Cara Membuat Roti Goreng Enak dan Mudah Mengembang

Saya akan membagikan cara membuat roti goreng mengembang. Tak perlu ditanya lagi roti adalah makanan paling populer di indonesia. mulai dari roti keju, roti coklat ampai dengan roti olahan internasional sudah banyak beredar di indonesia. cara membuatnya yang sangat simpel serta hasil olahan nya yang sangat enak adalah alasan mengapa roti sangat populer di indonesia.

oleh karena itu disini saya membagikan Kumpulan resep masakan roti gorng yang  dapat anda coba di rumah.

Sejarah Awal Mula Roti Goreng

Roti Goreng ini merupakan makanan khas tradisional Indonesia. Biasanya waktu sore hari, roti ini dijual di pinggir jalan dengan cakwe. Isi dari roti goreng sendiri bervariasi, ada yang mengisi coklat, kacang hijau, bahkan tanpa isi. Rasanya gurih, dan empuk. Ternyata roti goreng ini, juga memiliki nama -nama yang unik loh.

Roti yang digoreng ini mempunyai nama yang unik di beberapa daerah. Di Jawa Barat, roti ini dikenal dengan sebutan “Roti Bantal” karena teksturnya lembut seperti bantal. Sedangkan di Jawa Tengah roti ini dikenal dengan sebutan “Roti Bolang Baling”, nah yang terahkir di Jawa Timur roti ini dikenal dengan julukan “Odading”. Sungguh aneh bukan?

Remy Sylado punya etimologi menarik yang bisa anda baca mengenai penamaan “Odading” pada roti tersebut. Kisahnya berawal dari zaman penjajahan belanda, seorang anak belanda bertujuan ingin membeli makanan yang dijual oleh seorang pria di pinggir jalan.

Lantas, anak tersebut menarik baju ibunya dan menunjuk ke arah makanan tersebut agar ibunya mau membelikannya.

Lalu ibu dari anak tersebut memanggil pria yang ditunjuk oleh anaknya. Setelah dibuka dari penutupnya, ia pun berkata, “Oh, Dat Ding.” Mungkin saja artinya “Oalah itu toh”.

Bermula dari perkataan ibu itulah yang menjadikan roti goreng ini dijuluki sebagai Odading. Menarik kan ceritanya. Simak resep berikut tentang cara membuat roti goreng mengembang.

Jenis Jenis Roti Goreng

Selain mengenyangkan dan rasanya yang enak, roti juga memiliki berbagai macam variasi rasa, isian, dan topping. Karena itulah saya tidak pernah bosan dan malah menjadikannya sebagai camilan favorit sebagai bekal atau sekedar penunda lapar.

Bukan hanya jenis roti yang dipanggang menggunakan oven, saya juga suka dengan jenis roti goreng yang garing dan berwarna kecoklatan merata di bagian luarnya. Apa saja jenis roti goreng tersebut? Simak selengkapnya berikut.

Roti Donat

Roti donat

 

Siapa sih yang tidak tahu donat? Camilan yang memiliki bentuk ciri khas lubang di tengah seperti cincin ini begitu digemari oleh kalangan masyarakat. Donat terbuat dari tepung terigu, ragi instant, susu bubuk, air hangat, gula pasir, kuning telur, margarin dan garam.

Terbagi menjadi 2 bagian, bahan-bahan tersebut lalu diaduk dan diuleni sampai kalis, didiamkan selama beberapa saat, dibentuk, lalu digoreng sampai matang. Selanjutnya, anda tinggal menambahkan aneka topping sesuai selera.

Bukan hanya bagian topping atau taburan yang bermacam-macam, anda juga bisa berkreasi dengan bahan dasarnya seperti donat pisang dan donat kentang yang tidak kalah enak.

Roti Goreng Isi Coklat

Jika anda bosan dengan donat, maka roti goreng isi ini bisa jadi pilihan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti goreng isi yaitu tepung terigu protein tinggi, gula pasir, ragi instant, ovalet, garam, mentega tawar, dan campuran kuning telur dengan susu cair.

Berbeda dari donat, roti ini bentuknya bulat dan punya isian lezat di dalamnya. Tekstur roti di bagian luarnya garing namun tetap empuk dengan rasa yang lezat, seperti saus coklat, selai buah, mentega, keju, dan masih banyak lagi.

Roti Goreng Isi Keju

roti goreng isi keju

Bila tidak sempat untuk mengulen sendiri adonan roti, anda bisa memanfaatkan roti tawar yang ada. Tumpukan dua roti tawar dengan isian favorit anda, baik manis atau asin seperti ragout. Celup roti dalam kocokan telur dan balur dengan tepung roti (breadcrumbs) hingga rata, lalu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Roti ini Berbeda dengan roti lainnya tadi yang harus dibuat sendiri mulai dari nol, roti tawar goreng ini lebih praktis dan cepat untuk disajikan.

