Cara Perawatan AC Split yang Benar dan Mudah Agar Awet

Service AC Jogja – Halo, kali ini saya akan membahas artikel yang membahas tentang cara perawatan AC Split yang benar supaya AC anda lebih terawat, selalu dingin dan awet.

Saat ini AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia. Terutama yang bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Ini dikarenakan karena iklim yang ada di negara kita adalah iklim tropis.

Jadi tidak menutup kemungkinan setiap rumah kini sudah terinstalasi AC untuk mengusir suhu panas yang melekat di rumah.

Meskipun ada juga kipas angin yang sama sama menghilangkan panas, tetapi AC lebih disukai karena memiliki fitur pendingin ruangan yang tidak dimiliki kipas angin.

Bahkan demi terjaganya suhu yang dingin, AC selalu anda nyalakan sepanjang hari. Tapi. Tahukah anda ? Jika semakin sering AC digunkan maka semakin cepat juga AC akan mengalami kerusakan dan memperpendek umur AC.

Cara Perawatan AC Split yang Benar

cara perawatan ac split yang benar

Tentu anda tidak mau kan jika AC yang kalian gunakan rusak ? apalagi disaat cuaca yang panas panasnya. Nah, agar AC anda awet saya akan membagikan tips nya. Berikut ini adalah cara perawatan AC Split yang benar agar lebih awet :

1. Ketahui PK (Paarde Kracht) AC Sebelum Membeli

Ini adalah hal yang penting jika kalian akan membeli AC. Anda harus mengetahui ukuran ruangan yang akan dipasangi AC. Jangan sampai anda salah perhitungan. Karena jika ruangannya kecil dan AC besar maka akan terlalu dingin.

Begitu juga sebaliknya jika ruangan besar dan AC-nya kecil. Maka akan bekerja teralu keras untuk mendiginkan ruangan, sehingga umur AC tidak akan bertahan lama.

2. Gunakan Fitur Timer

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur timer pada AC. Kalian bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. Kalian bisa menggunkannya ketika mau tidur, agar AC juga dapat beristirahat setelah dinyalakan seharian.

Penggunaan ideal AC adalah 5 jam. Setelah 5 jam pemkaian sebaikanya matikan AC agar dapat istirahat untuk mendinginkan mesin

3. Bersihkan Filter AC

Pembersihan filter AC harus dilakukan secara rutin, minimal 2 bulan sekali. Supaya debu yang menumpuk pada filter tidak mengganggu aliran udara AC.

4. Bersihkan Kumparan AC

Selain membersihkan filter AC, jangan lupa untuk juga selalu membersihkan kumparan AC. Ini karena debu juga sering menumpuk pada bagian ini.

Jika debu dibiarkan menumpuk pada kumparan AC, maka kinerjanya untuk menyerap suhu panas akan terbebani dan menyebabkan korslet pada AC.

5. Cek Kipas

Pastikan kipas masih dalam kondisi baik, jika terjadi kerusakan segera diganti.

6. Periksa Thermostat

Jangan lupa untuk selalu mengecek pengatus suhu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa AC bekerja dengan baik dengan temperatur rungaan tetap stabil.

Jika sedang tidak banyak orang dirumah sebaiknya atur temperatur yang lebih tinggi, atau matikan AC jika tidak orang di ruangan

7. Tutup Ruangan Dengan Rapat

Ketika menyalakan AC, usahakan seluruh ruangan tertutup rapat. Kenapa ? Karena jika ruangan terbuka, maka kompresor AC akan bekerja lebih keras dan bisa mengalami kerusakan.

Dan agar AC terfokus mendinginkan ruangan tersebut dengan lebih cepat, serta merigankan kinerja kompresor.

8. Servis Secara Rutin

Lakukan servis secara rutin pada AC anda. Anda bisa menggunakan jasa layanan servis AC untuk memriksa kelayakan pada AC anda.

And juga tidak perlu pusing untuk mencari jasa pelayanan servis AC. Karena kini selain dari produsen AC, anda juga bisa memesannya secara online maupun di tempat tempat pelayanan servis AC di sekitar anda.


Itulah cara perawatan AC Split dengan benar agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bisa membantu kalian dalam merawat AC.