Cara Membuat Kacang Tojin yang Mudah dan Praktis Dirumah

Kacang tojin ini yang paling khas adalah tambahan daun seledri yang di tambahkan pada akhir cara, sehinggga aroma daun seledri sangat khas dan sangat segar.cara membuat kacang tojin sangat mudah.

Bahan dan cara membuat kacang tojin ini lumayan mudah, anda bisa memebuatnya sendiri di rumah. Maka itulah cara membuat kacang tojin dengan baik dan benar.

Sebelum membahas resep sederhana dalam cara membuat kacang tojin, sebaiknya kita bahas dulu beragam manfaat kacang tanahYuk,simak ulasan berikut ini. Serta kita mengetahui cara membuat kacang tojin.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan salah satu tanaman dari keluarga polong – polongan yang sangat kaya akan manfaat. Kacang tanah adalah bahan makanan yang sangat populer di Indonesia.

Berbagai macam olahan dari kacang tanah yang mudah kita temui dimana saja. Mulai dari olahan kacang tanah yang paling sederhana hingga olahan yang biasa disajikan dengan berbagai menu masakan.

Biasanya kacang tanah banyak disajikan sebagai makanan ringan, seperti kacang goreng, kacang tojin, kacang telur atau hanya sekedar kacang rebus.Sebuah inovasi dalam cara membuat kacang tojin diatas.

Kacang tanah juga merupakan sumber kalori, karbohidrat, protein dan serat. Kacang tanah juga mengandung lemak yang baik bagi tubuh, baik lemak jenuh maupun lemak tak jenuh.

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Tanah

Kandungan Gizi Pada Kacang Tanah

Dibandingkan dengan bahan makanan dari kacang-kacangan lainnya, kacang tanah adalah salah satu sumber gizi terbaik yang bermanfaat untuk tubuh.

Dalam secangkir kacang tanah mengandung 828 kalori, 72 gram lemak, 37 gram protein, 24 gram karbohidrat, 12 gram serat dan 10 gram lemak jenuh. Itulah kandungan dari cara membuat kacang tojin yang benar.

Sementara kandungan mineral kacang tanah adalah 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium, dan 10% kalsium. Kacang tanah juga mengandung vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C.

Khasiat dan Manfaat Kacang Tanah

1. Menyehatkan Kulit

 Menyehatkan Kulit

Kacang tanah mengandung asam lemak yang sangat berkhasiat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit.

Kandungan vitamin E, seng dan magnesium pada kacang tanah juga  bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan menekan bakteri penyebab jerawat.

2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Asam amino (arginin) pada kacang tanah juga berkhasiat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan.

Arginin juga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala dan menyehatkan kulit kepala.

3. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kacang tanah memiliki sifat anti racun yang dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang berbahaya.

4. Baik Untuk Kesehatan Sel-Sel Otak

Baik Untuk Kesehatan Sel-Sel Otak

Asam lemak yang terkandung dalam kacang tanah berkhasiat sangat penting untuk sel-sel syaraf otak. Sel otak berperan dalam membantu mengontrol stres dan perubahan suasana hati seseorang.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung

Kacang tanah mengandung asam oleat yang baik bagi jantung. Asam oleat berkhasiat untuk menurunkan resiko kardiovaskuler yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Mengkonsumsi kacang tanah rebus lebih dianjurkan daripada kacang yang di goreng.

6. Menurunkan Resiko Penyakit Batu Empedu

Menurunkan Resiko Penyakit Batu Empedu

Mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang cukupdan tidak berlebihan diketahui dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit batu empedu.

7. Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar

Mengkonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram dalam seminggu diketahui dapat menurunkan resiko kanker usus besar.

Terutama pada wanita yang dapat menurunkan resiko sebesar 58% sedangkan pada pria hingga 27%.

8. Mengurangi Depresi atau Stres

Mengurangi Depresi atau Stres

Kacang tanah juga mengandung asam amino esensial dengan kandungan tryptophan. Tyriptophan berperan dalam merangsang sorotonin untuk mengendalikan mood agar tetap baik.

Efek tryptophan sebagai anti depresi atau stres dapat membuat perasaan seseorang agar lebih tenang.

9. Baik Untuk Ibu Hamil

Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil sangat baik mengkonsumsi kacang tanah atau kacang-kacangan lainnya.

Karena kacang tanah mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan pada ibu hamil dan janin. Asam folat yang sangat baik bagi pertumbuhan janin dan mencegah cacat pada janin.

