Cara Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos Serbaguna

Sampah merupakan benda hasil dari sisa sisa penggunaan manusia.Sampah ini bisa berupa organik atau anorganik,dan semuanya itu dapat memberikan dampak yang berbeda beda sesuai cara manusia tersebut mengolahnya,jika salah dalam cara pengolahan sampah organik atau anorganik maka sampah ini dapat menjadi bencana seperti banjir,dll.Sedangkan jika benar pengolaanya maka akan menghasilkan sesuatu manfaat baru .

 

Cara Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos Serbaguna

 

Maka dari itu pada artikel ini akan berisi cara pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos serbaguna.Sebelum masuk ke cara pengolahanya mari kita ketahui terlebih dahulu tentang pengertian pupuk kompos dan kandungannya.

Anda juga dapat melihat artikel berikut tentang cara mengolah sampah untuk anda lebih memahami tentang arti,manfaat,dan referensi pengolahan sampah lain dari upaya pengolahan sampah .

 

Pengertian Pupuk Kompos

 

Pupuk adalah bahan yang dibutuhkan oleh tanaman baik diperkebunan atau pertanian untuk menyuburkan tanah. Bertujuan agar tanaman menjadi lebih subur dan tidak layu karena unsur hara yang tercukupi.

Sedangkan Kompos adalah pupuk yang dihasilkan atau dibuat dari sisa-sisa mahluk hidup yang sudah mati baik hewan atau tumbuhan yang dibusukkan oleh organisme pengurai. Organisme pengurai  berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme.

Selain Pupuk dan Kompos ada juga yang disebut pengomposan yang berarti proses bahan organik yang mengalami penguraian dengan dibantu oleh bakteri sebagai sumber energinya.

Kandungan Pupuk Kompos

 

Pupuk Kompos memiliki banyak kandungan  yakni unsur hara MAKRO ( N, P, k, Ca, Mg, S ) dan hara MIKRO ( Fe, Cu, Mn, Mo, Zn, Cl, B ).  Namun jika di bandingkan dengan pupuk kimia buatan, kandungan haranya lebih rendah, sehingga diperlukan pupuk kompos yang banyak dalam pengaplikasiannya.

 

Cara Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos

 

Sebelum memulai siapkan wadah yang cukup besar untuk proses pengomposan. Jika ada, pilih wadah yang memiliki tutup, atau Anda bisa juga memakai terpal untuk menutup wadah agar terlindung dari air hujan.Setelah itu berikut ini cara pengolahan sampah organik menjadi kompos :

  1. Lubangi bagian dasar wadah yang akan digunakan untuk proses pengomposan. Lubang-lubang ini berguna sebagai ventilasi udara dan menyalurkan kelebihan air.
  2. Sebelum memulai ,cacah terlebih dahulu bahan bahan sampah organiknyanya(berupa sisa sayuran dan buah dari dapur, potongan rumput, dedaunan hijau dari kebun, dedaunan kering, ranting kecil, sekam,dan Kotoran ternak) ,akan lebih mudah jika menggunakan mesin pencacah kompos,supaya pengkomposan menjadi lebih mudah.
  3. Selanjutnya melakukan pencampuran semua bahan sampah organik.
  4. Siram dengan air hingga kelembapan mencapai sekitar 30%. Tutup wadah secara rapat namun tidak perlu sampai kedap udara.
  5. Tambahkan sampah organik tersebut dari waktu ke waktu dengan komposisi seimbang 1 : 1. Tambahkan air jika perlu untuk menjaga kelembapan.
  6. Jika kompos akan digunakan sebagai media tanam, tambahkan tanah di setiap lapisannya.
  7. Proses pengomposan memakan waktu sekitar dua bulan.
  8. Kompos akan siap ketika warnanya berubah kehitaman dan mudah terurai.
  9. Ayak kompos jika perlu agar hasilnya lebih halus.
  10. Kompos siap diaplikasikan.

 

Manfaat dari Pupuk Kompos

 

  • Mengurangi polusi udara karena pembakaran limbah.
  • Mengurangi kebutuhan lahan untuk penimbunan.
  • Aspek bagi tanah atau tanaman.
  • Meningkatkan kesuburan tanah.
  • Memperbaiki struktur dan karakteristik tanah.
  • Meningkatkan kapasitas serap air tanah.
  • Meningkatkan aktivitas mikroba tanah.
  • Memperbagus kualitas rasa, nilai gizi, dan jumlah panen.
  • Menyediakan hormon dan vitamin pada tanaman.

 

Demikian dari artikel kali ini. Dengan artikel ini semoga kita semua menjadi lebih peduli dengan sampah organik dan tidak selalu memandang buruk sampah serta bisa memanfaatkan potensi dari sampah organik tersebut sehingga dapat memberikan manfaat kembali ke kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel ini.