Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kulit Wajah dan Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

manfaat minyak kelapa untuk kulit wajah

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan manfaat minyak kelapa untuk kulit wajah dan kecantikan. Namun sebelum itu, tahukah kamu apa itu minyak kelapa ?. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Minyak Kelapa ?

apa itu minyak kelapa ?

Terdapat banyak sekali bahan alami yang ada disekitar kita, salah satunya adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa merupakan minyak yang terdiri dari bahan-bahan alami yang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam minyak kelapa sering kali membuat kita khawatir. Namun, perlu diketahui bahwa kandungan lemak jenuh ini berjenis MCT ( Medium Chains Triglycerides ).

Dimana jenis lemak jenuh ini akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi, bahkan minyak kelapa juga mengandung kandugan asam laurat.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kulit Wajah

minyak kelapa untuk kulit wajah

  • Minyak Kelapa Mampu Membantu Menghilangkan Noda Hitam

Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa mampu membantu menyamarkan bekas jerawat, noda bekas luka hingga noda hitam tanda penuaan dini.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu cukup mengoleskan minyak kelapa di atas noda hitam diwajah atau daerah kulit kamu yang lain dengan rutin dan teratur. Maka, noda hitam yang ada diwajah kamu akanĀ  berangsur menghilang.

  • Minyak Kelapa Sebagai Scrub Alami

Perlu diketahui, bahwa minyak kelapa mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada diwajah kamu dan kulit kamu akan terlihat lebih cerah dan lembut.

Cara menggunkannya sangat mudah, tambahkan bubuk kopi kedalam minyak kelapa, kemudian gunakan minyak kelapa seperti saat kamu menggunakan produk scrub pada umumnya.

  • Minyak Kelapa Sebagai Pelembap Alami

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering, maka dari itu cobalah untuk menggunakan minyak kelapa sebagai pelembap alami kamu.

Cukup oleskan minyak kelapa keseluruh permukaan kulit kamu yang kering sembari dipijat dengan lembut.

Dengan pijatan ini selain membuat tubuh kamu sedikit rileks, dengan pijatan ini mampu membantu minyak kelapa menyerap kedalam kulit kamu dengan maksimal.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa minyak kelapa sudah benar-benar kering dan meresap kedalam kulit kamu sebelum kamu berpakaian, supaya tidak ada noda bekas minyak yang menempel di pakaian kamu.

  • Minyak Kelapa Membantu Meremajakan Kulit

Untuk menghilangkan kerutan manja diarea sekitar mata, sekarang kamu tidak harus mengeluarkan uang yang cukup banyak lagi. Cukup gunakan serum yang terbuat dari minyak kelapa dan air bunga mawar.

Maka, kerutan yang tidak diinginkan yang ada diwajah kamu akan berangsur hilang, bahkan wajah kamu akan terlihat jauh lebih segar dan kenyal.

  • Minyak Kelapa Sebagai Penghapus Makeup Alami

Makeup merupakan salah satu barang yang wajib ada untuk wanita, dan biasanya untuk menghapus makeup sendiri sangat susah dan memakan waktu yang cukup lama.

Selain itu, jika kita menggunakan penghapus makeup yang ada dipasaran, terkadang penghapus makeup tersebut tidak cocok untuk kulit wajah kita yang akan mengakibatkan timbulnya masalah pada kulit wajah.

Maka dari itu, minyak kelapa sangat ampuh untuk menghilangkan bekas makeup kamu.

Apalagi dengan menggunakan minyak kelapa sebagai penghapus makeup kamu, dijamin pori kulit wajah kamu akan terbebas dari makeup yang membandel, karena minyak kelapa terdiri dari bahan alami.

  • Membantu Mencegah dan Menyembuhkan Iritasi Kulit

Salah satu manfaat menakjubkan dari minyak kelapa adalah minyak kelapa kaya akan bahan antiseptik yang mampu melawan jamur dan bakteri jahat bagi kulit.

Apabila kamu menggunakannya setiap hari dengan rutin dan teratur, maka minyak kelapa dapat membantu proses penyembuhan infeksi pada kulit.

