Cara Membuat Tape Ketan Sedap Banget Anti Gagal

Halo, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang cara membuat tape ketan yang sedap. Berikut ini cara membuat tape ketan yang sedap.

Cara Membuat Tape Ketan

Cara Membuat Tape Ketan

 

Tape ketan adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat beras yang di buat memakai mesin perontok padi. Dalam proses fermentasi tape ketan tahap persiapan pengerjaan, dan fermentasi (pemanasan, inokulasi dengan ragi, dan inkubasi). ketan ini juga bisa untuk membuat resep lupis ketan kukus yang enak.

Merupakan tahap yang sangat penting untuk dijadikan tape ketan dengan mutu baik. Selain menentukan rasanya, hasil dari proses ini juga bisa untuk menentukan komposisi kimia tape ketan.

Tape ketan biasanya memiliki bahan yang lembut, rasa manis, sedikit asam, dan cita rasa yang khas karena mengandung sedikit alkohol. Komponen yang paling utama dalam ketan itu adalah pati, yang dalam keadaan utuh sangat sulit didegradasi dengan zat kimia maupun enzim.

Bahkan, pati yang dimasak dengan air tidak akan mendapatkan perubahan hingga suhu gelatinasinya tercapai. Oleh karena itu, membutuhkan bantuan kuman  untuk mendegradasi komponen pati yang terdapat dalam ketan. Ragi mempunyai berbagai kuman asam laktat yang sangat dibutuhkan untuk fermentasi tape ketan.

Tape ketan biasanya mempunyai keterbatasan pada hal variasi pembuatan. Oleh karena itu bisa nambahkan nilai tambah pada ekonomi dan dapat meningkatkan nilai gizi pada produk tape ketan dilakukan upaya diversifikasi dalam pengolahan tape ketan.

Salah satu tape yang diversifikasi pengolahan tape ketan ini adalah membuat tape ketan dengan
menambahkan warna yang alami yaitu dari sayuran bernama wortel.

Cara Membuat Tape Ketan Berbagai Macam

Bila mau membuat tape ketan hitam ini dari 500 gram beras ketan hitam, kita bisa menambahkan 2 gelas air panas, 2 sdm gula halus, dan 2 butir ragi. Daun pisang juga diperlukan untuk membungkus. Langkah berikutnya langsung simak di bawah ini.

Cara Membuat Tape Ketan Hijau

Cara Membuat Tape Ketan

Tape ketan terbuat dari ketan putih dan difermentasi. Untuk mendapatkan warna menarik, Anda bisa menambahkan pewarna pandan.

Untuk membuatnya sangat mudah.

Bahan :
  • 1 kg beras ketan putih
  • 1 sdt pasta pandan
  • 3 butir ragi tape, dihaluskan
  • 1-2 sdm gula pasir
  • 500 ml air panas
  • Daun jambu air untuk membungkus
Cara Membuat Tape Ketan Hijau:
  1. Cuci bersih ketan hingga benar-benar bersih. Beri selai pandan tadi lalu beri air, aduk-aduk hingga rata. Kemudian, rendam minimal 3 jam atau semalaman. (jumlah air perendam dikira-kira saja, asalkan beras ketan terendam air semua).
  2. Setelah direndam, tiriskan beras ketan. Kukus ketan selama 20 menit. Setelah 20 menit, lalu buka kukusan, pindahkan ketan tadi ke wadah dan tuangi air yang sudah mendidih sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk sampai air terserap semua. Kukus kembali selama 20 menit/hingga matang. Jadi dua kali pengukusan.
  3. Setelah ketan matang, angkat. Siapkan daun pisang yang lebar kemudian taruh ketan di atas daun pisang sambil didinginkan.
  4. Setelah ketan udah dingin, kasih ragi tape memakai saringan teh/saringan untuk menabur gula donat. Taburi hingga permukaan ketan tertutup ragi. Kemudian taburi gula pasir hingga rata. Terakhir, aduk-aduk hingga rata semua tape terbalut ragi dan gula hingga rata. Ketan siap dibungkus.
  5. Ambil daun jambu air tadi lalu cuci bersih dan masak daun jambu cukup 5 menit. Angkat daun, lalu bersihkan dan keringkan.
  6. Ambil satu lembar daun pisang lalu beri ketan 2-5 sendok (2 sdm tiap bungkusan) kemudian bungkus hingga tertutup rapat.
  7. Siapkan wadah yang tertutup rapat, tata bungkusan tape, kemudian tutup rapat. Disimpan di suhu ruangan sampai tiga hari dua malam.
  8. Setelah tiga hari dua malam, tape sudah siap dipanen. Jika ingin tahan lama taruh di kulkas. Siap dinikmati.

Cara Membuat Tape ketan Hitam

Cara Membuat Tape Ketan

Gimana sih cara bikin tape ketan hitam yang sangat manis itu?.. Inilah pertanyaan yang seringkali saya dengarkan dari para Ibu-ibu tetangga. Memang kebanyakan orang banyak yang bisa bikin tape, tapi untuk yang memiliki rasa yang manis dan lembut, sepertinya jarang-jarang yang bisa.

