Franchise Makanan Terlaris dan Populer yang Bisa Anda Coba

franchise makanan terlaris

Usaha franchise atau waralaba adalah usaha yang banyak diminati para pebisnis pemula, karena mudahnya izin mendirikan franchise dan cukup menjanjikan. Seperti yang akan kita bahas yaitu franchise makanan terlaris.

Pasalnya, usaha franchise adalah usaha turunan dari bentuk usaha yang sudah ada sebelumnya, tetap dengan izin penemu usaha, namun dengan mendirikan tempat usaha sendiri.

Pemilik modal cukup menyediakan dana dan lokasi, kemudian bisnis sudah dapat berdiri.

Franchise atau waralaba merupakan salah satu bisnis yang mempunyai peluang lebih besar dan kesuksesannya bisa mencapai 70 persen.

Terutama franchise yang telah memiliki branding cukup dikenal. Dibandingkan jika menggunakan branding sendiri lalu harus melakukan promosi dan pastinya membutuhkan biaya promosi lebih besar.

Saat mencoba memulai usaha franchise, biasanya para pebisnis memilih produk dengan brand awareness tinggi yang telah teruji di pasaran.

Itulah patokan yang harus dijadikan pertimbangan, apakah sebuah franchise layak dipilih atau tidak. Apalagi, orang-orang cenderung membeli produk yang sudah akrab di telinga.

Meski begitu, sebagian orang juga tidak secara otomatis membeli produk hanya dikarenakan mereknya yang terkenal.

Untuk itu, pebisnis franchise tetap harus melakukan upaya-upaya kreatif supaya membuat orang-orang tertarik membeli produk yang ditawarkan.

Franchise di Indonesia saat ini tercatat hampir 2.000 brand dengan 300 di antaranya adalah brand asing. Franchise makanan di Indonesia terus tumbuh dan berkembang.

Salah satu yang melatarbelakangi pertumbuhan ini yaitu paket ekonomi yang digulirkan pemerintah dalam memberikan insentif kemudahan dalam berwirausaha.

Selain itu, adanya dukungan e-commerce yang menawarkan jasa pesan-antar juga memudahkan penggemar kuliner untuk menikmati menu-menu yang ditawarkan pebisnis franchise tanpa harus keluar rumah.

Kehadiran franchise makanan nyaris tak ada matinya. Wajar, mengingat pangan adalah kebutuhan primer, setiap orang pasti butuh makan dan minum tiap hari. Itulah sebabnya bisnis ini digadang-gadang cepat mendatangkan laba.

Franchise Makanan Terlaris yang Bisa Anda Coba

Franchise Makanan Terlaris yang Bisa Anda Coba

1. Franchise Fried Chicken

Yang pertama untuk franchise makanan terlaris adalah fried chicken. Franchise fried chicken atau ayam goreng berada di tingkat pertama sebagai waralaba makanan yang paling banyak diminati orang-orang.

Ayam goreng dengan balutan tepung krispi memang sangat menggugah selera.

Apalagi dengan rasanya yang renyah dan gurih pada balutan tepung yang menyelimuti daging ayam. Makanan yang satu ini mempunyai daya tarik untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Oleh karena itu, walaupun ada banyak variasi makanan baru yang bermunculan, waralaba ayam goreng masih tetap bertahan dan seolah tidak terpengaruh.

Memang untuk bergabung dengan franchise makanan tersebut Anda harus memiliki tempat usaha sebagai tempat makan untuk para pelanggan.

Paket kemitraan tersebut biasanya hanya membantu Anda untuk mengatur desain dan layout gerai ayam goreng Anda.

2. Franchise Bakso

Franchise makanan terlaris yang kedua adalah bakso. Ini adalah menu yang sudah familiar di lidah dan termasuk makanan yang sudah sangat merakyat.

Kemanapun Anda pergi, pasti Anda dapat menjumpai pedagang bakso, mulai dari di stasiun, terminal, sekolah, dan sudah banyak juga bermunculan di mall.

Bahkan ketika Anda sedang enggan bepergian, biasanya ada penjual bakso keliling yang lewat di depan rumah Anda.

Sama seperti ayam goreng, pecinta bakso berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sangat menyukai makanan berkuah gurih dan segar ini.

Apalagi bakso juga termasuk makanan yang harganya masih bersahabat sehingga siapa saja bisa menjangkaunya dengan mudah.

