Cara Membuat Dadar Gulung yang Mudah dan Praktis

Dadar gulung merupakan salah satu jajan tradisional yang sangat mudah kita jumpai di toko-toko kue maupun di pasar. Dan cara membuat dadar gulung pun sangat mudah.

Jajanan berbahan dasar tepung terigu ini memiliki tekstur dan rasa yang sangat unik sehingga selalu dicari oleh para konsumen.

Dadar gulung tidak hanya bisa untuk dikonsumsi sehari-hari tetapi juga biasa dibuat untuk sajian diacara lamaran, pernikahan, rapat dan lain sebagainya.Nah kali ini saya akan jelasin cara membuat dadar gulung.

Etss,seperti biasa ya sebelum saya menjelaskan cara membuat dadar gulung.Kita harus tau dulu dong manfaatnya misal kelapa parut,gula merah dll.

Kandungan yang Ada Dikelapa Parut

Kandungan yang Ada Dikelapa Parut

Bagi sebagian besar masyarakat di Indosesia khususnya para ibu rumah tangga pasti tahu dengan bahan dapur yang satu ini yups kelapa.

Kelapa parut berbeda jika anda melihat manfaat kelapa wulung, merupakan salah satu bahan dapur yang terbuat dari buah kelapa tua yang sudah diparut.

Kelapa sendiri secara ilmiah memiliki nama latin yaitu Cocos nucifera yang masih menjadi anggota dari marga Cocos dari suku aren- arenan atau biasanya disebut juga dengan Arecaceae.

Untuk pohon kelapa sendiri sebenarnya tidak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan,tetapi juga hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari batang kayunya hingga daunnya.

Di Indonesia sendiri kelapa parut lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk membuat berbagai menu masakan tradisional. Tidak hanya masakan asin saja tetapi juga jajanan tradisional dengan rasa manis pun kebanyakan berbahan dasar dari kelapa parut.

Adapun beberapa jajanan tradisional dengan bahan dari kelapa parut sebagai bahan pelengkap hingga bahan utama yaitu dadar gulung, cenil, putu, kue rangin dan masih banyak masih lagi.

Selain karena rasanya yang enak dan gurih jika dimasak berbeda dengan manfaat tepung aren, ternyata kelapa parut memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik.

Kandungan Nutrisis Kelapa Parut

  • Glukosa
  • Kalori
  • Coconut oil
  • Coconut milk
  • Sakarosa
  • Fruktosa
  • Sukrosa
  • Asam amino
  • Natrium
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Tannin
  • Serat
  • Air

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada kelapa parut yang berbeda dengan manfaat dari beras kencur, ada segudang manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi kelapa parut.

Manfaat Kelapa Parut Untuk Kesehatan

Manfaat Kelapa Parut Untuk Kesehatan

1.Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan Fungsi Otak

Bagi anda yang ingin memiliki daya ingat yang kuat serta kecerdasan tinggi, anda bisa mengkonsumsi makanan olahan yang terbuat  dari kelapa parut.

Adapun menu makanan yang terbuat dari kelapa parut yang bisa menjadi menu pilihan anda yaitu serundeng,putu atau dadar gulung.

Selain itu dengan mengkonsumsi kelapa parut secara rutin anda telah melakukan pencegahan terhadap penyakit yang bernama Alzeimer.

2.Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Memiliki jantung yang sehat sangatlah penting bagi orang, terlebih jantung merupakan salah satu organ manusia yang sangat penting sekali. Anda juga dapat menjaga kesehatan jantung anda dengan mengkonsumsi kelapa parut secara berkala.

3.Meningkatkan Sistem Imun

Meningkatkan Sistem Imun

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung anda saja, tetapi dengan kandungan nutrisi baik pada kelapa parut dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh anda sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Seiring dengan adanya peningkatan pada sistem imun pada tubuh anda, maka anda akan jarang terkena penyakit flu, batuk atau demam dll.

4.Mengatasi Penyakit Anemia

Mengatasi Penyakit Anemia

Bagi anda yang sering mengalami anemia hingga merasa pusing kepala, anda bisa mencoba cara yang satu ini. Yaitu dengan mengkonsumsi menu masakan olahan kelapa parut secara rutin.

5.Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Adapun salah satu manfaat dari kelapa parut yang sangat penting adalah dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker dan tumor. Dengan mengkonsumsi kelapa parut secara berkala, tidak hanya memenuhi nutrisi tubuh anda saja tetapi juga menambah imun anda supaya tidak mdah sakit.