Roti Cakwe

Cakwe merupakan kue goreng yang terbuat dari campuran tepung terigu, air, dan bahan pengembang. Tidak selalu dinikmati sebagai camilan, kue khas oriental ini juga biasa dijadikan bahan pelengkap menu lainnya, seperti bubur beras. Cakwe juga biasa dinikmati dengan berbagai macam saus seperti saus asam-manis-pedas yang khas.

Roti Bantal

Bisa dibilang roti bantal ini adalah versi manis dari cakwe. Bahan-bahan yang digunakan juga hampir sama dengan bahan cakwe. Perbedaan yang paling kentara adalah rasa gurih dan bentuk segiempatnya yang mirip dengan bantal mini. Rasanya yang manis khas dengan toping biji wijen di bagian atasnya.

Baca Juga : https://www.rumahmesin.com/resep-roti-goreng/

Manfaat dan Khasiat Roti Goreng Bagi Tubuh

Manfaat dan Khasiat Roti Goreng Bagi Tubuh

 

Berbicara tentang roti goreng yang merupakan salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai camilan namun mampu memberikan rasa kenyang yang cukup. Oleh karena itu, sajikan makanan lezat atau cemilan ini untuk keluarga tercinta. Selain itu, ternyata makanan ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Untuk kita yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat roti goreng ini, berikut manfaat:

Meningkatkan kekebalan tubuh

Khasiat roti goreng yang pertama adalah bisa membantu kita di dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa yang ada di dalam makanan roti goreng ini bisa menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan ini juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf kita lho!

Pembentukan otot

Di dalam roti goreng mengandung protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan di dalam menyehatkan serta membantu perkemabangan otot. Jadi, tidak heran jika hingga makanan ini banyak digemari para biragawan sebagai makanan ringan ataupun orang-orang yang suka melakukan fitness maupun olahraga.

Bagus untuk kesehatan tulang

Kandungan yang terdapat pada roti goreng memiliki senyawa vitamin d yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat di dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang jika dipadukan dengan makanan yang memiliki sumber sumber kalsium.

Dapat mengurangi rasa pegal

Ternyata roti goreng mempunyai manfaat untuk kesehatan juga yang dapat menjadi salah satu obat ringan untuk menghilangkan rasa pegal. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam makanan ini telah dipercaya bahwa memiliki peranan untuk mengurangi rasa pegal pada tubuh.

Menjaga tekanan darah dan menghindari tekanan darah tinggi

Jika kita mengalami gangguan pada tekanan darah dan sering mengalami tekanan darah tinggi, ternyata roti goreng juga mampu untuk menjaga tekanan darah kita. Dengan mengonsumsi makanan ini kita bisa menghindari resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Darah tinggi ini bisa muncul dikarenakan beberapa hal ya, bisa karena banyak pikiran, memakan makanan yang memiliki jumlah lemak, serat yang tinggi, dan lainnya.

Meningkatkan fungsi otak

Jika pikiran kita sedang kacau serta tidak bisa konsentrasi mengerjakan sesuatu yang kita kerjakan. Sebaiknya kita mengonsumsi roti goreng. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya  memiliki peranan untuk meningkatkan fungsi otak.

Sehingga kita akan bisa berpikir dengan maksimal. Cocok banget nih buat kamu yang masih pelajar ataupun mahasiswa yang lagi pusing mikirin skripsinya atau pusing mikirin dia yg belum merespon kamu? Ya salam.

Menyembuhkan depresi

Selain bisa meningkatkan fungsi otak roti goreng juga mempunyai berbagai manfaat lain salah satunya, menyembuhkan depresi. Bagi kita yang sering mengalami depresi sangat disaranakan untuk mengonsumsi makanan ini.

Karena zat yang ada di dalam makanan ini dapat membuat kita merasa tenang. Tapi makan nya jangan kebanyakan ya guys! Karena apapun yang berlebihan itu bisa menjadi tidak baik  yaa.

Menjaga kesehatan kulit

Kulit sehat serta bercahaya tentunya menjadi impian semua orang. Ternyata roti goreng ini memiliki manfaat untuk membantu kita di dalam menjaga kesehatan kulit. Senyawa lemak yang ada di dalam makanan ini dapat mencegah jerawat serta bintik-bintik pada kulit. Daripada memakai kosmetik atau obat-obatan yang belum jelas dan kurang alami, mending makan roti goreng aja guys!

