kasus seperti inilah yang seringkali terjadi di masyarakat kita. Nama atau judul dari sebuah makanan seringkali tidak dipermasalahkan yang terpenting rasa serta nikmatnya makanan yang disantap sehingga pada akhirnya membuat kita seringkali asing dengan beberapa nama makanan padahal sebenarnya kita sudah pernah menyantap makanan itu.

Ya, hidangan kue kering yang dibuat dengan taburan coklat choco chip dibagian atasnya dengan tekstur yang begitu renyah membuat kue ini banyak disukai, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Banyak anak-anak dan para remaja mengidolakan kue kering ini serta seringkali menjadi teman mereka diwaktu santai atau ketika menonton televisi.

Sajian cookies memang memiliki cita rasa yang lezat, apalagi bila disantap dengan segelas kopi atau secangkir teh panas rasanya akan lebih sempurna.

Hidangan cookies saat ini sudah banyak dijual dipasaran, bahkan ada juga yang disajikan dalam bentuk kemasan prakatis yang lebih tahan lama.

Tetapi kini, selain membelinya di toko atau supermarket, ibu di rumah juga dapat membuatnya sendiri. Dengan resep kue kali ini ibu akan bisa membuat sajiak Cara Membuat Choco Chip Sederhana yang lezat, seperti apa? Kita simak saja berikut ini.

1. Resep Muffin Vanilla Chocochip

Bahan Resep muffin vanilla chocochip:

  • Pertama, 280 gram tepung terigu.
  • Baking powder sebanyak 1 sendok makan.
  • Baking soda sebanyak 1 sendok teh.
  • Lalu ½ sendok teh garam.
  • 200 gram chocochip.
  • Mentega sebanyak 110 gram.
  • 180 gram gula pasir.
  • Telur sebanyak 2 butir.
  • Susu cair sebanyak 250 ml.
  • Terakhir, 2 sendok makan air jeruk lemon.

Cara mudah membuat muffin vanilla chocochip

  1. Langkah pertama, panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius.
  2. Campurkan juga tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, chocochip, gula pasir, dan mentega. Aduk sampai rata.
  3. Di tempat terpisah, campur susu cair, air jeruk lemon, serta telur. Aduk sampai rata.
  4. Tuang adonan basah ke dalam adonan kering, aduk sampai rata.
  5. Siapkan cetakan muffin, tuang adonan ke dalamnya sampai ¾ bagian.
  6. Langkah terakhir, oven selama 25 menit, kue siap disajikan.

2. Resep Muffin Banana Choco Chip

Ngomongin tentang banana choco chip muffin, sebenernya ada satu rahasia sangat besar yang ada di balik makanan ini. Jadi jika anda mengenal atau pernah melihat atau bahkan mungkin sudah mencicipi yang namanya banana bread, nah si muffin yang bakal kita bikin ini ya sodaraan banget atau kembar beda bentuk sama banana bread.

Kenapa bisa gitu? sebab emang resep keduanya sama, bahan-bahan yang digunakan sama, rasanya juga sama, yang membedakan itu adalah bentuknya. Dari beda bentuk itu juga akan membuat cara memanggangnya agak sedikit berbeda, terutama dari segi waktu.

Lalu jika dengan cupcake, apa mereka juga sodaraan? Kalo menurut saya nggak, cupcake itu bisa dibilang cake dalam bentuk cup atau mini.

Kesan dari cupcake itu harus manis, manis, dan manis, sedangkan muffin ini dapat dibilang rasanya setengah manis setengah gurih. Perbedaan lainnya yaitu muffin yang teksturnya lebih padat, dan biasanya dicampur dengan buah-buahan, dimana jika cupcake pakenya permen.

Okelah kalo begitu, mari kita langsung saja praktekin resep membuat muffin banana chocho chip nya.

Bahan Resep Muffin Banana Choco Chip:

  • Pertama, terigu serba guna / protein sedang 280 gram.
  • Gula halus sebanyak 160 gram.
  • Pisang matang sebanyak 3 buah.
  • Krim kental sebanyak 3 sendok makan.
  • Telur sebanyak 2 butir.
  • Mentega sebanyak 100 gram (dilumerkan).
  • Baking soda sebanyak 1 sendok teh.
  • Terakhir, vanila bubuk / cair sebanyak 1 sendok teh.

