Cara Membuat Minyak Goreng dari Kelapa Sawit dengan Mudah dan Manfaatnya

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat minyak goreng dari kelapa sawit dengan mudah. Namun sebelum itu, tahukah kamu apa itu kelapa sawit ?. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Kelapa Sawit ?

Apa itu kelapa sawit ?

Kelapa sawit atau dalam bahasa ilmiah dan latinnya dikenal dengan nama elaeis dari family palmea.

Selain itu, kelapa sawit merupakan salah satu komoditi yang paling banya disukai oleh para pengusaha dibidang perkebunan dan tidak hanya diindonesia, tapi di negara eropa seperti amerika atau negara lain di dunia.

Apalagi dengan adanya tren pembukaan atau perluasan lahan yang notabene dijadikan untuk perkebunan kelapa sawit.

Tapi dampak lain yang dirasakan adalah mengorbankan hutan-hutan dan fungsi dari hutan tersebut yang sangat bermanfaat bagi habitat dan kehidupan makhluk hidup di alam sebagai ekosistemnya.

Terlepas dari kondisi kerugian yang dirasakan, kelapa sawit merupakan salah satu primadona untuk membantu membangun perekonomian.

Hal ini dibuktikan karena kelapa sawit memiliki harga jual atau harga trade global yang cukup menarik dan sangat menguntungkan.

Cara Membuat Minyak Goreng dari Kelapa Sawit

cara membuat minyak goreng dari kelapa sawit

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Buah kelapa sawit.
  • Wajan.
  • Panci.
  • Tungku atau kompor.
  • Alu dan lesung.
  • Botol.
  • Kain katun.
  • Corong.
  • Sendok besar yang cekung atau biasa disebut dengan irus.

Cara Membuat Minyak Goreng dari Kelapa Sawit

  1. Pertama, kupas serabut kelapa sawit dan pecahkan cangkangnya. Lalu, ambil daging buah kelapa sawit tersebut dan kumpulkan dalam panci.
  2. Kemudian, rebus daging buah kelapa sawit yang sudah dikumpulkan didalam air yang mendidih hingga teksturnya menjadi benar-benar lunak. Lama waktu perebusan hingga lebih dari satu jam.
  3. Tuangkan daging buah kelapa sawit yang sudah matang dan bertekstur lembut kedalam lesung. Lalu, tumbuk menggunakan alu hingga teksturnya berubah menjadi seperti bubur atau menjadi halus.
  4. Selanjutnya, bubur kelapa sawit disaring memakai kain katun dan gunanya adalah untuk memisahkan air sari dari ampasnya. Lakukan langkah ini seperti kamu memeras santan kelapa dengan menambahkan air secukupnya.
  5. Setelah proses pemerasan selesai, air hasil perasan direbus hingga mendidih dan jangan lupa untuk diaduk terus menerus. Aduklah air secara teratur supaya santan kelapa sawit tidak pecah.
  6. Kemudian, santan yang sudah mendidih lambat laun akan tampak lapisan minyak goreng berwarna kuning keemasan yang terbentuk diatas santan. Lalu, ambil minyak goreng tersebut menggunakan irus sedikit demi sedikit.
  7. Minyak goreng yang sudah terkumpul kemudian masukkan kedalam botol dengan bantuan corong. Supaya lebih awet kamu bisa vakum terlebih dahulu supaya kedap udara.
  8. Minyak goreng dari kelapa sawit siap untuk digunakan. Simpan minyak ini ditempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari.

Manfaat Minyak Goreng dari Kelapa Sawit

manfaat minyak goreng dari kelapa sawit

  • Membantu Mengatasi Kutu Rambut

Kandungan asam laurat pada minyak goreng kelapa sawit diduga berperan sebagai pembasmi kutu alami.
Selain dapat digunakan untuk mengatasi kutu rambut, minyak goreng kelapa sawit dapat digunakan untuk mengobati kutu rambut pada orang yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan pengobatan kutu rambut.
Dengan cara mengoleskan minyak goreng kelapa sawit pada rambut mungkin efektif untuk menjauhkan kutu, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak goreng kelapa sawit dalam mengobati kutu rambut.
  • Membantu Melembabkan Kulit

