Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil dan Strategi Dalam Usaha

 Usaha makanan memang tiada matinya. Hal ini membuat persaingan usaha makanan menjadi sangat ketat. Agar bisa bersaing,dengan usaha makanan unik dengan modal kecil kamu haruslah jual berbeda dan unik.

Maka dari itu, simak ide usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa menjadi referensi Anda untuk memulai usaha makanan unik dengan modal kecil.

Makanan menjadi salah satu usaha yang paling umum dan banyak dilakukan orang. Hal ini berkaitan dengan usaha memiliki makanan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.

Usaha makanan tidak akan pernah sepi konsumen dapat diminta jika usaha makanan sifatnya berlangsung karena makanan menjadi kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang.

Selain itu, usaha makanan tidak memerlukan modal yang banyak tetapi untung yang didapat bisa dua kali lipat lebih banyak.

Maka persaingannya akan semakin tinggi. Tak sedikit pengusaha makanan yang mendukung gulung tikar karena tidak bisa bersaing. Karena itu, kompilasi akan menawarkan usaha makanan.

Kamu diharuskan untuk selalu berinovasi dengan ide-ide kreatif sehingga bisa bersaing dan menarik perhatian para calon pembeli.Bagi kamu yang masih bingung mau menjual apa.Anda bisa mecoba usaha makanan unik dengan modal kecil yang dikeluarkan ini.

Sebelum Kita membahas tentang usaha makan unik dengan modal kecil.Kita harus belajar dulu strategi menjalankan usaha makanan dengan modal kecil.dibawah ini.

Strategi Untuk Melakukan Usaha Makanan Unik Dengan Modal Kecil

1.Rajin Bereksperimen dan Berinovasi

Namanya juga usaha makanan, jika kita menyajikan menu yang itu-itu saja, orang pasti akan bosan dan pindah ke yang lain.Apa lagi dengan tambah kompetisi yang sangat ketat.

Oleh karena itu, kamu harus rajin mencoba percobaan mencoba menu makanan milikmu dengan makanan lain sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang baru.

2.Uji Coba Makanan

Setelah mendapatkan menu makanan baru, jangan langsung memasarkannya begitu saja karena kamu harus melakukan uji coba terlebih dahulu.

Dengan memberikan sampel makanan kepada orang-orang terdekat atau pelanggan gratis dan meminta persetujuan dari mereka. Dengan begitu, makanan baru hasil percobaanmu bisa lebih berkembang dan diterima oleh pasar.

3.Promosikan Melalui Media Sosial

Punya anggaran yang terbatas bukan berarti tidak bisa melakukan promosi usaha. Manfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, hingga instagram untuk meningkatkan usaha makanan unik dengan modal kecil milikmu.

Manfaat utama dari promosi di media sosial adalah membuat foto makananmu semenarik mungkin dan memposting di jam-jam tertentu seperti setengah jam sebelum makan siang atau jam pulang kantor.

Jangan lupa untuk memberikan diskon menarik seperti memberikan  cashback  hingga potongan harga agar dapat menggaet calon pelanggan.

Daftar Usaha Makanan Unik Dengan Modal kecil

1. Sosis Kue Gulung Mummy

Sosis Kue Gulung Mummy

Usaha makanan unik dengan modal kecil yang pertama yaitu sosis kue gulung mummy. Jika biasanya sosis di jual dengan cara digoreng atau dibakar tanpa ada tambahan lain.

Sekarang Anda dapat mencoba resep makanan sosis kue gulung mumi sedangkan sosis yang Anda buat akan berbeda dari biasanya.Alat dan bahan yang diperlukan juga sangat mudah untuk diperoleh.

Bahan-Bahan

  • Sosis
  • Tepung Terigu 1/2 kg
  • Telor 1 butir
  • Minyak Goreng
  • Ragi kue 1/4 sth
  • Gula Pasir 1 sth
  • Garam 1/2 sth
  • Udara

Cara Membuat Sosis Mummy

  1. Langkah pertama kita membuat adonan kulit mumi. Campurkan semua bahan kecuali Sosis.
  2. Aduk rata adonan hingga kalis (tidak lengket).
  3. Setelah itu diamkan selama 1 jam sampai mengembang.
  4. Bentuk Adonan menyelimuti Sosis, hingga berbentuk mummy.
  5. Goreng Sosis Mummy hingga berwarna kecoklatan.
  6.  Angkat dan tiriskan.
  7.  Sosis Mummy siap di Sajikan.

