Cara Membuat Tahu Walik Yang Cocok Untuk Cemilan Keluarga

Dari pada membeli tahu walik diluar yang belum tentu sehat, lebih baik membuat sendiri dirumah. Saya akan menjelaskan cara membuat  tahu walik yang cocok untuk cemilan keluarga disuasana apa saja, Selain itu tahu adalah olahan dari kedelai yang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita ini.

Definisi Tahu Walik

definisi tahu walik

Tahu Walik adalah makanan khas Jawa Timur paling timur di Kabupaten Banyuwangi, makanan ini adalah olahan dari tahu yang dibalik karena pembuatanya dengan cara dibalik dan dari itu dinamakan tahu walik atau terbalik dan di isi dengan adonan yang beragam karena tahu walik ini sudah banyak dikreasikan.

Biasanya menggunakan tahu kulit yang dibelah menjadi segitiga dan dibalik kemudian diberi isian berupa adonan. Tidak perlu membeli diluar kalian juga bisa membuat resep tahu walik sendiri dirumah.Akan tetapi cemilan lezat ini sudah banyak tersebar diberbagai daerah lainnya seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan daerah lainnya.

Tahu merupahkan olahan dari kedelai pilihan yang dibuat secara manual atau dengan mesin pembuat tahu. Saat lagi santai atau sedang berkumpul dengan keluarga, teman-teman bahkan sama pasanganya makanan ini sangat cocok untuk di sajikan terlebih lagi dijadikan menu utama saat ada acara besar seperti pernikahan atau acara lainnya.

Bahkan tahu walik ini banyak varian dengan berbagai isi – isian yang banyak ditemui disekitar kita. Baca juga : Resep Aneka Gorengan Tahu Yang Lezat dan Nikmat

Cara Membuat Tahu Walik

cara membuat tahu walik

Bahan – bahan :

  • Tahu pong-tahu sumedang-tahu kulit
  • Dada Ayam lembut
  • Tepung kanji/tapioka
  • Telur
  • Bawang merah-haluskan
  • Bawang Putih-haluskan
  • Daun Bawang, potong kecil-kecil
  • Merica Halus/ladaku
  • Kaldu Ayam Bubuk
  • Garam
  • Gula
  • Minyak goreng

Cara Membuat Tahu Walik :

  1. Iris tahu yang sudah disiapkan  jadi 2 bagian buang isian dan balik tahu yang dalam menjadi dilluar dan sebaliknya.
  2. Masukkan semua bahan seperti daging ayam lembut, telur, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, kaldu bubuk, garam dan gula pasir ke wadah . Lalu aduk sampai rata.
  3. Tambahkan tepung kanji dan daun bawang yang sudah disiapkan. Selanjutnya aduk-aduk sampai rata.
  4. Ambil adonan yang selesai dibuat sesudah itu masukkanlah dalam tahu untuk isian, lakukan hingga adonan tak tersisa
  5. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng tahu sampai matang dan krispi.
  6. Kemudian angkat kemudian tiriskan, Tahu walik siap di sajikan

Manfaat Tahu Walik

manfaat tahu walik

Dibawah ini adalah manfaat tahu yang wajib kita ketahui.

1. Mencegah Risiko Kanker

Tahu memiliki antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker berbahaya dalam tubuh. Menurut beberapa para ahli bahwa mengonsumsi Tahu atau olahan kedelai lainnya, termasuk tempe, dengan mengonsumsi tahu dapat menurunkan risiko kanker dalam tumbuh seperti kanker payudara dan kanker prostat.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan protein nabati yang ada di dalam tahu sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan stroke. protein nabati yang terdapat dalam kedelai dapat meningkatkan kadar kolesterol baik bagi tubuh sehingga dapat mengurangi terkena penyakit jantung.

3. Osteoporosis

Kandungan isoplvon yang ada di dalam tahu baik untuk tulang dan juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan risiko keroposnya tulang.

4. Diabetes Tipe 2

Gaya hidup dan Pola makan sehat ditambah mengkonsumsi tahu untuk makanan sehari hari, dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Karena nutrisi dalam tahu dapat mencegah penyakit dalam darah dan mampu menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh membuat tubuh dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

5. Baik Untuk Fungsi Otak dan Kesehatan Kulit

Tahu memiliki kandungan isoplavon yang membuat daya ingatan semakin kuat dan pengaruh baik terhadap fungsi otak. Selain itu, isoplavon juga dapat secara baik buat kulit bisa mengurangi keriput dan meningkatkan kesehatan kulit.

Demikian artikel yang saja jelaskan semoga kalian dapat mencobanya dirumah masing masing. Dan tidak perlu membelinya diluar yang belum tentu sehat.