6.Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami gangguan pada pencernaan seperti susah BAB, sembelit dan berbagai gangguan pada pencernaan yang lain anda juga bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi bahan olahan dari kelapa parut.

Hal ini karena kelapa parut memiliki serat yang sangat baik untuk mencegah serta mengatasi gangguan pada pencernaan.

7.Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Bagi anda yang ingin memiliki kulit yang cerah dan bersinar, anda juga bisa mencoba membuat masker yang terbuat dari kelapa parut.

Caranya sangat mudah yaitu dengan menambahkan kelapa parut, madu dan sedikit air perasan jeruk lemon kemudian mencampurkannya secara merata.

8.Menghilangkan Selulit

Menghilangkan Selulit

Bagi anda yang ingin menghilangkan selulit ataupun bekas luka, anda juga bisa menghilangkannya dengan cara mengoleskan kelapa parut yang sudah dicampur dengan bubuk kopi dan madu pada kulit yang seruit kemudian diamkan selama sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

9.Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit halus dan lembut saat ini tidak hanya menjadi dambaan bagi para wanita saja, bahkan sebagian besar dari kaum pria pun ikut mendambahkannya. Dan bagi anda yang ingin memiliki kulit yang halus dan lembut, anda juga bisa membuat lulur dari bahan kelapa parut.

Caranya yaitu dengan cara mencampurkan kelapa parut, asam jawa, sedikit bubuk kopi dan madu, lalu gosokkan ke area pada badan dan diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian di bilas hingga bersih.

Lakukan hal tersebut sebelum mandi maka akan membuat kulit anda akan tampak halus selain itu kulit anda akan lebih kencang dan ternutrisi.

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Tentu Anda pernah mengonsumsi gula merah bukan?Nah, ternyata banyak sekali manfaat yang didapat dari gula yang satu ini.Ya, selain sebagai pemanis alternatif, gula merah juga memiliki serangkaian manfaat lainnya yang baik bagi tubuh.

1.Menurunkan Berat Badan

Gula memiliki kadar potasium yang cukup tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh,dan mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh anda, dan juga membantu mengeluarkan racun yang ada ditubuh sehingga Anda dapat membakar lebih cukup banyak kalori.

2.Membersihkan Darah

Gula merah memiliki  berapa efek yang menguntungkan pada darah dengan memurnikan dan membersihkan darah pada, ketika dikonsumsi secara teratur.

Gula merah juga dapat meningkatkan jumlah hemoglobin yang ada didalam darah dan memperkuat sistem kekebalan pada tubuh.

3.Mengobati Masalah Menstruasi

Gula merah bisa menjadi pengobatan alami yang efektif untuk banyak masalah pada menstruasi.Termasuk untuk meringankan efek kram menstruasi dan sakit perut.

4.Mencegah Anemia

Apakah Anda tahu bahwa gula merah ternyata juga dapat membantu mencegah anemia?Gula merah kaya akan zat besi dan folat yang membantu mencegah anemia dengan mempertahankan kadar normal sel darah merah.

5.Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Gula merah mengandung banyak sifat alami yang membantu untuk kelancaran fungsi sistem pada saraf.Ini juga membantu mencegah masalah utama yang terkait dengan sistem saraf.

6. Mencegah Masalah Pernafasan

Mengonsumsi gula merah secara teratur juga dapat membantu mencegah masalah penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis.Pakar kesehatan menyarankan untuk menggabungkan gula merah dengan biji wijen supaya mendapat manfaat yang maksimal bagi pernapasan.

7. Kaya Antioksidan

Gula merah dikemas dengan antioksidan, terutama selenium yang membantu untuk mencegah berbagai efek radikal bebas.Mencampur gula merah dengan teh atau air hangat akan mengobati penyakit pilek dan batuk serta akan menyembuhkan penyakit migrain dan sakit kepala.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Jika Anda menderita nyeri sendi, komsumsilah gula merah.Para ahli menyarankan bahwa untuk mengonsumsi gula merah dengan sepotong jahe membantu meringankan penyakit nyeri sendi.

minumlah segelas susu hangat dengan satu sendok makan gula merah, maka akan dapat memperkuat tulang dan menjauhkan masalah kesehatan pada tulang.

9. Membantu Masalah Kencing

Gula merah merupakan diuretik alami dan membantu dalam merangsang buang air kecil, yang sebenarnya bagus untuk orang yang mengalami kesulitan masalah dalam buang air kecil.

