Cara Membuat VCO Sederhana dan Mudah

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat vco sederhana dan mudah. Namun, sebelum kita membahas tentang cara membuat vco secara sederhana, tahukah kamu apa itu vco ?. Simak penjelasannya disini.

Apa Itu VCO ?

Apa Itu VCO ?

Virgin Coconut Oil atau yang biasa disebut dengan minyak kelapa murni adalah minyak yang dibuat dengan cara diekstrak dari kelapa segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi.

Selain itu, hal ini bertujuan agar kandungan alaminya tidak rusak. Maka dari itu, minyak vco berpotensi sebagai antioksidan.

VCO Mengandung senyawa seperti asam laurat, kaprat dan kaplirat dapat menjadi penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat.

Berikut ini cara membuat vco secara sederhana dengan mudah yang bisa kamu praktekkan sendiri dirumah.

Cara Membuat VCO Sederhana dan Mudah

cara membuat vco sederhana

Pada saat pembuatan vco terdapat tiga tahapan utama yaitu, tahap pembuatan santan kelapa, tahap pembuatan vco, dan tahap penyaringan. Berikut ini cara membuat vco sederhana dan mudah.

Tahap Pembuatan Santan

Sebelum pembuatan santan hal yang harus diperhatikan adalah kamu harus memilih kelapa yang sudah tua. Dengan perbandingan kelapa dan air yakni 2,5 butir kelapa diberi air matang sebanyak 1,5 liter.

Kemudian, peras dan saring kelapa sampai menghasilkan santan, masukkan santan yang sudah diperas kedalam wadah atau toples yang transparan dan tutup bagian atasnya.

Biarkan santan selama kurang lebih satu jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu lapisan atas yang disebut dengan krim atau kanil dan lapisan bawah yang berupa air. Lalu, pisahkan air dan krim untuk proses pembuatan vco.

Tahap Pembuatan VCO

Pada tahap ini, setelah diperoleh lapisan atas, langkah selajutnya adalah proses pembuatan vco yang terdiri dari 6 metode yang bisa kamu pilih. Berikut ini beberapa metode pembuatan vco.

  • Metode Pemanasan

Pada tahapan ini harus menggunakan pemanasan yang terkendali dan caranya yaitu, krim yang sudah diperoleh dari santan kemudian dimasak dengan wajan pada suhu sedang 60-75 derajat celcius.

Pastikan untuk menjaga suhu tersebut dan jangan sampai kepanasan, aduk perlahan hingga memperoleh minyak. Apabila sudah diperoleh minyak, matikan api dan pisahkan minyak dari blondo dengan cara di serok.

Dengan menggunakan tahapan ini maka vco yang akan dihasilkan diperoleh dalam waktu yang singkat dibandingkan dengan metode lain.

  • Metode Fermentasi

Membuat vco dengan menggunakan metode fermentasi dimulai dengan menyiapkan krim santan didalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh.

Selanjutnya, aduk campuran tersebut dan tutup toples, lalu biarkan atau inkubasi selama 24 jam. Dengan ini akan menghasilkan 3 lapisan yaitu lapisan atas atau minyak, lapisan tengah atau blondo dan lapisan bawah atau air.

  • Metode Pemancingan

Cara membuat vco menggunakan metode pancingan adalah membuat vco dengan menggunakan minyak vco yang sudah jadi sebagai pemancing untuk terbentuknya minyak yang baru.

Caranya sangat mudah, siapkan krim dan masukkan kedalam toples. Kemudian, tambahkan 1-2 sendok makan vco dan aduk hingga rata. Lalu, tutup toples dan tunggu selama 24 jam.

Maka akan menghasilkan 3 lapisan yaitu, lapisan atas atau minyak, lapisan tengah atau blondo dan lapisan bawah atau air.

  • Metode Enzim Daun Pepaya

Didalam daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa digunakan untuk membuat vco. Pertama kamu harus menyiapkan daun pepaya dan iris kecil-kecil.

