Manfaat VCO Untuk Kecantikan dan Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan manfaat vco untuk kecantikan dan kesehatan. Namun, sebelum itu tahukah kamu apa itu vco ?. Simak penjelasannya disini.

Apa Itu VCO ?

Apa itu vco ?

VCO ( Virgin Coconut Oil ) atau yang biasa kita sebut minyak kelapa adalah minyak yang terbuat dari daging kelapa segar.

Secara singkat pembuatannya adalah dengan mengekstrak santan dari daging kelapa, kemudian dilakukan fermentasi menggunakan enzim atau bisa juga dilakukan secara mekanik menggunakan centrifuge.

Dengan melihat prosesnya kita juga bisa membuat VCO sendiri dirumah, selain untuk keperluan pribadi, pembuatan VCO bisa menjadi bisnis dengan potensi pasar yang cukup besar.

Manfaat VCO Untuk Kesehatan

manfaat vco untuk kesehatan

  • Membantu Melindungi Tubuh dari Mikroorganisme Berbahaya

VCO memiliki manfaat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai mikroorganisme berbahaya.
Selain itu, salah satu kandungan terbesar dari vco adalah asam lemak baik dan setengah dari kandungan asam lemak vco adalah asam laurat.
Asam laurat dan juga monolaurin adalah zat yang mampu untuk membasmi berbagai jenis patogen berbahaya mulai dari virus, dan jamur.
Bahkan bisa dikatakan bahwa minyak vco ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu Membunuh Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi

Kandungan dari asam lemak dalam VCO hampir 50% kandungan adalah asam laurat. Pada saat asam laurat dicerna asam lemaks sehat ini akan berubah menjadi zat yang biasa disebut monolaurin.
Kandungan asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur.
  • Membantu Mengurangi Frekuensi Kejang Anak

VCO ( Virgin Coconut Oil ) memiliki kandungan MCT yang akan dikirim langsung ke hati untuk diproses lebih lanjut menjadi keton, kemudian dikirim ke otak sebagai sumber energi utama.
Apabila minyak kelapa atau minyak vco ini dikonsumsi secara rutin dan teratur dibarengi dengan pola diet rendah karbohidrat, saat gilirannya akan membantu meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, dan dapat membantu mengurangi kejadin kejang pada anak.
Khususnya pada anak yang memiliki epilepsi bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan dengan obat-obatan.
  • Membantu Menaikkan Kadar Kolestrol Baik

Salah satu manfaat VCO yaitu membantu menaikkan kadar kolestrol baik didalam darah.

Selain itu, kolestrol sering dihubungkan dengan berbagai macam penyakit, namun itu semua tidak benar padahal tidak semua jenis kolestrol itu mengundang berbagai macam penyakit.

Jenis kolestrol yang dibawa protein dalam darah biasa disebut lipoprotein. Sebenarnya terdapat dua jenis lipoprotein yaitu HDL ( High Density Lipoprotein ) atau dikenal dengan kolestrol baik dan LDL ( Low Density Lipoprotein ) atau yang biasa disebut dengan kolestrol jahat.

Manfaat VCO yaitu membantu meningkatkan kadar HDL didalam tubuh, selain mampu meningkatkan kadar HDL juga bisa merubah LDL supaya tidak menjadi terlalu berbahaya.

Jenis kolestrol jahat sering kali dihubungkan dengan sistem metabolisme tubuh dan penyakit jantung. Selain itu manfaat minyak VCO ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Sangat Baik Untuk Kesehatan Tulang

Mungkin secara tidak langsung kebiasaan anda mengonsumsi minyak VCO memberikan manfaat yang tidak terduga. Manfaat minyak VCO dalam hal ini sangat baik untuk kesehatan tulang.

Karena itu, bagi anda yang mengalami osteoporosis, maka sudah saatnya anda mengonsumsi minyak VCO ini untuk menjadikan tulang anda tetap dalam kondisi sehat dan kuat.

  • Membantu Membunuh Bakteri dan Virus Penyebab Infeksi

Kandungan dari asam lemak dalam VCO hampir 50% kandungan adalah asam laurat. Pada saat asam laurat dicerna asam lemaks sehat ini akan berubah menjadi zat yang biasa disebut monolaurin.
Kandungan asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur.
  • Membantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Apabila anda mengalami sakit tenggorokan tentu saja hal ini sangat menganggu. Cukup campurkan beberapa tetes minyak kelapa pada air panas ataupun teh, setelah itu langsung diminum.