10. Menurunkan Resiko Penyakit TBC

Menurunkan Resiko Penyakit TBC

Arginin yang terkandung pada kacang tanah sangat bermanfaat untuk merangsang tubuh memproduksi nitrogen monoksida. Nitrogen monoksida berfungsi untuk melawan bakteri TBC (Tuberkulosis).

Kacang-kacangan merupakan family Leguminosa atau disebut polongan (berbunga kupu-kupu).

Berbagai kacang-kacangan yang telah dikenal, Antara lain: kacang kedelai (Glycine max), kacang tanah (Arachis hypogea), kacang hijau (Phaseoulus radiatus) dan masih banyak lagi jenis-jenis kacang-kacangan.

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber utama protein nabati dan memiliki daya guna yang sangat luas. Komposisi kimia yang terdapat dalam kacang-kacangan yaitu sebagai berikut: karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Protein yang terdapat dalam kacang-kacangan adalah globulin. Kandungan asam amino lisin dalam kacang-kacangan cukup tinggi.

Lemak dalam beberapa kacang-kacangan misalanya kacang kedelai dan kacang tanah memiliki prosentasi yang sangat tinggi. oleh karena itu kacang-kacangan tersebut banyak digunakan untuk pembuatan minyak.

Asam lemak yang menyusun kacang kedelai yaitu palmitat (10,5%), miristat (0,4%), palmitoleat (1,0%), stearate (2,8%), oleat (20,8%), linoleat (56,6%) dan linolenat ( 8,0%). Namun kacang-kacangan merupakan komoditi yang mudah rusak oleh kapang sehingga membuat mutu dari kacang-kacangan tersebut menjadi menurun saat proses penyimpanan.

Bagaimana Memilih  Kacang-Kacangan yang Bermutu Baik

  1. Jika membeli kacang yang masih ada kulitnya, pilih yang terasa berat dan tidak terlalu berguncang saat digerak-gerakkan. Hindari kulit yang retak dan berlubang.
  2. Karena kandungan minyaknya yang tinggi, kacang-kacangan cepat menjadi tengik jika disimpan terlalu lama dan dalam kondisi yang terlalu panas. Karena itu, jangan beli dalam jumlah banyak.
  3. Coba beli kacang-kacangan yang masih utuh, bukan yang sudah dicincang atau digiling. Potongan yang lebih kecil lebih cepat menjadi tengik.
  4. Kacang-kacangan yang sudah dikuliti bisa disimpan ditempat yang dingin dan kering selama beberapa bulan. Semua kacang juga bisa dibekukan dan bisa disimpan didalam freezer selama sekitar 6 bulan.
  5. Memanggang kacang juga bisa menguatkan cita rasanya, tapi cenderung mudah gosong. Jaga atau tunggu ketika di panggang. Jika membeli kacang yang masih dengan kulitnya.
  6. Bila membeli kacang yang sudah dikuliti oleh penjual pilihlah kacang yang tidak keriput, tidak belah, tidak bau tengik, tidak kotor dan tidak tercampur benda asing.

Tempat dan Waktu Penyimpanan yang Baik untuk Kacang-Kacangan

Cara menyimpan kacang ada berbagai macam, karena jenis kacang pun banyak dan satu sama lain mempunyai cara penyimpanan berbeda.

Karena tinggi kandungan lemak pada kacang-kacangan, kacang-kacangan juga mudah tengik, terutama yang sudah dikuliti oleh penjual.

Jika disimpan dikemasan yang kering atau kedap udara, kacang bisa bertahan sampai setahun (walnut dan pistachio sampai tiga bulan).

Kacang yang sudah dikuliti bisa bertahan sampai 4 bulan, jika disimpan dikemasan yang kedap udara dan masukkan ke lemari es, atau di freezer. Karena tidak mengandung air sama sekali dan kacang bisa langsung dimakan atau dimasak.

Sejak dipanen kacang telah melewati proses pengangkutan dan penyimpanan yang lumayan cukup lama.

Cara penyimpanan kacang-kacangan yang sering dilakukan di negara kita masih sangat sederhana sehingga kemungkinan besar kacang yang sampai ke tangan konsumen sudah terkontaminasi oleh kapang yang menghasilkan aflatoksin.

Selama penyimpanan, bahan pangan akan mengalami yang namanya penurunan mutu yang disebabkan oleh mikroba dan penurunan gizi yang salah satunya adalah protein sebesar 12%.

Menurut Soemardi dan Karama (1996) , kelembapan nisbi ( Rh ) ditempat penyimpanan atau gudang berpengaruh terhadap kadar air benih yang disimpan.

