Cara Membuat Salad Buah Enak Dan Sehat

Hello gaiss kembali lagi bersama mimin, apakabar kalian semua? semoga dalam kondisi yang baik-baik aja yaaa. Kali ini mimin bakal berbagi tentang cara membuat salad buah enak dan sehat yang pastinya bakal bikin kalian penasaran buat nyobain bikin hihihi.

Salad buah selain lezat dan nikmat, makanan penutup yang satu ini juga mengandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tak ayal buah-buahan yang mengandung banyak serat dan mineral yang menjadi bahan pokoknya. Selain serat dan mineral yang berguna bagi sistem pencernaan tubuh kita, ada juga berbagai vitamin yang berlimpah di dalam resep es buah untuk jualan. Baiklah tanpa basa-basi lagi mari kita menuju resep salad buah.

Cara Buat Salad Buah Enak

1. Resep Salad Buah Creammy

Bahan-bahan:

  • Buah segar sesuai selera kalian
  • Agar-agar atau jelly
  • 1 cup yoghurt
  • 1 sendok makan air jeruk nipis atau perasan lemon
  • 3 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 1 sacshet susu kental manis putih atau krimer
  • 50 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Salad Buah Creammy:

  1. Untuk langkah pertama kali ini sebelumnya kita memilih buah apa saja yang akan kamu jadikan isian saladnya nanti.
  2. Setelah itu kamu harus membersihkan buah-buahan tersebut serta mengupasnya jika buahnya perlu dikupas. Lalu bersihkan kembali dengan air bersih dan tiriskan air cuciannya sampai kering dengan sempurna.
  3. Setelah dikupas dan dicuci, kemudian kamu bisa potong-potong buahnya sesuai seleramu atau kalau admin lebih suka dipotong kecil-kecil agar mudah menyantapnya. Pastikan pisau yang kamu gunakan bersih ya.
  4. Setelah semua buahnya terpotong dan ditaruh dalam wadah, sekarang kita akan membuat sausnya dan inil

Membuat sausnya:

  1. Dalam sajian kali ini kita akan menggunakan wadah saus yang berukuran medium. Kemudian masukkan yoghurt beserta 3 sendok makan mayonaise yang sudah kita siapkan tadi, lalu aduk dengan rata sampai keduanya tercampur.
  2. Bila keduanya sudah rata tercampur, sekarang kita tinggal masukan susu kental manisnya tadi dan aduk kembali sampai merata. Jika kamu menyukai rasa asam-asam segar bisa juga ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.
  3. Setelah semuanya diaduk merata, sekarang giliran parutan lemon yang masuk ke dalam adonan saus nya. Kulit lemon dapat memberikan aroma serta sensasi segar nan lezat. Aduk kembali dengan perlahan sampai semuanya tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan saus yang kita buat tadi ke dalamĀ  wadah yang berisi campuran buah-buahan yang sudah kita siapkan sebelumnya tadi.
  5. Tidak selesai sampai di sini, jika kalian menyukai keju, kita bisa tambahkan keju sebagai opsional serta sentuhan akhir agar salad yang kita buat terlihat hidup.

2. Resep Salad Buah Mozarella

Wahh.. kali ini ada yang berbeda, ngga kayak salad buah pada umumnya. Salad buah yang akan kita buat kali ini menggunakan keju mozarella sebagai sausnya. Kok bisa? penasaran kan? langsung aja ngga pake basa-basi ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 200 ml susu uht(kalo ngga ada susu uht bisa pake ssu lainnya, tapi admin nyarani pakai susu uht)
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 50 gram keju parut atau sesuka kalian
  • 1 sendok makan maizena
  • 6 sendok makan mayonaise
  • 1 mozarella atau sesuka kalian

Cara Membuat Salad Buah Mozarella:

  1. Cuci bersih buah kemudian kupas hingga terlihat menarik dan enak dipandang.
  2. Jika sudah selesai dikupas dan dicuci, potong-potong buah tersebut dengan selera kalian yang penting bentuknya masih bisa diterima.
  3. Selesai dipotong, masukan semua potongan buah-buahan tersebut dalam wadah. Disarankan kalo bisa wadah yang agak cekung.
  4. Setelah buahnya ditata dalam wadah tersebut, sekarang kita beralih ke sausnya.

Membuat saus:

  1. Masukkan susu ke dalam panci kemudian panaskan dengan api kecil, diikuti dengan memasukan 3 sendok gula pasir. Aduk hingga rata.
  2. Setelah susu dan gula pasir merata, kemudian mulai masukkan keju parut dan mayonaise bersamaan. Ingat, tetap gunakan api kecil dan selalu diaduk supaya ngga gosong dan adonannya merata.
  3. Sebelum diangkat, tuangkan maizena sebagai pelengkap.
  4. Kalo dirasa udah cukup, matikan kompor dan tuang adonan tadi ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi.
  5. Nyalakan kembali kompor dan masukkan keju mozarella nya, panaskan sebentar saja sampai setengah meleleh.
  6. Sekiranya udah cukup meleleh, matikan api kompor dan segera tuangkan keju mozarella yang sudah cair tersebut di atas salad nya tadi.

3. Resep Salad Buah Enak Dan Praktis

Bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah pir
  • 1 buah mangga
  • 1/4 buah semangka
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 kg buah anggur
  • 1 bungkus nutrijell
  • 100 gr mayonaise
  • 1 sendok makan susu
  • 100 ml susu kental manis
  • 2 cup yoghurt
  • 1 sendok makan madu

Cara Membuat Salad Buah Enak Dan Praktis:

  1. Cuci bersih semua buah dan kupas lalu potong potong membentuk dadu kecil, kecuai buah anggur dan kiwi dan simpan semuanya dalam lemari es
  2. Campurkan yoghurt, susu kental manis, madu, dan mayonaise ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata. Sesuaikan selera kalian masing-masing
  3. Setelah selesai diaduk, masukkan semua buah yang ad di kulkas tadi ke dalam saus yang udah diaduk
  4. Aduk hingga merata lagi lalu taburkan keju parut sesuai selera dan tutup rapat
  5. Langkah terakhir adalah simpan salad buah ke dalam kulkas selama kurang lebih 3 jam dan siap disajikan

 

Ketiga resep di atas ini berdasarkan dari yang mimin pernah coba dan eksperimenin secara langsung termasuk cara membuat sop buah untuk jualan, dan emang hasilnya bisa banget bersaing sama salad buah yang dijual di luaran sana. Tunggu apalagi? Ayo mulai mencoba!!!