Bahan Tambahan:

  • Choco chip.
  • Kacang almond.

Cara Membuat Resep Muffin Banana Choco Chip:

  1. Langkah pertama, coba kita rapihin dulu bahan-bahannya, trus diliat apa ada yang kurang, jika kira-kira udah lengkap.
  2. Persiapkan pisangnya dikupas dulu, untuk resep ini baiknya pilih pisang yang benar-benar matang, makin tua makin baik karena rasa pisangnya bakal enak banget.
  3. Jika udah gitu pisangnya dihancurkan deh, kalo saya biasanya pake garpu, tapi kalo saya libih ekstrim, pake ulekan.
  4. Lalu, sekarang giliran menteganya kita lelehkan. Sebenernya jika mau pake margarin bisa aja, sama-sama lemak cuma beda sumber, tapi ya jelas lebih gurih mentega.
  5. Setelah semuanya siap, kita campur dan ayak di dalam wadah bahan-bahan seperti berikut: terigu, gula halus, dan baking soda. Setelah diayak dan tercampur secara rata, masukkan vanila dan pisang yang udah diancurin sebelumnya, lalu aduk. Oh ya disini saya menambahkan coklat bubuk juga beberapa sendok makan agar lebih sip (kalo nggak mau pake nggak papa).
  6. Masukkan krim dan telur, untuk krim sendiri disini fungsinya buat menambah massa dari muffin supaya lebih padat. Sebelumnya saya pernah mencoba tanpa krim, hasilnya sama enak juga, tapi jika pake krim ini jadi ada sensasi liat gitu deh kayaknya (sotoy) =)) .
  7. Lanjut jika udah tercampur, masukkin mentega cairnya.
  8. Lalu choco chip (dan almond tumbuk) dicampur dan diaduk ke dalam adonan.
  9. Adonan udah siap nih bro, kira-kira seperti ini gambarnya, dapat di cek gimana tampak atas, samping, depan, udah pas.
  10. Kemudian siapkan cetakan muffin yang udah dialasin sama kertasnya, langsung aja deh isi dengan adonan, kalo saya disini cuma 3/4 nya aja, jika kepenuhan nanti porsinya terlalu besar (alesan aja, padahal biar jadinya banyak.
  11. Panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius sekitar 20 menit.
  12. Langkah terakhir, jika udah selesai tinggal disusun aja di atas piring saji, kalo saya berhubung belum beli piring buat hias-hias, jadi pakai piring biasa aja dulu.

 

 

Cara Membuat Choco Chip Sederhana

Bahan Cara Membuat Choco Chip Sederhana:

  • Pertama, 3 sdt baking powder.
  • 750 gr margarin palmia.
  • Maizena sebanyak 75 gr.
  • 4 sdm susu bubuk.
  • 7 butir kuning telor.
  • Gula halus sebanyak 400 gr.
  • Secukupnya keju parut.
  • Chocochip secukupnya.
  • 90 gr coklat bubuk vanhouten.
  • Terakhir, 1 kg tepung kunci biru / cakra.

 

Langkah Cara Membuat Choco Chip Sederhana

  1. Langkah pertama, masukan mentega & gula,mixer hingga berubah warna. Lalumasukkan kuning telor,mixer hingga tercampur rata.
  2. Siapkan juga bahan2 serta wadah atau loyang.
  3. Campur terigu, maizena, susu bubuk, baking powder & coklat bubuk untuk menjadi satu. Setelah tercampur, masukkan ke dalam adonan, aduk dengan spatula sampai tercampur rata.
  4. Adonan di bagi dua, yang setengah untuk di aduk/dicampurkan yang bersama chocochip. Yang setengahnya lagi di aduk/ dicampurkan pakai keju yg sudah diparut.
  5. Adonan siap untuk di cetak. kemudian cetak adonan & masukan ke dalam loyang yang sudah di olesi mentega.
  6. (Gk ada oven listrik.oven kompor pun jadi ) Panaskan oven,setelah cukup panas masukan  juga loyang, kurleb 30mnit.
  7. Langkah terakhir, setelah matang,diamkan beberapa saat hingga dingin dan mengeras.

 

 

 

Itulah tadi artikel tentang Cara Membuat Choco Chip Sederhana, semoga artikel ini akan bermanfaat bagi teman teman semua, terima kasih.