Beberapa Cara Membuat Puding Susu Buah yang Bikin Ngiler Kamu

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat puding susu buah dan beberapa manfaat puding susu. Sudah banyak orang yang mengetahui tentang makanan ini dan khasiat yang di hasilkan dari puding tersebut.

Makanan ini tidak sulit untuk di cari, karena sudah banyak orang yang menjual dan membuat puding susu ini. Biasnya makanan ini sering kita temui di saat bulan puasa. Karena makanan ini di jadikan untuk takjil pada saat buka puasa.

Nah, pada kali ini kita tidak hanya membahas caranya saja. Namun saya akan memberi tahu bahan dan manfaat yang di hasilkan dari puding. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu asal mula dari makanan ini.

 

Puding

cara membuat puding susu buah

Makanan yang sering kebanyakan menyebutnya dengan nama puding. Adalah sebutan untuk makanan hidangan sebagai penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang.

Istilah dari makanan puding juga dapat dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Makanan puding pada umumnya, makanan puding dibuat dengan bahan baku seperti susu atau bisa dengan yoghurt, tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Pada umum nya makanan puding seperti ini bisa memiliki rasanya manis dengan menggunakan perisa coklat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan.

Puding yang di buat seperti agar-agar dibuat dengan mencampur bahan bubuk agar-agar bersama susu kental manis dan, tepung maizena, atau telur kocok.

Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Saat ini sudah terdapat tepung puding instan yang memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

 

Macam-Macam Cara Membuat Puding Susu Buah Lezat dan Nikmat

cara membuat puding susu buah

1.Cara Membuat Puding Susu Buah

Bahan-Bahan:

  • Buah-buahan sesuai selera dan jangan lupa di bersihkan dan di potong menjadi beberapa bagian
  • susu cair tawar 800 ml
  • coklat bubuk 20 gr
  • gula pasir sesuai selera masing masing
  • agar-agar bubuk 1 bungkus
  • dark cooking chocolate 100 gr yang sudah di potong menjadi beberapa bagian
  • telur 1 butir (gunakan kuningnya saja)
  • garam 1/8 sdt
  • Air matang secukupnya
  • Panci berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Cetakan puding, sesuai keinginan

Cara Membuat Puding Susu Buah.:

  1. Pertama Siapkan Alat dan bahan yang harus di perlukan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada maka kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan panci yang sudah di isi air secukupnya, panaskan di atas api yang lumayan besar. Beri bubuk agar agar ke dalam panci sambil di aduk
  4. Tambahkan susu cair ke dalamnya, tambahkan juga gula pasir ke dalam panci sesuai selera masing masing. Dan beri telur juga ke dalam untuk mengembangkan bahan, beri sedikit garam juga
  5. Masak kurang lebih 6-8 menit sampai air mendidih dan jangan lupa untuk selalu mengaduk
  6. Jika sudah masukan ke dalam cetakan sesuai keinginan
  7. Tunggu sampai dingin, atau bisa langsung di masukan ke dalam lemari penginin
  8. Lalu puding susu asli siap di sajikan bersama keluarga

 

2.Cara Membuat Puding Susu Buah Campur Vanila

Bahan-Bahan:

  • 800 ml susu yang sudah dicairkan
  •  2 buah kuning telur
  •  1/4 sdt pasta vanila
  • 2 bungkus agar-agar bubuk
  •  125 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Puding Susu Buah Campur Vanila:

  1. Siapkan bahan yang sudah ditentukan diatas
  2. Lalu masukan susu yang sudah dicairkan, agar-agar dan gula secukupnya kedalam panci, lalu rebus. tunggu kurang lebih 3-4 menit.
  3. Ambil sebagian adonan rebusan tadi, lalu campur dengan kuning dari telur. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Kemudian masukkan lagi ke rebusan susu tadi. Beri pasta vanila secukupnya, aduk rata.
  5.  Tuang rebusan tadi ke cetakan puding atau cangkir, tunggu hingga berbentuk beku.
  6. Puding siap disajikan.