Minyak goreng kelapa sawit pun dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak goreng kelapa sawit ini secara rutin setelah mandi.
Memakai minyak kelapa dua kali sehari secara rutin, dapat membantu melembabkan kulit.
  • Membantu Mengatasi Diabetes

Kandungan yang terdapat pada minyak goreng kelapa sawit mampu mengatur resistensi insulin dan membantu menurunkan kadar kolestrol.
Minyak goreng kelapa sawit juga mampu memberikan dampak yang baik bagi penyakit diabetes.
Selain itu, karena jenis lemak pada minyak kelapa adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan minyak goreng kelapa sawit.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Pemakaian minyak goreng kelapa sawit dianggap baik bagi penderita obesitas, dikarenakan kandungan kolestrol yang rendah dibandingkan jenis minyak yang lain.
MCT yang terkandung dalam jenis lemak ini, diperkirakan bisa menurunkan berat badan.
Namun, anda tetap harus membatasi jumlah asupan minyak goreng kelapa sawit agar tidak kelebihan kalori, yang justru akan menyebabkan berat badan naik.
Untuk menurunkan berat badan, tetap dibutuhkan pula pola makan sehat dan olahraga rutin.
  • Membantu Menambah Energi

1 sendok makan minyak kelapa sawit terdapat 120 kcal energi dan 13,6 lemak, hal ini menurut USDA ( United Stated Departement of Agriculture ).

Kandungan beta karoten yang terdapat dalam minyak kelapa sawit sangat baik untuk memulihkan energi dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

  • Membantu Memperbaiki Penglihatan

Kandungan beta karoten dalam minyak kelapa sawit berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, antioksidan dapat mencegah masuknya radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh termasuk sel dalam mata.

  • Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kadar kolestrol baik ( HDL ) dalam minyak kelapa sawit hampir sama dengan kadar kolestrol jahat ( LDL ), dan kolestrol jahat dapat menyebabkan sumbatan pembuluh arteri darah ( aterosklerosis ).

Tetapi, menurut penelitian di american journal of health nutrition, jumlah LDL dan HDL dalam minyak kelapa sawit masih aman bagi jantung dan pembuluh darah dengan penggunaan yang tidak berlebihan.

  • Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Kandungan vitamin E yaitu tokoferol dan tokotrienol dalam minyak kelapa sawit dapat mengurangi kejadian penyakit kronis. Selain itu, tokoferol sendiri mengandung antioksidan yang tinggi.

Artinya, kandungan antioksidan dalam tokoferol dapat menghambat kerusakan sel dalam tubuh dan mengurangi resiko penyakit kanker.

Bahkan, menurut salah satu penelitian dari NIH ( National Institutes of Health ) bahwa tokotrienol mampu melindungi saraf pada otak dan mampu mengurangi resiko penyakit stroke.

Tokotrienol juga mampu memperlancar aliran darah dalam otak, yang mampu mengurangi serangan penyakit alzheimer dan demensia atau kepikunan.

  • Membantu Mendukung Kehamilan yang Sehat

Minyak kelapa sawit mengandung kandungan vitamin A, D, K, dan E yang mampu membantu mengatasi kekurangan vitamin pada ibu hamil dan meningkatkan kesehatan janin bayi.

  • Membantu Menyehatkan Kulit

Perlu diketahui bahwa minyak kelapa sawit sering digunakan untuk bahan baku sampo, kosmetik dan sabun karena bisa menghilangkan minyak dan kotoran pada kulit. Minyak kelapa sawit juga mampu melembapkan kulit.

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam tokofenol dan tokotrienol atau vitamin E mampu membantu mencegah penuaan dini, kini kulitmu menjadi lebih mulus dan lebih kencang.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan cara membuat minyak goreng dari kelapa sawit dengan mudah dan manfaatnya. Artikel yang tak kalah menarik adalah cara membuat vco sederhana dan mudah.

Akan sangat berguna untuk kita yang ingin mengetahui cara membuat minyak vco sendiri selain membuat minyak goreng yang berbahan kelapa sawit ini. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.