  • Membantu Menghilangkan Jerawat

Masalah jerawat sering muncul pada wanita bersamaan pada fase haid setiap bulannya dan munculnya jerawat tentu akan sangat menganggu penampilan kamu.
Tetapi, sekarang kamu tidak perlu khawatir dengan masalah jerawat. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa agar jerawat cepat menghilang.
Selain itu, kandungan asam laurat dan antiseptik alami yang terkandung di minyak kelapa ini berguna untuk membunuh kuman yang berada di jerawat kamu.
Dengan mengoleskan minyak kelapa pada jerawat kamu secara rutin dan teratur maka jerawat akan menghilang dalam tiga hari atau kurang dari seminggu.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

minyak kelapa untuk kesehatan

  • Membantu Mengatasi Gatal Karena Racun Ulat Bulu

Jika kita terkena ulat bulu, maka biasanya akan menimbulkan bentol-bentol dan membuat kita merasa gatal-gatal pada kulit. Karena itu, kita bisa menggunakan minyak kelapa sebgai salah satu obat penawarnya.

Minyak kelapa mengandung rantai pendek asam lemak yang sangat efektif sebagai insektisida dan tentunya bisa mengurangi alergi yang ditimbulkan oleh ulat bulu.

Caranya sangat mudah kita hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang gatal dan bentol-bentol, maka secara perlahan-lahan gatal dan bentol-bentol yang kita alami akan menghilang.

  • Membantu Membakar Lemak Perut

Manfaat lain selain membantu memerangi gangguan otak dan memori, dengan konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung di dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan asam lemak yang lainnya.

Sehingga dengan kata lain tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak yang dimanfaatkan menjadi energi.

Bahkan, jenis minyak ini efektif memangkas lemak perut yang merupakan tumpukan lemak paling berbahaya dari semua jenis lemak tubuh dan sangat terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Sehingga keton, yang merupakan salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Sebenarnya metode seperti ini sangat penting bagi orang yang sedang menjalani diet, pada dasarnya minyak kelapa berpotensi membantu proses penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dalam jangka waktu yang panjang.

  • Untuk Mengencangkan Kulit dan Mengurangi Keriput

Minyak kelapa mengandung lemak dan antiosidan yang sangat berguna untuk mengurangi muculnya keriput tanpa menyebabkan iritasi. Minyak kelapa selain berguna untuk mengurangi keriput, ternyata minyak kelapa dapat digunakan untuk mengencangkan kulit.

Jadi, sangat baik untuk diaplikasikan pada orang dewasa yang mulai mengalami penuaan dini. Dengan cara mengoleskan minyak kelapa setelah mandi setiap malam secara rutin dan teratur, maka akan membuat kulit terlihat kencang dan awet muda.

  • Membantu Melembutkan Kapalan dan Kutikula

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu membantu membuat kulit mati anda mengelupas. Dengan menggunakan minyak kelapa maka akan mampu membantu melembutkan kapalan yang anda alami.

Caranya gunakan minyak kelapa saat anda melakukan manicure sehingga melonggarkan kutikula yang membuatnya lebih mudah ditekan atau dipotong.

  • Membantu Mencegah Penyakit Gusi dan Karies Gigi

Sebenarnya berkumur dengan menggunakan minyak kelapa telah digunakan turun temurun sebagai salah satu metode alami untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi. Seperti mencegah kebusukan gigi dan gusi berdarah.

Beberapa penelitian melaporkan, rutin berkumur dengan minyak kelapa dapat secara efektif mengikis lapisan plak gigi dan sekaligus juga mencegah pembentukan plak baru yang menyebabkan gingivitis dan infesi gusi.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat minyak kelapa untuk kulit wajah dan untuk kesehatan. Artikel yang tak kalah menarik adalah manfaat vco untuk kecantikan dan kesehatan.

Akan sangat berguna untuk kita yang ingin mengetahui manfaat lain dari minyak kelapa ini. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.