 

3.Cara Membuat Puding Susu Buah Spesial

Bahan-Bahan:

  • 1000 ml air
  •  1 sdt vanilla essence
  •  93 gram susu bubuk
  • 12 gram agar-agar powder
  • 30 gram gula
  • 250 gram potongan buah segar

Cara Membuat Puding Susu Spesial:

  1.  Campurkan bahan susu bubuk dengan 675 ml air lalu aduk hingga  rata.
  2.  lalu masukan bubuk agar kedalam sisa air dan aduk. Masukkan gula secukupnya dan esens vanila. Didihkan diatas panci.
  3.  Aduk susu bubuk tadi dengan perlahan lahan. Didihkan di panci dengan api kecil selama kurang lebih 2 menit.
  4.  Atur buah-buahan yang telah di potong-potong ke dalam cetakan.
  5.  Saring campuran puding tadi , dan tuang ke dalam cetakan yang sudah disediakan. Dinginkan sebelum disajikan biar lezat .
  6. Puding susu spesial siap disajikan.

Khasiat Puding Untuk Kesehatan Kita

1.Melancarkan Pencernaan

Kandungan puding yang mencakup serat, sangat bermanfaat bagi pencernaan, yaitu membantu kita membersihkan usus serta memperlancar pencernaan.

2.Bisa Menurunkan Berat Badan

Jika kita merasa lapar namun merasa “terlalu berat” jika harus makan nasi, cobalah puding. Puding merupakan makanan yang cocok untuk menahan rasa lapar karena kandungan seratnya bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk.

3.Atioksidan

Puding yang mengandung ekstrak rumput laut dapat berfungsi sebagai antioksidan, karena klorofil pada ganggang laut dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang membahayakan tubuh.

3.Pencegah Kanker Dan Kardiovaskular

Tanaan rumput laut biasanya dikenal kaya akan banyak manfaatnya, salah satunya sebagai pencegah penyakit kanker. Maka dari itu, makanan puding sangar baik untuk mencegah penyakit kanker.

Selain itu juga tanaman rumput laut juga sangat berguna untuk menyerap kelebihan garam pada tubuh kita dan bisa menurunkan tekanan darah pada penderita penyakit hipertensi.

Cara Mengatasi Puding Tetap Enak Dan Segar

 

1. Kurangi Takaran Air

Makanan puding yang instan dan selalu menyertakan instruksi untuk pembuatan di bagian belakang kemasan makanan. Guna untuk menjaga kekenyalan pada puding untuk lebih lama, kurangi takaran air pada puding yang dianjurkan kemasan.

Misalkan di dalam kemasan puding tertera 400 ml air, maka kurangilah air yang ada dikemasan menjadi 300 ml. Dengan begitu, puding akan tetap kenyal dan terasa tetap segar dan akan menjadi awet.

 

2. Biarkan Dingin Dalam Suhu Ruang

Puding terasa panas disaat proses pembuatan nya. Tetapi jangan langsung untuk memasukkannya dalam kulkas atau menutup cetakannya terlebih dahulu. Jika puding dimasukan kedalam kulkas disaat puding masih panas, maka uap panas puding akan bertemu dengan udara dingin kulkas.

Sama Seperti Hal nya itu dapat menyebabkan perubahan pada suhu dan permukaan bawah kemasan puding dapat berair. Sama halnya apa bila puding langsung ditutup disaat masih panas. maka yang terjadi Uap panas akan berkumpul di bawah penutup dan membuat puding berair.

Untuk mengatasinya gampang, biarkan puding panas mendingin dalam suhu ruang terlebih dahulu. Jika sudah tidak nampak kalo beruap, puding boleh ditutup dengan penutup dan dimasukkan dalam kulkas.

 

3. Simpan Puding Tetap Segar

Ada sebuah trik nih untuk menyimpan puding tetap kenyal tetep segar dan tak berair, yakni buat puding 3 jam yang belum disajikan. Pada umumnya Kesegaran puding hanya bisa  bertahan kurang lebih 2-3 jam setelah dibuat, jika lebih dari itu maka akan kurang segar, lembek, dan berair.

 

Itu lah tadi artikel yang menjelaskan asal usul dari makanan ini, cara membuat puding susu buah dan beberapa khasiat yang di hasilkan dari puding susu ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba:)