Kenapa demikian?,,, Kalau udah di jawab mungkin banyak kemungkinannya, yaitu bisa jadi karena mau matang menanak beras ketannya, kurang rata peragiannya, kurang atau kebanyakan air, kualitas ragi yang tidak baik, dsb.

Jadi harus sangat teliti dalam melakukan hal seperti dalam resep dengan benar, supaya hasilnya sedap dan banyak menuai pujian.

Bahan:
  • 1/2 kilo beras dulu, jangan banyak-banyak Bu
  • Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  • 2 gelas air bersih
  • Siapkan 2 butir ragi untuk membuat tape sama biasanya
  • gula pasir
Cara Membuat Tape Ketan Hitam:
  1. Beras ketan hitam dicuci dulu sampai bersih betul.
  2. Masukan ke dalam air ketan hitam tadi pada malam sebelumnya supaya gembur, karena jenis beras ketan hitam ini lebih keras.
  3. Jika sesudah direndam pada ke hari berikutnya, ambil dan iriskan.
  4. Setelah mau selesai ditiriskan hampir kesat, masak beras ketan hitam sampai jadi setengah matang. Jika kalian ingin lebih cepat dan mudah, bisa di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah mau matang beras ketan hitam kemudian diangkat dan dikukus.
  5. Sambil menunggu beras ketan dikukus, persiapkanlah air panas sebanyak 2 gelas.
  6. Saat beras ketan yang dimasak tadi sudah mengepulkan uap panasnya, siram bagian atas nya memakai air panas yang 2 gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sambil diaduk-aduk sampai semua beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan menjadi matang.
  7. Jika sesudah matang, angkat beras ketan, lalu taruh kedalam wadah atau nampan yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan tadi yang sudah diratakan dalam nampan tunggu sampai benar-benar menjadi dingin. Sambil nunggu beras dingin, alangkah baiknya menghaluskan raginya.
  8. Ambil wadah yang berukuran sedang, lalu dikasih alas daun pisang yang rapi atau menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah dikasih alas daun pisang, kasih lapisan pertama pada beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi hingga rata.
  9. Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, lalu taburkan ragi lagi dan gula halus. Lakukan tugas ini sampai ketiga, keempat, atau sampai bahan habis.
  10. Siapkan daun pisang untuk membungkus permukaan bakal tape buatan Anda tersebut dengan baik dan benar-benar rapat(bisa menggunakan 2 lapis daun pisang atau ditambah dengan kain serbet yang bersih).
  11. Jika sudah 3 hari hari 2 malam, ketan ini baru boleh di buka. Walaupun sekilas menengok, jangan pernah dibuka sebelum waktunya karena bisa menggangu proses fermentasinya.
  12. Sudah boleh dibuka dan di hidangkan.

Cara Membuat Tape Ketan Merah

Cara Membuat Tape Ketan

tape ketan kali ini sangat menarik karena cara pembuatan nya dengan beras merah. Simak cara pembuatan tape ini.

bahan:

  • Beras Merah
  • Ragi
  • Air

Cara Membuat Tape ketan Merah:

  1. Beras ketan dicuci terlebih dahulu dengan air sampai benar-benar bersih
  2. Lakukan sampai minimal 3 kali pencucian sampai air cucian beras menjadi bening
  3. Rendam beras ketan yang sudah dicuci bersih selama 12 jam
  4. Cuci kembali beras yang sudah direndam supaya tidak bau
  5. Kukus beras ketan sampai setengah matang
  6. Angkat dan masukkan beras setengah matang kedalam baskom
  7. Tuang air panas secukupnya lalu diaduk rata sampai airnya meresap dengan beras
  8. Kukus kembali beras ketan sampai benar-benar matang dan empuk
  9. Angkat lalu ratakan diatas nampan dan diamkan sampai dingin
  10.  Taburi dengan ragi tape yang sudah dihaluskan dan gula pasir pada ketan yang sudah dingin
  11. Simpan atau diamkan ketan selama 2-3 hari untuk proses fermentasi dalam wadah tertutup rapat
  12. Tape ketan hitam (beras merah ) siap untuk dinikmati

Berikut Ini Efek Samping Tape

Semua jenis tape akan memberikan manfaat yang sangat banyak bila dikonsumsi dengan cara dan jumlah yang tidak berlebihan. Namun sebaliknya bila dikonsumsi secara berlebihan maka tape akan menimbulkan berbagai jenis gangguan penyakit. Berikut ini beberapa efek buruk makan tape yang terlalu banyak.

  1. Konsumsi tape yang berlebihan akan membuat perut sakit karena saluran pencernaan yang tidak kuat dengan efek alkohol.
  2. Konsumsi air dari tape yang berlebihan juga bisa menyebabkan keracunan dan mabuk.
  3. Konsumsi tape yang tidak bersih bisa meningkatkan beberapa jenis potensi penyakit yang disebabkan karena bakteri dan virus.
  4. Tape tidak baik bagi anak-anak, balita dan orang dewasa yang menderita penyakit gangguan kekebalan tubuh sehingga konsumsi tape harus dibatasi atau dicegah.
  5. Konsumsi tape secara berlebihan juga akan meningkatkan resiko gangguan pada darah seperti keracunan darah atau penyakit lain.

Itulah cara membuat tape ketan sedap banget anti gatal. Semoga Bermanfaat 🙂