Para ahli merekomendasikan untuk meminum gula merah dengan susu panas untuk mengobati masalah penyakit kencing dan ini akan meningkatkan aliran urin.

10. Meningkatkan Kualitas Sperma

Mengonsumsi gula merah yang dicampur dengan bubuk amla akan dapat membantu dalam meningkatkan kualitas sperma pada tubuh.

Gula merah dikenal mampu meningkatkan produksi sperma dan juga membantu dalam mengurangi kelemahan pada tubuh dan mencegah masalah kencing pada pria.

Cara Membuat Dadar Gulung

Cara Membuat Dadar Gulung

Bahan-Bahan

  • Tepung terigu 150 gram
  • Kelapa parut 200 gram
  • Telur 1 butir
  • Pewarna makanan sesuai selera (bisa warna hijau, merah muda, kuning ataupun warna lainnya)
  • Gula (bisa dipilih gula merah ataupun gula pasir)
  • Air putih secukupnya (untuk membuat kulit dan isian dadar gulung)
  • Garam secukupnya
  • Vanili sebagai penambah aroma pada masakan (bisa juga menggunakan daun pandan)
  • Minyak goreng secukupnya untuk mengolesi pada teflon (selain minyak goreng anda bisa juga menggunakan margarin)

Cara Membuat Dadar Gulung Isian Dari Kelapa

  1. Taruhlah wajan pengorengan diatas kompor, kemudian masukkan air sebanyak 200 ml. kemudian panaskan air yang ada didalam wajan hingga mendidih
  2. Setelah air mendidih masukkan kira-kira 75 gram gula merah kemudian aduklah hingga gula merah larut dan mengental (pastikan gula merah benar-benar larut)
  3. Masukkan parutan kelapa sebanyak 200 gram dan 1 sachet vanili kedalam wajan pengorengan yang telah berisi larutan gula tersebut.
  4. Aduklah parutan kelapa, vanili hingga tercampur dengan rata dalam larutan gula.
  5. Proses pengadukan tersebut dilakukan sampai parutan kelapa matang yang ditandai dengan berkurangnya kadar air.
  6. Proses pematangan ini memerlukan waktu kira-kira 30 menit dengan api sedang.
  7. Setelah parutan kelapa matang,kemudian masukkan ke wadah lain bisa piring atau mangkok.
  8. Parutan kelapa selanjutnya dibentuk menjadi isian dadar gulung. Caranya, ambillah 1 sendok makan parutan kelapa lalu  masukkan ke dalam plastik,kemudian diremas-remas parutan kelapa dalam plastik hingga membentuk sebuah persegi panjang.
  9. Setelah parutan kelapa membentuk persegi panjang tempatkan diwadah yang lain. Parutan isian kelapa yang berbentuk persegi panjang siap untuk dijadikan sebagai isian pada dadar gulung.

Cara Membuat Adonan Kulit Dadar Gulung

  1. Masukkan tepung terigu sebanyak 150 gram ke dalam mangkok ukuran dengan ukuran besar.
  2. Kemudian tambahkan garam, pewarna makanan secukupnya dan santan kental sebanyak 200 ml ke dalam mangkok yang telah berisi tepung terigu sebanyak 150 gram. lalu aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata.
  3. Setelah adonan tepung terigu tercampur rata masukkan 1 butir telur ke dalam adonan kemudian aduklah sampai telur menyatu dengan adonan tepung. Proses pengadukan dilakukan sampai adonan mengental.
  4. Adonan siap untuk dijadikan kulit pada dadar gulung.

Cara Membuat Dadar Gulung

  1. Ambillah teflon dengan ukuran kurang lebih 15 cm, kemudian olesilah teflon dengan minyak goreng secukupnya saja.Kemudian taruh teflon di atas kompor dengan api yang sedang hingga teflon panas.
  2. Setelah teflon panas, masukkan adonan kulit dadar gulung yang sudah dibuat tadi  sebanyak 2 sendok makan. Putarlah teflon hingga adonan tipis dan memenuhi pada permukaan teflon. Tunggu kurang lebih 5 menit sampai kulit dadar gulung matang.
  3. Setelah kulit dadar gulung matang masukkan isian parutan kelapa yang sudah dibuat tadi yang berbentuk persegi panjang kemudian digulung.
  4. Setelah digulung tunggu kira-kira satu menit supaya kulit dan isian dadar gulung benar-benar matang dan menyatu.