Jika cara ini anda lakukan secara rutin dan teratur, maka pasti sakit tenggorokan yang anda alami akan segera mereda.

  • Membantu Mencegah Osteoporosis

Manfaat minyak kelapa membantu tubuh lebih efektif menyerap vitamin yang larut di dalam lemak, contohnya magnesium dan kalsium. Kandungan kalsium yang mencukupi dalam tubuh mengarah pada struktur dan kepadatan tulang yang lebih kuat.

Dengan demikian, maka mengonsumsi minyak kelapa dalam bentuk alaminya dapat membantu mengurangi gejala pengeroposan tulang yang diakibatkan oleh osteoporosis.

Manfaat VCO Untuk Kecantikan

manfaat vco untuk kecantikan

  • Membantu Membersihkan Bulu-Bulu Halus Pada Kulit Wajah

Salah satu manfaat VCO untuk kecantikan adalah membantu membersihkan bulu-bulu halus yang ada pada kulit wajah.

Walaupun tidak berbahaya, namun keberadaan bulu-bulu halus yang ada dipermukaan kulit wajah cenderung akan membuat penampilan wajah menjadi kurang maksimal.

Saat, kondisi tertentu keberadaan bulu-bulu halus pada wajah malah dapat membuat wajah terlihat aneh.

Kaum wanita biasanya untuk mengatasi masalah ini mereka biasa menggunakan produk shaving oil atau shaving cream.

Namun, jika anda mau maka anda bisa mengganti produk shaving oil yang biasa anda gunakan dengan minyak VCO.

  • Membantu Melembapkan Wajah

Manfaat vco untuk kecantikan yang berikutnya adalah vco mengandung kandungan vitamin E yang tinggi dalam minyak vco sangat berguna untuk melembapkan kulit.

Kami bisa gunakan minyak vco sebagai pengganti pelembap kulit komersil yang tersedia dipasaran untuk mendapatkan kulit indah tanpa sentuhan bahan kimia yang sering menimbulkan masalah bagi kulit dikemudian hari.

Caranya usapkan minyak vco yang sudah dihangatkan dengan menggosokkannya di kedua telapak tangan kamu terlebih dahulu baru kewajah.

Minyak vco bisa membantu melembapkan tanpa membuat kulit terlalu berminyak.

  • Membantu Melawan Keriput

Elastisitas kulit sangat penting agar kulit tampak awet muda dan dengan menggunakan vco yang merupakan salah satu minyak paling baik untuk perawatan kulit. Karena vco mampu membantu mempertahankan elastisitas kulit kamu.

Kandungan antioksidan dan vitamin E tidak hanya membantu melembapkan kulit namun, menghalau kerutan halus sebelum waktunya.

Gunakan minyak vco ini seperti kamu hendak menggunakan pelembap wajah pada umumnya. Kamu juga bisa meminum vco karena minyak ini sangat aman untuk dikonsumsi.

  • Manfaat VCO Untuk Kecantikan Gigi

Manfaat vco bukan hanya untuk wajah saja tetapi berguna juga untuk kecantikan gigi kamu. Memiliki gigi yang indah tentunya akan semakin menunjang kecantikan kamu.

Saat ini memang sudah banyak pasta gigi untuk menggosok gigi yang membantu menjaga kecantikan gigi.

Namun, ada beberapa pasta gigi yang beredar di pasaran mengandung deterjen yang justru akan berdampak negatif bagi keindahan gigi kamu.

Cobalah untuk menggunakan vco yang dicampur dengan soda kue sebagai pengganti pasta gigi yang beredar dipasaran.

Jika kamu menggunakan vco secara rutin dan teratur, maka seiring berjalannya waktu kamu akan menyadari gigi kamu yang semakin putih dan bersih.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat vco untuk kecantikan dan kesehatan. Artikel yang tak kalah menarik adalah manfaat minyak kelapa untuk wajah bopeng.

Akan sangat berguna untuk kita yang ingin mengetahui manfaat minyak ini lebih jauh lagi. Sekian dari saya semoga bermanfaat.