Cara Memelihara Bunga Matahari Dengan Baik dan Benar

Setelah anda mengetahui cara menanam bunga matahari dengan benar, perlu anda ketahui selanjutnya adalah bagaimana cara memelihara bunga matahari. Seperti yang kita ketahui, bunga matahari merupakan tanaman hias yang bijinya bisa diolah. Serta tidak banyak diketahui orang jika bunga matahari bisa diolah menjadi sayur sop.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memelihara bunga matahari dengan baik dan benar agar bunga matahari anda tumbuh indah dan kuat. Berikut ini kami rangkum untuk anda.

Cara Memelihara Bunga Matahari Dengan Baik dan Benar

Pemeliharaaan menjadi salah satu bentuk perawatan yang tentu dapat menunjang hasil pertumbuhan bunga matahari. Maka dari itu, bunga matahari yang bisa menghasilkan kualitas bagus tentu harus sesuai juga Teknik perawatannya.

A. Teknik Perawatan Tanaman Bunga Matahari

  1. Jaga kelembapan tanah hingga tunas muncul. Lakukan penyiraman dengan air dengan jarak 7,5-10 cm jauh dari tanaman karena tunas masih kecil dan mudah rapuh hanyut terbawa air jika terlalu dekat dengan tunas bunga matahari.
  2. Disaat tanaman sudah memiliki batang, siramlah bunga matahari dalam kurun waktu seminggu sekali. Selalu pastikan tanaman tercukupi oleh sinar matahari.
  3. Jika di rasa mengganggu pertumbuhan bunga yang lain maka potonglah tanaman bunga agar berkembang dengan maksimal dan rapi serta tidak saling merebut nutrisi dan menularkan penyakit ke tanaman bunga matahari yang masih sehat.

B. Teknik Pemupukan Tanaman Bunga Matahari

Berikut Tahapan Pemupukan Bunga Matahari yang Bisa Anda Terapkan Untuk Bunga Matahari:

  1. Pemupukan pada bunga matahari usia 10 sampai 21 HST maka anda harus memilih pupuk yang tepat, salah satunya untuk menunjang pertumbuhan bunga matahari secara maksimal.
  2. Untuk pemberian pupuk di tujukan pada saat pemiliharaan. Jika di gunakan hanya untuk tanaman hias cukup dengan pemberian Pupuk Organik Cair di sekitar tanaman.
  3. Dengan dosis 8 liter/ha yaitu takaran 500 ml atau setara 2 gelas air yang disemprot secara merata disekitar tanaman bunga matahari didalam lahan terbuka.
  4. Untuk pengaplikasian pada tanaman bunga matahari yang ada di pot, maka anda bisa memberikan Pupuk Organik Cair dengan takaran dosis 5 ml/pot.
  5. Setelah umur 30 HST, anda harus memberikan pupuk cair tambahan dengan dosis 5 kg/ha dengan takaran penggunaan 1 gelas air mineral per tangki dengan cara disemprot secara merata ke sekitar tanaman bunga matahari.
  6. Untuk penggunaan pada tanaman Bungan matahari di pot, maka dosis yang digunakan untuk pupuk cair 25 ml/pot. Kemudian semprot pada sekitaran tanaman didalam pot.

C. Teknik Pengendalian Hama atau Penyakit

Bunga matahari biasanya memiliki musuh alami atau hama yang sering menyerah bunga matahari yaitu burung, siput ataupun serangga lainnya.

Untuk mencegah segala hama yang menyerang tumbuhan bunga matahari yaitu dengan memberi umpan terutama untuk siput agar tidak merusak tanaman. Ketika tanaman bunga matahari sudah tumbuh mencapai tinggi 1 meter lebih baik untuk segera memasang pagar di sekitar tanaman.

Namun anda tidak perlu bingung, serangan hama dan penyakit bisa diminimalisir dengan penggunaan pupuk yang tepat.

Fungsi penggunaan pupuk organik tidak hanya menutrisi pertumbuhan tanaman bunga matahari saja tapi juga memperbaiki kualitas tanah atau lahan yang ditanami.

Cara Panen Bunga Matahari

Waktu Panen adalah Waktu yang Dinantikan Oeh Anda, Berikut Tahapan Memanen Bunga Matahari dan Ciri-ciri Bunga Matahari Siap Panen:

  • Dalam waktu 30-45 hari, bunga matahari akan bertahan dan memiliki ciribagian belakang kepala bunga matahari berubah warna dari hijau menjadi coklat
  • Jika ingin di keringkan tutupi bunga dengan kantung kertas untuk melindungi dari burung. Potong bunga dengan sedikit miring
  • Kemudian gantung kelopak bunga selama berminggu-minggu dan bijinya sudah dapat di ambil cukup di sodok dengan kayu atau dengan jari biji akan rontok dengan mudah

Sekian pembahasan kali ini tentang bagaimana cara memelihara bunga matahari dengan baik dan benar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.