Mungkin karena popularitas bakso yang tinggi tersebut banyak franchise bakso yang berhasil mempunyai puluhan cabang di berbagai kota di Indonesia seperti bakso malang, bakso granat, dan masih banyak lagi.

3. Franchise Burger

Franchise makanan terlaris yang ketiga adalah burger. Walaupun bukan termasuk makanan asli dari Indonesia, hamburger/burger termasuk salah satu makanan yang banyak diminati oleh para penggemar kuliner di tanah air.

Oleh sebab itu, franchise burger termasuk jenis waralaba yang sangat laris di Indonesia. Peluang usaha burger juga tidak pernah surut.

Ada yang hadir dengan mengusung konsep buger ala kaki lima sampai sajian burger ala restoran. Setiap pengusaha burger telah mencoba untuk menghadirkan kekhasan dari tiap sajian burger yang mereka tawarkan.

Sudah ada beberapa franchise burger yang populer di Indonesia seperti Mister Buger dan Big Burger.

4. Franchise Es Krim

Franchise makanan terlaris yang keempat adalah es krim. Siapapun pasti tidak akan menolak kelezatan yang ditawarkan oleh es krim.

Makanan dingin berbasis susu dengan citarasa yang lembut ini memang sangat disukai oleh berbagai kalangan baik anak-anak ataupun orang dewasa.

Makanan tersebut terbuat dari krim susu yang ditambah dengan bahan pemanis serta aneka rasa sehingga menghadirkan banyak varian es krim dengan citarasa yang lezat.

Potensi pasar bisnis es krim yang cukup besar nampaknya membuat para pengusaha tertarik untuk membuka waralaba es krim.

Saat ini sudah ada banyak franchise es krim yang terkenal seperti Manda Ice Cream. Selain itu, ada juga franchise yang khusus menyediakan es krim cone.

Dari Korea, ada franchise Jeju Ice Cream yang biasa ditemui di mall. Untuk yang unik, kini juga sudah ada franchise es krim pot dengan bentuk yang sangat menarik.

5. Franchise Kebab

Franchise makanan terlaris yang kelima adalah kebab. Sama seperti burger, walaupun bukan termasuk makanan asli dari Indonesia, franchise kebab juga banyak diminati di Indonesia.

Kebab itu sendiri merupakan jajanan khas Timur Tengah yang menggunakan olahan daging baik daging sapi, ayam, ataupun kambing.

Jajanan ini mempunyai citarasa yang lezat dan dapat diterima oleh masyarakat di Indonesia. Oleh sebab itu, franchise kebab sampai saat ini masih menjanjikan prospek yang besar.

Ada banyak pilihan merek waralaba kebab yang ditawarkan. Salah satu brand franchise yang sudah terkenal adalah Kebab Baba Rafi.

6. Franchise Martabak

Franchise makanan terlaris yang keenam adalah martabak. Martabak adalah makanan lokal yang sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Jadi ini bukan termasuk jenis makanan baru.

Anda dapat dengan mudah menjumpai pedagang martabak di mana saja. Walaupun pemain dalam bisnis martabak saat ini sudah cukup banyak, peluang usaha martabak masih tetap terbuka lebar.

Apalagi kehadiran franchise martabak kekinian dengan aneka pilihan rasa yang enak menjadikan franchise tersebut berbeda dengan martabak–martabak yang dijual oleh pedagang di pinggir jalan.

Franchise martabak yang ada kini telah hadir dengan varian yang lebih modern dan menarik sehingga secara tidak langsung juga telah ikut meningkatkan level makanan yang  satu ini.

7. Franchise Takoyaki

Franchise makanan terlaris di tanah air yang terakhir adalah takoyaki. Walaupun makanan ini berasal dari Jepang dan tergolong baru bagi masyarakat Indonesia, namun rasanya yang lezat membuat jajanan ini semakin banyak diminati.

Anda bisa menemukan franchise takoyaki dengan mudah di berbagai tempat. Citarasanya yang gurih menjadikan makanan ini sesuai dengan selera lidah masyarakat di Indonesia.

Selain itu, makanan ini juga disukai oleh berbagai tingkatan usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Walaupun sudah hadir selama beberapa tahun, usaha franchise takoyaki masih memiliki banyak peminat dan justru peminatnya semakin banyak.

 

Sekarang mari kita simak franchise makanan terlaris di Indonesia yang masih berdiri hingga sekarang.

