Cara Membuat Kue Kukus yang Empuk Enak Praktis deh

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue kukus yang empuk dan enak rasanya mudah juga dalam membuatnya. Tentu Sahabat sudah sering melihat kukus di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli kue kukus dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Kue kukus adalah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia. Karena lembut dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah.

Sebelum ke pembahasan yuk kita cari tahu dulu apa manfaa kue untuk tubuh kita.

Manfaat Kue Bagi Tubuh

1. Mengontrol nafsu makan

Kebiasaan ngemil ternyata dapat menghindarkan dari makan yang terlalu berlebih dan banyak. Hal ini karena, camilan membuat perut selalu penuh sehingga nafsu makan yang seharusnya ada akibat perut kosong pun berkurang. Selain itu, ngemil juga dapat mengontrol nafsu makan. Misalnya, dengan ngemil kacang-kacangan, buah atau puding yang kaya akan serat. Makanan kaya serat sendiri sangat bagus untuk ngemil karena bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

2. Meningkatkan kerja otak

Tidak hanya di kala senggang, ketika sedang mengerjakan tugas atau bekerja terkadang kamu akan melakukannya sambil ngemil. Nah kebiasaan ini ternyata mempunyai dampak positif, terutama jika kamu menyantap camilan yang kaya kan protein karena bisa membuat kinerja otak kamu jadi lebih aktif. Camilan yang kamu santap ketika bekerja dapat berubah menjadi energi yang membuat konsentrasi jadi lebih fokus.

3. Membangkitkan mood

Ketika sedang merasa bete atau bad mood, biasanya sebagian orang akan memilih untuk melampiaskannya dengan mengonsumsi camilan. Umumnya camilan yang dipilih adalah makanan-makanan manis seperti kue, permen, cokelat, pancake dan lainnya. Nah ternyata ngemil makanan manis memang dapat membangkitkan mood kamu yang suram. Hal ini karena kandungan gula di dalamnya bisa menimbulkan rasa senang dalam tubuh. Tapi ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan ya.

4. Menjaga gula darah stabil dan normal

Kebiasaan ngemil ternyata dapat membantu kamu mengisi energi serta gula dalam darah ketika kamu sedang melakukan aktivitas berat yang dapat menguras kedua hal tersebut. Kebiasaan ini bahkan dapat membatu para penderita diabetes mellitus untuk menjaga gula darahnya tetap normal. Namun, bagi para penderita diabetes perlu dipastikan dulu bahwa camilan yang dikonsumsi adalah camilan yang sehat dan sebaiknya dikonsultasikan ke ahli gizi dan dokter.

5. Mencegah perut keroncongan

Pada dasarnya, perut harus terisi setiap emapat atau lima jam sekali. Sebab, ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan akan terus bekerja. Tak mengherankan jika kamu akan mendengar suara keroncongan. Nah kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang keras akibat keroncongan. Kamu bisa memakan kudapan sehat pada waktu-waktu tertentu seperti waktu menjelang makan siang serta waktu setelah makan siang menjelang makan malam.

Nah itu dia manfaat kue bagi tubuh banyak juga kan. Tapi semua itu ketika kita makan terlalu banyak tidak bagus juga. Sekarang kita ke pembahasan yuk tentang cara membuat kue kukus yang lembut dan enak. Saya sudah merangkum resep kue yang enak buat Sahabat di rumah yuk buat Sahabat.

Bolu Kukus Pandan Ombre

Bahan-Bahan

Bahan A :

  • 5 butir telur utuh
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdm

Bahan B :

  • 220 gr tepung pro rendah/sedang
  • 30 gr tepung maizena
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • Sejumput garam
  • Ayak menjadi 1 wadah semua bahan, sisihkan

Bahan C :

  • 100 ml minyak sayur
  • 120 ml santan instan
  • 50 ml air/susu cair
  • Campur menjadi satu semua bahan, aduk kembali sebelum dituang
  • Pasta pandan secukupnya
  • Topping: buttercream, keju parut

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pandan Ombre

  1. Panaskan kukusan hingga air mendidih
  2. Gunakan loyang persegi ukuran 20cm dan alasi dengan kertas baking. Oles sekeliling pinggiran loyang dengan minyak/margarine
  3. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi semua bahan A sampai pucat putih dan mengental sekitar 10 menitan (sesuaikan mixer masing-masing)
  4. Setelah adonan mengental, tuang bertahap bahan B dan bahan C secara bergantian, dimulai dari tepung dan diakhiri dengan tepung. Mixer dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata
  5. Bagi dan timbang adonan menjadi 4 bagian sama banyak
  6. 1. 1 wadah adonan + 1/8 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu
  7. 2. 1 wadah adonan + 1/4 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu
  8. 3. 1 wadah adonan + 1/2 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu
  9. 4. 1 wadah adonan + 1 sdt pasta pandan + 1/2 sdt tepung terigu
  10. Untuk tingkat warna sesuaikan sendiri.
  11. Aduk balik masing-masing adonan hingga tercampur rata.
  12. Tuang masing-masing adonan kedalam plastik segitiga (supaya adonan lebih rata saat dituang)
  13. Tuang 1 lapisan adonan kedalam loyang (dimulai dari warna yang lebih tua)
  14. Kukus api sedang lapisan pertama selama 8 menit. Jangan lupa tutup kukusan dibungkus serbet.
  15. Setelah 8 menit buka tutup kukusan dan tuang lapisan kedua, hentakkan loyang, kukus kembali. Lakukan sampai setiap lapisan habis. lapisan terakhir kukus selama 15 menitan.
  16. Setelah matang, keluarkan kue dari kukusan.
  17. Biarkan hingga dingin baru dikeluarkan dari loyang.

Nastar Kukus

Bahan-Bahan

  • 150 gr margarin (aku pake blueband cake & cookies)
  • 2 kuning telur
  • 3 sdm gula halus
  • 200 gr tepung terigu (aku pake cakra kembar)
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdt vanili bubuk
  • Selai nanas
  • 2 nanas madu (ukuran kecil)
  • Secukupnya gula pasir
  • Bahan oles
  • 1 kuning telur
  • Sedikit air/susu putih

Cara Memuat Kue Nastar Kukus

  1. Selai nanas: potong nanas kecil kecil lalu di blender. Masak dengan api sedang hingga air surut. Setelah air hampir surut, tambahkan gula pasir, masak hingga air benar2 surut. Masukkan ke dalam chiller sambil kita membuat adonan nastarnya
  2. Campur margarin, telur dan gula halus hingga rata. Tambahkan tepung terigu, tepung maizena & vanili bubuk. Aduk hingga adonan kalis
  3. Bulatkan adonan lalu ratakan kemudian masukkan isian selai nanas di tengah lalu bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis
  4. Dengan rice cooker: oles dasar rice cooker dgn margarin kemudian tata nastar di atasnya. Panggang selama 15 menit, lalu oles permukaan nastar dgn bahan olesan. Panggang kembali slm 30 menit
  5. Dengan kukusan: cara sama dengan rice cooker – hanya nastar ditata di atas saringan kukusan dan saringan kukusan yg dioles dengan margarin. Pakai api yg paling kecil. Harus selalu dicek utk memastikan tidak gosong.

Nah demikianlah beberapa cara membuat kue kukus semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara membuat kue. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