Beginilah Cara Membuat Nasi Goreng Yang Simpel

Halo teman-teman, semuanya. sebelumnya kan kita udah membahas tentang cara membuat nasi liwet di magic com. Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat nasi goreng ala rumahan yang simpel dan tentunya rasanya pasti tidak kalah dengan resto.

Di Indonesia sendiri banyak jenis nasi gorengnya. Sudah tahu apa saja jenis nasi goreng yang ada di indonesia? Ingin tahu? sebelum menuju tutorial cara masak nasi goreng, terlebih dahulu kita akan membahas jenis-jenis nasi goreng yang ada di indonesia

Jenis Nasi Goreng di Indonesia

1. Nasi Goreng Jawa

Varian nasi goreng pertama di Indonesia adalah nasi goreng jawa. Nasi goreng jawa ini memiliki rasa yang pedas karena perpaduan sambal. Contoh Nasi Goreng Jawa adalah Nasi Goreng Surabaya yang berwarna merah kecoklatan dengan campuran irisan ayam suwir dan telur dadar.

Ada juga Nasi Goreng Babat Semarang yang dipadukan dengan lauk pauk daging babat dengan warna agak kecoklatan. Nasi Goreng Kampung Yogyakarta yang berwarna merah tua diberi lauk telur mata sapi dan ayam kampung dan terakhir Nasi Goreng Jawa Tengah berwarna merah jambu dengan lauk sayur kol dan suwiran ayam kampung.

2. Nasi Goreng Ikan Asin

Nasi Goreng Ikan Asin merupakan salah satu varian Nasi Goreng yang cukup terkenal di Indonesia karena rasanya yang asin membuat cita rasa nasi goreng semakin nikmat. Rasa asin berasal dari lauk utama yang menggunakan ikan asin.

3. Nasi Goreng Kambing

Varian nasi goreng di Indonesia selanjutnya adalah nasi goreng kambing. Nasi goreng kambing artinya nasi goreng yang diberi potongan daging kambing yang dipotong dadu. Buat kamu yang kurang suka asin, kamu juga bisa menikmati Nasi Goreng Kambing yang berbahan dasar daging kambing sebagai bahan utamanya.

Potongan daging kambing yang dicampur dengan nasi goreng memberikan aroma dan rasa yang khas. Biasanya menu ini dijual di sekitar desa Arab yang menyukai daging kambing.

4. Nasi Goreng Seafood

Nasi goreng biasanya dijual di sekitar pantai karena nasi goreng ini di campur dengan berbagai macam seafood seperti udang, cumi, kepiting dan lain sebagainya. Varian nasi goreng seafood merupakan jenis nasi goreng yang paling banyak dijajakan oleh para pedagang nasi goreng.

Rasanya enak dan gurih bila dicampur dengan berbagai daging ikan laut seperti sotong, daging udang dan beberapa daging ikan lainnya.

5. Nasi Goreng Sunda

Seperti namanya, varian nasi goreng di Indonesia selanjutnya adalah nasi goreng sunda. Nasi goreng ini dibuat oleh orang sunda. Yang unik dari nasi goreng ini adalah warnanya yang kekuningan dan pedas, hal ini dikarenakan adanya penambahan bumbu kunyit dan kunyit.

6. Nasi Goreng Mawut

Varian nasi goreng di Indonesia yang tidak kalah terkenalnya adalah Nasi Goreng Mawut. Memiliki nama yang unik, Nasi Goreng Mawut ini kaya akan lauk pauk karena banyaknya campuran lauk pauk seperti mie, kol, beberapa sayuran hijau, dan suwiran ayam yang digoreng bersama.

Serta penambahan beberapa bumbu dapur untuk memperkuat cita rasa nasi goreng ini. Biasanya Nasi Goreng ini dijajakan di warung Nasi Goreng Jawa.

7. Nasi Goreng Jancuk

Varian nasi goreng terunik di Indonesia adalah Nasi Goreng Jancuk. Nasi goreng ini berasal dari Kota Pahlawan, Surabaya. Nasi Goreng ini memiliki rasa yang super pedas dan porsinya besar, bahkan satu porsinya bisa menampung 4-5 orang.

Nasi gorengnya yang pedas membuat orang yang memakannya berkata kotor (misuh) ala Suroboyoan, yaitu ‘Jancuk’.

8. Nasi Goreng Spesial

Varian nasi goreng yang terakhir dan paling terkenal di Indonesia adalah Nasi Goreng Spesial. Disebut nasi goreng spesial karena nasi goreng ini diperuntukkan bagi orang spesial seperti orang yang menginginkan tambahan campuran yang lengkap. Campurannya berupa omelet, suwir ayam, sosis, seafood dan lain-lain.

Cara Membuat Nasi Goreng Rumahan Yang Simpel

Bahan Bahan Cara Membuat Nasi Goreng Rumahan

  • 3 batang daun bawang
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 1 siung bawang putih
  • Secukupnya garam
  • 1 butir telur
  • Kubis diiris tipis-tipis sesuai selera
  • 1 bungkus mie goreng yang enak
  • untuk mencicipi Nasi

Langkah Cara Memasak Nasi Goreng Rumahan

  1. Rebus mie dalam air mendidih hingga matang lalu tiriskan
  2. Campur mie yang sudah matang dengan bumbu kecuali kuahnya (jangan pake kuahnya)
  3. Haluskan bawang bombay lalu tumis hingga harum
  4. Masukkan telur lalu tumis hingga kering
  5. Tambahkan irisan kubis dan tumis hingga agak layu
  6. Campurkan nasi dan mie yang sudah dicampur dengan bumbu, aduk hingga rata
  7. Tambahkan bumbu dan garam lalu aduk (jangan lupa mencicipi)
  8. Terus aduk nasi goreng hingga semua bahan tercampur rata, lalu angkat
  9. Untuk topping sesuka Anda bisa menggunakan kerupuk, tomat, bawang goreng, ketimun, atau telur goreng.
  10. Nasi goreng siap disajikan

Cara Membuat Nasi Goreng Rumahan Yang Simpel

Gimana … mudah resepnya? oh iya bisa juga mengikuti resep di atas dengan menggunakan rice cooker besar, sesuaikan saja bahannya … Selamat mencoba