Franchise Makanan Terlaris di Indonesia yang Masih Berdiri Hingga Sekarang

Franchise Makanan Terlaris di Indonesia yang Masih Berdiri Hingga Sekarang

1. Kebab Baba Rafi

Franchise makanan terlaris yang satu ini sudah sangat terkenal. Kamu pun pasti pernah melihat gerobak yang bertuliskan Kebab Baba Rafi ketika sedang di jalan.

Kebab Baba Rafi bisa dibilang termasuk salah satu franchise makanan yang  sudah sukses besar dan paling lama bertahan.

Dimulai dari tahun 2005 dan masih menawarkan sistem waralaba hingga sekarang, Kebab Baba Rafi sudah melebarkan sayapnya. Tidak cuma di seluruh wilayah Indonesia, tapi sampai ke Malaysia dan Filipina.

Dari sini saja sudah bisa ditarik kesimpulan betapa populernya franchise makanan ini.

Jika ingin bermitra dengan Kebab Baba Rafi, kamu cukup sediakan uang mulai dari Rp 75 juta.

Dengan modal sebesar itu, kamu bakal dapat kedai dari model gerobak hingga kontainer, mendapat karyawan, bahkan bakal dicarikan lokasi tempat jualan.

Soal pendapatan, dalam website-nya, Kebab Baba Rafi per harinya bisa menghasilkan Rp 650 ribu. Ini berarti dalam sebulan omsetnya bisa sampai Rp 19,5 juta.

2. Sabana Fried Chicken

Kamu yang sangat suka makan ayam goreng tentu saja tahu franchise makanan yang satu ini. Rasa ayamnya yang dibilang mirip-mirip KFC bikin Sabana Fried Chicken mempunyai penggemar setia sendiri.

Apalagi harga ayam goreng yang ditawarkan terbilang murah. Bayar Rp 15 ribu aja, kamu sudah dapat paket ayam plus nasi.

Untuk beli franchise ini, dibutuhkan modal sebesar Rp 16,7 juta. Selama tiga bulan pertama pihak Sabana akan memantau perkembangan usaha kamu alias diasisteni.

Jika sukses, dalam satu bulan kamu bisa mengantongi omset hingga Rp 20 juta.

3. Martabak San Fransisco

Martabak ini asli dibuat oleh orang Indonesia, meski namanya kebarat-baratan. Dan yang lebih menarik lagi, Martabak San Fransisco sudah ada sejak dulu yaitu sejak tahun 1965.

Bermula di kota Bandung, Martabak San Fransisco kini udah tersebar di wilayah Jabodetabek, bahkan hingga beberapa kota besar di Sumatera.

Nilai investasi di franchise satu ini lumayan besar. Kalau ingin bermitra dengan Martabak San Fransisco, kamu mesti siapkan modal mulai dari Rp 90 juta.

Namun meski begitu balik modalnya cepat. Dalam sebulan, omzet yang diraup Martabak San Fransisco bisa mencapai Rp 30 juta. Itu artinya cuma butuh tiga bulan untuk balik modal.

4. Pecel Lele Lela

Makan pecel lele nikmatnya emang bukan main. Makanan yang cuma ada di malam hari ini sekarang bisa kamu nikmati di siang hari, tapi makannya di Pecel Lele Lela.

Pecel Lele Lela sudah ada sejak tahun 2006 dan masih eksis hingga sekarang dengan cabang mencapai 100 cabang.

Konsep yang dibawa franchise makanan yang khas dengan warna hijau ini adalah membawa sajian lele naik level dari makanan pinggir jalan menjadi sajian restoran.

Menu yang disajikan Pecel Lele Lela bervariasi, mulai dari sajian dengan olahan lele, olahan ayam, hingga olahan bebek.

Modal yang harus disediakan untuk memiliki franchise makanan ini cukup besar, yaitu sekitar Rp 500-600 juta.

5. Tahu Jeletot Taisi

Didirikan pada 2012, Tahu Jeletot Taisi kini udah memiliki lebih dari 200 gerai yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Surabaya, Tangerang, dan Bekasi.

Soal omset, dijamin kamu bakal untung. Dalam sebulan, satu gerai Tahu Jeletot Taisi menghasilkan omset hingga Rp 24-45 juta.

Diperkirakan modal kamu akan balik dalam waktu sekitar 8-12 bulan.

Sementara paket kemitraannya mulai dari Rp 20 juta, Rp 49 juta, hingga Rp 55 juta. Malah ada yang mencapai Rp 250 juta untuk kemitraan master franchise.