2. Bola Ubi

Bola Ubi

Masih dengan makanan yang berjenis gorengan, ada bola ubi yang saat ini sedang  hits  di kelas jajanan anak muda karena harganya sangat terjangkau dan kelezatannya tidak perlu di pertanyakan lagi.

Bola ubi merupakan hasil inovasi dari kuliner ubi goreng yang dibuat dengan bentuk bola-bola jadi terlihat lebih menarik dan mudah disantap.

Untuk rasa, meskipun sama-sama berbasis ubi goreng, tapi bola ubi memiliki citarasa yang sangat berbeda karena teksturnya lebih lembut dan ada bahan campuran di sini.

Kamu bisa menggunakan jenis ubi ungu atau ubi kuning untuk membuat tampilan warnanya jadi lebih cantik dan menambahkan taburan gula halus di atas.

Bahan – Bahan 

  • 700 g ubi jalar
  • 200 g tepung tapioka
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sdm baking powder
  • ½ sdt Royco Kaldu Ayam
  • 400 ml minyak sayur

Bahan Pelengkap

  • Bango Kecap Manis Pedas

Cara Membuat Bola Ubi

  1. Cuci ubi jalar dan kupas kulitnya. Kemudian kukus ubi selama 15 – 20 menit hingga empuk.
  2. Haluskan ubi dengan menggunakan garpu atau hidung belang. Lalu campurkan dengan tepung tapioka, gula pasir, dan baking powder.Jangan lupa Tambahkan Royco Kaldu Ayam.
  3. Aduk dengan tangan sampai tercampur rata dan kalis.
  4. Bentuk ubi hingga bulat dengan menggunakan tangan hingga adonan habis.
  5. Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Goreng bola ubi sambil ditekuk-ditekan agar bagian tengah bola ubi menjadi kopong.
  6. Gorengan hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Bola ubi siap disajikan. Hidangkan dengan Kecap Bango Manis Pedas Gurih.

3.Pisang Bakar Milo

Pisang Bakar Milo

Tren pisang bakar memang sudah lama berlalu, lantas apakah usaha pisang bakar masih laku? Kamu jangan anggap remeh pisang bakar sebelumnya karena dilakukan inovasi.

Maka pisang bakar bisa hadir dengan tampilan dan citarasa yang baru. Terinspirasi dari es kepal milo yang sedang digandrungi para remaja, anak kecil dan orang dewasa, kamu juga bisa memulai usaha pisang bakar milo.

Pisang bakar milo merupakan salah satu pisang yang dibakar hingga matang lalu disajikan bersama susu kental manis atau lelehan cokelat dan pastinya taburan milo bubuk.

Untuk membuat suatu usaha makanan unik dengan modal kecil ini, kamu harus mencari pisang yang memiliki tekstur yang lembut dibakar seperti pisang kepok atau pisang uli.

Agar modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, kamu juga bisa mulai membeli makanan ini secara  online  atau menjualnya di depan rumah.

Bahan-Bahan

  • 2 buah  pisang raja
  • metega (pita biru)
  • Susu kental manis
  • Meises
  • Parut Keju
  • Serbuk milo

Cara Membuat Pisang Bakar Milo

  1. Pisang diBelah dua memanjang, lalu agak dipipihkan
  2. Siapkan teflon di atas kompor dengan api kecil saja dan masukkan mentega sampai cair, lalu masukkan pisang
  3. Panggang pisang sampai kecoklatan dan matang, angkat, tiriskan
  4. Taruh pisang di piring saji, olesi / tuang susu kental manis sesuai selera, taburi meises, parutan keju, milo. Lalu terakhir tuangi lagi susu kental manis. Sajikan!

4.Belalang Goreng

Belalang Goreng

Bagi yang lahirnya sebelum era milenium, camilan belalang goreng menjadi biasa saja. Karena belalang saat ini banyak ditemukan dan bisa mengolahnya sendiri.

Namun sekarang karena kelangkaan belalang, camilan ini menjadi lumayan mahal dan sulit ditemukan.Belalang bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha makanan yang unik dan kreatif.
Tak hanya itu, ternyata belalang goreng juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Banyak nutrisi yang terdapat pada belalang goreng yang sangat baik jika kita konsumsi seperti protein, vitamin, asam lemak esensial, mineral dan juga zat kitosan yang biasanya terdapat pada kulit udang.