Obat untuk osteoporosis dan arthritis

Roti goreng mempunyai nutrisi yang kompleks. Tidak hanya mineral vitamin namun, juga ada nutrisi lain yang membantu memperkuat struktur tulang kita seperti senyawa kalsium. Dengan mengonsumsi makanan ini dalam jumlah cukup dapat mencegah rasa nyeri sendi serta dapat membantu penguatan tulang dan otot. Apalagi kalo minumnya pakai susu, tentu makin kuat tulang kita.

Nah, itulah 10 manfaat dan khasiat roti goreng untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui.

Semoga informasi tentang khasiat makanan ini bermanfaat serta menambah wawasan pengetahuan kita dalam menjaga kesehatan tubuh ya sobat Bread Goreng.

Baca Juga:

Cara Membuat Roti Goreng Mengembang

1. Roti Donat

Bahan :

  • 500 g tepung terigu
  • 100 g gula
  • 1 bungkus ragi instan
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 2 kuning telur
  • 100 g mentega
  • 200 ml susu cair
  • Bahan topping:
  • 800 mentega
  • 1 sdm margarin
  • 200 g halus
  • 2 sdm sirup rasa-rasa
  • 300 ml minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Campur tepung, gula, ragi, baking powder, dan garam. Aduk dengan mixer secara perlahan
  2. Tambahkan kuning telur satu per satu. Terus campur sampai rata
  3. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai tidak lengket
  4. Tambahkan mentega dan aduk sampai kalis. Lalu, tutup dengan kain sampai adonan mengembang
  5. Kempiskan adonan dan buat menjadi beberapa bagian kecil, diamkan sejenak. Lubangi adonan untuk memberikan rongga udara
  6. Panaskan minyak dan goreng donat sampai berwarna keemasan. Angkat, tirisan, dan biarkan sampai sedikit dingin
  7. Pada wadah berbeda, panaskan mentega sampai meleleh. Tambahkan sirup dan aduk-aduk hingga rata dan mengental
  8. Tuang sirup ke atas wadah besar dan aduk-aduk
  9. Celupkan satu bagian donat dan biarkan sampai sirup mengering di atasnya
  10. Nikmati sajian donat manis

2. Roti Goreng Isi Coklat

Bahan :

  • Tepung terigu protein tinggi 250 gram
  • Telur 1 butir
  • Ragi instan 1 sendok teh
  • Gula pasir 50 gram
  • Margarin 30 gram
  • susu bubuk 1 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air 80 cc
  • a Minyak goreng Secukupny untuk menggoreng
  • Tepung roti Secukupnya
  • Coklat meses Secukupnya

Cara membuat roti goreng :

  1. Pertama tuangkan seluruh bahan adonan roti goreng seperti tepung terigu, ragi, telur, garam, gula dan susu, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Lalu berikan sedikit air sambil diuleni hingga rata. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit mentega sambil diuleni agar adonan kalis, pastikan agar adonan tidak lengket ditangan.
  3. Bulatkan adonan lalu ambil wadah lain dan simpan didalamnya, tutupi adonan yang sudah dibentuk menggunakan kain, simpan sekitar 30 menit.
  4. Kempiskan adonan lalu dipotong-potong kemudian timbang masing-masing hingga berat 30 g. lalu bulatkan kembali.
  5. Ambil adonan kecil , kemudian pipihkan dan masukan coklat meses didalamnya lalu bulatkan kembali dan diamkan sekitar 30 menit agar adonan mengembang.
  6. Terakhir, lumuri adonan dengan tepung roti dan goreng roti hingga warnya menguning atau matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Roti goreng isi coklat siap disajikan.

3. Roti Goreng Isi Keju

Bahan :

  • tepung terigu 50 g ( protein sedang )
  • minyak untuk menggoreng
  • kuning telur 2 butir
  • gula bubuk
  • ragi instan1 bungkus
  • tepung terigu 300 g ( protein tinggi )
  • garam 1/2 sdt
  • mentega 75 g
  • air 180 ml
  • keju 150 g ( potong kotak )

Cara membuat roti goreng isi coklat keju

  1. Buat kulitnya terlebih dahulu aduk tepung terigu,  ragi garam, dan juga telur hingga tercamur merata. Tambahkan air sambil di uleni sampai rata.
  2. Masukan bahan mentega sedikit sedikit sambil terus diuleni supaya adonan menjadi kalis serta tak lengket ditangan.
  3. Bulatkan adonan lalu letakan dalam wadah, tutupi dengan menggunakan kain bersih. Diamkan hingga 30 menit supaya adonan mengembang. Kempiskan adonan dan potong dan timbang seberat @30 g. Lalu bulatkan lagi.
  4. Ambil adonan dan pipihkan dan masukan keju lalu bulatkan lagi serta diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang.
  5. Apabila sudah mengembang goreng roti keju sampai berwarna kuning keemasan. Angkat dan bisa tiriskan
  6. Goreng adonan roti keju ke dalam minyak dengan api sedang. Angkat dan tiriskan.