Modal tersebut udah mencakup kerja sama selama lima tahun, booth, peralatan usaha, survei lokasi, pelatihan karyawan, promosi, dan bahan baku.

6. Bakso Benhil

Kalau kamu satu dari sekian banyak penggemar bakso, pasti kamu tahu franchise yang namanya Bakso Benhil.

Bakso Benhil mulai ada sejak 2011. Satu tahun kemudian, Bakso Benhil membuka peluang kemitraan untuk siapa saja yang ingin mengembangkan usaha.

Untuk buka usaha Bakso Benhil, modalnya tidak terlalu besar. Cukup Rp 4 juta saja, kamu sudah bisa memiliki franchise makanan ini. Dijamin balik modalnya cepat.

Strategi Jitu Untuk Memulai Bisnis Franchise Makanan

Strategi Jitu Untuk Memulai Bisnis Franchise Makanan

1. Pikirkan Ide yang Spektakuler 

Pikirkanlah ide secara matang sebelum anda memulainya. Misalkan anda ingin membuka sebuah usaha franchise dibidang kuliner makanan ringan yang beda dari yang lain menggunakan bahan paling murah seperti singkong atau ubi lainnya.

Dengan begitu secara tidak langsung anda sudah mempromosikan makanan tradisional kepada masyarakat yang sekarang ini kebanyakan sudah tidak mengenal lagi makanan seperti itu.

Ini merupakan nilai plus bagi anda. Buatlah sebuah konsep usaha yang benar-benar menarik serta dinamis, maka dengan itu usaha anda akan terwujud.

Setelah memikirkan jenis usahanya, jadi berikutnya anda tentukan nama dari produk anda.

Carilah nama produk yang bisa dengan mudah dikenal oleh masyarakat umum. Jangan terlalu sulit untuk di eja dan gunakan bahasa yang ringan atau bahkan bahasa gaul pun juga bisa.

Usaha seperti ini sedang menjadi trend di Indonesia, selain mudah ternyata juga cukup potensial dan menghasilkan.

2. Persiapkan Packaging yang Keren Sesuai dengan Brand

Setelah semua mengenai produk telah clear, maka langkah selanjutnya adalah anda menentukan kemasan yang menarik pula untuk memikat konsumen.

Dengan ini usaha anda akan semakin berkembang karena dirasa unik oleh masyarakat. Setelah itu ciptakan cita rasa yang cocok dilidah masyarakat Indonesia. Setelah semuanya beres kemudian anda tinggal memasarkan.

Sebuah makanan atau produk apapun yang jika djual tanpa kemasan maka akan menurunkan minat masyarakat bahkan bisa membuat mereka kecewa, karena dirasa kurang higienis.

Sebaiknya kemasan yang anda buat janganlah monoton, maka buatlah kemasan yang semenarik mungkin dan juga multi fungsi.

Maksudnya adalah selain dapat melindungi makanan dari kotoran dapat berguna juga sebagai sarana promosi.

Berilah warna kemasan yang bisa mempengaruhi konsumen. Karena setiap warna memiliki filosofi tersendiri.

Lebih disarankan memilih warna yang ketika dilihat sudah langsung memberikan efek atau pengaruh bagi konsumen.

Dikarenakan saat ini konsumen sangatlah pemilih dalam hal membeli sesuatu, mereka akan sangat memperhatikan produk tersebut sampai ke detailnya. Inilah mengapa pentingnya sebuah kemasan bagi suatu produk.

3. Analisa Pasar untuk Mengetahui Minat Konsumen

Ketahuilah segmentasi pasar, karena hal ini ditujukan untuk kesuksesan usaha franchise anda untuk kedepannya.

Untuk bisa mengenali segmentasi pasar maka anda memerlukan riset atau survey terlebih dahulu secara langsung di lapangan.

Jangan terburu untuk memutuskan pilihan sebelum riset anda benar-benar mendalam seperti sesuaikan usaha yang ingin anda buka denga modal yang dimiliki tanpa harus melakukan pinjaman modal usaha jika belum siap dengan pengembaliannya.

Tidak perlu menggebu-gebu untuk memiliki usaha dengan modal yang besar namun belum bisa memastikan profitnya.

Minimal ketika anda ingin memulai sebuah usaha franchise makanan harus bisa menentukan lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan sosial ekonomi lingkungannya.

Sekian artikel tentang franchise makanan terlaris yang bisa penulis lintas usaha berikan. Jika berkenan, silahkan dicek juga resep kacang mede goreng yang mudah dan enak. Semoga bermanfaat.