Cara Mudah Memilih AC yang Bagus dan Awet

Service AC Jogja – Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang tips cara memilih AC yang bagus dan awet untuk rumah anda. Saat ini banyak berbagai merk AC yang dijual di pasaran. Setiap merk ini memiliki fitur fitur unggulan dan harga yang bervariasi, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, pasti membuat anda jadi bingung untuk memilihnya. Apalagi jika anda tergolong masih belum berpengalaman dalam membeli AC.

Apakah dalam waktu dekat ini anda akan membeli AC ?. Jika jawabannya iya, tips cara memilih ac yang baik dari artikel saya ini mungkin akan sangat berguna utuk anda.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tips dan cara membeli AC baru yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak usah lama lama, berikut adalah tips cara memilih AC yang bagus  dan awet untuk anda.

Cara Memilih AC yang Bagus dan Awet

cara memilih ac yang bagus dan awet

1. Sesuaikan Ukuran PK dan Luas Ruangan

Anda ingin membeli AC baru ? Sebaiknya sebelum membeli anda harus menyesuaikan ukuran PK AC dengan luar ruangan yang akan dipasangi AC. Kenapa ? Karena ukuran PK yang sesuai akan membuat penyebaran suhu lebih merata.

Jangan sampai ukuran PK lebih besar dari luas ruangan, karena akan membuat ruangan terlalu dingin. Begitu juga sebaliknya. Untuk ruangan berukuran 10 m2 cocok dengan AC ukuran ½ PK, 14 m2 dengan ¾ PK, 18 m2 dengan 1 PK, 24 m2 dengan 1 ½ PK, dan 36 m2 dengan 2 PK.

2. Pilih AC yang Hemat Listrik

Banyak orang mengabaikan spesifikasi daya listrik dari AC yang akan dibeli. Padahal saat ini sudah banyak perusaahan AC yang memproduksi AC dengan fitur hemat listrik.

Kelebihan dari AC ini adalah waku yang diperlukan untuk mendinginkan ruangan dengan singkat dan hanya membutuhkan 30% sumber daya jadi lebih kecil dibandingkan AC biasa. Selain itu, dengan adanya fitur ini maka pengeluaran untuk membayar tagahan listrik anda jadi berkurang,

3. Pilih Jenis AC Sesuai Kebutuhan

Tahukah anda ? Jika AC memiliki jenis yang beragam, mulai dari AC Split, Wndow, Cassette, dan Central.

Jika anda ingin menggunakannya untuk kamar, maka AC tipe split solusinya. Sebab AC split adalah AC yang biasa digunakan untuk rumah tangga. Sebelumnya ada AC Window, namun kini sudah jarang dijual di pasaran.

Untuk AC Cassette biasa digunakan di perkantoran, dengan penempatan di langit langit. Sedangkan AC Central adalah AC yang digunakan di Mall dan hotel, karena bisa dipindah pindah.

4. Fitur yang Memang Anda Butuhkan

Pastikan fitur fitur yang ada pada AC tersebut memang benar benar sesuai dengan kebutuhan anda. Karena percuma jika anda membeli AC mahal dengan fitur yang lengkap tetapi anda tidak pernah menggunakan fitur tersebut.

5. Belilah AC Dari Toko dan Merk Terpercaya

Ketika anda memasuki toko elektronik, pasti anda dibuat bingung dengan banyaknya merk AC yang dijual disana. Tetapi, jika anda sudah menemukan merk yabg cocok dengan anda maka sebaiknya pilih AC dari merk tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa merk memang menjamin kualitas AC, jadi usahakan membeli AC dari merk merk terpercaya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merk terpercaya yang dijual dipasaran, tapi yang terkenal adalah Sharp, Panasonic, Samsung, LG, dan Midea.

6. Sesuai Dengan Budget Anda

Sebelum membeli AC, sebaiknya anda hitung dulu ada berapa uang yang anda miliki. Apakah cukup untuk membeli AC pilihan anda ? Jika belum, bisa dipertimbangkan lagi untuk membeli AC yang lebih murah. Tapi jangan tergiur dengan tawaran harga AC yang sangat murah.

7. Pastikan Kartu Garansi Jelas

Tidak perlu malu untuk menanyakan garansi AC yang akan dibeli kepada si penjual. Karena setiap AC memiliki kartu garansi yang diberikan dari brandnya. Sehingga, jika terjadi kerusakan anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaikinya (sesuai ketentuan yang disepakati).

8. Pilih Desain AC yang Simple

Hal ini sangat saya sarankan, karena dengan desain yang sederhana akan mempermudah anda delam membersihkannya. Sebab semakin datail desain, maka semakin sulit pula AC dibersihkan.


Itulah beberapa tips untuk membeli AC baru yang bagus dan sesuai dengan jebutuhan anda. Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda untuk memilih AC yang bagus dan berkualitas.