Cara Membuat Dadar Gulung Polkadot

Cara Membuat Dadar Gulung Polkadot

Bahan-Bahan

  • 30 buah
  • 250 gr tepung terigu (pro rendah)
  • 100 gr tepung sagu/ tapioka
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sachet SKM (putih)
  • 750 ml santan / secukupnya, 4sdm minyan sayur
  • 1 sdt vanili bubuk, garam secukupnya
  • Pewarna makanan (hijau, merah, ungu)

Bahan Isian / Unti

  • 500 gr kelapa muda (parut)
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr gula merah (sisir)
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Dadar Gulung Polkadot

  1. Adonan kulit : Campur semua bahan kering, tambahkan telur, santan, SKM & minyak goreng. Aduk adonan sampai rata & mengental. Saring adonan supaya tdk ada adonan yg menggerindil.
  2. Ambil 3 wadah kecil, isi masing” wadah dg 1 sendok sayur dan beri pewarna makanan secukupnya. (Sisihkan)
  3. Panaskan teflon, Dadar adonan kulit dg memberi beberapa tetesan adonan warna warni terlebih dahulu, kemudian baru dilapisi adonan warna putih. dadar hingga adonan matang dg api sedang cenderung kecil. Dadar sampai semua adonan kulit habis.(Sisihkan)
  4. Unti /isian : Siapkan wajan, masukkan kelapa parut, gula pasir, gula merah, vanili & garam jadi satu. masak dengan apiyang sedang, Aduk” terus adonan kelapa hingga semua tercampur dan adonan menggumpal menjadi satu,(kurleb 10mnt/ sampai matang)
  5. Ambil 1 lembar kulit dadar gulung, kemudian isi dg 1sdm unti, gulung adonan satu persatu hingga semua kulit selesai digulung.
  6. Dadar gulung polkadot siap untuk dinikmati, warnanya cantik bgt..

Cara Membuat Dadar Gulung Mawar

Cara Membuat Dadar Gulung Mawar

Bahan-Bahan

  • 250 gr tepung serbaguna
  • 1 sdt garam
  • 225 ml air hangat
  • 350 ml santan atau susu
  • sesuai selera Pewarna

Bahan isian unti kelapa

  • 1/2 btr kelapa mengkal parut memanjang
  • 100 gr gula merah
  • 3 sdm gula pasir(sesuai selera)bila kurang manis bisa ditambah
  • Sedikit garam
  • 1 lmbar daun pandan atau vanili

Cara Membuat Dadar Gulung

  1. Pertama kita buat kulit dadar gulungnya dulu,masukan garam pd air hangat,aduk sampai larut,setelah itu tuang kedalam tepung terigu,uleni sampai benar2 lentur dan elastis,cara sama ky resep saya bikin kulit risol kemarin,yaitu seperti kita ngadon donat atau roti,setelah lentur dan elastis kita diamkan kurang lbih 10-15 mnit,sambil menunggu kita bisa buat isianya
  2. Setelah 10-15 menit kita tuangkan santan pd adonan,lalu encerkan gunakan wisk,lalu saring,biar tak bergerindil,beri pewarna sesuai selera,dadar pd teflon tanpa diolesi minyak/margarin,sama seperti bikin kulit lumpia kemarin ya,,kurang lbih bisa jd 15-18 lmbar
  3. Nah untuk membentuk kelopak mawar ambil 1 lmbar kulit dadar gulung,gunting/iris pinggirnya jd 4-6 bagian sampai tengah2 tp sisakan bagian tengahnya untuk isian unti kelapa,jd guntingnya jgn sampai putus,bentuk menyerupai bunga mawar,
  4. CARA MEMBUAT ISI : 1/2 kelapa mengkal, Parut kelapa panjang – panjang, sisir 100 gr gula merah Jerang sedikit air, masukkan gula merah. Setelah cair saring lalu tambahkan gula pasir (sesuaikan kemanisannya ya). Didihkan kembali, tambah garam dan daun pandan sampai agak kental Masukkan kelapa parut, aduk sampai kering.
Giamana guys udah tau kan manfaat kelapa parut,gula jawa dam cara membuat dadar gulung.So,selamat mencoba cara membuat dadar gulung dirumah ya guys.
Bagi yang ketinggalan artikel yaang lalu tetang cara membuat kacang tojin.langsung dipincet ya guys