Rh yang tinggi mengakibatkan kadar air benih menjadi naik hingga mencapai keseimbangan.

Agar benih dapat disimpan dalam waktu yang lama dengan mutu dan daya kecambah yang tetap tinggi, maka sangat diperlukan penanganan yang panen dan pascapanen yang baik.

Perawatan benih yang baik, dalam ruang penyimpanan yang suhu dan kelembapannya dapat diatur. Ruangan yang baik untuk menyimpan benih adalah bersuhu <20oC dan Rh <50%.

Faktor yang Mempengaruhi Kerusakan Kacang-Kacanga Saat Proses Penyimpanan

Kerusakan pada kacang-kacangan serta produknya selama dalam penyimpanan diakibatkan oleh bermacam-macam alasan.

Walapun demikian perubahan-perubahan itu dapat diperlambat dengan melalui dua perubahan utama yaitu kadar air dan suhu.

Jamur merupakan salah satu factor yang mempengaruhi kerusakan kacang-kacangan. Jamur yang merusak kacang-kacangan antara lain Mucorales yang dapat merusak kacang – kacangan yang sudah dikeringkan.

Kerusakan yang Terjadi Saat Proses Penyimpanan Kacang-Kacangan

Kadar air yang tinggi dapat memudahkan perubahan biokimia dan kimiawi dalam kacang-kacangan serta pertumbuhan mikoroorganisme. Kadar air yang tinggi membuat fermentasi karbohidrat.

Aktivitas ini menghasilkan alcohol atau asam asetat. Sehingga menghasilkan bau asam yang khas .

Masalah yang ditimbulkan oleh pertumbuhan mikroorganisme pada kacang-kacangan yang disimpan yaitu perubahan warna benih: membunuh benih, sehingga kemampuan berkecambah rusak.

Perubahan warna biji keseluruhan: bau dan cita rasa yang sangat buruk, terbentuk aflatoksin (yang membuat nilai gizi berkurang). Perubahan pada warna coklat gelap atau hitam disebabkan oleh Helminthosporium oryzae.warna orange oleh Penicillium purberulum.

Menyimpan Kacang Tanah Agar Lebih Awet

1. Teliti Saat Membeli

Ini sangat penting dilakukan, teliti dan pilah kacang sebelum kita membungkus dan membawa pulang.

Lebih bagus jika kita membeli kacang yang belum dibungkus dan belum ditimbang, kita bisa memilih sebaik mungkin kacang yang akan dibeli.

Pilah kacang dengan baik,dan jangan sampai ada kacang yang busuk terbawa, karena biasa menular ke kacang-kacang lainnya.

Pisahkan kacang yang sudah terlampau kering atau layu karena ini tidak akan berguna, dan ujung-ujungnya kita buang.

2. Catat Tanggal Pembelian

Jika kita membeli kacang tanah dalam bentuk kemasan yang sudah dibungkus rapi dan tercatat tanggal kedaluwarsanya mungkin tidak masalah.

Tapi jika membeli yang belum dikemas, ada baiknya sesampainya di rumah kita catat tanggal pembelian dikertas lalu tempel pada wadah yang akan kita gunakan sebagai tempat penyimpanan.

Kacang tanah biasanya dapat bertahan hingga tiga bulan, jika kacang yang dibeli kondisinya sangat baik.

Tapi sebelumnya, jika anda membeli dalam bentuk yang sudah dibungkus plastik kiloan di pasar, sampai di rumah coba disortir dulu untuk memisahkan kacang yang baik dan buruk.

Bisa mengikuti cara ibu-ibu jaman dulu dengan menaruhnya ditampah lalu pisahkan kacang yang busuk, kering, atau batu dan benda asing yang mungkin terbawa didalamnya.

Kalau tidak punya tampah bisa juga pakai tempat lain seperti nampan atau wadah datar lainnya. Setelah itu baru disimpan dalam plastik atau wadah dan catat tanggal pembeliannya.

3. Simpan di Tempat Kedap Udara

Suhu ruangan merupakan salah satu faktor yang sangat penting diperhatikan dalam menyimpan kacang tanah.

Jika ingin menyimpan kacang di dalam suhu ruangan, pastikan kacang tersimpan diwadah dalam keadaan tertutup atau kedap udara, karena hal ini dapat mencegah masuknya jamur.

Jika menyimpannya dalam plastik pastikan plastiknya diikat dengan rapat. Usahakan jangan disimpan ditempat yang lembap, karena akan berpotensi menimbulkan masuknya jamur.

