Cara Membuat Kue Basah Tradisional Yang Bikin Kita Ketagihan

Resep Kue Basah Tradisional

Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat kue basah kukus tradisional yang enak dan bikin ketagihan.

Kue adalah camilan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Biasanya kue bercita rasa manis atau ada pula yang gurihdan asin.

Kue biasanya diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.

Kata “kue” berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak dari Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya  dari negara China seperti kue bakpia.

Banyak macam  kue basah adalah kue tradisional Nusantara, sementara itu beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh budaya Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi sekarang dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah menyebar luas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan, termasuk untuk menyebut kue kering , kue pastri , dan kue tart atau bolu.

Kue bisa dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Kue di Indonesia dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering.

Biasanya Kue basah bertekstur lembut, empuk dan tidak  bertahan dalam waktu lama. Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lebih mudah basi.

Kue basah umumnya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Kebanyakan kue tradisional Nusantara adalah kue basah, dan biasanya sering ditemui di pasar tradisional di Indonesia.

Macam –  Macam Resep Kue Basah Tradisional

1. Kue Klepon

 

Klepon merupakan sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Hampir seluruh daerah di Indonesia memilikinya.

Berbentuk bulat dengan warna hijau dan gula merah ditengahnya. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih serta bisa dibuat dari umbi-umbian.

Cara Membuat Resep Kue Basah Kukus Tradisional Klepon Kenyal Tanpa Kapur- Sirih

BAHAN-BAHAN

  • 50 gram tepung beras
  • 250 gram tepung ketan
  • sejumput garam
  • air pandan (hasil blender beberapa helai daun pandan dan air), secukupnya
  • gula aren, disisir secukupnya
  • kelapa setengah tua secukupnya, kupas, parut, lalu kukus 20 menit

CARA MEMBUAT RESEP KUE BASAH KUKUS Tradisional KLEPON KENYAL TANPA KAPUR SIRIH

  1. Campur tepung beras, tepung ketan, garam dan air pandan sampai adonan bisa dibentuk. Jangan sampai terlalu lembek.
  2. Bentuk adonan jadi bulat-bulat, beri isian gula aren secukupnya.
  3. Rebus air hingga mendidih, masukkan bulatan klepon.
  4. Bila klepon sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dengan parutan kelapa.

2. Kue  Bugis ( MENDUT )

 

Makanan yang terbuat dari tepung ketan ini sangat enak rasanya, teksturnya yang sedikit liat dan ada sedikit perlawanan saat mengunyahnya.

Dan semburat manis gurih dari isian kelapanya menambah nikmat kue yang satu ini. Apalagi kalau ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Hmm..nyummy!

Entah darimana nama kue ini diambil, tapi yang saya tahu kue ini menjadi kue khas antaran setiap masyarakat Betawi yang akan melangsungkan pernikahan.

Atau makanan yang sering ditemui saat lebaran tiba. Tiba-tiba saja saya ingin menyelidiki asal muasal nama kue ini.

Kue Bugis, awalnya saya mengira ini kue khas masyarakat Bugis. Tapi ketika saya bertanya kepada teman saya yang kebetulan orang Bugis, ternyata dia malah tidak tahu menahu tentang kue yang satu ini.

Cara Membuat Resep Kue Basah Kukus Tradisional Mendut

BAHAN-BAHAN

  • 500g Tepung ketan
  • 250ml Santan, hangatkan
  • 2sdm Gula pasir
  • 1/4 sdt Garam
  • 5tetes Pewarna hijau
  • 3sdm Minyak goreng
  • 3lembar Daun pisang, potong ukuran 10×10 cm
  • Unti Kelapa:
  • 1/2butir Kelapa, parut
  • 250g Gula merah, serut kasar
  • 2sdm Gula pasir
  • 1/4sdt Garam

CARA MEMBUAT RESEP KUE BASAH Tradisional KUKUS MENDUT :

  1. Unti Kelapa: Masak semua bahan unti kelapa sambil terus diaduk hingga matang, Matikan api lalu biarkan dingin. Bentuk jadi bulat-bulat kecil.
  2. Dalam wadah, campur tepung ketan, gula pasir, dan juga garam. Aduk rata.
  3. Tuang santan, minyak goreng, dan pewarna hijau sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni hingga kalis dan adonan bisa dibentuk.
  4. Ambil selembar daun pisang, lalu beri adonan ketan di tengahnya dan lalu bulatkan. Kerucutkan daun pisang dahulu, lalu beri satu bulatan unti kelapa.
  5. Lipat ujung daun yang tidak kerucut ke arah depan, lalu tarik ke depan daun yang sudah kerucut. Lakukan hal yang sama untuk sisi kanan dan juga kiri daun, hingga mengunci rapi berbentuk kerucut. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Panaskan panci kukusan/dandang. Kukus kue hingga matang dan daun pisang berubah layu dan warnanya menjadi kecoklatan. Angkat.
  7. Siap disajikan.

3. Putu Ayu

 

Kue putu ayu terbuat tepung terigu dan kelapa muda setengah tua yang diparut sebagai bahan utamanya, ditambah telur dan santan serta gula pasir.

Ada juga yang menambahkan vanili sebagai penguat aroma, pasta pandan sebagai pewarna dan kadang juga ada yang menggunakan pewarna alami seperti daun suji.

Kue putu ayu dimatangkan  dengan cara dikukus, dengan memakai pandan wangi pada air kukusannya.

Cara Membuat Resep Kue Basah Kukus Tradisional Putu Ayu

BAHAN BAHAN

  • 200 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 200 gr kelapa parut
  • 200 ml air santan garam secukupnya
  • 1/2 sdt  (pengembang kue)
  • pasta pandan

CARA MEMBUAT RESEP KUE BASAH KUKUS Tradisional PUTU AYU

Toping Parutan Kelapa :
  1. Campurkan kelapa parut dan garam lalu kukus -+10 menit
  2. Olesi cetakan dengan minyak
  3. Isi cetakan kue putu  dengan kelapa parut yang sudah di kukus secukupnya lalu tekan2 padatkan
Adonan :
  1. Mixer dengan kecepatan tinggi telur, gula pasir dan pengembang kue sampai putih mengembang
  2. Masukan garam , tepung terigu dan air santan aduk sampai semua bahan  adonan tercampur rata
  3. Masukan pewarna makanan atau  pasta pandan, aduk kembali sampai tercampur rata
  4.  Siapkan cetakan kue putu  yang sudah di isi dengan kelapa parut tadi dan isi dengan adonan, jangan terlalu penuh cukup 3/4 cetakan nya ajah
  5. Kukus selama -+10 menit dan kukusan sudah di panaskan terlebih dahulu
  6. Sebelum di angkat tes tusuk kue putu terlebih dahulu, tusuk kue dengan lidi bersih kalo tidak lengket tandanya sudah matang
  7. Angkat dan keluarkan dari cetakan
  8. Kue putu ayu siap di sajikan

Terimakasih telah membaca ulasan dari kamu apabila anda ingin mengetahui lebih dalam tentang resep kue basah kukus anda bisa menyimaknya dan juga bisa membacanya di ulasan berikut dengan seksama.

Jangan lupa juga baca dan kunjung resep donat kentang spesial yang enak sekali dan juga sangat lezat bikin anda semua pencita masakan modern yang empuk-empuk ketagihan dan ingin mencobanya kembali.