Prosedur Perawatan AC Split yang Mudah Kita Lakukan

Prosedur Perawatan AC Split -, Di era zaman sekarang pemanasan global semakin bergejolak dan suhu dalam ruangan semakin tinggi. Serta dengan seiring perjalanan waktu terjadi kebakara lahan yang terjadi karna pengaruh manusianya itu sendiri, apalagi sekarang yang terjadi kebakaran hutan.
Kebakaran hutan itu terjadi karna pemanasan global itu sendiri, polusi udara yang bertambah karena yang mewajibkan manusia memiliki alat kendaraan mobil setiap rumahnya, yang menjadikan macet diperjalanan sehingga pulusi yang semakin besar.
Oleh sebab itu, gak heran kalau setiap rumah memiliki AC yang cukup banyak untuk mendinginkan ruangannya. Tetapi AC tidak akan selalu awet tahan lama. Pasti juga ada kendala entah itu terjad kapan.
Tetapi jangan risau, karena ada tempat service ac jogja yang dengan kualitas yang baik dan unggulan untuk memperbaikinya.

Pada kesempatan kali ini, Admin akan berbagi sedikit tips tentang cara merawat AC. Oke. sebelum kita lanjut, Mungkin ada yang bertanya mengapa AC harus di rawat dan apa keuntungannya ?

prosedur perawatan ac split

Di antara keuntungan mengapa AC harus di rawat atau di service ialah :

  • Supaya AC tetap bekerja dengan sempurna
  • Mencegah kerusakan dini
  • Supaya tagihan listrik Anda tidak terlalu banyak dengan adanya AC, karena apabila AC kotor juga akan memakan daya listrik yang banyak dan kerja kompresor jadi berat.
  • Supaya AC tidak bocor air.

Oke. . langsung saja mari kita simak bareng-bareng tips untuk merawat AC berikut.

Prosedur Perawatan AC Split Sendiri

1. Bersihkan filter atau saringan udara AC

Fiter udara ini terletak pada indoor AC, dan Anda bisa melakukannya ini sendiri. Ambil filter yang ada pada indoor AC dengan cara membuka tutup chasing depan indoor, kemudian cuci dengan sabun, setelah itu keringkan dan pasang kembali apabila filter sudah kering. Anda bisa melakukannya ini minimal 1 minggu sekali, supaya debu atau kotoran yang menempel tidak terlalu tebal.

2. Service cuci AC rutin 3 bulan sekali

Untuk service cuci AC disini di bagi menjadi 2, yaitu Service Unit Indoor ( AC bagian dalam) dan Service Unit Outdoor (AC bagian luar).

  • Service Unit Indoor (AC bagian dalam)

Anda bisa melakukan ini dengan cara membuka chasing atau tutup indoor, kemudian bersihkan evaporator yang ada kisi-kisinya itu dengan menggunakan air bersih. Dan supaya air tidak berceceran, gunakan plastik khusus service AC.

Jangan lupa semprot saluran pembuangan air AC juga, supaya lancar pembuangannya dan tidak terjadi bocor air di kemudian hari.

“Ingat !!! Lakukan ini dengan berhati-hati, jangan sampai air mengenai PCB modul AC”

  • Service Unit Outdoor (AC bagian luar)

Untuk membersihkan unit AC bagian luar Anda tidak peru membongkarnya, cukup Anda semprot dengan air bagian evaporator outdoor tersebut.

Namun, apabila outdoor terlalu kotor parah, Anda bisa membuka tutupnya lalu cuci yang bersih untuk hasil maximal.

Apabila Anda ingin mengerjakan perawatan AC ini sendiri, Anda harus punya motor steam yaitu mesin untuk membersihkan AC tersebut supaya tekanan air benar-benar kencang agar supaya ACnya benar-benar bersih.

Namun, apabila Anda tidak mempunyai alat tersebut, atau Anda ragu untuk melakukan sendiri, Anda bisa memakai jasa service ac jogja yang profesional atau Anda bisa juga memanggil teknisi AC yang sudah handal dan ahlinya untuk merawat AC.

Oke. . sekian dulu untuk tutorial prosedur perawatan ac split dari kami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Dan jika ada yang kurang jelas bisa Anda tanyakan pada kolom komentar di bawah ini.
Terima kasih

Itulah prosedur perawatan ac split agar lebih awet, tapi jika ada kerusakan yang lebih serius bisa aja di service ac jogja yang lebih murah terjangkau siap melayani sesuai dengan kepuasan anda.