Kemudian, campurkan irisan daun pepaya secukupnya dengan krim santan dan masukkan kedalam toples tertutup. Lalu, tunggu hingga 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan, yang berupa minyak, blondo dan air.

  • Metode Enzim Nanas

Enzim bromelain yang terkandung didalam nanas dapat digunakan untuk membuat vco.

Pertama kamu siapkan buah nanas secukupnya dan parut. Setelah diparut, parutan nanas tersebut dicampur dengan krim santan dan taruh di toples tertutup. Diamkan selama 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

  • Metode Asam Cuka

Membuat vco dengan menggunakan metode pengasaman cukup sederhana. Kamu hanya menambahkan asam cuka makanan kedalam krim santan dengan perbandingan 200 ml krim santan dicampur dengan 2 sendok asam cuka.

Setelah dicampur dengan asam cuka, lalu aduk hingga merata dan biarkan selama 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

Tahap Penyaringan

Pada tahapan ini merupakan tahapan terakhir yaitu menyaring vco supaya menjadi lebih jernih, hasil dari pembuatan vco yang terbentuk 3 lapisan kemudian, ambil lapisan atas yang berupa minyak dan kemudian saring.

Proses penyaringan bisa menggunakan karin saring atau kertas saring. Kemudian setelah disaring masukkan kedalam botol tertutup untuk menjaga kualitasnya.

Pastikan kamu untuk menyimpannya didalam kulkas dan terhindar dari sinar matahari.

Manfaat VCO

manfaat vco

  • Membantu Membunuh Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi

Kandungan dari asam lemak dalam VCO hampir 50% kandungan adalah asam laurat. Pada saat asam laurat dicerna asam lemaks sehat ini akan berubah menjadi zat yang biasa disebut monolaurin.

Kandungan asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur.

  • Membantu Mengurangi Frekuensi Kejang Anak

VCO ( Virgin Coconut Oil ) memiliki kandungan MCT yang akan dikirim langsung ke hati untuk diproses lebih lanjut menjadi keton, kemudian dikirim ke otak sebagai sumber energi utama.

Apabila minyak kelapa atau VCO ini dikonsumsi secara rutin dan teratur dibarengi dengan pola diet rendah karbohidrat, saat gilirannya akan membantu meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, dan dapat membantu mengurangi kejadin kejang pada anak.

Khususnya pada anak yang memiliki epilepsi bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan dengan obat-obatan.

  • Membantu Melembapkan Kulit Wajah

VCO memili kandungan vitamin E yang tinggi, dimana kandungan ini sangat berguna untuk membantu melembapkan kulit.

Cobalah anda gunakan VCO sebagai pengganti pelembap kulti komersil yang tersedia di pasar untuk mendapatkan kulit yang indah tanpa sentuhan bahan kimia dan bahkan sering menyebabkan permasalahan pada kulit.

Cara menggunakannya cukup usapkan minyak VCO yang sudah dihangatkan dengan menggosokkannya dikedua telapak tangan anda terlebih dahulu. Kemudian usapkan di wajah anda secara merata lalu bilas.

Jangan ragu, minyak kelapa mampu membantu melembapkan kulit tanpa membuat kulit terlalu berminyak.

  • Sebagai Pelembap Bibir Alami

Mengalami bibir yang pecah-pecah dan kering tak hanya terasa tidak nyaman, namun juga bisa membuat penderitanya mengalami minder karena sangat mengganggu penampilan.

Selain itu, biasanya keluhan bibir pecah-pecah dan kering diatasi dengan memakai pelembap bibir yang biasa dijual di pasaran. Akan tetapi, kalau kamu tidak mau memakai produk tersebut dan menghindari zat kimia cobalah menggunakan minyak VCO.

Apalagi anda tak perlu merasa cemas jika minyak VCO bisa mengatasinya karena sifatnya yang sangat melembapkan jadi salah satu manfaat minyak VCO.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang cara membuat vco sederhana dengan mudah. Apalagi bisa dengan mengetahui cara membuat vco sendiri akan memberikan manfaat untuk kita. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.