4. Roti Cakwe

Bahan :

  • Tepung terigu 250 gram
  • Air bersih serta matang 240 ml
  • Penyedap rasa sesuaikan
  • Bawang putih 1/2 sendok makan (halus-kan)
  • Garam dapur 1/2 sendok teh
  • Ragi instan atau fermipan 11 gram
  • Gula pasir 1 sendok makan

Bahan yang digunakan untuk membuat Saus:

  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Penyedap rasa sesuaikan
  • Garam dapur sesuaikan
  • Cuka 1 sendok makan
  • Air bersih dan matang 100 ml
  • Cabe merah 2 buah
  • Bawang putih 2 siung

Cara Membuat Cakwe:

  1. Pertama-tama buat saus-nya terlebih dahulu dengan memasukkan gula pasir, penyedap rasa, garam dapur, cabe merah serta bawang putih kedalam cobek.
  2. Kemudian ulek hingga rata dan halus.
  3. Tambahkan cuka, air bersih serta matang ke dalamnya sambil kembali diaduk hingga rata.
  4. Selanjutnya masukan kedalam panci dan rebus sampai mendidih, lalu angkat dan saring dahulu, kemudian disisihkan.
  5. Berikut membuat cakwe-nya dengan cara memasukkan gula pasir dan garam dapur kedalam wadah yang sama kemudian tambahkan air bersih sambil diaduk hingga larut. Disisihkan dahulu.
  6. Masukkan ragi instan, bawang putih yang telah dihaluskan, penyedap rasa serta tepung terigu ke dalam wadah.
  7. Kemudian masukan sedikit demi sedikit gula pasir yang telah dilarutkan serta air bersih dan matang sambil diaduk hingga rata.
  8. Uleni terus hingga adonan benar-benar rata serta kalis.
  9. Jika sudah tutupi adonan menggunakan lap basah selama kurang lebih 20 menit atau sampai adonan mengembang.
  10. Selanjutnya uleni kembali adonan yang telah disisihkan tadi sampai adonan benar-benar kalis.
  11. Lalu tutupi kembali menggunakan lap selama 30 menit atau sampai mengembang kembali.
  12. Selanjutnya ambil adonan yang kalian inginkan atau sesuai selera kemudian giling-giling hingga adonan tipis dan membentuk persegi panjang.
  13. Kemudian tumpuk adonan yang telah digiling dengan adonan yang digiling lagi sambil agak ditekan pada bagian tengahnya dengan menggunakan punggung pisau atau sumpit atau lidi.
  14. Berikutnya panaskan minyak goreng dan goreng cakwe hingga berubah warna menjadi kekuningan serta matang.
  15. Angkat dan tiriskan dahulu.
  16. Lalu sajikan agar lengkap tambah dengan saus yang telah dibuat tadi.

5. Roti bantal

Bahan :

  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk
  • 100 gr kentang matang, haluskan
  • 2 sdm margarin
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdm ragi instan
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • wijen secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • air secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung, gula pasir, ragi, susu bubuk, baking powder dan vanili. Aduk rata. Campurkan kentang, kuning telur, mentega, garam dan ragi instan. Tuang air sedikit demi sedikit hingga jadi adonan kalis. Biarkan adonan kurang lebih 45 menit dan tutup dengan lap basah di atas wadahnya.
  2. Setelah adonan mengembang, tipiskan dan potong-potong sesuai selera. Basahi permukaannya dengan air dan gulung ke dalam wijen
  3. Diamkan adonan yang sudah dibentuk 10 menit lagi agar mengembang. Goreng dalam minyak hingga tenggelam dengan api kecil hingga kecokelatan dan matang. Jangan terlalu sering dibolak balik agar tidak menyerap banyak minyak.
  4. Sajikan.

 

https://lintasusaha.com/cara-membuat-mie-kuah/

Kalian semua juga bisa mempraktikan di rumah. Sehingga kalian bisa membuat roti goreng mengembang. Jadi cukup mudahkan cara membuat roti goreng mengembang  yang kalian inginkan.

Demikian penjelasa saya mengenai cara membuat roti goreng mengembang, apa bila ada salah pengucapan saya mohon maaf, Semoga bermanfaat !!!