Bahan-Bahan

  • Belalang 1 kg
  • Bawanng merah 15 siung
  • Bawang putih 10 siung
  • Gula pasir 250 gr
  • Penyedap rasa ½ sendok makan
  • Garam 4 sendok makan

Cara Memasak Belalang Goreng

  1. Siapkan belalang yang masih fresh dan segar
  2. Lalu tarik kepala belalang sampai putus untuk membersihkan kotoran yang ada di perut belalang supaya terbawa keluar.
  3. Kemudian cabut sayap dan bulu pada punggung belalang supaya bersih.
  4. Setelah itu, bersihkan belalang dengan menggunakan air hangat supaya kotoran yang masih menempel pada belalang terangkat.
  5. Siapkan panci lalu masukan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan ke dalam panci.
  6. Kemudian masukkan belalang, gula pasir, garam, dan penyedap rasa ke dalam panci yang sudah dimasukkan bawang putih dan bawang merah tadi.
  7. Kemudian tuangkan air sebanyak ±2 liter dan rebus belalang selama ±30 menit sampai berwarna kemerahan dan matang.
  8. Setelah belalang berwana kemerahan ,angkat dan tiriskan belalang selama 5 menit kemudian goreng belalang sampai berwarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.
  9. Simpan di dalam wadah atau toples.

5.Steak Tempe

Steak Tempe

Steak zaman now tak hanya berbahan dasar daging. Asal bisa meraciknya dengan sempurna, tahu dantempe pun bisa menjadi steak.

Selain sehat, alami tanpa lemak, steak ini memiliki kandungan gizi tinggi dari kedelai.
Rasanya enggak kalah dengan steak daging. Tak perlu harus beli daging sapi jika ingin makan steak. Kamu juga bisa menikmati steak dari tempe lho. Tak kalah enak dibanding steak beneran dan tentunya tetap kaya gizi.

Bahan-Bahan

  • 300 gr tempe, kukus
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur
  • tepung terigu serba guna secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu Saus

  • 3 sdm saus cabai
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 buah bawang bombay, potong-potong
  • potongan tomat, jika suka

Cara Membuat Steak Tempe

  1. Lumat tempe hingga hancur selagi hangat, haluskan bumbu bawang putih, merica dan garam, aduk hingga rata dengan tempe. Bentuk bulat-bulat pipih adonan tempe.
  2. Kocok lepas telur, celupkan kedalam adonan steak dan gulung di atas tepung terigu serba guna.
  3. Goreng hingga kecokelatan atau matang.
  4. Untuk saus, tumis bawang bombay dan tomat hingga layu,lalu masukkan semua saus biarkan agak meletup-letup, tuang sedikit air dan masak hingga saus mengental.

6. Semangka Goreng

Semangka Goreng

Dari judulnya saja mungkin kita tidak percaya ya tapi ini benar ada lho. Seperti yang Anda ketahui, buah semangka terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi, tapi hal tersebut bukan tidak mungkin buah ini tidak bisa dijadikan makanan yang di goreng.

Jika buah pisang digoreng tentunya biasa saja. Lalu bagaimana jika itu buah semangka? Buah yang memiliki kadar air yang tinggi ini ternyata juga bisa menjadi sebuah gorengan dan menjadi salah satu camilan yang lumayan banyak disukai.

Bahan-Bahan

  •     1 buah semangka tanpa biji
  •     3 cangkir minyak
  •     1/2 cangkir maizena
  •     2 putih telur, kocok
  •     2 sendok teh air
  •     3/4 cangkir tepung
  •     Gula bubuk untuk garnis

Cara Membuat Semangka Goreng

  1. Pertama, potong semangka tanpa biji hingga berbentuk persegi sekitar 2 cm.
  2. Setelah itu, panaskan minyak pada wajan cekung atau deep fryer.
  3. Lalu, kocok putih telur dengan tepung maizena dan air sampai tercampur rata. Masukkan potongan semangka dalam campuran ini.
  4. Gulingkan semangka ke tepung maizena sebelum memasukkannya pada penggorengan.
  5. Goreng hingga berwarna keemasan, angkat, tiriskan.
  6. Terakhir, taburi dengan gula bubuk sebelum disajikan. (hati-hati semangka dapat menjadi sangat panas karena kandungan airnya yang lumayan tinggi)

7. Ramen Burger

Ramen Burger

Jika biasanya orang-orang menjual ramen dengan sajian kuah di mangkuk. Kini anda bisa membuat ide unik dengan menggunakan ramen. Nah, ide tersebut adalah membuat ramen burger.