4. Masukan ke Dalam Kulkas

Kulkas merupakan tempat penyimpanan makanan yang sangat baik, begitu juga dengan kacang. Penyimpanan kacang dikulkas bisa membuatnya lebih awet bertahan hingga enam bulan.

Bisa juga diletakan difreezer, dengan menyimpannya diwadah yang tertutup atau plastik terlebih dahulu. Suhu dingin dikulkas tidak sama dengan suhu lembap pada ruangan jadi jangan khawatir kacang akan berjamur.

5. Keringkan Kacang Dengan Oven

Hal ini dapat dilakukan jika anda membeli kacang tanah yang masih ada kulitnya.Kupas kulit, ambil dan sisihkan kacangnya, lalu keringkan dengan cara dioven.

Kacang akan jauh lebih kering dan dapat disimpan lebih lama jika dengan cara nomor tiga atau empat.

Jadi gimana penjelasan diatas udah tau kan manfaat kacang,dan cara penyimpanannya,nah sekarang saya akan jelaskan cara membuat kacang tojin yang mudah dan paktis dibawah ini

Resep dan Cara Membuat Kacang Tojin

Bahan-Bahan:

  • 1 kg kacang tanah
  • Air mendidih, secukupnya
  • 10 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok makan garam
  • 8 sendok makan daun seledri, cincang halus
  • 4 sendok makan bawang goreng
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat kacang tojin :

  1. Siapkan kacang tanah dalam wadah, lalu siram kacang tanah dengan air mendidih hingga terendam, diamkan kacang tanah terendam selama kurang lebih 15 menit.
  2. Setelah itu kupas kulitnya lalu sisihkan.
  3. Aduk kacang tanah dengan garam dan bawang putih yang dihaluskan, aduk hingga rata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng kacang hingga setengah matang, aduk aduk kacang hingga rata agar tidak gosong.
  5. Setelah kacang setengah matang, tambahkan dengan bawang putih yang di iris tipis, aduk hingga bawang putih kering dan matang, lalu angkat kacang dan tiriskan.
  6. Panas panas, masukkan daun seledri cincang lalu aduk hingga daun seledri matang dan kering.
  7. Setelah matang, segera dingikan. Bila sudah dingin, segera simpan di dalam toples kedap udara.

Cara Membuat Kacang Tojin Supaya Tidak Berminyak

Bahan-Bahan

  • 1 kg kacang tanah kupas (pilih yg kualitas baik)
  • 100 ml santan
  • 2 gelas air putih
  • 5 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 bonggol bawang putih (untuk irisan)
  •  1/2 sdm garam
  • 1 bungkus royco ayam
  • Secukupnya daun jeruk (boleh satuan boleh diiris kasar)

Cara Membuat Kacang Tojin Supaya Tidak Berminyak

  1. Cuci bersih kacang tanah kupas hingga 5 x pencucian sampai air terlihat bening lalu tiriskan.
  2. Rebus air bersama santan, tambahkan bawang putih yg sudah dihaluskan, garam dan royco hingga mendidih.
  3. Siram air rebusan ke dalam wadah kacang tanah kupas yg sudah ditiriskan tadi kemudian aduk rata.
  4. Diamkan selama 2jam hingga bumbu meresap dan dingin tidak beruap kemudian tiriskan kembali.
  5. Goreng bawang putih untuk taburan hingga menguning.
  6. Goreng kacang ke dalam minyak panas bekas menggoreng bawang putih tadi dengan api yg sedang (tujuannya biar wangi bawang). Setelah agak kuning segera angkat dan tiriskan (Hati2 gosong ya…dalam penggorengan kacang jangan terlalu kuning di dalam wajan karena setelah diangkat akan terlihat gosong nantinya)
  7. Kacang yg sudah digoreng ketika masih panas kemudian disimpan di atas kertas minyak atau koran dan segera taburkan daun jeruk hingga kacang tsb dingin dan tidak berminyak. Taburkan kembali irisan bawah putih yg sudah digoreng tadi. Aduk rata, setelah dingin masukan ke dalam toples.
  8. Hasilnya akan terlihat seperti dipanggang di dalam oven karena minyaknya bener2 surut.
  9. Tips jika gagal dalam menggoreng kacang karena hasilnya masih blm renyah atau blm garing, kacang tsb bisa diproses selanjutnya dengan cara dipanggang di dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Hasilnya akan lebih garing dengan sempurna.

Gimana guys,udah tau kan cara membuat kacang tojin.so,selamat mencoba cara membuat kacang tojin dirumah