Makanan ini bisa anda buat dari ramen asli atau bahkan mie instan. Anda bisa mengganti roti yang biasanya ada di burget dengan menggunakan ramen.

Bahan-Bahan

  • 240 g ramen kering, rebus, tiriskan
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sdm minyak sayur
  • 100 g selada rocket
  • 2 batang bawang daun, iris tipis

Partty

  • 500 g daging ayam cincang
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sdm saus teriyaki, siap pakai
  • ¼ sdt merica hitam bubuk
  • 2 sdm minyak sayur
  • Saus teriyaki, panaskan hingga mengental:
  • 4 sdm saus teriyaki, siap pakai
  • ½ sdt tepung maizena,kemudian larutkan dengan 1 sdm air

Cara Membuat Burger Ramen

  1. Aduk rata ramen dan telur. Cetak menggunakan ring cutter diameter 8 cm, tekan-tekan sambil dipadatkan. Bungkus dengan plastik. Simpan di dalam lemari es hingga memadat (15 menit).
  2. Panaskan 2 sdm minyak dalam wajan rata di atas api sedang. Masak ramen sanggul sambil dibalik-balik hingga matang dan kuning kecokelatan. Angkat. Sisihkan.
  3. Patty : Campur daging ayam, telur, saus teriyaki, dan merica. Bagi menjadi 6 bagian. Pipihkan bentuk bulat berdiameter 8 cm.
  4. Panaskan sisa minyak pada wajan datar bergerigi. Panggang  patty  di atas api sedang di kedua sisinya hingga matang. Angkat. Sisihkan.
  5. Penyelesaian: Ambil 1 buah  ramen bun , tata selada di atas. Taruh  patty  di atas selada. Olesi permukaan  patty dengan saus teriyaki kental, taburi bawang daun. Tutup dengan 1 buah  ramen bun . Sajikan hangat.

 8.Es Krim Pisang Coklat

Es Krim Pisang Coklat

Di Indonesia Anda dapat menemukan buah pisang dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Karena pisang buah yang sangat melimpah membuat harga di pasaran relatif murah dan stabil.

Oleh karena itu Anda dapat mencoba ide bisnis makanan unik dengan modal kecil yang dibuat dari pisang. Makanan unik ini adalah es krim pisang.

Bahan-Bahan

  • Pisang ambon matang sebanyak 6 buah, lalu tusuk dengan es krim dan bekukan di freezer selama 1 jam)
  • Coklat bubuk 50 gram
  • 100 gram gula pasir (blender halus) untuk gula yang dapat disesuaikan dengan jenis coklat yang digunakan. Karena coklat bubuk ada macam-macam, ada yang pahit ada yang sedang. Jadi cicipi saja rasa bubuk cokelatnya kompilasi mengaduk cokelat bubuk bersama gula dan minyak. Mohon sesuaikan manisnya dengan selera.
  • Minyak goreng 50 gram

Toping Es Pisang Lapis Coklat

  • Kacang tanah atau kacang mede yang sudah disangrai / goreng lalu cincang kasar secukupnya
  • Meses coklat / meses warna-warni secukupnya
  • Chocochip secukupnya

Cara Membuat Es Pisang Coklat

  1. Panaskan minyak goreng hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam campuran gula dan cokelat ke dalam wadah. aduk setara hingga adonan halus.
  2. Setelah itu celupkan pisang yang sudah dibekukan tadi ke dalam cairan coklat, gulingkan ke dalam toping, lalu taruh di plastik tebal dan bekukan
  3. Es Pisang Coklat Stik beku siap untuk dinikmati.

Itulah usaha makanan unik dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Anda bisa mengembangkan ide lain yang bisa Anda buat sendiri. Dapatkan usaha makanan Anda punya ide yang unik dan menarik.

Konsumen akan tertarik dan penasaran dengan makanan yang Anda jual. Jangan lupa, selain harus unik, buat juga harus punya cita rasa yang lezat. Karena unik saja tidak cukup untuk membuat makanan Anda laris terjual.